News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
1786
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004740083/sharing-resign-yang-gagal
Sekedar sharing dari milis, bagus banget isinya, silahkan di baca perlahan :) Akhirnya terpaksa menulis lagi.. karena bertubi-tubi mendapat pertanyaan/curhatan yang sama, hampir setiap hari.. jadi biar jawabnya mudah, supaya dirujuk ke tulisan ini.. begini kira-kira Ny X : "Dzan, gw capek nih dengeran cerita salah seorang member dari kota S. Tiap hari curhat, gara-gara udah resign tapi bisnis
Lapor Hansip
18-07-2010 21:42

(Sharing) Resign yang gagal

Sekedar sharing dari milis, bagus banget isinya, silahkan di baca perlahan emoticon-Smilie


Code:

Akhirnya terpaksa menulis lagi..
karena bertubi-tubi mendapat pertanyaan/curhatan yang sama, hampir setiap hari..
jadi biar jawabnya mudah, supaya dirujuk ke tulisan ini..

begini kira-kira
Ny X :
"Dzan, gw capek nih dengeran cerita salah seorang member dari kota S.
Tiap hari curhat, gara-gara udah resign tapi bisnisnya ga jalan-jalan
alias bangkrut. Sekarang malah keluarganya terancam perceraian. Orang
itu agak nyalahin komunitas yang komporin resign tanpa diberitahu
resiko nya. Harusnya kasitau donk resiko resign dll, jangan cuma yang
enaknya doank yang di share di komunitas. Dan banyak lho member yg
bernasib sama.. gimana nih?"

Mr.Y :
"Bro, ada yang lagi curhat nih. teman saya frustasi. sudah resign trus
bisnis bangkrut. dia bener-bener frustasi. Sekarang dia menghidupi
keluarganya dengan "jatah" dari mertuanya. Gimana nih?"

Mr. Z
"utang jadi banyak banget..Gw nyerah nih bro.. gw mau jadi karyawan
lagi. tuntutan hidup makin berat, gw butuh kepastian penghasilan...”

Menghela nafas sebentar...
Bingung juga, mulai darimana ya njelasin nya

Mulai dari kapasitas saya untuk menjawab dulu deh
1. saya bukan founder dari komunitas tersebut… saya hanyalah anggota biasa.

2. saya belum pernah merasakan jadi karyawan/TDB atau apapun
istilahnya. Karena semenjak kuliah sudah berdagang. Walau begitu saya
bisa merasakan beratnya perjuangan bisnis orang-orang yang sebelumnya
pernah bekerja.

3. tapi saya pernah mengalami kegagalan, kemunduran, kebangkrutan yang
sama. Bahkan berkali-kali. Dan berkali-kali itu pula, alhamdulillah
dengan pertolongan Allah, saya selalu bisa untuk bangkit kembali.

Oke, setelah tau kapasitas saya untuk menjawab, lanjut ya sekarang ke
pembahasan.

Pertama : Menjadi karyawan tidak berarti lebih buruk dari menjadi
pengusaha. Dan menjadi pengusaha, belum tentu lebih baik daripada
karyawan

Mengapa?
- karena yang lebih mulia di sisi Allah adalah yang lebih bertakwa.
Karyawan yang bertakwa jauh lebih baik daripada pengusaha yang korup
- ga semua pengusaha itu lebih kaya dari karyawan.. contoh :
penghasilan saya saat ini tidak lebih besar dari Dirut Bank Mandiri
hehe

Kedua : Pahami bahwa status pengusaha dan karyawan adalah hanya
aktualisasi diri kita dalam kehidupan. Semua sama saja. Sama-sama
dibutuhkan umat manusia

Bayangkan bahwa isi dunia ini adalah sebuah organisasi besar. Ada
orang-orang yang bertugas menjaga keamanan (tentara/polisi), ada
orang-orang yang membantu orang yang sakit (paramedic), ada yang
mengatur Negara (politisi), ada pengusaha dan lain-lain.

Semuanya sama-sama dibutuhkan. Tidak ada boleh merasa lebih antara
satu dan lainnya.

Ketiga : Pahami resiko

- Jadi tentara/polisi dituntut latihan fisik yang lebih. Kalo kita
bukan tipe yang demikian, jangan dipaksakan ber-aktualisasi disana.

- Jadi dokter/paramedic dituntut untuk lebih empati dan sabar. Kalo
kita ga nyaman ada orang yang malem-malem minta diobati, ya jangan
jadi dokter

- Jadi pengusaha dituntut untuk siap profit dan siap rugi. Siap maju
dan siap bangkrut. Kalo kita ga punya mental siap bangkrut, ya ga usah
jadi pengusaha. Tapi ketika kita memilih menjadi pengusaha, ya terima
resiko nya apapun itu. Jangan mengeluh, karena ini adalah pilihan
kita. Tapi kalo memang tidak cocok, ya jadi karyawan juga ga lebih
hina..

- Kata siapa pengusaha banyak waktu luang? Justru pengusaha bisa
bekerja 24 jam non-stop! Tapi bedanya, kita mencintai pekerjaan kita
jadinya tidak terasa capek. Jadi jangan bermimpi menjadi pengusaha itu
bisa bermalas-malasan.

- Belum lagi risiko dicibir orang, keluarga, mertua dll ketika baru
merintis bisnis… dibilang ga punya pekerjaan tetap lah… pekerjaan ga
jelas lah.. penghasilan ga jelas.. malu-malu-in lah.. hayo apa lagi?

Keempat : Terima Konsekuensi

- Masuk jadi tentara trus mengeluh.. “gimana sih suruh lari 10km
setiap hari! Emangnya ga capek!”.. “Ah, bapak/ibu sih yang maksa jadi
tentara! Udah saya bilang saya ga suka! Pegel-pegel nih latihannya!”

- Masuk jadi dokter juga mengeluh… “gilak… tiap hari harus liatin
darah… harus deket-deket sama orang-orang kusta, orang kudisan, exim…
mana gw tahan..”.. “gara-gara siapa nih?”

- kira-kira begitulah kalo salah pilih menjadi pengusaha… terdengar
seperti anak kecil ya? Ya begitulah seharusnya anda melihat diri anda
ketika anda mengeluh. Ngerasa salah jalan? Belum telat kok untuk
pindah haluan, tapi satu yang pasti : gentle donk sama pilihan
sendiri! Jangan mengeluh! Apalagi nyalah-nyalahin orang lain atau
komunitas…

Jadi, mohon maaf, saya agak kurang sepakat jika menyalahkan komunitas.
Plis, jangan biasakan BEJ (blame, excuse, justify). Biasakan untuk
menyalahkan diri sendiri.

CONTINUE..

0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
entrepreneur-corner
Entrepreneur Corner
2.9K Anggota • 21.2K Threads
Halaman 34 dari 90
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:03
wah luar biasa banget gan.
ini nih isinya daging semua, pengalaman yang ga cuma teori.

ane sendiri dah milih jalur bisnis, dah bakar kapal juga ^_^

semoga kita semua yang memilih jalur bisnis bisa tetap istqomah dalam usaha kita.
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:03
Penulisnya pemilik www.jasakomputer.com emoticon-Bingung
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:03
Trit ente pantes jadi hot thread

Pandapat yang anda kemukakan sangat bijaksana

Seneng rasanya baca tulisan ente yg kayak gini, mudah2an menginspirasi cara kita bersikap kedepannya
Amin
Salam super
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:04
bener2 mantap sharing nya
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:04
kalo menurut aku sich.. terkadang kita harus ambil keputusan yang nekad... itu berlaku bagi yg belum berkeluarga.. tapi kalo udah berkeluarga sih pikir2 dua kali deh kalo untuk resign...
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:05
Inspiratif bgt
Manteb pol
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:05
keren gann emoticon-thumbsup
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:05
aduh pegel bacanya bos
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:05
jd pengusaha atau karywan sama aja ya gan
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:06
sharing yang bermanfaat gan.
bisa diambil hikmahnya
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:06
Mantep dahh, ane paham kosekuensi nyang kudu di ambil
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:07
setelah 4 thun bru nih trit jdi HT emoticon-Matabelo
ane blm baca smpe abis tpi sepertinya sangat inspiring cerita gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:07
wah keren gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:07
ente kayak ane bangeeet dah emoticon-Cool cuman bedanya ane masih merintis emoticon-Sorry tapi ane yakin 2-3 tahun lagi pasti bisa kyak ente bahkan lebih emoticon-Malu (S)
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:07
ane save ni trit emoticon-Matabelo
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:08
Memberi motivasi juga nih.
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:09
1 kata gan, MANTAP emoticon-Matabelo

Kebanyakan share yang enak2 nih temen2 pengusaha, kurang yang pahitnya emoticon-Ngakak

sorry numpang lapak

emoticon-armyTrooopers emoticon-army
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:09
Nice Share
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:10
emoticon-Matabelo
0 0
0
(Sharing) Resign yang gagal
24-01-2014 21:11
Izin nyimak Gan,

Banyak banget nich. Apalagi tulisan semua.
0 0
0
Halaman 34 dari 90
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia