Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
9999
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000908330/jasa-konsultasi-gratis-ttg-design-rumah-dan-pembangunan
Malam semuanya, Dalam forum ini saya mencoba membantu saudara-saudari dengan tanya jawab segala hal yang berkaitan dengan design rumah dan pembangunannya. Saya seorang civil engineering, saya sengaja membuat thread ini karena berdasarkan pengalaman saya selama ini membangun rumah dan sebagai konsultan pengawas. Karena selama ini banyak sekali kontraktor/pemborong yang nakal (yang suka menspekdown
Lapor Hansip
12-06-2008 20:06

Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan

Malam semuanya,
Dalam forum ini saya mencoba membantu saudara-saudari dengan tanya jawab segala hal yang berkaitan dengan design rumah dan pembangunannya.

Saya seorang civil engineering, saya sengaja membuat thread ini karena berdasarkan pengalaman saya selama ini membangun rumah dan sebagai konsultan pengawas. Karena selama ini banyak sekali kontraktor/pemborong yang nakal (yang suka menspekdown material/bahan bangunan dari speksifikasi yang telah disepakati bersama) dan berujung pada keributan antara pemborong dan pemilik rumah. Akibatnya banyak orang berasumsi apabila rumah dibangun oleh pemborong jatuhnya akan menjadi lebih mahal dan merasa dibohongi.

Saya sudah cukup muak dengan kontraktor/pemborong yang seperti itu, karena akan membuat pandangan orang terhadap pemborong/kontraktor negatif (karena tidak semua pemborong/kontraktor berbuat curang). Saya pribadi mempunyai prinsip dalam membangun rumah yang paling utama adalah kepuasan pemilik rumah, no 2. kepuasan pribadi terhadap hasil karya bangunan rumah yang sudah kita buat, no. 3. baru kita memikirkan keuntungan, untuk keuntungan janganlah mengambil terlalu banyak max 10% (agar pemborong/kontraktor tidak dicap suka ambil untung besar kepada pemilik rumah)

Dalam hal ini saya akan coba bantu untuk saudara-saudari yang tidak tahu menahu mengenai bahan material dan proses pembuatan rumah agar tidak ditipu oleh pemborong.
profile-picture
profile-picture
tata604 dan lawula memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 488 dari 504
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
29-12-2013 22:26
Quote:Original Posted By kusnan12
misi gan,numpang tanya.
rumah saya baru saja dipasangi plafon eternit
kalsirata.lalu saya beli cornice
compound.pertanyaan saya apakah cornice
compound bisa digunakan untuk menutup nat
papan kalsi?
bagaimana tips aplikasinya?terima kasih.


Kalsiboard kan ada kompound nya gan, bilang aja Compound untuk Kalsiboard.

KalsiKompon PD-INT namanya.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
29-12-2013 22:28
Quote:Original Posted By enname
gan, borongan upah bikin rumah di jakarta sekarang berapa ya??
rumah 2 lantai. desain biasa ga terlalu ribet.
itu biasanya harga borongan per meter udah termasuk semua pekerjaan blom gan? atau ada kerjaan yang ga termasuk dari harga itu??

pls help. thx u


Kalau Jasa sih biasanya udah semuanya gan. Harganya tergantung kesulitannya.
Kan kalau pasang Keramik sama Granit beda susahnya, atap juga begitu, atap genteng sama atap beton jga beda.

Sekitar 650rb-850rb /m2 nya buat jasanya.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-12-2013 21:34
malam guru guru di forum ini,
ane mau tanya tanya nih. ana sama istri baru ambil kpr dengan type 45/108.
lebar 6meter panjang 18 meter

Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan

Uploaded with ImageShack.us


di atas bentuk standar dari pengembang, yang ane mau tambahin:
1. dapur
2. kamar untuk pembantu
3. ruang tamu
4. ruang keluarga agak besar karena sering dipakai kumpul
5. tempat cuci

kalau anak sudah besar ada rencana untuk tingkat rumah

0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-12-2013 09:12
Quote:Original Posted By bowo_spl7jkt
malam guru guru di forum ini,
ane mau tanya tanya nih. ana sama istri baru ambil kpr dengan type 45/108.
lebar 6meter panjang 18 meter

Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan

Uploaded with ImageShack.us


di atas bentuk standar dari pengembang, yang ane mau tambahin:
1. dapur
2. kamar untuk pembantu
3. ruang tamu
4. ruang keluarga agak besar karena sering dipakai kumpul
5. tempat cuci

kalau anak sudah besar ada rencana untuk tingkat rumah



Pertanyaannya apa jadinya gan?
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-12-2013 10:43
Quote:Original Posted By tukangrenov.com


Pertanyaannya apa jadinya gan?


desain yang optimal sesuai kebutuhan di atas bagunya bagaimana?

0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-12-2013 10:56
agan2 smua, nanya tentang atap donk. atap minimalis yg cuma 1 sisi miring itu sebenarnya pake rangka atap biasa (kayu/baja ringan) atau cor/dak beton sih?
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-12-2013 11:09
Agan suhu yg bae..
ane lg rencana beli rumah di perumahan gan..cuma bentuk tanahnya tidak standar (bentuk trapesium) rinciannya sbb :
lebar tanah depan (muka) : +/- 7meter
panjang yg lurus : +/- 13 meter
panjang yg menyamping : +/- 17 meter
lebar bagian belakang : +/- 14 meter
luas total +/- 150 m2
agan bisa ga buatin sketsa kasar aja gpp gan, dengan rincian :
- 3 kamar tidur (ukuran standar aja gpp)
- 2 kamar mandi, salah satunya kamar mandi dalam dikamar utama
- ruang tamu/ruang keluarga kalo bs agak lebaran dikit, karena sring buat kumpul kluarga.
- dapur
- ruang makan
- kalo bisa di belakang diberi space taman kecil2an biar rada ijo gan
- carport
- luas maksimal bangunan 80 m2.

Oke sgitu aja gan request dari ane..trimakasih gan suhu baeemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-12-2013 17:15
Gan tanya dong, kalo pemasangan keramik diatas beton setelah diberi pasir dikasih semen biasa atau semen am yang cocok ?
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-12-2013 19:40
Agan2 smua mohon bantuannya untuk ane ngujutin buat rmh sederhana buat ibu ane...
Tanah yg ane punya luasnya 10x20m memanjang keblakang klu dari jalan.
Sekarang ane baru punya tabungan setidaknya 70jt, kira2 ane sdh bs ga ya bangun rumah dengan biaya segitu.
mohon bantuannya gan
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
01-01-2014 10:08
Quote:Original Posted By drALs
agan2 smua, nanya tentang atap donk. atap minimalis yg cuma 1 sisi miring itu sebenarnya pake rangka atap biasa (kayu/baja ringan) atau cor/dak beton sih?


Bisa pakai panel atap, bisa pakai genteng+baja ringan.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
01-01-2014 10:09
Quote:Original Posted By riku11223
Gan tanya dong, kalo pemasangan keramik diatas beton setelah diberi pasir dikasih semen biasa atau semen am yang cocok ?


Semen biasa aja gan, kalau mortar gak perlu semen lagi.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
01-01-2014 10:11
Quote:Original Posted By armageedoon
Agan2 smua mohon bantuannya untuk ane ngujutin buat rmh sederhana buat ibu ane...
Tanah yg ane punya luasnya 10x20m memanjang keblakang klu dari jalan.
Sekarang ane baru punya tabungan setidaknya 70jt, kira2 ane sdh bs ga ya bangun rumah dengan biaya segitu.
mohon bantuannya gan


Bisa, asal jangan terlalu besar bangunannya.
plong aja bangunannya, model studio. nanti main di partisi seperti apartement.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
03-01-2014 08:10

Lagi galau

Agan2 yang bae..ane skg lagi kena syndrome galau ni..emoticon-Berduka (S)
mohon agan2 skalian kasi ane saran n masukan ya..

Jadi ane skg ada rencana ambil 1 unit rumah kecil2an (type 75 luas tanah 150m) di kota ane sharga 600juta (relatif mahal karena lokasi strategis). Sebenarnya ane rencana ambil tu untuk investasi gan..coz untuk smentara ane blm terlalu butuh rumah (ane kerja di luar pulau n anak istri ane tinggal sama mertua ane) Tapi bbrapa hari ini ane ada tawaran yg menarik..ada temen ane nawarin tanah yg letaknya juga strategis ( luas tanah 700 m/segi) dgn harga yang sama yaitu 600 juta., nah disitu ane dilanda kegalauan yang teramat sangattemoticon-Ngakak..
di satu sisi ada tawaran menarik berupa rumah strategis..di sisi lain berupa tanah, yang nantinya kalo semisal ane mampu bangun..ane lebih bisa berkreasi krn ukurannya yg luas.

Jadi,,mohon masukan dan saran dari agan2 suhu sekalian mending ane ambil yang mana dari kedua pilihan itu..coz terus terang ane pusing gan nentuin pilihan..emoticon-Belomatabelo

oke sgitu aja curhatan nubi..makasih agan2 atas sarannya.emoticon-Kissemoticon-Kiss
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
03-01-2014 10:23
Quote:Original Posted By superman83
Agan2 yang bae..ane skg lagi kena syndrome galau ni..emoticon-Berduka (S)
mohon agan2 skalian kasi ane saran n masukan ya..

Jadi ane skg ada rencana ambil 1 unit rumah kecil2an (type 75 luas tanah 150m) di kota ane sharga 600juta (relatif mahal karena lokasi strategis). Sebenarnya ane rencana ambil tu untuk investasi gan..coz untuk smentara ane blm terlalu butuh rumah (ane kerja di luar pulau n anak istri ane tinggal sama mertua ane) Tapi bbrapa hari ini ane ada tawaran yg menarik..ada temen ane nawarin tanah yg letaknya juga strategis ( luas tanah 700 m/segi) dgn harga yang sama yaitu 600 juta., nah disitu ane dilanda kegalauan yang teramat sangattemoticon-Ngakak..
di satu sisi ada tawaran menarik berupa rumah strategis..di sisi lain berupa tanah, yang nantinya kalo semisal ane mampu bangun..ane lebih bisa berkreasi krn ukurannya yg luas.

Jadi,,mohon masukan dan saran dari agan2 suhu sekalian mending ane ambil yang mana dari kedua pilihan itu..coz terus terang ane pusing gan nentuin pilihan..emoticon-Belomatabelo

oke sgitu aja curhatan nubi..makasih agan2 atas sarannya.emoticon-Kissemoticon-Kiss


kalo menurut ane nih gan, mending beli tanahnya aja, dibiarin pun harganya tetap naik, apalagi lokasinya strategis,
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
03-01-2014 18:40
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
agan2, nanya lagi nih... atap miring kaya gini, melayang, gmn caranya penerapannya di lapangan. gmn kontruksi rangka atap nya (di ruang 1 m) supaya tampak dari luar atap seperti tidak ada penyangganya (tanpa penyangga 2m, cuma keliatan gording, usuk sama atapnya doang).
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
05-01-2014 07:27
Gan ada yg punya desain rumah ukuran 45/92
Terima kasih sebelumnya gan.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
05-01-2014 08:15

Rumah Betawi Modern

Assalamu'alaikum.. selamat pagi Gan...
Agan-agan ada yg punya desain rumah betawi modern ga?
Atau Agan2 ada yg bersedia bikinin, hehe...
Luas tanah 10x18m
Terima kasih Gan...
emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
05-01-2014 10:30

Renovasi Rumah

Agans, ane mo renovasi rumah ni, luas bangunan rumah lama sekitar 240m2 dua lantai, setelah direnovasi jadi 200-220m2. Rumah nya model jaman dulu, dan denah ruangan nya juga ga sreg di hati ane. Lokasi di pondok gede. Scope pekerjaan nya :
1. Ganti rangka atap kayu ama rangka baja ringan (Genteng msh pake yg lama). Model atap berubah.
2. Bobok beberapa dinding lama, dan bikin dinding baru untuk ngatur ruangan2 baru.
3. Bobok bagian belakang rumah sekitar 2.5 x 3 m, mau ane buat plong/void gitu, untuk taman belakang.
4. Beberapa bagian depan rumah juga dibobok untuk dibuat tampilan baru model minimalis.
5. Semua kusen pintu jendela ganti baru.
6. Semua dinding dicat baru.
7. Plafon ganti baru pake rangka hollow n gypsum.
8. Instalasi listrik ganti baru.
9. Perpipaan air bersih n kotor ganti baru.
10. Semua keramik lantai ganti baru.
11. Pekerjaan kamar mandi (pasang kloset, shower, keramik kamar mandi dll).
12. Bikin kolam ikan dalam rumah.
13. Pekerjaan lantai carport.

Tukang nya minta harga untuk semua pekerjaan itu (plus pekerjaan kecil2 lainnya mpe tu rumah siap huni) sekitar 195 jt dengan lama pekerjaan 3-4 bulan. Itu cuma untuk upah tenaga kerja plus material rangka baja untuk atap dari dia. Material2 lainnya dari ane, jadi kapan dia butuh material ane pesan.
Tukangnya bisa dipercaya dan pekerjaan nya rapi (ini tukang rekomendasi dari bos ane).

Menurut agan2 masuk akal ga upah borongan nya segitu?
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
05-01-2014 13:21
Quote:Original Posted By t3l0.b4k4r
Gan ada yg punya desain rumah ukuran 45/92
Terima kasih sebelumnya gan.


Coba browsing di Google gan. banyak kalau ukuran segitu.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
05-01-2014 13:22
Quote:Original Posted By Scala Richter
Assalamu'alaikum.. selamat pagi Gan...
Agan-agan ada yg punya desain rumah betawi modern ga?
Atau Agan2 ada yg bersedia bikinin, hehe...
Luas tanah 10x18m
Terima kasih Gan...
emoticon-Angkat Beer


Wah request unik nih.
0 0
0
Halaman 488 dari 504
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia