alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52aa6436fbca17073a8b4724/tips-mengatasi-masalah-karena-kartu-kredit-part-1
Lapor Hansip
13-12-2013 08:34
TIPS MENGATASI MASALAH KARENA KARTU KREDIT Part. #1
1. TIPS MENGATASI MASALAH KARENA KARTU KREDIT Part. 1


2. Kartu Kredit (CC) sesungguhnya diciptakan sebagai alat pembayaran pengganti uang fisik. CC bisa dianggap sebagai uang elektronik

3. Saat ini masyarakat begitu mudahnya memperoleh CC. Cukup dg fotokopi KTP dan nomor telepon rumah kita bisa memperolehnya

4. Kondisi ini sebenarnya baik jika CC benar2 dijalankan sesuai dg tujuan awalnya, sebagai alat pengganti uang fisik

5. Sesuai namanya, CC memberi kesempatan kepada pihak pengguna utk melakukan transaksi dg pola kredit

6. Namun pd akhirnya, fitur kredit dari CC inilah yg byk menimbulkan masalah. Masalah bs ditimbulkan baik oleh pihak pengguna maupun bank

7. Dr pihak pengguna, biasanya masalah terjadi krn penggunaan CC yg tdk terkontrol. Maklum, dg CC kita bisa begitu mudahnya membeli sesuatu

8. Disamping itu, pengetahuan yg minim dr pihak konsumen mengenai cara menggunakan CC secara cerdas juga memegang peranan

9. Dr pihak Bank penerbit CC, banyak sekali pelanggaran yg mereka lakukan untuk tujuan mengeruk untung yg sebesar2nya

10. Dalam hal ini akan kami buka bagaimana kartu kredit sudah dijadikan “bisnis iblis” oleh pihak bank beserta oknum2nya

11. Mengapa kami katakan demikian? Karena oleh pihak bank, CC sudah dijadikan alat utk mengeruk untung yg sebesar2nya

12. Sebenarnya tdk ada masalah jika keuntungan bank itu tidak diperoleh dg cara menghancurkan hidup konsumennya

13. Tulisan ini kami persembahkan kpd para pengguna Kartu Kredit, jadilah pihak yg “memanfaatkan” bukan “dimanfaatkan”

14. Kami akan ajarkan bagaimana caranya kita “Mengalahkan” sistem, bukan “Dikalahkan” oleh sistem

15. Berikut adalah beberapa tips yg bisa dilakukan oleh semua pengguna CC agar tidak menjadi korban CC:

16. Bayarlah tagihan CC anda secara penuh! Cara paling bijak utk poin ini adlh dg tidak menggunakan CC kita melebihi kemampuan

17. Pada prinsipnya pihak bank tidak akan mengenai bunga pada tagihan kita jika pembayaran dilakukan seblm jatuh tempo

18. Masalah baru akan muncul manakala kita terlambat bayar atau memilih membayar dg pola cicilan

19. Saat kita terlambat bayar maka tagihan kita akan terkena denda keterlambatan (late charge) dan bunga yg prosentase mencekik leher

20. Bagaimana jika tagihan kita sudah terlanjur membengkak? Saran kami, tetap jangan pernah membayar dg cara mencicil

21. Mengapa demikian? Bukankah pihak bank memberi fasilitas mencicil bulanan sebesar 10% dari total tagihan kita?

22. Nah, disinilah poin-nya! Berurusan dg bank kita tdk boleh naif! Kita hrs ekstra kritis! Jgn pernah tergiur dg segala bujuk rayu bank!

23. Persoalan finansial bukanlah persoalan sepele! Banyak orang yg hancur hidupnya karena tidak memiliki sikap kritis ini

24. Saat kita memutuskan membayar cicilan minimum (10% dr total tagihan), maka sesungguhnya kita sudah menjadi korban sistem

25. Perhitungannya begini: Jika hutang kita 20 jt maka tiap bulan kita harus membayar 2 jt + bunga anggap saja 1,5% (300 rb) = 2,3 jt

26. Berhubung cicilan bersifat tetap maka setiap bulan kita wajib bayar 2,3jt selama 10 bulan. Kita DIKALAHKAN sistem!

27. Artinya kita terkena bunga tetap atas pokok hutang sebesar 20jt. Tidak perduli meskipun pokok hutang kita sudah berkurang

28. Adilkah itu? Bukankah bulan keenam hutang kitang tinggal 10 jt? Mengapa kita masih harus bayar bunga atas hutang sebesar 20jt?

29. Lalu bagaimana cara mengalahkan sistem? Gampang, saat ini sudah banyak jasa Gestun (gesek tunai)

30. Dengan jasa ini kt tinggal membayar seluruh tagihan lalu gesek CC kt di gestun. Kita akan terima uang sesuai nilai yg kt gesek

31. Biasanya jasa gestun akan mengenai charge sebesar 2,5% dr nilai yg kita gesek. Lho kok bunganya lebih tinggi?

32. Benar! Tapi dg metode ini kita dikenai bunga menurun. Kita akan dikenai bunga sebesar 2,5% dari “sisa” hutang pokok

33. Meskipun terkena bunga lebih besar, tapi cara ini lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dg kondisi keuangan kita

34. Ilustrasinya begini: Setelah kt bayar 20jt tagihan kita, kita tinggal putuskan seberapa besar kita akan mengurangi hutang kita?

35. Jk misalnya kita ingin mengurangi 10jt, kita tinggal gesek 10jt di gestun. Mk kita akan mendpt cash 10 jt dan hutang kt berkurang 10 jt

36. Keuntungannya, bulan depan kita hanya akan membayar bunga atas pokok hutang sebesar 10jt saja

37. Tp itu kan jk kita punya uang 20jt. Bagaimana jika kita hanya punya uang 10jt saja? Masih bisakah kita lakukan cara diatas?

38. Bisa! Saat ini juga sudah banyak jasa “Pelunasan” yg dapat kita manfaatkan jasanya. Cara kerjanya hampir sama spt diatas

39. Bedanya para penyedia jasa pelunasan ini sudah menyiapkan modal untuk melunasi tagihan kita dulu lalu digesek kembali

40. Dg cara ini kita tinggal menyetor 10jt + biaya pelunasan ke penyedia jasa. Hutang kita sudah berkurang 10jt

41. Sama seperti metode gestun, bulan berikutnya kita akan dikenai bunga atas sisa hutang kita saja

42. Perlu diingat bahwa keuntungan terbesar bank dr CC adalah dr mereka yg membayar secara cicilan tetap pd pihak bank (bunga tetap)

43. Serta dari keterlambatan pembayaran pihak konsumen (denda keterlambatan + bunga tinggi)

44. Oleh karena itu pihak bank melakukan berbagai cara agar konsumen mau membayar secara cicilan atau terlambat membayar

45. Cara yg paling umum dilakukan adalah dg menelpon langsung nasabah. Pihak marketing akan menebar bujuk rayu dg segala upaya

46. Antara lain mereka akan menyampaikan pd kita bahwa kita “terpilih” sebagai nasabah khusus yg berhak menerima fasilitas cicilan

47. Perhatikan “bahasa”nya yg memposisikan kita seolah2 sbg pihak yg spesial dan beruntung. Padahal itu jebakan belaka

48. Saat kita mulai tersanjung dan termakan bujuk rayu mereka, maka saat itu pula penderitaan mulai menghampiri kita

49. Penting diingat pula bahwa berurusan dg CC sifatnya sepihak. Saat ditelpon, komunikasi kita akan direkam

50. Ada kemungkinan Kalimat kita akan diedit demi mengejar target. Oleh karenanya Jangan pernah mengeluarkan kata “Iya”

51. Kata2 kita yang lain akan dihilangkan dari rekaman dan kata “Iya” kita dijadikan bukti persetujuan kita

52. Contoh, saat mereka menelpon kita: “Selamat siang, benar ini dg bapak Paijo?” Jawab saja: “Apa yg bisa saya bantu?”

53. Jika mereka mengulangi pertanyaannya, ulangi pula jawaban anda sama spt diatas. Intinya jangan sekali2 keluar kata “Iya”

54. Selanjutnya bagaimana trik bank agar kita terlambat bayar? Salah satunya adalah tanggal tagih dan jatuh tempo yg berubah-ubah

55. Jangan sekali2 berpikir tanggal jatuh tempo anda akan tetap. Mereka sering memajukan atau memundurkannya secara sepihak

56. Selain itu sering pula tanpa alasan jelas surat tagihan kita datang terlambat. Banyak yg menjadi korban karena trik ini

57. Biasanya pihak bank tidak mau tahu bahwa kesalahan bukan di pihak konsumen. Bunga dan denda tetap harus kita tanggung

58. Cara mengatasinya adalah dengan memiliki disiplin pribadi yg tinggi terhadap kewajiban2 kita sendiri

59. Jauh sebelum tanggal jatuh tempo sebaiknya kita sudah mengurus/membayar tagihan2 CC kita

60. Jangan sekali2 mempercayai itikad baik pihak bank. Dijamin anda pasti akan kecewa!

61. Pada tulisan selanjutnya kita akan beri tips bagaimana mengatasi persoalan CC yg sudah terlanjur bermasalah

62. Semoga …....................ini bermanfaat | BERSAMBUNG

emoticon-Matabelo
Polling

Poll ini sudah ditutup - 190 Suara

aa 
44.21%
bb
55.79%
cc
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 28 dari 87
25-12-2013 23:28
mantab infonya gan
0
25-12-2013 23:28
wahh baru tau ane gannss
0
25-12-2013 23:28
nice info
msh blm ngrti msh gestun, knp kita yg mlah mndptkn duit bknny kita yg hrsny byar it tagihanemoticon-Bingung (S)
0
25-12-2013 23:29
keren gan tips ny, cocok anda HT emoticon-Cendol (S)
0
25-12-2013 23:29
Terima kasih Gan, sangat berguna. Saya punya CC satu tapi istyri sama anak yang gede katanya dapet bonus masing2 satu CC juga. Saya bilang ke mereka gak usah diaktivasi, tar jebol keuangan ayah... hahaha...
0
25-12-2013 23:29
untung ane gak pernah bikin kartu kredit
0
25-12-2013 23:29
koq gw masih blm nyambung. udah 6 bulan tp msh bayar pokok 20jt....
0
25-12-2013 23:29
Ini thread juara,,, di save gaaan... emoticon-2 Jempol
0
25-12-2013 23:30
ninggalin jejak dulu gan buat jaga2
0
25-12-2013 23:30
Gak pake kartu kredit gan. pakenya jamkesmas emoticon-Ngakak
0
25-12-2013 23:30
TERSEDIA
sangat bermanfaat gan tipsnyaemoticon-I Love Indonesia (S)
0
25-12-2013 23:31
Thanks gan, thread yg bermanfaat
0
25-12-2013 23:31
say no to credit gan...hehehe
0
25-12-2013 23:31
You must deserve a medal, boy !
The truth our hero from "devil business"
0
25-12-2013 23:31
sangat membantu bgt
0
25-12-2013 23:32
nice share gan emoticon-I Love Kaskus (S)
keren threadnya ane jdi tau soal kartu kredit emoticon-Embarrassment
0
25-12-2013 23:32
Untung ane ga jadi aktifin vasilitas auto debit nya, thanks buat info perbankan nya gan emoticon-Cool

selama ga panting2 bgt, ane lebih milih langsung bayar pake Debit card gan..
0
25-12-2013 23:32
Quote:Original Posted By alfanurrizal
ini baru ilmu yg bermanfaat banget...
gak ada bosennya baca kebusukan bisnis bank yg satu ini...
thanks...


iya gan emang busuk
bagaimanapun, namanya juga riba & rente.... jelas2 busuknya

0
25-12-2013 23:32
Yang paling penting jangan gunaiin kartu kredit
0
25-12-2013 23:33
Infonya bermanfaat banget gan
Thx
0
Halaman 28 dari 87
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.