Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
9998
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51963782582acfeb0100000b/penggunaan-oli-mobil-pcmo-hdeo-untuk-motor
Selamat datang di Thread admapower64 Join Facebook Page untuk PCMO dan HDEO user di sini Unduh Daftar Pelumas PCMO / HDEO / MCO di sini Composed and Edited by Dee santi Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita? Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan
Lapor Hansip
17-05-2013 20:58

Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor

Selamat datang di Thread admapower64


Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor



Composed and Edited by Dee santi


Quote:
Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita?

Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan arti pelumas terlebih dahulu. Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya adalah cairan, yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas pada umumnya dibagi ke dalam dua jenis, yaitu mineral dan sintetis. Pelumas mineral berasal dari hasil distilasi minyak bumi, sementara pelumas sintetis berasal dari proses Fischer-Tropsch Process yang menggabungkan Hydrogen dan Carbon. Pelumas Mineral dan Sintetis menurut API atau American Petroleum Institute dibagi ke dalam lima kelompok, diantaranya adalah:
  • API Group I, Base Stock Mineral dengan teknologi proses distilasi fraksi mineral parafin, dengan teknologi tersebut, minyak bumi akan bertambah ketahanan oksidasinya dan juga menyingkirkan zat-zat yang merusak Base Stock tersebut. Proses Distillation dan Solvent Refined tersebut akan meningkatkan VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur > 0.03%, Saturates < 90%.

  • API Group II, Base Stock Mineral dengan teknologi proses sama seperti Group I tetapi ditambahkan dengan Hydrokracked Technology. Dalam hal ini, Base Stock menjadi lebih murni dan lebih mudah untuk ditambahkan additives. Salah satu merek pelumas yang menggunakan Group II Base Stock adalah Shell™ Rotella® dan Pennzoil® PureBase® Perlu diketahui, Royal Dutch Shell adalah pemilik dari Pennzoil dan Quaker State. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, dan Hydrocraked, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur < 0.03%, Saturates > 90%.

  • API Group III, Base Stock ini digadang-gadangkan menjadi salah satu pelopor pelumas dengan Synthetic Technology yang berasal dari Mineral Oil. Teknologi ini dipakai luas oleh banyak Pabrikan pelumas SuperMajor (British Petroleum, Chevron, ConocoPhillips, ExxonMobil, Royal Dutch Shell, Total), salah satu yang paling terkenal dan fenomenal adalah Base Stock milik Suncor PetroCanada yang menyatakan bahwa pelumas mereka memiliki Base Stock yang murni. Group III sendiri sudah digantikan dengan Group III+ atau VHVI yang merupakan singkatan Very High Enhanced Viscosity Index. Teknologi proses yang digunakan adalah sama dengan Group II tetapi ditambahkan teknologi Hydroisomer, sehingga menjadikan Base Stock dengan 99% Saturasi dan 1% Aromatik. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, Hyrdokracked, dan Hydroisomer, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi ≥120. Di pasaran dunia, Group III+ dipasarkan dengan nama Fully-Synthetic Lubricant, yang common usernya adalah SuperMajor. Ada perbedaan antara pasaran dunia dan Eropa, pasaran dunia Oli Group III+ dapat disebut sebagai Fully-Synthetic, sementara di Eropa Oli Group III+ hanya boleh disebut Synthetic Technology. Untuk membedakannya, bisa dibuka http://www.total.fr/ dimana oli yang dijual sebagian besar di luar Eropa disebut sebagai Fully-Synthetic, maka di Perancis hanya disebut Lubrifiant technologie de synthèse atau Synthetic Technology Lubricant. Di Eropa hanya Group IV dan Group V yang boleh di label dengan Fully-Synthetic Lubricant.

  • API Group IV, Base Stock ini adalah hasil katalisasi antara Hydrogen dan juga Carbon baik dengan Fischer-Tropsch Process atau proses pembentukan olefin lainnya. Base Stock ini dinamakan PAO atau PolyAlphaOlefin, disebut PAO karena bahan dasarnya adalah Olefin. Pengguna Base Stock ini sangatlah jarang, mereka yang menggunakan Base Stock ini biasanya adalah pelumas dengan kategori Top Tier atau Premium. Salah satu pengguna PAO adalah Amsoil Signature Series, Mobil 1, dan Yacco dengan jajaran pelumas Top Tier Mereka. PAO sangat sulit ditambahkan soluble additives, sehingga additives yang bisa ditambah biasanya adalah logam alkali, alkali tanah, atau logam transisi seperti Molybdenum dan Titanium. Logam alkali ditambahkan adalah supaya menambah retensi pelumas untuk menahan asam yang terbentuk saat pembakaran terjadi. PAO memiliki karakteristik yang paling unik, karena memiliki Titik Beku yang rendah hingga -53 C dan Titik Bakar yang tinggi, hingga 270 C. pelumas ini tidak mengandung sulphur karena dibuat murni dari Hidrogen dan Carbon, dan memiliki Viscosity Index di atas 140.

    PAO ini dikenal sebagai Base Stock ngambekan, alasannya adalah selain pembuatannya sulit, yaitu apabila oli dengan PAO Based akan dibuat maka bahan-bahan seperti additives pack harus dicampur sebelum menjadi oli. Seperti kita membuat cake, apabila kurang atau kelebihan bahan, maka cake tersebut tidak enak dan tidak bisa dimodifikasi. PAO juga sangat rewel apabila bertemu dengan racun sejenis Sulfur dan TEL atau Tetra-Ethyl-Lead, dan dia tidak bisa ditambah dengan post-mixed additives. PAO juga sangat licin apabila ditambahkan additive Boron Nitride sehingga sangat baik untuk mesin-mesin berbahan dasar Aluminum Silicon. Pada BMW disebut Alusil, pada Mercedes Benz disebut SILITEC, atau pada Yamaha disebut DiAsil. PAO dan Boron Nitride akan membentuk lapisan film sangat kuat dan licin, sehingga akan sangat baik untuk menambah performa mesin. Boron Nitride dan PAO tidak akan menyebabkan selip kopling, karena hanya bereaksi dengan logam Aluminum Silicon saja, tidak dengan komposit Kampas Kopling.


  • API Group V, Base Stock ini biasanya diisi oleh Ester, prosesnya sendiri adalah dengan cara katalisasi asam yang dinamakan dibasic Ester, dengan Alkohol atau CH3OH sehingga dibentuklah Ester dari hasil katalisasi tersebut. Ester biasanya digunakan untuk kompetisi karena kemampuannya untuk mempercepat pembakaran dan juga meningkatkan performa mesin, sehingga mesin balap biasanya menggunakan Ester dan atau campuran PAO dan Ester. Ester memiliki ikatan film yang paling kuat, tetapi kelemahannya adalah umur pakainya cukup singkat, sehingga hanya cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan oli kompetisi. Ester juga berguna untuk ditambahkan ke PAO based supaya mudah untuk di campur dengan additives. cara mengetahui adanya Ester dalam pelumas adalah dengan melihat nilai oksidasi dan TAN dari pelumas tersebut. Sifat alami Ester adalah oksidan dan asam, sehingga nilai TAN pasti ada dalam pelumas tersebut. Salah satu yang terkenal antara lain adalah Redline, Motul, dan Maxima



Quote:
Apa perbedaan pelumas untuk mesin mobil dan mesin motor?


Secara fungsi, pelumas memiliki peran yang sama, mesin motor manual memiliki gearbox dan kopling yang menyatu dengan blok mesin, sehingga pelumas untuk mesin motor konvensional harus bisa melumasi mesin tanpa merusak komponen gearbox, terlebih kopling, karena kalau terlalu licin, kopling dapat selip dan mengakibatkan terbakar. Pelumas mobil secara umum tidak dapat melumasi kopling, sehingga sangat tidak cocok digunakan kepada mesin motor konvensional.

Mesin motor matic memiliki gearbox dan kopling terpisah dari blok mesin, sehingga pelumas hanya melumasi mesin saja, tanpa melumasi gearbox dan juga kopling. Hal ini sama dengan karakteristik mesin mobil yang memiliki kopling dan gearbox terpisah.

Perbedaan selanjutnya adalah antar mesin mobil dan mesin motor adalah suhu operasional, putaran mesin operasional, volume mesin dan kapasitas pelumas, serta daya kerja operasional. Secara teoritis, suhu operasional mesin motor lebih tinggi daripada suhu operasional mesin mobil karena absennya pendinginan stabil, atau radiator pada mesin motor, meski beberapa jenis motor sudah mengadopsi radiator, tetapi terkadang hal ini sering dilupakan para pemilik, sehingga fungsinya tidak optimal.

Selanjutnya adalah putaran mesin operasional motor lebih tinggi daripada mobil, tentu saja, mesin mobil memiliki lebih dari 1 silinder dengan kapasitas minimal 250cc per silinder, sehingga untuk menjalankan mobil tidak diperlukan tenaga putaran tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kapasitas mesin, maka putaran operasionalnya makin rendah. Mobil bisa berjalan 100 Kmh dengan RPM hanya 2,500 RPM, sementara motor membutuhkan lebih dari 5,000 RPM untuk berjalan pada 100 Kmh. Tetapi perlu diperhitungkan, mobil berjalan 2,500 RPM dengan kondisi Long Stroke sementara motor berjalan 5,000 RPM dengan kondisi Short Stroke ingat pelumas bekerja untuk melumasi dinding silinder, piston, crankshaft, dan valve train, meski secara teoritis beban mobil terkesan ringan, tetapi secara volumetrik pelumasan lebih besar mobil berkali-kali lipat. Dan oleh sebab itu bisa dipastikan bahwa oli untuk mobil harus lebih baik daripada oli motor.


Ilustrasi: sebuah mobil dengan kapasitas mesin 3,500cc dan berat 2,200 Kg (1997 BMW E38 735iL) berjalan dengan kecepatan 160 Kmh hanya dengan 4,100 RPM di Tachometer.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor


Selanjutnya adalah volume mesin dan juga kapasitas pelumas. Dalam mobil berukuran mesin 1,000cc sampai 2,000 cc biasanya menggunakan 4 – 5 liter pelumas, itu berarti untuk dibutuhkan 2.5 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya, sementara motor dengan kapasitas 100 cc – 125 cc membutuhkan pelumas 0.8 L, sehingga mesin motor membutuhkan 6.4 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya. Hal tersebut tentu saja berpengaruh kepada tingkat retensi terhadap asam yang akan membuat pelumas cepat rusak. Secara rasio, seharusnya oli motor memiliki volumetrik lebih besar, dan itu berarti kerjanya lebih ringan dibandingkan mobil, apabila kita mengabaikan proses pelepasan panas.

Beban kerja sebenarnya tidak relevan apabila kita membandingkan motor dengan mobil, tetapi bisa kita jadikan acuan, bahwa kerja motor tidak seberat yang kita bayangkan.
  • Motor, Beban: 150 Kg | Kapasitas Silinder: 110 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.733 (Paling ringan)
  • Mobil, Beban: 2,000 Kg | Kapasitas Silinder: 1,300 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.65 (Moderate)
  • Truk, Beban: 20,000 Kg | Kapasitas Silinder: 8,000 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.4 (Paling berat)

Asumsi semua kendaraan di atas di hitung termasuk pengemudi dan penumpang penuh, dari hitungan tidak relevan di atas, kita bisa simpulkan truk memiliki ratio paling berat dan motor paling ringan, sementara mobil tidak seberapa berat dibandingkan dengan truk. Ini acuan sederhana saja, sementara hitungan aslinya lebih rumit, tetapi bisa disimpulkan bahwa oli mereka bisa saling digunakan bergantian, ya bisa saling pakai tetapi memiliki limit masing-masing.


Quote:
Bisakah Pelumas Mobil Digunakan untuk Motor?


Secara umum, pelumas mesin mobil akan dapat digunakan untuk mesin motor matic, kalau untuk motor konvensional, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, karena ada karakteristik pelumas mobil yang sangat dilarang digunakan dalam mesin motor konvensional, hal yang perlu diperhatikan adalah:


Ilustrasi: Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30 pelumas Long Drain pertama yang diuji oleh TS hingga 10,000 Km di Honda Vario 110cc, memiliki sertifikasi yang dilarang untuk digunakan pada Motor Kopling Basah.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor


  • Mitos Jumlah Molybdenum, banyak yang mengatakan pelumas motor konvensional tidak boleh mengandung friction modifier semisal Molybdenum atau Titanium yang bersifat melincinkan dan meningkatkan nilai fuel efficiency yang salah-salah bisa membakar kopling motor kesayangan Anda. Padahal pada kenyataannya bukan Friction Modifier yang membuat kopling motor Anda selip, tetapi Organic Additives semacam Graphite yang membuat kopling Anda selip. Jika tidak percaya, coba lihat Jumlah Molybdenum pada Motul 300V 4T bahkan jauh lebih tinggi daripada Molybdenum pada PCMO sekalipun, tetapi dari user tidak pernah ada yang mengeluh kopling-nya selip. Perlu diketahui, Molybdenum, Boron, atau Titanium hanya bereaksi dengan Logam saja, tidak dengan komposit organic yang mungkin ada di Kopling.

  • API Resources Conserving atau API Energy Conserving, pelumas dengan API Starburst pasti mengacu kepada fuel efficiency, sehingga pasti pelumas akan sangat licin dan tidak dapat melumasi dan melindungi kopling secara bersamaan. API RC/EC biasanya menuntut oli bisa digunakan dalam jangka waktu yg lama dengan state stay-in-grade, sehingga perlu banyak Organic Additives dan tidak cocok dengan komposit kopling.

  • ILSAC GF-5, tidak disarankan digunakan dalam motor konvensional, karena sifatnya sama seperti API RC/EC menjamin oli dapat digunakan dalam waktu yang lama, dan bisa menghemat bahan bakar.

  • German Approval Oil, ya seperti namanya German Approval, mengacu kepada Manufacturer Jerman, seperti BMW, VW, dan Mercedes Benz. pelumas dengan sertifikasi baru mereka tidak cocok dengan motor kopling basah, karena ditakutkan mengakibatkan selip kopling. Terlebih pelumas dari pabrikan mereka menuntut Sustain Release untuk beberapa additives dan itu bisa berdampak kepada motor dengan kopling basah.


Apabila dahulu PCMO hanya bisa digunakan untuk motor matic saja, sementara pelumas HDEO bisa digunakan di motor matic atau motor manual, kini banyak yang menggunakan pelumas PCMO untuk motor dengan kopling basah, salah satu contohnya adalah ADNOC Voyager Silver 10W-40, Pertamina Fastron Techno 10W-40, dan Pertamina Fastron Fully Synthetic 0W-50. Penggunaan pelumas mobil pada motor akan menyebabkan beberapa dampak yang mungkin positif atau negatif tergantung kepada bagaimana Anda menanganinya. Tetapi, sepengalaman saya, penggunaan pelumas mobil lebih banyak efek positif ketimbang negatif-nya. Dan kita kembali ke rumusan awal, baik PCMO, HDEO, dan MCO adalah sama-sama Hydrocarbon Based, sehingga tidak masalah apabila Anda juga mau menggunakan MCO di mobil Anda, hanya saja limitasinya tambah banyak.


Quote:
Mengapa Harus Pelumas Mobil/Diesel (PCMO/HDEO)?


Apa alasan lebih memilih Pelumas Mobil/Diesel dibandingkan Pelumas Motor (MCO)?
  • Longer Drain Interval.
  • Better Performance.
  • Better Protection.
  • Better Fuel Efficiency.
  • Low Evaporation.


Tetapi tidak menutup kemungkinan Pelumas Motor (MCO) juga melakukan tujuan utama dibuatnya thread ini yaitu Resources Saving by Longer Drain Interval Lubricant. Beberapa contoh oli yang bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama adalah, Liqui Moly 4T, Royal Purple 4T, dan Elf Campione.


Quote:
Saya sebagai TS tidak berafiliasi dengan Lubricant Manufacturer manapun, posting saya di sini netral dan tidak mendikreditkan suatu merek dan atau jenis pelumas. Pendapat dan teori saya belum tentu benar, sehingga perlu didiskusikan di sini. Saya mengundang para expert disini untuk berdiskusi bersama mengenai penggunaan PCMO dan HDEO untuk mesin motor, berikut ini rules untuk thread ini:
  • Setiap sanggahan terhadap hal teknis dan juga yang berhubungan dengan kondisi dan atau kualitas suatu pelumas dan umur pakai pelumas, harap disertakan dengan bukti empiris yang kongkret, bukan sekedar katanya atau rasanya. Hal tersebut sudah diluar dari teorema dengan tanpa bukti empiris, sehingga sanggahan tidak akan dilanjutkan.
  • Dilarang Junk, SARA, flaming, ataupun nitip lapak disini, karena disini hanya untuk berdiskusi, mohon hargai Kaskuser lainnya.
  • Do at your own risk, penggunaan pelumas PCMO/HDEO pada mesin motor agan mungkin akan berdampak buruk, sehingga sehingga resiko pemakaian pelumas PCMO/HDEO selanjutnya adalah tanggung jawab user, saya hanya menyarankan yang terbaik dari datasheet dan pengalaman.

Polling
1,499 Suara
Berapa Viscosity Grade Pelumas Kendaraan Anda? 
Diubah oleh admapower64
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FahmiAm dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 166 dari 501
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 15:19
Quote:Original Posted By BaNdiTz93


pake yg SAE xW-40 aj gan emoticon-Big Grin

kalo mw produk dalem negeri vote Fastron Gold 5w-30 gan emoticon-2 Jempol



jadi menurut agan gimana ? bisa ga ? ato mending pake fastron tekno 10-40 aja ?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 18:38
Quote:Original Posted By psymon_69
hhe,. emoticon-Big Grin iya gan,. thq..emoticon-Shakehand2
besok mau ubek2 spbu dulu,.emoticon-Ngakak

agan bandung, slken gan, ane daper PFG di pombensin cikaso, kalo oli diluar pertamini ada di cikutra samping pasar cihaurgeulis, ada tempat oli+cuci mobil.
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 19:56
Quote:Original Posted By Donie.S
Agan di batam yax?? emoticon-thumbsup
eh tp skrg rada susah minta kirim" dr sono... emoticon-No Hope

PFG aman sentosa kok gan. Oli bgs buatan bangsa sendiri itu... emoticon-2 Jempol
Pake premium jg gpp gan. Ane aje skrg atas nama p'hematan pake nya premium+kapur barus=rasa v-power emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


wah, oke yah??? siplah, nanti ane coba. tapi kalo pake PFG ada side effect gak?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 21:23
Amsoil signaturre 220 rebooooo..ampooon dj ...
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 21:31
Mau tanya donk
Oli amsoil signature series 0w-20 itu ada palsunya ga?
Ada segelnya ga di tutup olinya?seperti apa?
ada penampakannya?
Trus warna cairan olinya apa?
Makasih
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 21:58
Permisi gan mau nanya nih motor ane vario WTF CBS ISS, ane tertarik am oli PFG karena secara harga lebih ekonomis dan praktis karena long drainnya,yg mau ane tanyakan jangka waktunya beneran itu setahun baru ganti oli lagi?nggak ad efek negatifnya klo gantinya kelamaan ampe setahun?,terima kasih banyak sebelumnya buat agan2 yg udah bantu jawab pertanyaan ane
Diubah oleh ninakusniana
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 22:12
Quote:Original Posted By arielangkar



jadi menurut agan gimana ? bisa ga ? ato mending pake fastron tekno 10-40 aja ?

bebas gan sesuaikan budget aj emoticon-2 Jempol

vote PFG gan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By hebatsoroo
Mau tanya donk
Oli amsoil signature series 0w-20 itu ada palsunya ga?
Ada segelnya ga di tutup olinya?seperti apa?
ada penampakannya?
Trus warna cairan olinya apa?
Makasih

Amsoil ASM jarang di palsuin gan, karena botolny aj jarang emoticon-Big Grin

gk ada segelny, oliny warna kuning emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ninakusniana
Permisi gan mau nanya nih motor ane vario WTF CBS ISS, ane tertarik am oli PFG karena secara harga lebih ekonomis dan praktis karena long drainnya,yg mau ane tanyakan jangka waktunya beneran itu setahun baru ganti oli lagi?nggak ad efek negatifnya klo gantinya kelamaan ampe setahun?,terima kasih banyak sebelumnya buat agan2 yg udah bantu jawab pertanyaan ane


10rb KM / 1 tahun gan yg mana yg capai dluan emoticon-Big Grin

utk pemakaian pertama disarankan 7.500 KM utk penyesuaian dgn mesin emoticon-Embarrassment
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 22:30
Quote:Original Posted By BaNdiTz93

bebas gan sesuaikan budget aj emoticon-2 Jempol

vote PFG gan emoticon-Cool

Amsoil ASM jarang di palsuin gan, karena botolny aj jarang emoticon-Big Grin

gk ada segelny, oliny warna kuning emoticon-Big Grin


10rb KM / 1 tahun gan yg mana yg capai dluan emoticon-Big Grin

utk pemakaian pertama disarankan 7.500 KM utk penyesuaian dgn mesin emoticon-Embarrassment


7500 km klo buat motor ane mah lebih dr setahun bro banditz,karena jarak rumah am tempat kerja paling pp 20 km,klo dr bulan aj ngitungnya kira2 berapa bro banditz untuk pemakaian pertama?lha motor udah 2 bulan kurang masih 66 km,kadang masih nebeng am temen klo gawe

Diubah oleh ninakusniana
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 22:36
Quote:Original Posted By ninakusniana


7500 km klo buat motor ane mah lebih dr setahun bro banditz,karena jarak rumah am tempat kerja paling pp 20 km,klo dr bulan aj ngitungnya kira2 berapa bro banditz untuk pemakaian pertama?



berarti setahun jg gan, ente sm kyk ane PP cm 13km emoticon-Matabelo

kalo ane sih sesuaian sm STNK gan, jadi tiap taun perpanjang STNK + ganti oli emoticon-Smilie

M1EP ane baru jalan 8 bulan KM baru 3500an emoticon-Matabelo bulan 2 ganti sesuai ama STNK motor emoticon-Cool
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 22:49
Quote:Original Posted By BaNdiTz93


berarti setahun jg gan, ente sm kyk ane PP cm 13km emoticon-Matabelo

kalo ane sih sesuaian sm STNK gan, jad tiap taun perpanjang STNK + ganti oli emoticon-Smilie

M1EP ane baru jalan 8 bulan KM baru 3500an emoticon-Matabelo bulan 2 ganti sesuai ama STNK motor emoticon-Cool

Oke makasih banyak bro banditz atas pencerahannya,kemaren di forum various ente juga yg langsung jawab pertanyaan ane maaf mau ngasih cendol belum iso ane masih newbie,klo ente gawe di sekitaran cibitung bekasi bolehlah kapan2 kita ngupi bareng makan pisang goreng sambil share ilmu
Diubah oleh ninakusniana
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
10-12-2013 23:13
Quote:Original Posted By BaNdiTz93

yup brand tsb memang familiar di indo gan, trus promosiny jg gencar jadi gk asing di kuping kita emoticon-Big Grin

boleh tuh, sm kyk ane pake M1EP dlu taon dpn bru pake ASM emoticon-2 Jempol

Iya gan, tp ampe hr ini ampun deh nyari M1EP, kayanya beneran ga ada yg pake deh di Purwokerto, huuuaaaaaa..... emoticon-Meweks

Btw agan Donie uda done ya, next agan banditz..
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 01:04
vario ane pake motul hi tech 100 5w-30, minggu kedua mesin jd berisik ya,,, mm apa terllalu licin... emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 02:18
permisi om,

klo motor uda di bore up pemakaian pcmo msh sama kaya standar nda? apa sama2 cepet nguap? motornya vario 110.. klo bs yg based on experience.. tengkyu om..

selama ini ane pk amsoil ss/m1ep..
Diubah oleh sadish
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 10:52
Quote:Original Posted By lebeau

siap gan Donie, diusahakan malam ini bisa kirbal, dr kmaren masi kepake buat bayar utang soalnya, hehehe..

makasi ya agan Donie.. emoticon-Kiss


Quote:Original Posted By lebeau

Iya gan, tp ampe hr ini ampun deh nyari M1EP, kayanya beneran ga ada yg pake deh di Purwokerto, huuuaaaaaa..... emoticon-Meweks

Btw agan Donie uda done ya, next agan banditz..


Wuaduh.... Jadi ga enak nich di kirbal..... emoticon-Malu

Thx a lot ya gan... emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia

Cari PFG aja gan, lbh gampang. Soale kan peloduk dalam negeli..... emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By arielangkar
oli yang cocok buat skywave apaan ya ? ada yang pernah make fastron buat diesel sae 15-40 ? di web resminya bisa buat mesin diesel maupun bensin.... mohon pencerahannya......


Kalo buat Matic mah, jangan pake Oli Diesel kali ya??
PFG aja gan kalo mmg susah cari oli" yg b'merk aneh....

Quote:Original Posted By First4Maxxx

wah, oke yah??? siplah, nanti ane coba. tapi kalo pake PFG ada side effect gak?


InsyaAllah ga ada masbroh, paling side effect nya jadi kagak pernah serpis ntu motor kek sipanci ane.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By ninakusniana

7500 km klo buat motor ane mah lebih dr setahun bro banditz,karena jarak rumah am tempat kerja paling pp 20 km,klo dr bulan aj ngitungnya kira2 berapa bro banditz untuk pemakaian pertama?lha motor udah 2 bulan kurang masih 66 km,kadang masih nebeng am temen klo gawe


Nebeng ama eike juga boleh kok..... emoticon-Betty (S)

Quote:Original Posted By BaNdiTz93

berarti setahun jg gan, ente sm kyk ane PP cm 13km emoticon-Matabelo

kalo ane sih sesuaian sm STNK gan, jadi tiap taun perpanjang STNK + ganti oli emoticon-Smilie

M1EP ane baru jalan 8 bulan KM baru 3500an emoticon-Matabelo bulan 2 ganti sesuai ama STNK motor emoticon-Cool


Ade nyang we te ef nya ngendon aje tuh di garasi. Biar beranak kali ye.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By sadish

permisi om,

klo motor uda di bore up pemakaian pcmo msh sama kaya standar nda? apa sama2 cepet nguap? motornya vario 110.. klo bs yg based on experience.. tengkyu om..

selama ini ane pk amsoil ss/m1ep..


Logika nya sih, mesin sdh bore up, pst kompresi naik kan ya? Kalo ga salah, suhu mesin akan lbh panas dibandingkan saat std. Kemudian b'arti krn suhu mesin nya lbh panas, bisa jadi juga gan penguapan oli nya agak lebih cepat dibandingkan masa saat msh std....

========================================================

Next agan ikxfesz yax.... emoticon-Big Grin
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 10:58
Quote:Original Posted By josepasillas
Amsoil signaturre 220 rebooooo..ampooon dj ...

220rb buat 10rbkm/setahun mah gak mahal emoticon-Smilie
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty

Quote:Original Posted By MattKaulitz
vario ane pake motul hi tech 100 5w-30, minggu kedua mesin jd berisik ya,,, mm apa terllalu licin... emoticon-Bingung (S)

masih penyesuaian kali olinya...
atau emang saking ngacir motornya
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 11:19
Quote:Original Posted By BaNdiTz93

bebas gan sesuaikan budget aj emoticon-2 Jempol

vote PFG gan emoticon-Cool

Amsoil ASM jarang di palsuin gan, karena botolny aj jarang emoticon-Big Grin

gk ada segelny, oliny warna kuning emoticon-Big Grin


10rb KM / 1 tahun gan yg mana yg capai dluan emoticon-Big Grin

utk pemakaian pertama disarankan 7.500 KM utk penyesuaian dgn mesin emoticon-Embarrassment


ane mau nyari protection nya gan tanpa ngurangi performance nya, makanya ane mo nyoba fastron yang diesel, soalnya sae 15-40 , sekarang ane pake enduro matic enak sih cuma suara mesin lebih nyaring...
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 14:11
Quote:Original Posted By MattKaulitz

vario ane pake motul hi tech 100 5w-30, minggu kedua mesin jd berisik ya,,, mm apa terllalu licin... emoticon-Bingung (S)


Oom matt, dari dicemplungin smp skrg ude jalan brp km? Trus kond mesin msh std apa ude bud??

0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 15:16
Quote:Original Posted By ninakusniana

Oke makasih banyak bro banditz atas pencerahannya,kemaren di forum various ente juga yg langsung jawab pertanyaan ane maaf mau ngasih cendol belum iso ane masih newbie,klo ente gawe di sekitaran cibitung bekasi bolehlah kapan2 kita ngupi bareng makan pisang goreng sambil share ilmu

boleh gan, kalo ada kopdar nanti ane pasti post dimari emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By lebeau

Iya gan, tp ampe hr ini ampun deh nyari M1EP, kayanya beneran ga ada yg pake deh di Purwokerto, huuuaaaaaa..... emoticon-Meweks

Btw agan Donie uda done ya, next agan banditz..

ada gan, mungkin susah nyariny emoticon-Ngakak

tetep semangat gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By MattKaulitz
vario ane pake motul hi tech 100 5w-30, minggu kedua mesin jd berisik ya,,, mm apa terllalu licin... emoticon-Bingung (S)

licin sih ngk gan, masih licinan Castrol edge with Titanium malah adem bgt suara motor tmen ane emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By sadish
permisi om,

klo motor uda di bore up pemakarian pcmo msh sama kaya standar nda? apa sama2 cepet nguap? motornya vrio 110.. klo bs yg based on experience.. tengkyu om..

selama ini ane pk amsoil ss/m1ep..

kalo udah bore up naik SAE gan jadi xW-40 gan emoticon-Big Grin

karena gap antar mesin sudah lebih longgar dan butuh oli lebih kental supaya mesin ttep adem emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Donie.S




Wuaduh.... Jadi ga enak nich di kirbal..... emoticon-Malu

Thx a lot ya gan... emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia

Cari PFG aja gan, lbh gampang. Soale kan peloduk dalam negeli..... emoticon-Big Grin



Kalo buat Matic mah, jangan pake Oli Diesel kali ya??
PFG aja gan kalo mmg susah cari oli" yg b'merk aneh....



InsyaAllah ga ada masbroh, paling side effect nya jadi kagak pernah serpis ntu motor kek sipanci ane.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak



Nebeng ama eike juga boleh kok..... emoticon-Betty (S)



Ade nyang we te ef nya ngendon aje tuh di garasi. Biar beranak kali ye.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak



Logika nya sih, mesin sdh bore up, pst kompresi naik kan ya? Kalo ga salah, suhu mesin akan lbh panas dibandingkan saat std. Kemudian b'arti krn suhu mesin nya lbh panas, bisa jadi juga gan penguapan oli nya agak lebih cepat dibandingkan masa saat msh std....

========================================================

Next agan ikxfesz yax.... emoticon-Big Grin

wakakkakakka emoticon-Ngakak

udah dibawa kemana2 tiap hari nih ttep aj sgitu2 aj KMny ki emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By arielangkar


ane mau nyari protection nya gan tanpa ngurangi performance nya, makanya ane mo nyoba fastron yang diesel, soalnya sae 15-40 , sekarang ane pake enduro matic enak sih cuma suara mesin lebih nyaring...


pake Fastron Gold aj gan emoticon-2 Jempol

ato gk Fastron merah jg oke emoticon-Big Grin
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 15:59
Quote:Original Posted By psikopad

220rb buat 10rbkm/setahun mah gak mahal emoticon-Smilie
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty


masih penyesuaian kali olinya...
atau emang saking ngacir motornya
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty


Soalnya trakhir beli M1EP 176rb..brasa juga euy..
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor
11-12-2013 16:16
Quote:Original Posted By lebeau


Iya gan, tp ampe hr ini ampun deh nyari M1EP, kayanya beneran ga ada yg pake deh di Purwokerto, huuuaaaaaa..... emoticon-Meweks

Btw agan Donie uda done ya, next agan banditz..



Quote:Original Posted By Donie.S


Wuaduh.... Jadi ga enak nich di kirbal..... emoticon-Malu

Thx a lot ya gan... emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia

Cari PFG aja gan, lbh gampang. Soale kan peloduk dalam negeli..... emoticon-Big Grin



ane masih susah cari PFG oom Donie,. emoticon-Bingung emoticon-Confused emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 166 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia