Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
305
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e8e048c0cb17e3298b45d7/makna-dan-sejarah-tahun-baru-imlek
:selamat HT #3 Ane :selamat :rose: Ane ucapkan terimakasih buat Mimin, Momod, Officer & All Kaskuser :rose: :kiss wah baru kemaren HT sekarang HT lagi, thank's Mimin.Momod,Officer & All Kaskuser
Lapor Hansip
29-01-2014 18:04

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

Past Hot Thread
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek


emoticon-SelamatHT #3 Ane emoticon-Selamat

HT

emoticon-Kisswah baru kemaren HT sekarang HT lagi, thank's Mimin.Momod,Officer & All Kaskuser emoticon-Kiss

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek


Quote:
emoticon-Selamatemoticon-Selamat emoticon-Selamat SELAMAT TAHUN BARU IMLEK 2565! BAGI YANG MERAYAKAN emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat


BAGI YANG SARA REQ emoticon-Request BANNED LANGSUNG, SALING MENGHARGAI YA GAN emoticon-Salaman


Quote:
Quote:
PENDAHULUAN

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

Tahun Baru China merupakan hari raya yang paling penting dalam masyarakat China. Perayaan Tahun Baru China juga dikenal sebagai 春節 Chūnjié (Festival Musim Semi / Spring Festival), 農曆新年 Nónglì Xīnnián (Tahun Baru), atau 過年 Guònián atau sin tjia.

Diluar daratan China, Tahun Baru China lebih dikenal sebagai Tahun Baru Imlek. Kata Imlek (阴历 : Im = Bulan, Lek = penanggalan) berasal dari dialek Hokkian atau mandarinya yin li yang berarti kalender bulan. Perayaan Tahun Baru Imlek dirayakan pada tanggal 1 hingga tanggal 15 pada bulan ke-1 penanggalan kalender China yang menggabungkan perhitungan matahari, bulan, 2 energi yin-yang, konstelasi bintang atau astrologi shio, 24 musim, dan 5 unsur. (Festival Musim Semi).

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti “malam pergantian tahun”

Karena 1/5 penghuni bumi ini adalah orang China, maka Tahun Baru China hampir dirayakan oleh seluruh pelosok dunia dimana terdapat orang China, keturunan China atau pecinan. Banyak bangsa yang bertetangga dengan China turut merayakan Tahun Baru China seperti Taiwan, Korea, Mongolia, Vietnam, Nepal, Mongolia, Bhutan, dan Jepang.

Khusus di daratan China, Hong Kong, Macau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan negara-negara yang memiliki penduduk beretnis China, Tahun Baru China dirayakan dan sebagian telah berakultrasi dengan budaya setempat. Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Ini termasuk Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873). Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Macau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi suku Han yang signifikan, Tahun Baru Imlek juga dirayakan, dan pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut.

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek


Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek


Quote:
UNTUK LEBIH JELASnya, DISIMAK YAH
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek


Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

Quote:
Quote:
SEJARAH IMLEK

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

Quote:
Sebelum Dinasti Qin, tanggal perayaan permulaan sesuatu tahun masih belum jelas. Ada kemungkinan bahwa awal tahun bermula pada bulan 1 semasa Dinasti Xia, bulan 12 semasa Dinasti Shang, dan bulan 11 semasa Dinasti Zhou di China. Bulan kabisat yang dipakai untuk memastikan kalendar Tionghoa sejalan dengan edaran mengelilingi matahari, selalu ditambah setelah bulan 12 sejak Dinasti Shang (menurut catatan tulang ramalan) dan Zhou (menurut Sima Qian). Kaisar pertama China Qin Shi Huang menukar dan menetapkan bahwa tahun tionghoa berawal di bulan 10 pada 221 SM. Pada 104 SM, Kaisar Wu yang memerintah sewaktu Dinasti Han menetapkan bulan 1 sebagai awal tahun sampai sekarang.

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek


Quote:
Quote:
MITOLOGI TAHUN BARU IMLEK

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

mitologi

Berdasarkan cerita rakyat dan legenda kuno, tahun baru China dirayakan ketika orang China berhasil melawan hewan mitos yang disebut sebagai Nian yang berarti tahun dalam bahasa China. Makhluk Nian selalu muncul pada hari pertama Tahun Baru dan kedatangan Nian adalah memangsa hewan ternak, memakan hasil pertanian dan bahkan penduduk, terutama anak-anak.

Untuk selamat dari petaka Nian, masyarakat [desa] China akan menaruh sejumlah makanan di depan pintu mereka pada hari pertama tahun baru. Masyarakat percaya bahwa, jika Nian telah mengambil/memakan makanan yang telah disediakan oleh masyrakat, maka Nian tidak akan lagi menyerang orang/warga.

Suatu ketika, seorang penduduk menyaksikan [satu/seekor/semakhluk] Nian ketakutan dan lari menghindar dari seorang anak yang berkostum merah. Dari kejadian itu, maka penduduk desa akhirnya tahu kekurangan Nian yakni takut pada warna merah.

Semenjak itu, setiap menjelang dan selama Tahun Baru, penduduk akan menggantung lentera merah serta memasang tirai/gordin merah pada pintu dan jendela. Selain itu, masyarakat juga menggunakan mercun untuk menakuti Nian.Sejak itulah, Nian tidak pernah lagi muncul di desa mereka.Dan pada akhirnya, Nian berhasil ditangkap oleh Hongjun Lao Tze, seorang pendeta Tao. Nian kemudian menjadi hewan tunggangan Hongjun Lao Tze.

Adat-adat pengurisan Nian ini kemudian berkempang menjadi perayaan Tahun Baru. Guò nián (Hanzi tradisional: 過年; bahasa Tionghoa: 过年), yang berarti “menyambut tahun baru”, secara harafiah berarti “mengusir Nian”.

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek


Quote:
Quote:
Penanggalan Kalender China

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

Pengaruh kemajuan kebudayaan Sungai Huang Ho (Kuning) dan Yang Tze di daratan China tempo dulu, memberi pengaruh besar terhadap aspek kehidupan bangsa-bangsa yang bertetangga dengan China. Negara-negara Korea, Jepang dan Vietnam mengadopsi sistem penanggalan China, kultur serta aksara negaranya.

Dalam 1 Tahun China terdiri dari 12 bulan atau 13 bulan jika Tahun Kabisat. Dalam 1 bulan terdiri 29 atau 30 hari. Sehingga dalam setahun terdiri dari 355 hari atau 385 hari (Tahun Kabisat). Secara sistem penanggalan Masehi (Gregorian), Tahun Baru China pasti jatuh antara 21 Januari (paling awal) hingga 20 Februari (paling akhir) setiap tahunnya. Ini berarti hari raya biasanya jatuh pada bulan kedua setelah musim dingin.


Quote:
Elemen Matahari pada Kalender China

matahari

Seperti sistem penanggalan Gregorian, Kalender China menggunakan referensi revolusi bumi terhadap matahari yakni 1 tahun terdiri dari 12 bulan atau 13 bulan jika tahun kabisat. Secara resmi, tahun China telah berusia 2560 tahun pada 2009 ini.


Quote:
Elemen Bulan pada Kalender China

bulan

Seperti sistem penanggalan di India tempo dulu, Kalender China menggunakan referensi revolusi bulan terhadap bumi. Dalam 1 bulan China terdiri 29 atau 30 hari. Dimana tanggal 1 jatuh pada bulan mati (tilem) dan tanggal 15 jatuh pada bulan purnama. Elemen bulan ini sangat penting, karena mempengaruhi aspek psikologis manusia serta pengaruh alam (pasang-surut).
Orang China mempercayai bahwa tanggal 1 dan 15 lunar merupakan tanggal ‘sakral’ dimana pada saat itu, emosi manusia dan energi di bumi lagi naik/hangat. Nafsu, emosi, akan lebih mudah muncul pada bulan tilem dan purnama. Sehingga jika seseorang berlatih untuk berbuat dan berpikir baik, maka hal itu akan mendatangkan berkah. Fenomena yang serupa tapi tidak sama juga dapat dijumpai pada perilaku banyak hewan yang cenderung melakukan perkimpoian pada periode tersebut (tanggal 28,29,30,1,2,3 dan 13,14,15,15,17 lunar).


Quote:
Elemen Shio (Rasi Bintang) pada Kalender China

shio

Prinsip keharmonisan manusia dan alam yang diajarkan oleh filsuf China ribuan tahun silam pun mengilhami sistem kalender China. Ilmu pengetahuan China di masa prasejarah telah mampu melihat gejala hubungan antara kejadian di galaksi (bintang-bintang) dengan kehidupan di bumi (butterfly effect). Oleh karena itu, ditemukan 12 masa yang memiliki periode khusus yang mempengaruhi kehidupan di bumi yang dikenal sebagai shio.
Berikut 12 shio yang dikenal masyarakat China (sering dijadikan ramalan) yakni:

Quote:
  1. Tikus (鼠) : 19 Feb1996, 7 Feb 2008

  1. Kerbau (牛) : 7 Feb1997, 26 Jan 2009

  1. Harimau (虎) : 28 Jan 1998, 14 Feb 2010

  1. Kelinci (兔) : 16 Feb 1999, 3 Feb 2011

  1. Naga (龍) : 5 Feb 2000, 23 Jan 2012

  1. Ular (蛇) : 24 Jan 2001, 10 Feb 2013

  1. Kuda (馬) : 12 Feb 2002, 31 Jan 2014

  1. Kambing (羊) : 1 Feb 2003, 19 Feb 2015

  1. Kera (猴) : 22 Jan 2004, 8 Feb 2016

  1. Ayam (雞) : 9 Feb 2005, 28 Jan 2017

  1. Anjing (狗) : 29 Jan 2006, 16 February 2018

  1. Babi (豬) : 18 Feb 2007, 5 Feb 2019



Quote:
Elemen Musim pada Kalender China

Kalender China bukan saja bermanfaat bagi sistem perhitungan upah atau gaji. Sistem kalender China juga bermanfaat oleh hampir semua pelaku usaha, baik nelayan, petani (saat tanam dan saat panen), ataupun penambang.
Dalam penanggalan China dikenal pembagian 24 musim, diantaranya adalah :

Quote:
  • Permulaan musim semi : hari pertama pada musim ini adalah hari pertama Perayaan Tahun Baru Imlek

  • Musim hujan : hujan mulai turun.

  • Musim serangga : Serangga mulai tampak setelah tidur panjangnya selama musim dingin.



Quote:
Elemen Energi dan Karateristik Alam pada Kalender China

Sistem kalender China turut memperhitungkan dominansi unsur-unsur alam serta energi yin/yang. Masing-masing unsur-unsur memiliki periode 2 tahun yakni periode yin dan periode yang. Contohnya: tahun kayu yin, kayu yang, api yin, api yang, dst.
Kelima karateristik unsur polar yakni:

Elemen energi

Quote:
  1. Kayu

  1. Api

  1. Tanah/Bumi

  1. Logam dan

  1. Air



Quote:
Koreksi Sistem Penanggalan

Untuk mengsinkronkan elemen matahari, bulan, dan musim, sistem penanggalan China memiliki autokoreksi yakni dengan munculnya Lun Gwe’ atau tahun kabisat ‘China’ yang terjadi antara 2 atau 3 tahun sekali (7 kali dalam 19 tahun). Berselang satu kali jiéqì (musim) tahun matahari Cina adalah setara dengan satu pemulaan matahari ke dalam tanda zodiak tropis. Matahari selalu melewati titik balik matahari musim dingin (masuk Capricorn) selama bulan 11.



Quote:
Kesimpulan Sistem Penanggalan

gantungan lentera

Sistem penanggalan China menggunakan berbagai elemen atau faktor yang dipadukan secara komprehensif seperti matahari, bulan, rasi bintang/shio, musim, 5 unsur dan energi. Kalender China memiliki sistem hari, bulan, tahun, periode 12 tahun, dan periode 60 tahun.

Periode 60 tahun diperoleh dari kombinasi 3 faktor (12 shio, 5 unsur, 2 energi). Ini artinya hanya setahun dalam 60 tahun, Kalender China memiliki shio, unsur, dan energi yang sama. [angka 60 diperoleh dari kelipatan nilai terkecil atau KPK dari bilangan 12, 5 dan 2]. Sehingga tahun Tikus Api Yang terjadi pada tahun 1936 akan sama kembali pada tahun 1996 (60 tahun kemudian).
Karena kompleksitas serta begitu komprehensifnya sistem penanggalan China, sistem Kalender China menjadi sistem penanggalan yang terbaik, terlengkap, dan harmonis diantara sistem-sistem penanggalan yang ada di dunia.



Quote:
Quote:
SEJARAH PENANGGALAN IMLEK

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek

Quote:
Huang Di

Huang Di

Dragon Latern Sistem kalender China mulai dikembangkan pada millenium ketiga sebelum masehi, konon ditemukan oleh penguasa legendaris pertama, Huáng Dì, yang memerintah antara tahun 2698 SM – 2599 SM. Dan dikembangkan lagi oleh penguasa legendaris keempat, Kaisar Yáo. Siklus 60 tahun (gānzhī atau liùshí jiǎzǐ) mulai digunakan pada millennium kedua sebelum masehi. Kalender yang lebih lengkap ditetapkan pada tahun 841 SM pada zaman Dinasti Zhōu dengan menambahkan penerapan bulan ganda dan bulan pertama satu tahun dimulai dekat dengan titik balik matahari pada musim dingin.


Quote:
Dinasti Qin

Dinasti Qin

Kalender Sìfēn (empat triwulan), yang mulai diterapkan sekitar tahun 484 SM, adalah kalender China pertama yang memakai perhitungan lebih akurat, menggunakan penanggalan matahari 365¼ hari, dengan siklus 19 tahun (235 bulan), yang dalam ilmu pengetahuan Barat dikenal sebagai Peredaran Metonic. Titik balik matahari musim dingin adalah bulan pertamanya dan bulan gandanya disisipi mengikuti bulan ke 12. Pada tahun 256 SM, kalender ini mulai digunakan oleh negara Qín, kemudian diterapkan di seluruh negeri Cina setelah Qín mengambil alih keseluruhan negeri Cina dan menjadi Dinasti Qín. Kelender ini tetap digunakan sepanjang separuh pertama Dinasti Hàn Barat.


Quote:
Dinasti Han

Dinasti Han

Kaisar Wǔ dari Dinasti Han Barat memperkenalkan reformasi kalender baru. Kalender Tàichū (Permulaan Agung) pada tahun 104 SM mempunyai tahun dengan titik balik matahari musim dingin pada bulan ke 12 dan menentukan jumlah hari untuk penanggalan bulan (satu bulan 29 atau 30 hari) dan bukan sesuai dengan prinsip terminologi matahari (yang secara keseluruhan sama dengan tanda zodiak). Sebab gerakan matahari digunakan untuk mengkalkulasi Jiéqì (ciri-ciri musim).

Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
Diubah oleh MrsJupe
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 8 dari 16
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:08
shio ternyata banyak juga yak emoticon-Big Grin
mantap gan infonya emoticon-2 Jempol

selamat thn baru imlek buat yg ngerayain emoticon-Selamat
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:09
ohh gitu yaaa gan..........
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:12
Quote:Original Posted By thegoldengun
kalo ane elemennya apa ya gan? emoticon-Big Grin


elemen batu kali gan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:15
Happy Imlek buat semua!
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:18
Mantab bener-bener dikupas tuntas sejarah dan fakta-fakta IMLEK emoticon-Toast

0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:19
wah lumayan nambah pengetahuan gan
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:20
nice infonya gan.
ane jd tau sejarahnya imlek.
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:27
emoticon-Blue Guy Cendol (L) ijin nyimak dulu ganemoticon-Kissemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:30
Quote:Original Posted By uris
emoticon-Thinking
woh jadi gitu ya sejarahnya emoticon-Matabelo
identik sama warna merah yah emoticon-Big Grin


panjang jg ya gan sejarahnya? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:35
Selamat tahun baru buat yg merayakan
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:38
gong xi fat coi
apa gong xi pat kai
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:42
rumit ya sejarah kalendernya..
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:46
Quote:Original Posted By tachandraz
rumit ya sejarah kalendernya..


ane malah baru tau sejarahnya seperti itu gan.. emoticon-Belo
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:47
panjang juga yak

selamat imlek dah pokoknya emoticon-Hammer2
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:48
wah ane baru tahu gan . emoticon-Matabelo
nice info gan . emoticon-Kiss (S)
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:48
nyimak dl lah
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:49
wah Nice Thread dan Nice Info gan emoticon-2 Jempol. Ane baru tau Sejarah serta Maknanya dari Tahun Baru Imlek emoticon-Malu (S)

Berhubung ane masih jauh dari ISO, ane bantu emoticon-Rate 5 Star aja y gan
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:50
met taun baru bagi yg merayakan
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:51
tahun cina udah lama banget ya,
sejarahnya panjang pula... emoticon-Big Grin
0 0
0
Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek
31-01-2014 14:56
nice share gan
0 0
0
Halaman 8 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia