Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1951
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009725753/3665297297331758973329723665-share-about-geoscience-3665297297331758973329723665
pengertian singkat geologi Secara Etimologis Geologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Geo yang artinya bumi dan Logos yang artinya ilmu, Jadi Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi. Secara umum Geologi adalah ilmu yang mempelajari planet Bumi, termasuk Komposisi, keterbentukan, dan sejarahnya. Karena Bumi tersusun oleh batuan, pengetahuan mengenai komposisi, pembentukan, dan sejarahnya merupaka
Lapor Hansip
18-07-2011 11:35

~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~

pengertian singkat geologi

Quote:
Secara Etimologis Geologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Geo yang artinya bumi dan Logos yang artinya ilmu, Jadi Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi. Secara umum Geologi adalah ilmu yang mempelajari planet Bumi, termasuk Komposisi, keterbentukan, dan sejarahnya. Karena Bumi tersusun oleh batuan, pengetahuan mengenai komposisi, pembentukan, dan sejarahnya merupakan hal utama dalam memahami sejarah bumi. Dengan kata lain batuan merupakan objek utama yang dipelajari dalam geologi.

~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~

~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~

~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~

~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~



Ruang Lingkup Geologi
Secara keseluruhan bumi ini terdiri dari beberapa lapisan yaitu :
1. Atmosfer, yaitu lapisan udara yang menyelubungi Bumi
2. Hidrosfer, yaitu lapisan air yang berada di permukaan Bumi
3. Biosfer, yaitu Lapisan tempat makhluk hidup
4. Lithosfer, yaitu lapisan batuan penyusun Bumi

Ruang lingkup pembelajaran geologi yaitu lithosfer yang merupakan lapisan batuan penyusun bumi dari permukaan sampai inti bumi.

Geologi juga mempelajari benda-benda luar angkasa, dan bukan tak mugkin suatu saat nanti kita dapat mengetahui keadaan geologi bulan misalnya.

Cabang-cabang ilmu geologi
Kajian geologi memiliki ruang lingkup yang luas, di dalamnya terdapat kajian-kajian yang kemudian berkembang menjadi ilmu yang berdiri sendiri walaupun sebenarnya ilmu-ilmu tersebut tidak dapat dipisahkan dan saling menunjang satu sama lain. ilmu-ilmu tersebut yaitu :

Mineralogi, yaitu ilmu yang mempelajari mineral, berupa pendeskripsian mineral yang meliputi warna, kilap, goresan, belahan, pecahan dan sifat lainnya.

Petrologi, yaitu ilmu yang mempelajari batuan, didalamnya termasuk deskripsi,klasifikasi dan originnya.

Sedimentologi, yaitu ilmu yang mempelajari batuan sediment, meliputi deskripsi, klasifikasi dan proses pembentukan batuan sediment.
Stratigrafi, yaitu ilmu tentang urut-urutan perlapisan batuan, pemeriannya dan proses pembentukannya.

Geologi Struktur, adalah ilmu yang mempelajari arsitektur kerak bumi dan proses pembentukannya.

Palentologi, yaitu ilmu yang mempelajari aspek kehidupan masa lalu yang berupa fosil. Paleontology berguna untuk penentuan umur dan geologi sejarah.

Geomorfologi, yaitu ilmu yang mempelajari bentuk bentang alam dan proses-proses pembentukan bentang alam tersebut. Ilmu ini berguna dalam menentukan struktur geologi dan batuan penyusun suatu daerah.

Geologi Terapan, merupakan ilmu-ilmu yang dikembangkan dari geologi yang digunakan untuk kepentingan umat manusia, diantaranya Geologi Migas, Geologi Batubara,Geohidrologi, Geologi Teknik, Geofisila, Geothermal dan sebagainya.


untuk mengakrabkan penghuni disini maka diharap mengisi biodata terlebih dahulu emoticon-Big Grin

karena tak kenal maka tak sayang emoticon-Angkat Beer


emoticon-army: Format Perkenalan emoticon-army:

Code:
Nama:
Universitas/Sekolah:
Angakatan:
Facebook:
YM :


emoticon-army: rules emoticon-army:
BACALAH SEBELUM ENGKAU DIBACAKAN

Code:
[CENTER][SIZE="4"]
[B][COLOR="Red"][LIST][*]RESPECT DAN RAMAH TERHADAP SESAMA PENGHUNI MAUPUN TAMU YANG INGIN BERTANYA
[*]NO FLAMMING , NO SARA , NO MONOLOG
[*]CLONE ID HARUS MENYERTAKAN ID PRIME DI LOCATIONNYA
[*]JIKA INGIN SHARING FOTO WAJIB DI SPOILER DEMI KENYAMANAN BERSAMA
[/LIST][/COLOR][/B][/SIZE][/CENTER]


*Apabila melanggar rules diatas maka terima sendiri konsekuensinya

*kita disini mencari kawan bukan lawan
emoticon-shakehand

**happy posting \emoticon-Big Grin/


#dilarang membawa intuisi lain dalam berposting untuk menghindari kesalah pahaman dan membuat kita lebih nyaman dalam berdiskusi emoticon-Smilie
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 88 dari 99
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
16-12-2013 08:51
Salam kenal brur.

Nama : Riyan
Univ : Unpad 2007
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
16-12-2013 08:54
Salam kenal brother

Asal Universitas : Unpad
Nama : Abdul
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
16-12-2013 20:46
permisi gan mau tanya nih ada yang punya literatur tentang geothermal gak ya? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
25-12-2013 17:10
permisi ada yang tau link buat download ebook tentang mineral optik ?
terimakasih
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
26-12-2013 16:24
Quote:Original Posted By chobolatos
permisi gan mau tanya nih ada yang punya literatur tentang geothermal gak ya? emoticon-Bingung (S)

ane pertanyaannya sama kaya agan chobolatos, tapi lebih speifik dikit. ada yang punya literatur (buku/ebook/paper/jurnal) eksplorasi panas bumi daerah kuningan, jawa barat? emoticon-Bingung (S) ane cari belum ketemu emoticon-Berduka (S)

sekalian kenalan deh emoticon-Malu (S)
Nama: Tirto
Jurusan/Univ: Teknik Geofisika UPN "Veteran" Yogyakarta
Angkatan: 2010
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
28-12-2013 00:06
Ane ada gan dari Schlumberg** . agan mau ?Quote:Original Posted By chobolatos
permisi gan mau tanya nih ada yang punya literatur tentang geothermal gak ya? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
31-12-2013 05:22
Quote:Original Posted By Cuberman
Ane ada gan dari Schlumberg** . agan mau ?


wah boleh gan hehehe emoticon-Malu (S)
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
09-01-2014 18:44
Absen brur.

Ardi Nugraha
Geologi - ITB
Angkatan 2007
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
10-01-2014 21:02
Quote:Original Posted By Joko Suyatno
Absen brur.

Ardi Nugraha
Geologi - ITB
Angkatan 2007


Salken gan emoticon-Shakehand2

Ane Gugun

Geologi USAKTI 2012
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
16-01-2014 23:00
Permisi para sesepuh, agan senior maupun kakak2 sekalian.. Saya masih kelas 12 SMA, bentar lagi mau ada pemilihan jalur undangan. Saya nyoba untuk milih UNDIP (doain ya keterima hehe, Aamiin). Ada bbrp pertanyaan yang mau saya ajukan...

1. Saya milih geologi alasan pertama katanya karena gajinya itu loh gede, emang bener ya? maap nih kalo pertanyaannya agak konyol, emang gaji paling rendah dan paling tinggi utk para geologist berapa ya?

2. Saya selama ini hanya mengetahui sesuatu yang berkaitan dengan GEO ya hanya geografi. Dan jujur sangat buta dengan geologi -,- salah gk sih gan? karena sejujurnya saya gatau loh minat saya dimana, jadi saya cari alasan alasan yg paling memungkinkan utk memilih jurusan kuliah dengan alasan2 lain spt gaji, prospek kerja, kesulitan, peluang dll... bukan minat atau apalah itu. Kira2 perlu ada minat dulu atau memang minat bs tercipta sendiri di jurusan ini?

3. Orang tua ane selalu bilang, kalo pilih jurusan harus tau dulu apa yg bakal di pelajari (takut takut ternyata sulit dan gakbisa). Nah saya bingung jawabnya utk jurusan geologi ini, apa ya yg musti saya jawab ke orang tua saya?

Untuk saat ini sepertinya segitu dulu yang mau saya tanya, saya harap agan agan sesepuh, senior dan kakak2 mau membantu menjawab anak muda satu ini hehe emoticon-Malu (S) Terima kasih gan atas perhatiannyaaa emoticon-2 Jempol
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
17-01-2014 14:07
Salam kenal masbro-masbro sekalian,

Nama: Yosaphat
Kampus: InTekDung
Angkatan: 2000 (S1) Geology, 2012 (S2) Petroleum on going study.

Senangnya bisa ketemu Thread soal Geology di Kaskus...

Mudah-mudahan jadi thread yang berguna.

Regards.
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
17-01-2014 14:13
Quote:Original Posted By RizkyPravira
Permisi para sesepuh, agan senior maupun kakak2 sekalian.. Saya masih kelas 12 SMA, bentar lagi mau ada pemilihan jalur undangan. Saya nyoba untuk milih UNDIP (doain ya keterima hehe, Aamiin). Ada bbrp pertanyaan yang mau saya ajukan...

1. Saya milih geologi alasan pertama katanya karena gajinya itu loh gede, emang bener ya? maap nih kalo pertanyaannya agak konyol, emang gaji paling rendah dan paling tinggi utk para geologist berapa ya?

2. Saya selama ini hanya mengetahui sesuatu yang berkaitan dengan GEO ya hanya geografi. Dan jujur sangat buta dengan geologi -,- salah gk sih gan? karena sejujurnya saya gatau loh minat saya dimana, jadi saya cari alasan alasan yg paling memungkinkan utk memilih jurusan kuliah dengan alasan2 lain spt gaji, prospek kerja, kesulitan, peluang dll... bukan minat atau apalah itu. Kira2 perlu ada minat dulu atau memang minat bs tercipta sendiri di jurusan ini?

3. Orang tua ane selalu bilang, kalo pilih jurusan harus tau dulu apa yg bakal di pelajari (takut takut ternyata sulit dan gakbisa). Nah saya bingung jawabnya utk jurusan geologi ini, apa ya yg musti saya jawab ke orang tua saya?

Untuk saat ini sepertinya segitu dulu yang mau saya tanya, saya harap agan agan sesepuh, senior dan kakak2 mau membantu menjawab anak muda satu ini hehe emoticon-Malu (S) Terima kasih gan atas perhatiannyaaa emoticon-2 Jempol


kalo soal gaji ya relatif beda perusahaan beda standard.
tapi yang jelas di suatu perusahaan mining-oil & gas yang jadi otaknya ya seorang Geologist.
Geology itu hanya bermain logika dan hafalan saja, itungan-itungan pun sedikit saja.
Intinya mau dimana pun kita berada belajarlah/berusahalah sebaik mungkin karena nanti pasti ada hasilnya, percaya deh...
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
17-01-2014 21:53
salam kenal agan" ahli bumi dimari :emoticon-shakehand

Nama : Ajat R.
Univ : Universitas Gajah Duduk
Jurusan : Geologi
Angkatan : 2006

Ijin nyedot ilmu nya dsini ya gan
Diubah oleh salamlestari
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
18-01-2014 10:29
salam kenal agan2 semuanya emoticon-Shakehand2

Nama : Rafi Abyan C
Univ : Undip
jurusan : Fisika -----> Geofisika
angkatan: 2012

ijin ngilmu gan emoticon-thumbsup
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
19-01-2014 08:12
misi gan emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
ane mau nanya nih tentang batuan karbonat,
apakah batugamping dolomit dan batugamping kristalin itu sama?
jika berbeda bagaimana genesa keduanya gan dilihat dari proses pembentukannya (diagenesa) hingga linkungan yang mendukung pembetukan batuan tersebut?

mohon pencerahannya dari para master karbonat disini
terimakasih emoticon-Malu (S)
Diubah oleh Ultrasons
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
20-01-2014 17:09
Quote:Original Posted By Ultrasons
misi gan emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
ane mau nanya nih tentang batuan karbonat,
apakah batugamping dolomit dan batugamping kristalin itu sama?
jika berbeda bagaimana genesa keduanya gan dilihat dari proses pembentukannya (diagenesa) hingga linkungan yang mendukung pembetukan batuan tersebut?

mohon pencerahannya dari para master karbonat disini
terimakasih emoticon-Malu (S)


lupa euy...
padahal deskripsi limestone mulu nih...hahaha.

yang baru lulus coba jawab nih..
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
20-01-2014 22:49
misi gan sesepuh dimari..ane kan udah kelas 12 nih,niatnya mau ngambil geologi unpad dari jalur undangan..ane ada beberapa pertanyaan buat senio2 dimari..terutama yg di unpad

1.Kan ane mau daftar lewat jalur undangan,buat yg di geologi unpad....tau ga nilai rapot apa aja yg dipertimbangin buat masuk?mmm..kurang lebih kayak spesifikasi nilai2nya gt,atau ada yg bisa bantu buat simulasiin nilai rapot ane berpeluang buat masuk unpad geoogi apa engga?

2.Ada yg badannya rada gendut gak gan yg masuk geologi?emoticon-Ngakak ane badannya soalnya agak gendut...apakah ngaruh buat praktek lapangan nanti?kan banyak praktek lapangan noh emoticon-Ngakak

3.kan geologi unsoed terbilang baru,apalagi dgn akre C,jk dibanding geologi unpad...itu ngaruh gak gan nanti buat hasil lulusnnya?siapatau nanti lebih susah nyari kerjanya gt kl akrre C?lebih baaik mana gan geologi unsoed dgn unpad untuk prospek ke depan?

4.sekalian mau nanya...geofisika sm teknik geofisika bedanya gmmn gan?ngaruh ga buat kerjanya nanti?


thx gan,ini aja yg mau ane tanya,mohon bimbingannya gan..ane pgn banget masuk geologi..mohon restunya sepuh2 dimari emoticon-Belokiss
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
21-01-2014 09:54
haloo agan agan skalian! sudah lama tidak dimari tp sudah banyak aja nih yg komen. salam kenal. emoticon-Blue Guy Cendol (L)
sepuhnya mana ni. jrng nongol lg. emoticon-Ngakak
pangea!!
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
22-01-2014 19:23
ada yang punya pengalaman KP di berau coal gak yah?
0 0
0
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ Share About GEOSCIENCE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
28-01-2014 07:33
absen ya sodara2 emoticon-Big Grin

Nama: Fikri
Angkatan: 2012
Univ: USAKTI-Teknik Geologi
YM/LINE: PM me emoticon-Kiss (S)emoticon-Malu (S)
0 0
0
Halaman 88 dari 99
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Supranatural
batu-akik
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia