defryirsan
TS
defryirsan
JANGAN TERLALU SERING GUNAKAN POWER BANK!
JANGAN TERLALU SERING GUNAKAN POWER BANK!





Semakin canggih gadget yang kamu miliki, tentunya semakin mudah pula kamu menjalani berbagai aktivitas yang menyibukkan. Namun, kebutuhan terhadap sumber energi agar gadget tetap aktif menjadi salah satu kebutuhan utama para pengguna gadget.

Kebanyakan pemilik gadget seringkali mencari tempat yang memungkinkan mereka untuk mencharge gadgetnya. Melihat hal ini, munculah power bank yang kini banyak dipakai oleh para pemilik gadget. Namun, apakah menggunakan charger dari gadget jenis lain dan menggunakan power bank adalah cara yang aman untuk mencharge gadget?

Setiap gadget pasti memiliki chargernya masing-masing . Memang pada beberapa jenis gadget memiliki charger port yang sama, namun ada beberapa hal selain charger port yang perlu diperhatikan. Setiap gadget memiliki kebutuhan voltase yang berbeda beda. Charger yang ada pada masing-masing gadget sudah diatur sedemikian rupa sehingga voltase yang masuk ke gadget pada saat proses charging tidak berlebihan ataupun kurang dari kebutuhannya.

Jika Gadgeteers menggunakan charger milik teman, pastikan sebelumnya bahwa jenis gadget yang digunakan sama. Jika jenis gadget yang digunakan berbeda, lebih baik jangan digunakan meskipun charger port dan merek gadgetnya sama. Misalnya kesamaan charger port pada iPhone 3GS dan iPad 3. Namun, jika kamu perhatikan pada masing-masing user’s guide, output chargernya pasti memiliki keterangan voltase yang berbeda.

Penggunaan power bank pun ternyata juga berpotensi memperpendek umur baterai. Tegangan yang dihasilkan oleh power bank belum tentu sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh gadget. Jika tegangan yang dihasilkan oleh power bank ataupun charger gadget lain lebih rendah dari tegangan yang dibutuhkan gadgetmu, maka Gadgeteers akan kesulitan untuk membuat baterai gadget menjadi fully charge. Namun, jika tegangan yang dihasilkan power bank atau charger dari gadget lain lebih besar dari tegangan yang seharusnya diterima, maka baterai gadget akan menjadi ‘stress’ dan panas. Hal inilah yang membuat masa pakai baterai pada gadget menjadi berkurang.

Setelah penjelasan ini, apakah Gadgeteers masih ingin menggunakan charger lain dan power bank untuk mencharge baterai gadgetmu? Adakah solusi kreatif yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati kebutuhan energi agar gadgetmu tetap aktif?

gadgetgaul.com
0
4.9K
51
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.