alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52c8a99f108b469e4b8b45b7/5-kasus-bagasi-hilang-saat-terbang-dengan-lion-air
Kasus bagasi hilang di maskapai Lion Air kembali terjadi. Kali ini korbannya adalah Titi Yusnawati, istri Kasat I Direktorat Narkoba Polda Kalbar AKBP Fransetyono. Titi kehilangan sejumlah perhiasan yang disimpan di dalam koper saat penerbangan dengan Lion Air JT 715 dari Pontianak tujuan Jakarta, Jumat (3/1). Bukan kali ini saja kasus bagasi hilang terjadi, khususnya untuk maskapai Lion Air. Bahk
Lapor Hansip
05-01-2014 07:38

5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR

Quote:
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR



Kasus bagasi hilang di maskapai Lion Air kembali terjadi. Kali ini korbannya adalah Titi Yusnawati, istri Kasat I Direktorat Narkoba Polda Kalbar AKBP Fransetyono.

Titi kehilangan sejumlah perhiasan yang disimpan di dalam koper saat penerbangan dengan Lion Air JT 715 dari Pontianak tujuan Jakarta, Jumat (3/1).

Bukan kali ini saja kasus bagasi hilang terjadi, khususnya untuk maskapai Lion Air. Bahkan beberapa kasus pun sampai masuk ke ranah hukum, baik perdata maupun pidana.

Berikut 5 kasus tersebut:


1. Bagasi Robert hilang, Lion Air dihukum bayar Rp 19,1 juta

5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR

Kasus ini berawal dari perjalanan Robert, bersama istrinya, Ruth Erlin Pujiati, pada 12 Juli 2011 dari Medan menuju Semarang dengan Lion Air JT387. Delay 2 jam, pesawat tersebut transit di Jakarta sebelum akhirnya keduanya pindah pesawat Lion Air menuju ke Semarang.

Tak disangka, sesampainya di Jakarta, satu dari tiga travel bag mereka yang dititipkan di bagasi pesawat raib. Atas kehilangan tersebut, keduanya lantas mengajukan klaim ke maskapai Lion Air sebesar Rp 19,1 juta.

Namun, Lion Air hanya berkenan membayar ganti rugi sebesar Rp 2 juta. Kasus ini lantas dibawa ke ranah hukum. Pengadilan Negeri Semarang yang menangani perkara tersebut memutus mengabulkan gugatan penggugat sebagian.

Selain itu, Lion Air dihukum harus membayar ganti rugi Rp 19,1 juta ke penggugat sesuai dengan total kerugian sebenarnya atas kehilangan bagasi tersebut.

Dengan putusan tersebut, pihak Lion Air yang diwakili oleh kuasa hukumnya, Harris Arthur Hedar, mengajukan upaya hukum berupa kasasi ke MA yang menyatakan bahwa pihak penggugat tidak memiliki hak atau kapasitas untuk menggugat maskapai tersebut. Namun, MA mementahkan kasasi tersebut. MA tetap memerintahkan Lion Air untuk membayar ganti rugi Rp 19,1 juta kepada Robert dan Ruth.


2. Lion Air harus ganti Rp 25 juta atas hilangnya bagasi Herlina

5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR

Kasus ini berawal dari perjalanan penumpang Herlina Sunarti menggunakan Lion Air dari Jakarta ke Semarang pada 4 Agustus 2011. Sesampainya Herlina di Bandara Ahmad Yani Semarang, tas Polo hitamnya yang berisi kosmetik dan pakaian hilang.

Setelah laporan ke bagian Lost & Found tak membuahkan hasil, warga Puri Anjasmoro 1-14/7 Semarang itu mengadukan kasusnya ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Semarang.

Dalam mediasi tersebut, Lion Air berjanji akan mengganti Rp 100 ribu/kg sesuai peraturan yang berlaku. Hal ini jelas ditolak oleh Herlina. Alhasil, BPSK Kota Semarang pada 3 Oktober 2011 menghukum Lion Air mengganti rugi sebesar Rp 25 juta.

Lion Air tetap keberatan dan memilih jalur pengadilan. Pengadilan Negeri (PN) Semarang pada 17 November 2011 memutuskan keberatan PT Lion Mentari Airlines tidak dapat diterima.

Masih tak puas, Lion Air pun mengajukan kasasi ke MA. Tapi, upaya hukum itu tetap kandas.

"Menolak permohonan kasasi PT Lion Mentari Airlines," demikian vonis MA yang diputuskan majelis kasasi Prof Dr Valerine J Kriekhoff, Prof Dr Takdir Rahmadi dan Dr Nurul Elmiyah.


3. Dokter dari Minahasa kehilangan bagasi saat naik Lion Air

5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR

Kasus bagasi hilang di pesawat Lion Air kali ini menimpa seorang dokter dari desa Silian Barat, Minahasa Tenggara (Mitra) Sulut, Mobilani Sandag. Sejumlah barang berharga dalam tasnya yang bernilai Rp 8 jutaan raib entah ke mana.

Kasus ini berawal saat pada 16 November 2013, ia terbang dari Palu menuju Manado dengan Lion Air JT 781. Transit di Makassar, Mobilani lalu naik Lion Air JT 778 menuju Manado, Sulawesi Utara.

"Saya kaget saat tiba di Manado semua barang bawaan yang jumlahnya mencapai Rp 8 jutaan sudah tidak kelihatan lagi," kata Mobilani kesal.

Atas kehilangan itu, Mobilani langsung melaporkannya ke kantor pelayanan Lion Air. "Saya sudah lapor ke Lion Air, dan menurut mereka akan diganti. Anehnya, meski demikian pihak Lion Air belum pernah menanyakan berapa kerugian saya. Dan atas kejadian ini, seakan saya merasa dipermainkan oleh mereka," cetus Mobilani.

Mobilani berharap ada perhatian serius dan tanggung jawab dari pihak Lion Air. "Selain barang saya bernilai jutaan rupiah, yang terpenting adalah bagaimana tanggung jawab dan pelayanannya. Itu yang saya minta, tegas Mobilani yang tak memilih jalur hukum.


4. Penumpang Lion Air bagasinya diacak-acak

5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR

Nicholas Harianja, penumpang Lion Air di Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara, kaget bukan kepalang ketika mendapati bagasinya sudah teracak-acak saat tiba di bandara tersebut pada Kamis, 2 Januari lalu.

Nicholas bercerita dia tiba dari Bandara Soekarno Hatta dengan Lion Air JT 0210. "Ketika tiba di Kuala Namu, ternyata tas itu sudah diacak-acak, kata Nicholas kesal.

Nicholas mengaku telah melaporkan persoalan tersebut kepada manajemen Lion Air, namun tidak mendapat respons yang baik. Kasus ini juga belum sampai dibawa ke ranah hukum.


5. Perhiasan milik istri perwira polisi hilang di bagasi Lion Air

5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR

Titi Yusnawati, istri Kasat I Direktorat Narkoba Polda Kalbar AKBP Fransetyono, Jumat (3/1), kehilangan sejumlah perhiasan yang disimpan di dalam koper saat penerbangan dengan menggunakan maskapai Lion Air JT 715 dari Pontianak tujuan Jakarta. Perhiasan tersebut hilang saat koper masuk bagasi pesawat.

"Masuk bagasi, sampai Jakarta barangnya hilang," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat AKBP Mukson Munandar saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (4/1).

Mukson membantah perhiasan yang hilang berjumlah miliaran seperti diberitakan sejumlah media.

"Bukan miliaran, Rp 500-an juta. Jangan dibesar-besarkanlah," kata Mukson menambahkan perhiasan yang hilang seperti cincin emas dan jam tangan.

Saat ini, kata Mukson, pihaknya sudah memeriksa 10 orang saksi untuk membongkar pencurian tersebut. Hasilnya, polisi berhasil mengamankan perhiasan dalam bagasi yang telah dicuri tersebut.

"Perhiasan utuh, tapi belum ada yang mau ngaku," kata Mukson.

Mukson mengatakan, pihaknya saat ini mencurigai tiga orang yang diduga sebagai pelaku. Namun, polisi masih belum bisa menjerat mereka.

"Kita masih cari bukti-bukti tambahan," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Lion Air belum bisa dihubungi. Direktur Umum Lion Air Edward Sirait tidak mengangkat telepon merdeka.com.


SUMBER



Udah Raja Delay, sekarang Rajanya menghilangkan bagasi penumpang ... sungguh teganya ... tegana ... teganya kau LION AIR ....

Say No To LION AIR


Saran TS
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 11:30

CCTV

Kenapa ngak di pasangi aja kamera CCTV di setiap sudut dan tempat yg dilalui barang2?
Dari check in masuk, di mana penumpan meletakan barang bagasinya untuk ditimbang.. selanjutnya sampai masuk pesawat. Begitu sebaliknya selepas pesawat mendarat/parkir untung bongkar muatan bagasi sampai tiba pindah ketempat penumpang menunggu bagasinya..
saya rasa dengan didipasangi CCTV oknum bandara yg tidak bertanggung jawab, akan pikir2 untuk melakukan hal yg gak benar.

Bila perlu disediakan satu Layar monitor yg gede agar penumpang bisa melihat keluar masuknya barang bagasinya
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 11:42
maskapai paling top dalam urusan delay dan bagasi ilang emoticon-Cape d...
kalo paling murah sebenernya ga juga gan, masih 11-12 ma citil*nk yg jelas pelayanannya lbh bagus
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 11:43
Quote:Original Posted By fendihary
Kenapa ngak di pasangi aja kamera CCTV di setiap sudut dan tempat yg dilalui barang2?
Dari check in masuk, di mana penumpan meletakan barang bagasinya untuk ditimbang.. selanjutnya sampai masuk pesawat. Begitu sebaliknya selepas pesawat mendarat/parkir untung bongkar muatan bagasi sampai tiba pindah ketempat penumpang menunggu bagasinya..
saya rasa dengan didipasangi CCTV oknum bandara yg tidak bertanggung jawab, akan pikir2 untuk melakukan hal yg gak benar.

Bila perlu disediakan satu Layar monitor yg gede agar penumpang bisa melihat keluar masuknya barang bagasinya

Udh terlanjur percaya pd keamanan bandara.
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 11:46
Quote:Original Posted By incidents
Gw yakin kasus yg ga terekspos masih banyak lagi deh
gw aja ngalamin tuh koper gw diacak2 ampe dirusak kuncinya
tp gw udah paham lah kualitas bandara di indo makanya gw ga pernah naro barang berharga di koper
be smart aja deh udah tau pelayanan busuk begini jangan pernah taro barang berharga di bagasi!


sip gan
kalau berharga ditenteng ajalah
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 11:51
raja delay, jemput kakak dari batam yang awalnya jam 5 sore ternyata delay.
Diubah oleh the.BlackCat
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 13:00
Emang ini maskapai paling goblog setelah adam air, kalo ga kepepet mending ga ush naik lion, kalo kepepet mending bagasi ente di wrapping dl sebelum check in

Maskapai paling ga rekomen sebenernya ini service darat, udara, bahkan online sampah semua
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 18:15
gile gan wkkkwka 19 m jadi 500 juta polisi takut jadi kyk gitu deh "janggn dibesar-besarkanlah" heheheemoticon-Ngakak
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 19:57
Patut disundul nh berita agar orang tau
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 20:00
Porternya emang banyak maling emoticon-Big Grin
Sepertinya sudah disemua kota ni, om ane juga pernah diacak2 bagasinya di lion air emoticon-Mad (S)
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 20:00
"ada harga ada kualitas bro...emoticon-Big Grin "
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 20:18
hahaha tadi liat beritta , tapi malah yang dibahas KENAPA PERWIRA POLISI BISA PUNYA HARTA SEBANYAK ITU ?? di sctv atau global ya ? lupa emoticon-Hammer2
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 20:28
selaen lion, pihak otoritas keamanan di bandara juga kentut...
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 20:54
Ngapain juga perhiasan taruh di bagasi....!!
O on ato mau cari sensasi....
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 21:31
aku sering naik pesawat biasanya garuda klo garuda penuh naik merpati (lihat juga jenis pesawat dulu). tapi walau begitu pernah juga kopernya di rusak(dicongkel) untung ngak ada yg hilang karna isinya cuma baju, atau pernah juga pergi jakarta-medan tapi kopernya malah ke pulau bali. sekarang klo pergi2 ngak pernah taru koper di bagasi, cuma bawa 3 baju,3 celana (makenya double), dan tas laptop,hp dan hardisk external.

yg lumayan bagus itu :
1. garuda
2. merpati
3. batavia
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 22:42
kayaknya bagian porter bagasi deh... kerjasama kali ya sama bagian scan bagasi...
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
05-01-2014 23:17
ngak pake bagasi lah naek lionemoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
06-01-2014 05:30
Quote:Original Posted By Deazto
ane cukup sekaali aja gan mengalami delay, ngga lagi deh naik lion air emoticon-Cape d... (S)


Ane cuma ingat sekali saja tidak delay, tahun 2010 emoticon-Cape d... (S)
Urusan bagasi alhamdulillah tidak pernah bermasalah.
Terpaksa pakai maskapai ini karena kantor berhemat.

0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
06-01-2014 05:45
Lion Air murah gan..
dan biasa ane isi bagasi pake pakaian yang belom laundry sampe dalaman2..klo mao ambil, ambil lah.emoticon-Ngakak

klo udah tau ada barang berharga yah harusnya letak di tas dan selalu dalam pengawasan...
0 0
0
5 Kasus Bagasi Hilang Saat Terbang Dengan LION AIR
06-01-2014 07:21
3 minggu yang lalu ane kehilangan barang di bagasi airasia penerbangan denpasar - jakarta , 1 tas isi tripod kamera dan slider kamera.. lumayan 5,5jt an... petugas lost & found airasia cengkareng ngeselin gan, respond nya kyk udah biasa barang ilang.. nomer telepon yg dikasih ga pernah di angkat, di gantinya ga seberapa katanya...
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.