ottenAvatar border
TS
otten
Cara Membuat KOPI yang Paling Fresh
Untuk kaskuser yang demen ngopi

Quote:

Kopi yang saat ini berdar di Indonesia memang kebanyakan dalam bentuk sudah digiling, jadi pantas kalo sering dibilang kopi bubuk. Bahkan mungkin sebagian besar kopi yang beredar di pasaran adalah dalam bentuk serbuk kopi/kopi yang sudah dihaluskan. Sangat jarang buat penikmat kopi kebanyakan untuk kepikiran beli kopi dalam bentuk biji.



Kalo kita ngintip sedikit di negara2 lain, produk kopi dalam bentuk biji jauh lebih umum. Seperti di Australia, dimana negara ini terkenal akan budaya ngopi nya. Kalo nitip ke temen kopi2 yang di produksi (di sangrai) di sana maka sangat mungkin kita akan dikasi biji kopi.

Kenapa Biji Kopi ?

Salah satu hal tentang kopi yang ga boleh terlewat dan jadi kenikmatan ngopi adalah, kesegaran. Sangat jauh berbeda antara kopi yang sudah lama hilang kesegarannya, dengan kopi yang segar. Maksudnya segar di sini mulai dari proses penyimpanan biji kopi sebelum di sangrai, lalu setelah disangrai dia ada di waktu optimal kesegaran nya.

Nah setelah di sangrai kopi akan lebih lama mempertahankan kesegarannya dalam bentuk biji. Jadi bisa dibilang kenapa kopi2 bagus dijual dalam bentuk biji adalah untuk mempertahankan kesegaran nya lebih lama. Kopi dalam bentuk biji -menurut beberapa pendapat- masih bisa mempertahankan kesegaran sampai waktu 2 bulan setelah disangrai. Kopi yang sudah digiling tidak bisa mempertahankan kesegaran kopi karena hanya 1-4 jam saja setelah biji kopi digiling, kopi akan melepas gas dan ini yang jadi salah satu indikator kesegaran kopi.

Jadi menurut saya sangat penting untuk pehobi pemula untuk punya gilingan kopi. Dengan demikian bisa bikin kopi yang segar, digiling saat mau di seduh. Apapun metode seduh kamu, tradisional tubruk, manual brewing pour over, Aeropress atau sophisticated espresso machine, kesegaran ini adalah kunci utama dalam coffee processing.



[Video] Cara nyeduh kopi nikmat dengan metode pour over Hario V60




Quote:


Thanks, gan
Enjoy your coffee


Spoiler for BONUS kopi nya gan :




Diubah oleh otten 06-10-2014 04:44
0
53.6K
838
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.