others
Batal
link has been copied
6921
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015730788/free-benarkah-adam-manusia-pertama
Sebelumnya aku begitu percaya pada Kitab Suci. Sangat percaya dan hanya bersumber pada Kitab Suci. Tetapi begitu banyak tekanan, deraan dan debat menghempas. Selama ini aku mampu mengatasinya berdasarkan pedoman Kitab Suci. Terlalu banyak hal yang didebat dari Kitab Suci. Terutama karena Kitab Suci tidak terlalu detail mengulas semua yang terekam di sana. Salah satu masalah penting yang paling ban
Lapor Hansip
29-07-2012 21:03

[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?

Quote:Sebelumnya aku begitu percaya pada Kitab Suci. Sangat percaya dan hanya bersumber pada Kitab Suci. Tetapi begitu banyak tekanan, deraan dan debat menghempas. Selama ini aku mampu mengatasinya berdasarkan pedoman Kitab Suci. Terlalu banyak hal yang didebat dari Kitab Suci. Terutama karena Kitab Suci tidak terlalu detail mengulas semua yang terekam di sana.

Salah satu masalah penting yang paling banyak didebat adalah tentang Ketuhanan Yesus Kristus dalam Trinitas (Tri Tunggal Maha Kudus). Tetapi ini dapat dengan mudah dijawab dari Kitab Suci. Tetapi rupanya serangan telah masuk ke kitab Genesis (Kejadian). Debat berlanjut ke “Apakah Adam adalah Manusia Pertama?” Jika ya, “Dari manakah bangsa-bangsa lahir di bumi jika awalnya hanya ada Adam dan Hawa? Apakah anak-anak Adam saling menikahi?” Jawaban yang tidak mudah! Terutama karena di Kitab Suci dilarang menikah sesama saudara sekandung! Penasaran? Baca terus ya?


Perdebatan ini begitu menghantui. Syukurlah tidak pernah menggoyahkan imanku. Tetapi bagaimana pun kasus ini membuat aku terus menyelidiki Kitab Suci dan berkelana di alam intelektual mencari jawabannya. Dari dulu aku tetap menyakini bahwa Adam adalah manusia pertama. Tetapi aku sempat tersesat hingga akhirnya saat ini aku kembali ke keyakinanku kepada Kitab Suci.

Quote:Evolusi Manusia


  • Tidak ditemukannya “Missing Link” dari perubahan (evolusi) kera ke manusia secara langsung. Aku menganggap fosil evolusi kera adalah benar-benar fosil kera, bukan manusia! Jikalau kera itu berevolusi menjadi manusia, mengapa sampai saat ini masih ada hewan yang bernama kera? Bukankah seharusnya mereka telah berevolusi?

  • Jika pun manusia berevolusi, mengapa sekarang sudah 4000 tahun lebih manusia tidak berevolusi lagi? Bentuk kita manusia dengan bentuk manusia lampau tetap berbentuk seperti manusia sekarang ini. Penemuan fosil manusia yang telah berusia ribuan tahun telah membuktikan bentuk manusia dahulu sama seperti bentuk manusia sekarang.

  • Lagi pula di Kitab Kejadian disebutkan bahwa kita diciptakan secitra dengan Wujud Allah. Dan seperti itulah wujud Yesus Kristus 2000 tahun yang lalu. Yesus Kristus adalah Firman Allah yang menjadi Manusia. Wujudnya seperti manusia saat ini. Aku kira seharusnya 2000 tahun sudah mampu mengubah bentuk manusia masa kini jika benar evolusi itu ada.


Trus siapakah manusia pertama sebenarnya?

Quote:Kompromi?

Setelah mapan dengan jawabanku di atas, medio 2003an aku menemukan sebuah buku berjudul “Siapakah Manusia Pertama?” Terus terang kira-kira judulnya seperti itu. Aku lupa pastinya, kayaknya ada sub-judulnya. Waktu itu aku tidak membelinya dan hanya membacanya sampai tuntas di Toko Buku Gramedia. Maklum, lagi bokek.

Buku ini mengubah paradigmaku yang telah mapan. Begitu komprehensif paparan dalam buku ini mengenai Adam. Dan sangat kompromis terhadap teori Darwin. Terutama karena buku ini banyak sekali mengutip ayat-ayat Kitab Suci yang mendukungnya. Berikut intisari dari buku tersebut:

1. Tuhan menciptakan segala sesuatu selama 6 hari. Tetapi ini adalah Hari Tuhan, bukan harinya manusia yang satu hari satu malam, yang 24 jam sehari itu. 1 Hari Tuhan bisa beribu-ribu tahun manusia. Masuk akal juga. Seperti kalau kita membandingkan langkah manusia dengan semut. Untuk mencapai jarak 1 km manusia hanya butuh (katakanlah) 1 jam. Tetapi bagaimana dengan semut? Wah, bisa berhari-hari. Jadi, dengan segala Kebesaran Tuhan, 1 Hari Tuhan bisa beribu-ribu (atau bahkan berjuta-juta) tahun manusia di bumi.

2. Satu hari dalam proses penciptaan ini bisa berlangsung lama dalam hitungan bumi. Dan ini memberi celah adanya evolusi. Penciptaan hewan pada hari ke-lima mungkin juga telah menciptakan kera. Dan karena proses hari kelima ke hari keenam itu bisa amat-sangat lama, maka mungkin kera telah mulai berevolusi ke arah bentuk manusia. Dan pada hari keenam Allah menciptakan manusia. Mungkin pengikut Darwin sepaham dengan teori ini dan menjadikannya materi untuk mendebat “missing link.”

3. Buku ini juga menjelaskan bahwa rentang waktu antara penciptaan alam semesta dengan penciptaan manusia pertama bisa berlangsung berjuta-juta tahun karena penulisnya mendukung teori Darwin dan mendukung bedanya 1 Hari Tuhan dengan 1 hari manusia.

4. Dalam buku ini disebutkan bahwa Adam adalah “Manusia Roh yang Pertama.” Karena pengarang buku ini setuju dengan teori Darwin dan menganggap manusia telah ada melalui evolusi. Tetapi manusia pertama itu adalah manusia biasa seperti hewan. Dia tidak memiliki roh dan hanya memiliki insting untuk hidup. Nah, menurutnya, Allah itu menghembuskan Roh Kehidupan pada Adam. Tetapi buku ini memang percaya bahwa Adam diciptakan langsung oleh Allah dari tanah, bukan dari hasil evolusi. Jadi Adam tidak dilahirkan dari manusia-hewan ini. Demikian pula dengan Hawa yang juga diciptakan Allah dari tulang rusuk Adam.

5. Perkembangan bangsa-bangsa di dunia ini adalah hasil perkimpoian manusia keturunan Adam yang juga ber-Roh dengan manusia-hewan (tidak ber-Roh). Tetapi anak-anak keturunan Adam ini menuruni Roh sehingga mereka menjadi manusia Roh. Dalam buku itu dianalogikan begini: jika kita menyalakan api di sebuah lilin, analogikan bahwa api tersebut adalah roh. Kita ingin menyalakan lilin yang kedua. Kita menyalakan lilin kedua dari lilin pertama tadi. Apakah api di lilin pertama menjadi berkurang apinya? Tentu tidak. Demikianlah dengan roh. Keturunan manusia-roh berikutnya juga memiliki roh.

6. Dari buku ini dapat disimpulkan bahwa keturunan Adam tidak menikah dengan saudara kandung sedarah. Lagi pula pada Kitab Kejadian 6:2 disebutkan ada 2 golongan, yaitu anak-anak Allah dan anak-anak perempuan manusia. Nah, penulis berasumsi bahwa “Anak-anak Allah” adalah anak-anak keturunan Adam, sedangkan “anak-anak manusia” adalah manusia hasil evolusi. Di ayat 6:4 juga disebutkan bahwa pada masa itu ada “manusia-manusia raksasa” dan penulis buku berasumsi ini adalah manusia-hewan (tidak ber-Roh). Perkimpoian Anak-anak Allah dengan anak-anak manusia menghasilkan orang-orang yang gagah perkasa.

7. Manusia-hewan (tidak ber-Roh) telah dipunahkan oleh Allah karena Tuhan melihat bahwa kejahatan manusia sangat besar dan kecenderungan hatinya berbuat jahat. Buku ini juga menuliskan bahwa manusia-hewan telah dipunahkan oleh Allah sehingga yang tersisa di masa kini adalah hanya benar-benar manusia-roh. Pemunahan ini terutama saat banjir besar pada masa Nabi Nuh.
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
-1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 207 dari 362
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 04:57
Quote:Original Posted By ahalial

tidak menyebutkan atau tidak tauemoticon-Wowcantik
ayat tadi juga tidak menyebutkan apa2


sekali lagi, tidak menyebut secara tersurat (tertulis) tepi tersirat.... tahu nggak sih maksudnya?.....ayat menyebutkan tentang berbagai macam syu'uban (berbagai macam bangsa) dan berbagai macam qobailan (berbagai macam suku), bukankah orang Arab, orang India, orang China, orang Jawa, dll termasuk sebagai bangsa-bangsa (syu'uban) dan suku-suku (qobailan), artinya Arab, China, India, Jawa, dll tersebutkan secara tersirat (tidak tersurat, tertulis)....

0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 09:25
Quote:Original Posted By kusmardiyanto
sekali lagi, tidak menyebut secara tersurat (tertulis) tepi tersirat.... tahu nggak sih maksudnya?.....ayat menyebutkan tentang berbagai macam syu'uban (berbagai macam bangsa) dan berbagai macam qobailan (berbagai macam suku), bukankah orang Arab, orang India, orang China, orang Jawa, dll termasuk sebagai bangsa-bangsa (syu'uban) dan suku-suku (qobailan), artinya Arab, China, India, Jawa, dll tersebutkan secara tersirat (tidak tersurat, tertulis)....

mau bangsa namek pun termasuk di dalamnyaemoticon-Cape d... (S)
masalahnya bukan suku bangsa A-Z termasuk di dalamnya, tapi tahu atau tidak?emoticon-Amazed
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 09:32
Quote:Original Posted By ahalial

mau bangsa namek pun termasuk di dalamnyaemoticon-Cape d... (S)
masalahnya bukan suku bangsa A-Z termasuk di dalamnya, tapi tahu atau tidak?emoticon-Amazed


emang bangsa namek itu ada???...itu kan khayalan, imajinasi seorang manusia...

gimana tidak tahu wong Alloh swt yang menciptakan mereka semua kok....

0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 09:49
Quote:Original Posted By kusmardiyanto
emang bangsa namek itu ada???...itu kan khayalan, imajinasi seorang manusia...

gimana tidak tahu wong Alloh swt yang menciptakan mereka semua kok..

anehnya yg menciptakan tidak mampu cerita, taunya cuma sekitar timur tengah emoticon-Big Grin

kisah bangsa namek sudah diceritakan dalam dragon ball z, kalo ga percaya tanggung sendiri akibatnyaemoticon-EEK!
Diubah oleh ahalial
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 09:56
Quote:Original Posted By ahalial

anehnya yg menciptakan tidak mampu cerita, taunya cuma sekitar timur tengah emoticon-Big Grin

kisah bangsa namek sudah diceritakan dalam dragon ball z, kalo ga percaya tanggung sendiri akibatnyaemoticon-EEK!



xixixi....ya udah....udah saya bilangin lho ya....

0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 10:00
Quote:Original Posted By kusmardiyanto
xixixi....ya udah....udah saya bilangin lho ya....

gw juga udah bilangin lho ya, tanggung sendiri akibatnya nanti, masuk ke neraka bersama frieza dan cell emoticon-EEK!
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 10:04
Quote:Original Posted By ahalial

gw juga udah bilangin lho ya, tanggung sendiri akibatnya nanti, masuk ke neraka bersama frieza dan cell emoticon-EEK!


xixixi...emang menurut atheis ada neraka????....

0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 10:07
Quote:Original Posted By kusmardiyanto
xixixi...emang menurut atheis ada neraka????....

eh sapa yg atheis?gw penganut gokuisme emoticon-Mad (S)
Diubah oleh ahalial
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 10:09
Quote:Original Posted By ahalial

eh sapa yg atheis?gw penganut gokuisme emoticon-Mad (S)



saatnya ketawa emoticon-Ngakak

0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 10:11
Quote:Original Posted By kusmardiyanto
saatnya ketawa emoticon-Ngakak

kalo lo sih bikin gw ketawa dari duluemoticon-Baby Boy 1
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 10:39
Daripada percaya ada raksasa setinggi puluhan meter di muka bumi, lebih milih percaya ada planet penuh loli nun jauh di angkasa. emoticon-Malu (S)

Toh itu amat sangat begitu teramat sungguh benar-benar jauh lebih logis ketimbang dongeng ala Shingeki no Kyojin...
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 11:20
Quote:Original Posted By kusmardiyanto


nggak sesuai dengan akal....atau akal lu nggak sampai....


akal manusia pengarang bebas nyontek sana sini kitab suci ente yang ga sampe emoticon-Malu (S)

0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 12:37
Jing novel buluk dari 7000taon yg lalu kok dipercaya emoticon-Cape deeehh
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 15:44
Quote:Original Posted By KhoumaBabacar


Perlu diketahui zaman dulu itu org2 masih ngotot kalo bumi itu adalah DATAR bukan berbentuk seperti bola.
Jadi jgn heran kalau si nuh mikir tmpt dia banjir artinya tempat laen juga sama banjir jg karena bumi datar.
Galileo sudah menjadi korban ketololan gereja katolik karena pernyataan bumi itu bulat dan matahari sebagai pusat tata surya.

kalau itu benar.
Quote:
Pikir aja sendiri mau berapa banyak proses incest yg terjadi dr jaman adam-nuh lalu dari nuh-hingga sekarang.
Harlequin baby syndrom cuy...
Ga masuk akal lah tuhan lu itu apalg yg ngarang novel nya...dr awal aja udah ngebohong ular bisa bicara sama manusia...
soal incest,dizaman musa,sudah ada hukum taurat yang melarang.
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 15:47
Quote:Original Posted By Pi-One
Daripada percaya ada raksasa setinggi puluhan meter di muka bumi, lebih milih percaya ada planet penuh loli nun jauh di angkasa. emoticon-Malu (S)

Toh itu amat sangat begitu teramat sungguh benar-benar jauh lebih logis ketimbang dongeng ala Shingeki no Kyojin...

yang nyiptain banyak loli siapa gan?emoticon-Request

shingeki no kyojin...emoticon-Ngakak (S)

sayang lanjutan animenya gak nongol2.
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 17:54
Udah gw kasi tau njeenk adam ga mungkin manusia pertamaemoticon-fuck
Kalo iye adam manusia pertama teruss emaknye buapaknye engkongnye lo kata spesies apa njeenk emoticon-fuckemoticon-Tai
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 18:46
Quote:Original Posted By dzatanic.verses

yang nyiptain banyak loli siapa gan?emoticon-Request

Sumber utama segala keimutan, Goddess of Eternal Loli emoticon-Malu (S)

In cuteness I trust
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
24-01-2014 19:15
Quote:Original Posted By dzatanic.verses

cerita nuh adalah tentang menyelamatkan binatang sebelum bah.

soal pembagian binatang2 tersebut nantinya,gak ditulis,karena tuh urusan Allah yang ngatur deliverinya.emoticon-Ngakak (S)


pan si alloh telah bikin jasa ekspedisi. seblm fedex.dhl. jne ma tiki ada ....
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
25-01-2014 04:55
Tau yang namanya cacat fisik mutasi genetika akibat dari hasil perkimpoian sedarah? Kalau saja mau menggunakan otak sedikit sudah pasti sadar bahwa Adam dan Hawa bukanlah manusia pertama, dan mereka ga hanya berdua karena logika ini sangatlah absurd!

Agama yang dianut adam? Wah gaktau karena budayanya udah sirna pas zaman banjir besar dibumi (palingan cuman nemu sisa-sisa artefaknya doang). Pada zamannya Adam dan Hawa mereka gak hanya berdua, begitu juga pada zamannya Nuh gak hanya keluarganya Nuh saja yang selamat. Menurut penelitian genetika dan arkeolog manusia-manusia yg ada sekarang ini pada mulanya berasal dari afrika dan menyebar ke penjuru bumi. Lalu manusia-manusia tersebut bermutasi / adaptasi morfologi sesuai tempat dmn manusia-manusia tersebut tinggal (berarti si Adam ini hidup dlm budaya afrika kuno sebelum zamannya nuh). Hasil penelitian genetika mengatakan "hampir seluruh manusia" (gak semuanya) asal akarnya berasal dari satu pria (mungkin ini dari spermanya si Adam).
Nih sumber linknya:
http://m.nbcnews.com/science/genetic-adam-eve-traced-they-didnt-know-each-other-6C10822690

Agama Monotheist di Timur Tengah pada Zaman Kuno tidak hanya Yudaisme, Irak Kuno dan Mesir Kuno jg percaya sama satu Tuhan. Nih contoh-contohnya ada banyak seperti Atonisme, Yazdanisme, Zoroastrianisme dan lain sebagainya. Kalau mau dibilang peradaban timur tengah pada masa lampau sebelum zamannya Yudaisme itu barbar, brutal dan tidak intelek anda salah besar. Peradaban timur tengah sebelum zamannya Yudaisme bisa dikatakan sebagai pusat poros peradaban dunia, atau boleh dibilang seperti Amerika dizaman modern ini.

Agama bukan lahir ditengah zaman, agama ialah sebuah bentuk pemahaman konsep ke-Tuhanan menurut sebuah kelompok manusia. Pemahaman akan ke-Tuhanan antar tiap kelompok jg berbeda-beda, itu terjadi krn faktor zaman dan lokasi tempat tinggal kelompok tersebut. Jadi agama tidak akan jauh dari yang namanya budaya.

Yesus yang dipercaya orang kristen sbg Tuhan didalam telogi Kekristenan tidak pernah mengatakan bahwa ia membawa agama baru, pada zamannya dia hidup, dia hanya mengulangi pengajaran-pengajaran Abraham, Musa, dan para nabi-nabinya orang yahudi. Orang kristennya aja yang ke-pedean menganggap bahwa Yesus membawa agama baru.

Islam sendiri lahir pada abad ke 7 yg dipelopori dan dipimpin oleh Abū al-Qāsim Muḥammad ibn ʿAbd Allāh ibn ʿAbd al-Muṭṭalib ibn Hāshim atau yang dipercaya sbg muslim sbg Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Gue lebih percaya dan mengimani aliran kepercayaan Gnostik, lebih makes sense. Gnostik bukan Agnostik looh yaaa!
0 0
0
[free] Benarkah Adam Manusia Pertama?
25-01-2014 16:38
Quote:Original Posted By Marlin_van_Sieg
Tau yang namanya cacat fisik mutasi genetika akibat dari hasil perkimpoian sedarah? Kalau saja mau menggunakan otak sedikit sudah pasti sadar bahwa Adam dan Hawa bukanlah manusia pertama, dan mereka ga hanya berdua karena logika ini sangatlah absurd!

Agama yang dianut adam? Wah gaktau karena budayanya udah sirna pas zaman banjir besar dibumi (palingan cuman nemu sisa-sisa artefaknya doang). Pada zamannya Adam dan Hawa mereka gak hanya berdua, begitu juga pada zamannya Nuh gak hanya keluarganya Nuh saja yang selamat. Menurut penelitian genetika dan arkeolog manusia-manusia yg ada sekarang ini pada mulanya berasal dari afrika dan menyebar ke penjuru bumi. Lalu manusia-manusia tersebut bermutasi / adaptasi morfologi sesuai tempat dmn manusia-manusia tersebut tinggal (berarti si Adam ini hidup dlm budaya afrika kuno sebelum zamannya nuh). Hasil penelitian genetika mengatakan "hampir seluruh manusia" (gak semuanya) asal akarnya berasal dari satu pria (mungkin ini dari spermanya si Adam).
Nih sumber linknya:
http://m.nbcnews.com/science/genetic...her-6C10822690

Agama Monotheist di Timur Tengah pada Zaman Kuno tidak hanya Yudaisme, Irak Kuno dan Mesir Kuno jg percaya sama satu Tuhan. Nih contoh-contohnya ada banyak seperti Atonisme, Yazdanisme, Zoroastrianisme dan lain sebagainya. Kalau mau dibilang peradaban timur tengah pada masa lampau sebelum zamannya Yudaisme itu barbar, brutal dan tidak intelek anda salah besar. Peradaban timur tengah sebelum zamannya Yudaisme bisa dikatakan sebagai pusat poros peradaban dunia, atau boleh dibilang seperti Amerika dizaman modern ini.

Agama bukan lahir ditengah zaman, agama ialah sebuah bentuk pemahaman konsep ke-Tuhanan menurut sebuah kelompok manusia. Pemahaman akan ke-Tuhanan antar tiap kelompok jg berbeda-beda, itu terjadi krn faktor zaman dan lokasi tempat tinggal kelompok tersebut. Jadi agama tidak akan jauh dari yang namanya budaya.

Yesus yang dipercaya orang kristen sbg Tuhan didalam telogi Kekristenan tidak pernah mengatakan bahwa ia membawa agama baru, pada zamannya dia hidup, dia hanya mengulangi pengajaran-pengajaran Abraham, Musa, dan para nabi-nabinya orang yahudi. Orang kristennya aja yang ke-pedean menganggap bahwa Yesus membawa agama baru.

Islam sendiri lahir pada abad ke 7 yg dipelopori dan dipimpin oleh Abū al-Qāsim Muḥammad ibn ʿAbd Allāh ibn ʿAbd al-Muṭṭalib ibn Hāshim atau yang dipercaya sbg muslim sbg Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Gue lebih percaya dan mengimani aliran kepercayaan Gnostik, lebih makes sense. Gnostik bukan Agnostik looh yaaa!

Matius 5:38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.

Matius 5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

(43) Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
(44) Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

tolong dibantu,Yesus mengulang ajaran2 lama apa?buat saia saat baca ayat diatas,Yesus mengajar sesuatu yang baru.emoticon-Bingung (S)

btw...lebih baik bahas Yesus di abkm/abkam.

disini tempatnya adam&hawa exist.emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Halaman 207 dari 362
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia