doctor.e3Avatar border
TS
doctor.e3
10 FILM ANIMASI KONTROVERSIAL


Film kartun atau film nimasi anak-anak, seharusnya merupakan film yang ‘ramah’ bagi anak-anak. Tak mengandur unsur seksualitas, kekerasan dan lainnya yang cenderung tak pantas ditonton oleh anak-anak. Namun bagaimana jika justru film animasi dinilai memiliki ‘pesan’ atau hal-hal yang tak etis bagi anak-anak dibelakangnya. Berikut ini beberapa film animasi yang kemudian dituduh memiliki pesan-pesan khusus yang tak pantas bagi anak-anak:


1.Little Mermaid

Film ini dinilai memiliki pesan tersirat terkait sex dalam salah satu adegan filmnya, yaitu saat adegan pernikahan. Dimana pendeta yang menjadi pemimpin upacara pernikahan tampak seakan mengalami ereksi. Tentunya hal ini dibantah oleh animator Little Mermaid, mereka mengatakan hal tersebut merupakan lutut dari si pendeta. Sempat ada pihak yang menuntut Disney terkait film ini, namun kemudian tuntutn tersebut dibatalkan.
ini gan yang di debat kan


2.The Muppets

Beberapa pihak mengkritisi film ini sebagai upaya untuk mencuci otak anak-anak agar bersikap anti minyak dan anti ‘one percent’ (demonstrasi 99% vs 1% di AS, 99 menggambarkan kaum pekerja, sementara 1 merupakan pemilik modal).

3.Toy Story 3



Film ini merupakan salah satu film animasi terlaris sepanjang sejarah. Sayangnya Pixar, pihak yang membuat animasi film ini mendapat kritikan keras dari kaum feminis di AS. Dikatakan bahwa film ini menggambarkan sikap yang seksis, dimana dari tujuh karakter mainan Andy yang ada dalam film, hanya dua yang perempuan.
walaupun ada perdebatan menurut ane ini yang paling topemoticon-Ngakak

4.Snow White and the Seven Dwarves

Snow White keluaran Disney ini juga dianggap seksis oleh kaum feminis. Buktinya ketika Snow White harus tinggal di rumah para kurcaci, ia bekerja menyapu, mengepel dan memasak, pekerjaan domestic yang sangat ditentang oleh kaum feminis.

5. Shrek the Third

Film ketiga Shrek ini dinilai terlalu banyak berisi iklan makanan manis bagi anak-anak. Kaum yang mendukung makanan sehat, memprotes film Shrek yang menampilkan makanan manis seperti Snickers, M&M’s, Sierra Mist, Fruit Loops dan lainnya.

6.The Lion King

Kontroversi dalam film ini bisa dibilang sudah berjalan cukup lama. Dalam salah satu adegan di film, dimana Simba sedang termenung menatap langit, ada serbuk bunga yang terhempas ke langit dan (bagi sebagian orang) membentuk tulisan ‘SEX’. Lagi-lagi hal ini dibantah oleh animator yang mengatakan bahwa tulisan tersebut sebenarnya ‘SFX’ yang merupakan efek khusus dalam film.


7.The Witches

The Witches dikritik oleh para feminis. Dikatakan bahwa film ini sangat mendeksriditkan wanita dengan menggambarkan semua sosok penyihir sebagai seorang wanita.

8.Wall E

Film mengharukan tentang robot di masa depan ini menurut beberapa pihak membuat anak bertanya-tanya mengenai sihat jahat dalam diri manusia. Penggambaran manusia yang serakah dan merusak bumi, menurut beberapa pihak terlalu eksplisit digambarkan bagi anak-anak.

9.Rango

Film nominasi Oscar pun tak lepas dari kontroversi. Film yang dibintangi oleh aktor Johnny Depp ini dikatakan memiliki pesan tersirat dukungan untuk pro-tembakau. Menurut pihak yang kontra-tembakau, Rango secara implicit memperlihatkan adegan merokok yang tak pantas disaksikan anak-anak. Bentuk protes para kritikus ini dengan menekan MPAA agar memberikan rating dewasa bagi film ini, yang kemudian ditolak oleh lembaga yang bersangkutan.


10.The Lorax

Film ini baru saja rilis namun sudah mengundang kontroversi. Menurut beberapa pihak, The Lorax digunakan oleh pihak studio untuk menggapai target anak-anak guna menyebarkan pesan-pesan liberalism, salah satunya ialah gerakan menggunakan produk yang ramah lingkungan. Namun disisi lain juga memiliki muatan politis.

sumber : http://www.memobee.com/10-film-anima...-myreview.html

Spoiler for PESAN TS:


Spoiler for HARAPAN TS:
Diubah oleh doctor.e3 27-12-2013 06:10
0
19.2K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.