miemin
TS
miemin
Satpam Bali Tewas Dililit Ular Python Disorot Dunia
Nasib nahas menimpa seorang satpam di hotel kawasan Sanur, Denpasar, Bali. Bernama Ambar Arianto Mulyo. Pria 59 tahun itu tewas dengan mengenaskan setelah lehernya dililit seekor ular python atau sanca pada Jumat 27 Desember 2013. Kejadian ini langsung mengundang perhatian media asing. Sejumlah media dari negara lain memberitakannya.

Media Amerika Serikat, CNN, menulis 'Python kills security guard in Bali'. Disebutkan, seorang penjaga keamanan tewas dililit ular besar saat ia mencoba menangkapnya. Python kini masih berkeliaran.

"Mayat korban sempat dibawa ke rumah sakit. Kini sudah bersama keluarga," kata seorang dokter di Bali saat diwawancara CNN, yang dikutip Liputan6.com, Sabtu (28/12/2013).

Seorang manajer menyatakan, hotel tempat satpam itu bekerja sedang dalam renovasi dan ditutup sampai tahun 2015. Si satpam memang sedang bekerja untuk menjaga keamanan hotel.

Portal terkemuka Inggris, Dailymail melansir peristiwa tersebut lewat berita berjudul 'Security guard crushed to death by 15ft python in front of terrified crowd outside luxury Bali hotel'.

Seperti ditulis Dailymail, ular python awalnya berada di restoran. Kemudian satpam Mulyo menawarkan untuk menangkap ular sepanjang 15 kaki atau sekitar 4,5 meter. Petugas keamanan itu memang berhasil menangkap, tapi beberapa menit kemudian dililit sampai tewas. Ular kemudian kabur ke semak-semak.

Laman berita Australia, News.com.au pun melaporkan kejadian. Dalam berita berjudul 'Python kills security guard Ambar Arianto Mulyo outside Bali Hyatt hotel', disebutkan, kejadian terjadi pada jam 03.00 dini hari Wita. Saat kejadian banyak orang yang melihat tapi tak bisa membantu. Sebab tak ada yang berani.

"Kejadian sangat cepat. Kami sangat sedih karena tidak bisa berbuat apa-apa," ujar Agung Bawa, asisten manajer sekuriti hotel.

Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsek Denpasar Selatan, AKP Gusti Ngurah Yudistira menyatakan satpam Mulyo mati lemas. "Kami mengimbau kepada warga sekitar dan turis untuk waspada. Sebab ular masih berkeliaran."

UPDATE
Sanca yang tewaskan satpam hotel adalah makhluk penunggu Sanur

Ambar Arianto Mulyo (59), satpam Hotel Bali Hyatt Sanur tewas setelah dililit ular Sanca. Menurut tokoh masyarakat Sanur, Made Mudarta percaya bahwa sanca itu merupakan makhluk penunggu lokasi pariwisata tersebut.

Mudarta yakin, sanca tersebut marah karena diganggu karena dia percaya sanca tersebut tidak mengganggu dan baik. "Ada yang mempercayai itu ular baik dan tidak mengganggu," ujar Mudarta, Jumat (27/12).

Mudarta menuturkan, ular sepanjang empat meter itu biasa menghuni tanah kosong seluas satu hektar yang berada persis di seberang Hotel Bali Hyatt di Jalan Danau Tamblingan Sanur.

"Di sebelah tanah kosong yang dipenuhi semak belukar itu, berdiri sebuah restoran Telaga Naga. Telaga itu air dan naga adalah ular," imbuh Mudarta.

Setiap malam hari, warga banyak yang melihat ular menyeberang jalan di kawasan itu. Namun mereka memilih berhenti dan membiarkan ular itu menyeberang terlebih dulu sehingga ular itu tidak merasa terganggu.

Mudarta menjelaskan, ular Sanca itu keluar dari sarangnya karena lapar dan ingin mencari makan. "Dalam kondisi seperti itu sebaiknya jangan diganggu, apalagi ditangkap," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Bali ini.

Kalau pun hendak ditangkap, sebaiknya diberi makan terlebih dulu agar tidak berontak dan membahayakan manusia. "Kita masih koordinasikan dengan warga dan aparat tentang langkah yang paling baik diambil," kata Mudarta.

Sebelumnya, seorang satpam hotel di kawasan wisata Sanur, Bali, tewas setelah dililit ular Sanca. Hingga kini, ular liar itu masih berkeliaran sehingga dikhawatirkan mengancam keamanan wisatawan.

Korban diketahui bernama Ambar Arianto Mulyo (59), satpam Hotel Bali Hyatt Sanur. "Jenazah korban saat ini ada di rumah sakit Sanglah," kata Kanit Reskrim Polsek Denpasar Selatan AKP Gusti Ngurah Yudistira, Jumat (27/12).


Spoiler for koment kaskuser:

Spoiler for sumber:
Diubah oleh miemin 02-01-2014 03:28
0
22K
162
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.