News
Batal
KATEGORI
link has been copied
8
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52f767b6fdca1721068b4891/eropa-protes-kebijakan-ri-ubah-minyak-goreng-jadi-bahan-bakar
(Sumber:DetikFinance) Uni Eropa memprotes kebijakan Indonesia yang mulai serius mendorong penggunaan bahan bakar nabati (BBN). Indonesia mulai menggenjot penggunaan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi biodiesel yang dicampur dengan BBM solar. "Eropa protes keputusan pemerintah dorong penggunaan CPO untuk bahan bakar kendaraan, dicampur ke solar 10% namanya biodiesel," u
Lapor Hansip
09-02-2014 18:34

EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR

EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR





(Sumberemoticon-Big GrinetikFinance)
Uni Eropa memprotes kebijakan Indonesia
yang mulai serius mendorong penggunaan bahan bakar
nabati (BBN). Indonesia mulai menggenjot penggunaan
minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi
biodiesel yang dicampur dengan BBM solar.
"Eropa protes keputusan pemerintah dorong penggunaan
CPO untuk bahan bakar kendaraan, dicampur ke solar
10% namanya biodiesel," ujar Direktur Jenderal Energi
Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE)
Kementerian ESDM Rida Mulyana ditemui di Balai
Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar Pakuwon,
Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (9/2/2014).
Rida mengungkapkan, Eropa protes karena
mempertanyakan bahan pangan (sawit) dijadikan untuk
bahan bakar. Penggunaan CPO untuk biodiesel
dikhawatirkan akan meningkatkan permintaan yang
berujung pada kenaikan harga bahan pangan (sawit).
"Ya mereka bilang itu kan makanan (minyak goreng) kok
dijadikan bahan bakar buat mesin. Memang sekarang kita
banyak CPO, berlebihan, tapi di dunia kan orang terus
lahir, artinya pangan juga terus naik, Eropa menakutkan
pasokan pangan kesedot untuk bahan bakar," ungkap
Rida.
Untuk mengurangi besarnya kebutuhan CPO untuk bahan
bakar, saat ini dilakukan penelitian untuk
mengembangkan kemiri sunan, tanaman yang
menghasilkan cukup banyak bahan bakar nabati.
"Tapi itu memang masih jangka panjang, makanya
sekarang kita sedang kembangkan kemiri sunan, tanaman
ini bukan tanaman pangan, namun menghasilkan banyak
BBN. Harapannya bisa mengimbangi bahkan mengurangi
penggunaan sawit untuk biodiesel," ujarnya.
Tanaman kemiri sunan telah dikembangkan dan sudah
ditanam di beberapa daerah. Populasi tanaman ini dalam
1 hektar dapat mencapai 150 pohon, produksi biji
tertinggi pada umur 8 tahun, dan dapat hidup puluhan
bahkan ratusan tahun.
Biji kering kemiri sunan dapat mencapai 15 ton/tahun
atau kurang lebih mencapai 8 ton minyak/hektare/tahun.
Produktivitas biji berkisar 50-300 kg/pohon/tahun
dengan rendemen minyak kasar sekitar 52% dari karnel
dan rendemen biodiesel mencapai 88% dari minyak kasar.
info unik dan terbaru klik di sini
www.goo.gl/Lcpiwu
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR
09-02-2014 19:01
sekarang CPO saja susah masuk ke eropa...emoticon-Big Grin
kok ngelarang mau diubah jadi biodiesel...emoticon-Ngakak
0 0
0
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR
09-02-2014 19:11
emoticon-Repost tadi ada di bp

tapi gak apa lah emoticon-Hammer2

Eropa takut rugi kah?
0 0
0
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR
09-02-2014 19:13
Quote:Original Posted By wahwibson
sekarang CPO saja susah masuk ke eropa...emoticon-Big Grin
kok ngelarang mau diubah jadi biodiesel...emoticon-Ngakak


Emang banyak gaya tuh londo2 muka pucat... emoticon-Mad

UE dah masuk golongan miskiner wal fakirer juga ttp aja blagu....emoticon-Big Grin

Kmaren bukannya mewek2 bilang cpo ntuh ngrusak alam yak, pdhal mah gara2 minyak msak mereka gak laku...emoticon-Embarrassment

Omongan dn fitnahan apalagi dbuat sm londo2 muka pucet cegah komoditas NKRI....emoticon-Mad
0 0
0
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR
09-02-2014 19:17
Quote:Original Posted By kampret gantenk

Emang banyak gaya tuh londo2 muka pucat... emoticon-Mad

UE dah masuk golongan miskiner wal fakirer juga ttp aja blagu....emoticon-Big Grin

Kmaren bukannya mewek2 bilang cpo ntuh ngrusak alam yak, pdhal mah gara2 minyak msak mereka gak laku...emoticon-Embarrassment

Omongan dn fitnahan apalagi dbuat sm londo2 muka pucet cegah komoditas NKRI....emoticon-Mad

memang brengsek tuch muka pucet..emoticon-Big Grin
sekarang pake saja CPO jadi biodiesel biar dikonsumsi rakyat kita sendiri..emoticon-Big Grin
kalo produksinya tinggi sapa tahu harga BBM turun malah bisa ekspor..emoticon-Big Grin
0 0
0
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR
09-02-2014 19:39
Quote:Original Posted By wahwibson
sekarang CPO saja susah masuk ke eropa...emoticon-Big Grin
kok ngelarang mau diubah jadi biodiesel...emoticon-Ngakak


mereka sendiri kok yg ngelarang, kata nya sih alasan perusakan lingkungan, kualitas gak bagus lah emoticon-Ngakak emoticon-Najis
0 0
0
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR
09-02-2014 19:41
bilang aja mobil ente bakal kaga laku dr produksi lama.
0 0
0
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR
09-02-2014 19:46
takut harganya bakal mahal juga emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR
09-02-2014 22:02
Quote:Original Posted By jab5699
EROPA PROTES KEBIJAKAN RI UBAH MINYAK GORENG JADI BAHAN BAKAR





(Sumberemoticon-Big GrinetikFinance)
Uni Eropa memprotes kebijakan Indonesia
yang mulai serius mendorong penggunaan bahan bakar
nabati (BBN). Indonesia mulai menggenjot penggunaan
minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi
biodiesel yang dicampur dengan BBM solar.
"Eropa protes keputusan pemerintah dorong penggunaan
CPO untuk bahan bakar kendaraan, dicampur ke solar
10% namanya biodiesel," ujar Direktur Jenderal Energi
Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE)
Kementerian ESDM Rida Mulyana ditemui di Balai
Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar Pakuwon,
Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (9/2/2014).
Rida mengungkapkan, Eropa protes karena
mempertanyakan bahan pangan (sawit) dijadikan untuk
bahan bakar. Penggunaan CPO untuk biodiesel
dikhawatirkan akan meningkatkan permintaan yang
berujung pada kenaikan harga bahan pangan (sawit).
"Ya mereka bilang itu kan makanan (minyak goreng) kok
dijadikan bahan bakar buat mesin. Memang sekarang kita
banyak CPO, berlebihan, tapi di dunia kan orang terus
lahir, artinya pangan juga terus naik, Eropa menakutkan
pasokan pangan kesedot untuk bahan bakar," ungkap
Rida.
Untuk mengurangi besarnya kebutuhan CPO untuk bahan
bakar, saat ini dilakukan penelitian untuk
mengembangkan kemiri sunan, tanaman yang
menghasilkan cukup banyak bahan bakar nabati.
"Tapi itu memang masih jangka panjang, makanya
sekarang kita sedang kembangkan kemiri sunan, tanaman
ini bukan tanaman pangan, namun menghasilkan banyak
BBN. Harapannya bisa mengimbangi bahkan mengurangi
penggunaan sawit untuk biodiesel," ujarnya.
Tanaman kemiri sunan telah dikembangkan dan sudah
ditanam di beberapa daerah. Populasi tanaman ini dalam
1 hektar dapat mencapai 150 pohon, produksi biji
tertinggi pada umur 8 tahun, dan dapat hidup puluhan
bahkan ratusan tahun.
Biji kering kemiri sunan dapat mencapai 15 ton/tahun
atau kurang lebih mencapai 8 ton minyak/hektare/tahun.
Produktivitas biji berkisar 50-300 kg/pohon/tahun
dengan rendemen minyak kasar sekitar 52% dari karnel
dan rendemen biodiesel mencapai 88% dari minyak kasar.
info unik dan terbaru klik di sini
www.goo.gl/Lcpiwu

pemerintah jgn mau didikte oleh eropa, CPO merupakan salah satu tulang punggung ekonomi kita banyak pekerja yg terserap di sektor ini
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia