Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
695
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50bc50f5532acf8c07000002/zodia-si-pengusir-nyamuk
Zodia (Evodia suaveolens). Zodia adalah tumbuhan dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat asl
Lapor Hansip
03-12-2012 14:12

Zodia Si Pengusir Nyamuk

Past Hot Thread
Zodia (Evodia suaveolens). Zodia adalah tumbuhan dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara mengusapkan daun zodia ke sekujur tubuh.

Saat sekarang, mulai banyak orang yang menanam zodia (Evodia suaveolens) di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Aroma yang keluar dari pohon ini terutama ketika daun-daun zodia bergesekan mampu mengusir nyamuk (anti nyamuk). Tanaman zodia, oleh para penjual tanaman hias sering kali lebih dikenal sebagai Pohon Nyamuk.

Ciri-ciri Zodia. Zodia merupakan tanaman perdu dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang mempunyai tinggi berkisar antara 50-200 cm dengan rata-rata tinggi sekitar 75 cm. Daunnya berbentuk pipih memanjang agak lentur dengan warna kuning kehijau-hijauan. Panjang daunnya berkisar antara 2—30 cm.

Zodia (Evodia suaveolens) merupakan tumbuhan yang berasal dari pulau Papua. Tapi kini mulai dibudidayakan diberbagai tempat termasuk di Jawa. Tanaman ini mampu hidup pada ketinggian antara 400-1.000 meter dpl.

Pada umumnya tanaman ini dutanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan (indoor plant). Namun Zodia dapat juga ditanam di luar ruangan seperti di halaman rumah. Pohon zodia jika dibiarkan tumbuh dengan bebas mampu mencapai ketinggian sekitar 2 meter.

Zodia Pengusir Nyamuk. Tanaman zodia (Evodia suaveolens) telah sejak lama dipergunakan oleh penduduk asli Papua sebagai pengusir serangga dan nyamuk. Zodia mengeluarkan aroma yang khas yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga nyamuk akan menghindar dan pergi.

Zodia Si Pengusir Nyamuk
Bunga Zodia (Evodia suaveolens)

Menurut penelitian Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari daun tanaman ini mengandung linalool (46%) dan a-pinene (13,26%). Linalool sendiri dikenal sebagai pengusir nyamuk.

Daun zodia mampu menghalau nyamuk selama enam jam dengan daya halau (daya proteksi) sebesar lebih dari 70%.. Selain itu, lengan yang digigit oleh nyamuk demam berdarah akan cepat sembuh (bentol dan gatal) apabila digosok dengan daun zodia.

Zodia (Evodia suaveolens) akan mengeluarkan aroma yang khas bila daun-daunnya saling bergesekan. Aroma yang keluar akibat pergesekan daun zodia inilah yang tidak disukai dan mampu mengusir nyamuk. Karenanya sebagai tanaman pengusir nyamuk, cukup menanam tanaman ini di pot yang ditarud di sudut ruangan atau dekat jendela.

Memperindah ruangan dengan Zodia, tanaman yang sekaligus mempunyai khasiat sebagai pengusir nyamuk sepertinya bukan sebuah pilihan yang jelek. Kecuali bagi nyamuk itu sendiri.

Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Sapindales; Famili: Rutaceae; Genus: Evodia; Spesies: Evodia suaveolens.

Referensi: http://alamendah.wordpress.com/2010/...ngusir-nyamuk/

Quote:Agan" skalian ada yang udah berpengalaman dalam memelihara pohon zodia?

Penampakan zodia ane
Zodia Si Pengusir Nyamuk

Ini pohon zodia baru saya beli sekitar 1 1/2 bln yg lalu. Ada yang mau saya tanyakan, kira" untuk sampai ukuran besar butuh waktu brp lama?

Diubah oleh aiwen
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 30 dari 36
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:49
ane pernah denger tanaman ini gan... tapi blm pernah lihat langsung
seberapa efektif gan ngusir nyamuk ?
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:50
Quote:Original Posted By yogo1991
pertumbuhannya lambat tp dirumah ada tuh yg semeter lebih.


btw aromanya baru keluar klu goyang dan ngusir nyamuk klu di gebuk pake batangnya.

dikebun tetep bny nyamuk.


Hanya obat nyamuk semprot dan bakar yg efektif usir nyamuk....ane udah tanam macam macam tanaman pengusir nyamu....tetep aja...banyak nyamuk...apa nyamuknya uda kebal kali ya???.....ehhh iya...kalo mau yg alami biar ga diganggu nyamuk tanpa obat2an..... Pake kelambu ....hahahahaha...ada yg ga tau kelambu????..... Cari di google ya....
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:50
nais info gan...
kayaknya ane butuh tuh... soalnya ane punya bayi, bisa d pake g yaaa... btw kan klo tumbuh2an klo malem ngisep oksigen.. p g ngaruh tuh gan.... emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:51
Quote:Original Posted By ayi007
kmn belinya tuh gan..indah bnget tuh bunganya


beli ke TS aja gan pasti ada stok tuh
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:54
kebetulan dirumah ane banyak nyamuk nya nih emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:56
tar ane beli ini ah, dirumah banyak nyamuk :v
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:56
acikitew...

boleh d coba tu..
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:57
Quote:Original Posted By Kangdezta
nais info gan...
kayaknya ane butuh tuh... soalnya ane punya bayi, bisa d pake g yaaa... btw kan klo tumbuh2an klo malem ngisep oksigen.. p g ngaruh tuh gan.... emoticon-Bingung (S)


ya jangan masukin banyak gan tanamanya 1 aja udah cukup gan
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:58
Quote:Original Posted By pakposyangbaik


semacam sekuriti
jaga depan pintu rupanya emoticon-Belo


security nyamuk gan ?? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 18:59
jual dimana gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:00
Quote:Original Posted By tedongify


Hanya obat nyamuk semprot dan bakar yg efektif usir nyamuk....ane udah tanam macam macam tanaman pengusir nyamu....tetep aja...banyak nyamuk...apa nyamuknya uda kebal kali ya???.....ehhh iya...kalo mau yg alami biar ga diganggu nyamuk tanpa obat2an..... Pake kelambu ....hahahahaha...ada yg ga tau kelambu????..... Cari di google ya....


aneh juga kayaknya udah gak mempan deh pake tanaman2 gitu gan
kalo ndak pake obat semprot, nyamuknya ndak mati gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:00
.bli dmn tuh gan?
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:02
Quote:Original Posted By Kangdezta
nais info gan...
kayaknya ane butuh tuh... soalnya ane punya bayi, bisa d pake g yaaa... btw kan klo tumbuh2an klo malem ngisep oksigen.. p g ngaruh tuh gan.... emoticon-Bingung (S)


iya sih gan, kalo ada baby bagusnya sih pake tanaman2 gini
lebih alami dibanding obat semprot
mungkin bisa pake kelambu gan buat ngelindungin si baby dari nyamuk emoticon-Big Grin
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:04
Tanaman ini tidak akan mengusir nyamuk, malah bisa jadi sarang nyamuk.. Buktikan aja sendiri
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:06
waini...cocok banget sama kondisi di tempat ane...nyamuknya bejibun sampe ane gabisa tidur emoticon-Matabelo
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:06
tanem lavender gun,
katanya khan lavender pengusir nyamuk emoticon-Add Friend (S)
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:07
wah mantap nih gan buat dibeli
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:07
lawannya soffell nih emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:09
Wah banyak yg bilang hoax ya, tadinya mw tanem nih emoticon-Sorry
0 0
0
Zodia Si Pengusir Nyamuk
28-01-2014 19:09
Pernah ngeliat gann.. Tapi di mana ya? emoticon-Bingung
0 0
0
Halaman 30 dari 36
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia