deiraldd
TS
deiraldd
PARADIGMA DAN TIPS MEMILIH JURUSAN DAN FAKULTAS STUDI
PARADIGMA DAN TIPS MEMILIH JURUSAN DAN FAKULTAS STUDI

emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo #HT1 pertama gan #HT1 emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Seteah sekian lama ngaskus, bisa juga mencapai HT, thanks mimin momod. ternyata sundulan terakhir adalah sundulan maut
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Spoiler for HT:


emoticon-Shakehand2Thanks For Cendols And Abu gosok emoticon-Shakehand2

Spoiler for Cendols:


Maaf kalo
emoticon-Purple Repostemoticon-Purple Repost emoticon-Purple Repost emoticon-Purple Repost

Jika berkenan bisa berikan
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Kaskuser Yang Bijak Meninggalkan Jejak
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller






Bonus JANGAN DIBUKA :
Spoiler for Jangan dibuka:




Izin buka thread, ane mau sharing dari sesuatu hal yang ane baca di internet. sehubung dengan bersamaan apa yang akan ane tempuh nantinya yaitu memasuki dunia perkuliahan sekaligus berbagi kepada teman-teman yang mungkin sama halnya dengan ane disini yang masih bingung untuk memilih mana yang baik mana yang tidak mana yang minat dan mana yang tidak kepada apa yang bakal kita lalui.


"disini saya cuma mengutip dan menambahkan sedikit, credit dan support pantas diberikan kepada pemilik tulisan dan web yang nanti ane cantumkan pada bagian sumber"



Quote:



Spoiler for Cerita Singkat:




Kegalauan hampir pasti menjadi bagian dari para siswa SMA di seluruh Indonesia. Dimulai dari pemilihan jurusan IPA, IPS dan Bahasa, sampai ke tahap yang paling galau dari semua kegalauan di zaman SMA:

Quote:






PARADIGMA PEMILIHAN JURUSAN, GAJI GAJI DAN GAJI!

Manusia adalah mahluk yang tidak pernah puas, dan selalu menginginkan perbaikan di dalam hidupnya. Begitu pula dengan perihal pemilihan jurusan di dalam dunia pendidikan formal. Pemilihan ini akan selalu dikaitkan dengan potensial kualitas kehidupan di masa depan dari jurusan yang akan dipilih. Dan parameter apa yang paling bisa diukur di dalam kehidupan? Yap! Pendapatan. Gaji, gaji dan gaji! Semuanya dikaitkan dengan potensial lapangan pekerjaan, dan gaji yang bisa diterima oleh lulusan jurusan tersebut. Sehingga teramat sering sebuah diskusi mengenai pemilihan jurusan berakhir dengan kata-kata yang menurut saya sangat menyedihkan, tapi teramat realistis.

Quote:





PEMILIHAN JURUSAN DAN PENYAKIT KHAS INDONESIA, GENGSI!

Selain masalah gaji, ada lagi alasan lainnya yang biasanya menjadi alasan pemilihan jurusan: Gengsi! Adalah sebuah hal bodoh yang mengakar di Indonesia bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang gemar pamer. Tidak percaya? Lihat saja betapa masyarakat Indonesia senang memamerkan apapun, mulai dari gelar perkuliahan (ST, dr, MM, MBA, dll), sampai ke gelar keagamaan yang menurut saya seharusnya tidak dipamerkan (Haji). Sehingga tidaklah mengherankan bahwa gengsi ini menjadi salah satu kriteria pemilihan jurusan, dan komentar-komentar bodoh yang memojokkan jurusan seperti di bawah ini umum ditemukan:

Quote:


Gengsi, sebuah kebodohan yang menurut saya mengakar dengan sangat kuat di kehidupan masyarakat Indonesia. Gengsi ini begitu mengakarnya, sehingga terkadang passing grade suatu jurusan pun sering menjadi dinding yang secara tak langsung memisahkan kehidupan sosial antar mahasiswa. Terkadang seseorang akan dianggap hebat, dan dipandang sebagai golongan elit apabila dia sanggup masuk ke jurusan yang standar passing grade-nya tinggi. Sehingga adalah hal yang bisa dimaklumi jika para remaja yang memang sedang berada di fase pencarian identitas, dan pengakuan, akan tergiur untuk masuk ke dalam golongan “elit” ini.





PASSION IS THE KEY

Setiap manusia pasti memiliki passion di suatu bidang yang mereka anggap sebagai sesuatu yang merepresentasikan dirinya. Ada orang yang suka menulis, ada yang suka berhitung dan membuat sesuatu, ada pula yang suka menolong orang lain, semua itu sah-sah saja, sepanjang hal itu tidak merugikan orang lain dan menentang hukum yang berlaku, adalah hak setiap manusia untuk melakukan apa yang dia inginkan.





KAPAN KITA TAHU BAHWA SESUATU ADALAH PASSION KITA?

Pertanyaan menarik berikutnya adalah, kapan kita tahu bahwa sesuatu itu adalah passion kita? Menurut saya jawabannya cukup simpel.

Menurut penulis, passion yang dimiliki seseorang adalah :
Quote:



Ketika kita melakukan sesuatu yang kita senangi, maka semua waktu akan berjalan tanpa terasa. Pernahkah kita merasakan seakan-akan kita terbenam ke dalam suatu hal sampai lupa waktu? Seperti itulah kira-kira rasanya menjalankan passion kita. Dan passion inilah sebuah hal yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah masterpiece di dalam hidup kita.





PINTAR SAJA TIDAK CUKUP!

Pintar saja tidak akan cukup untuk menghadapi kerasnya hidup ini! Memang tidak semua orang yang mengikuti passionnya berhasil di dalam kehidupan, banyak juga yang hancur dihajar kerasnya hidup. Tapi satu hal yang pasti

Quote:


Ada apa dengan angka 10.000 jam ini?

Angka 10.000 jam ini adalah sebuah angka yang menurut riset dari Malcolm Gladwell (penulis buku Outliers) merupakan jumlah rata-rata jam kerja yang harus dicapai oleh seseorang untuk dapat menjadi master di sebuah bidang. Dengan asumsi bahwa kita bekerja 9 jam perhari, dan 250 hari dalam setahun, maka kita akan membutuhkan waktu sekitar 4.44 tahun untuk mencapai tahap master di bidang yang kita pilih. Tentu saja kita bisa mengerjakan ini semua, dan menjadi master di suatu bidang, meskipun itu dilakukan tanpa passion. Akan tetapi perjalanan akan berasa jauh lebih ringan jika kita mengejar sesuatu yang kita sukai.





PASSION, UANG, DAN KESUKSESAN

Quote:


Ya! Uang dan kesuksesan akan datang dengan sendirinya. Ketika kita ahli di dalam suatu hal, maka akan ada orang yang membutuhkan kita. Meskipun itu yang kita kejar merupakan sesuatu yang tidak mainstream di negara kita ini. Pernah saya menonton sebuah liputan di televisi, bahwa ada salah seorang lulusan SD yang gemar menari tradisional, berhasil merantau dan menjadi pengajar tari tradisional di Amerika Serikat. Saya lupa namanya, tapi sang penari ini diajak untuk mengajarkan seni tari tradisional di Amerika oleh salah seorang turis warga negara Amerika yang sedang menonton pertunjukannya. Dan menariknya adalah, si penari ini tidak bisa bahasa inggris sama sekali pada awalnya! Semua hanya bermodal kecintaan terhadap bidang yang dia lakukan, tari tradisional Indonesia (saya lupa apa nama tariannya).

Quote:






TERBANGUN DARI DUNIA MIMPI, PASSION VS REALITA KEHIDUPAN

Spoiler for Check:





SUMBER :
Spoiler for SUMUR:




GA NOLAK :
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

JANGAN DILEMPAR JUGA emoticon-Frown :
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

SEKIAN DAN TERIMA KASIH





emoticon-2 JempolKomeng Bermanfaat #1 emoticon-2 Jempol

Quote:


emoticon-SundulLanjut ke bawah gan emoticon-Sundul


emoticon-Traveller Kunjungi Thread ane yang lain gan emoticon-Traveller
Quote:

Diubah oleh deiraldd 11-01-2014 02:49
0
75.5K
977
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.