News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
591
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52a67c813ecb17b56c8b4686/mengapa-gerbong-wanita-ada-di-depan-dan-belakang
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang? Kereta Rel Listrik Commuter line jurusan Serpong-Jakarta menghantam truk tangki berisi premium yang menerobos perlintasan di Bintaro Permai, Tange
Lapor Hansip
10-12-2013 09:29

Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?

Past Hot Thread
Quote:
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?



Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?


Kereta Rel Listrik Commuter line jurusan Serpong-Jakarta menghantam truk tangki berisi premium yang menerobos perlintasan di Bintaro Permai, Tangerang. Akibatnya, truk tangki itu meledak dan membakar kereta atau gerbong khusus wanita yang berada di depan.

Lalu mengapa gerbong khusus wanita ada di depan dan belakang, yang notabene rentan dengan benturan?

Adanya gerbong khusus itu awalnya muncul setelah penumpang wanita kerap kali mendapat pelecehan seksual ketika berdesak-desakan dengan penumpang pria. Maka, PT KAI mengoperasikan dua gerbong khusus wanita di depan dan di belakang dengan tujuan menghindari penumpang wanita dari tindakan pelecehan seksual.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar yang kala itu meresmikan gerbong khusus wanita yakin penambahan gerbong itu mampu mencegah tindakan pelecehan terhadap wanita.

"Dengan adanya gerbong khusus perempuan diharapkan akan mencegah kasus pelecehan dan juga merupakan tindak kekerasan terhadap perempuan di kereta api," kata Linda.

Namun kini persoalan penempatan gerbong wanita yang berada paling depan dan belakang kembali disoal. Penempatan gerbong khusus wanita di bagian ujung dinilai hanya membuat kaum hawa sebagai 'bantalan' dalam rangkaian kereta.

Awalnya gerbong khusus wanita ditempatkan di bagian paling depan dan belakang untuk memudahkan kaum hawa naik. Namun di sisi lain penempatan gerbong wanita di ujung rangkaian ini juga dinilai tidak tepat.

Kaum hawa dinilai sulit untuk beraksi cepat dan bergerak cepat jika terjadi kecelakaan kereta. Padahal lokasi mereka berada di gerbong terdepan dan belakang yang merupakan paling rentang terhadap kecelakaan.

Lalu dengan adanya tragedi di Bintaro antara KRL dengan truk tangki pengangkut premium, apakah letak gerbong khusus wanita akan ditinjau ulang.

SUMBER....


Sebenernya bagus ada gerbong khusus wanita tapi kalo di tempatin di depan ama belakang ya' kasihan kaum wanitanya kalo ada kecelakaan kaya gini yang jadi korbannya pertama kali kan' kaum wanitanya!!!!!!
Diubah oleh KASKUS.Editor
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 630K Threads
Halaman 2 dari 30
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:48
banyak maunya, tar kalo ditengah justru kecampur2 sama yang cowo pelecehan lagi jatohnya. lagian wanita emang secara fisik kan punya bemper kalo terjadi benturan emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:48
kalo yang terjadi kemaren
di depan kereta khusus pria
terus yang meninggal pria semua
bukanya sama saja?
sama2 nyawa yang ilang emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:50
ini maksudnya kalo korbannya laki2 gak masalah gitu emoticon-Cape d... (S)

semua juga ga ada yang mau terjadi kecelakaan mau di depan keq di belakang ditengah kalo udah musibah ya ga ada yang bisa nolak!

jadi inget dulu kecelakaan tabrakan antar KRL di cilebut thn 2004 dimana ane jadi korban karena duduk di gerbong paling belakang KRL yang di tabrak oleh rangkaian KRL dibelakangnya dulu gerbong yang ane naekin kebelah jadi dua menjulang keatas membentuk segitiga emoticon-Matabelo
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:50
gw tambahin ya... KRL (commuter line) kan punya dua posisi masinis di ujung tiap kereta, jadi bisa bergerak dua arah, ke depan dan ke belakang, sehingga sesampainya di stasiun ujung/dipo tidak perlu membalik arah kereta... akan lebih mudah untuk mengenali ujung kereta (alias 'kepala' kereta) ketimbang bagian tengahnya... distribusi penumpang laki2 yang disatukan di kereta2 tengah akan lebih merata.. bandingkan kalo ada kereta wanita di tengah.. jika bagian depan kereta sudah penuh, laki2 harus melintas kereta wanita di tengah untuk menjangkau kereta di bagian belakangnya... itu sama artinya dengan tidak ada privasi buat wanita...

penjelasan gampang diterima?
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:54
Quote:Original Posted By romanoff.
Gk tau juga ya, kenapa harus gerbong depan dan belakang.
Mungkin dari pihak terkait tau alasannya.. emoticon-Bingung (S)


Mungkin biar gampang nyarinya kali gan..??

0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:54
Setuju bgt niy sm agan yg blg bhw kecelakaan bs tjd kpn dan dmn aja..
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:54
Quote:Original Posted By dikcil
kalau gerbong di tengah terus keretanya ditabrak sama mobil pas gerbong wanita, pasti dipermasalahkan juga


Bener, bener....
Hahaha masalah kayak gini kok ya dipermasalahkan yah... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Apa ga ada hal lain yang dibahas apa? emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:55
ga ada yang nyangka bakal ada kecelakaan kaya dibetung kmaren..

knp semua kebijakan itu akan tercipta secara accidentally?

takut dilecehin, gunakan strategi bus kota: "duduk dekat bang sopir yah biar aman tu cewe.." jadi weee perempuan ditaro digerbong depan emoticon-Ngakak

ada kecelakaan parah.. gunakan strategi nyebrang jalan: "cewe ditengah.. (padahal kalo dihajar truk mati juga semuanya emoticon-Big Grin )"

ckckckcckckckck kenapa harus berpikir serumit dan sesemrawut gtu yah bangsa indonesia???

terapkan yang normal2 aja tho.. kalo takut kenapa2, tinggal aja dalam rumah. makanya kalo mo jalan baca basmallah (bagi yg muslim) yang non, pake doa masing2 dah..

seperti yg banyak diramalkan akan terjadi, populasi laki2 akan lebih kecil dari perempuan, kebayang gender laki2 bakal dilindungi setengah mati ama pembuat kebijakan.. emoticon-Big Grin
Diubah oleh frebyd
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 09:57
Quote:Original Posted By phateticwaltz


setuju sama ini nih. kalo di gerbong tengah, wanitanya bingung yang tengah yang mana.

kalo depan belakang kan gampang dikenalin


setuju sama pendapatnya..spy lebih mudah dikenali oleh penumpang wanita.
setuju juga sama pendapat momod danube, siapapun dia gak ada yg pengen celaka.
musibah siapa yg bisa nolak. emoticon-norose
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:01
Quote:Original Posted By dikcil
kalau gerbong di tengah terus keretanya ditabrak sama mobil pas gerbong wanita, pasti dipermasalahkan juga


Memang musibah sapa yg tau gan..tapi kita bicara pebandingan saja dah dan yg paling mungkin tejadi,selama ini kecelakaan KA itu melibatkan gerbong yg mana?
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:02
Quote:Original Posted By blue_danube
use logic aja lah..

ditaruh di depan atau belakang itu untuk memusatkan kaum laki2 di kereta2 bagian tengah.. biar orang yang punya MATA gak akan salah masuk kereta...

kalo soal asumsi jadi bantalan kalo tabrakan, HALOOOOO? emangnya siapa yang mau celaka? kalo tabrakannya banter, kena depan atau tengah juga sama aja.. apa mau ditambah aling2?

emoticon-Cape deeehh

yang bener tuh meningkatkan sistem keselamatan perjalanan kereta api.. mulai dari keretanya sendiri sampai ke pelintas sebidang..


mantap setuju ane sama momod emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:03
ya elah ...

kalau ditaruh di tengah terus ada kejadian kereta api ditabrak tank entar nongol trit " kenapa gerbong wanita ditaruh di tengah "

gerbong wanita taruh di depan supaya gampang dicari
yang perempuan tinggal cari gerbong pertama... selesai

dan plis jangan nanya kenapa gak taruh belakang aja ... emoticon-Ngakak
ketauan dongoknya emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:13
namanya kecelakaan ga ada posisi aman lah.klo pelan yg depan paling ancur.klo disundul belakang paling ancur.klo pas tikungan kenceng yg tengah paling miring.kadang malah ditengah ada yg bentuk segitiga klo kejepit.

tau sendiri ce cari jalan aja sulit.kcuali di mall yah...mangkanya biar gampang dicari ce ya plg depan/blakang.

saran gw biar aman tiap kereta dikasi buldoser dibagian depan.jadi klo ada yg bandel kereta tetep bisa jalanemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kaya yg buat ilangin salju di kereta luar negeri
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:16
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi


Betul,
sesuai dengan slogan ladies first. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak

kemudahan naik turun dan nunggu aja kali, kalo musibah sih siapa yang tau.. emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:17
didepan salah, dibelakang salah, ditengah salah.. emoticon-Cape deeehh
trus maunya dimana? taruh diatap aja kali ya
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:34
Quote:Original Posted By ..A
didepan salah, dibelakang salah, ditengah salah.. emoticon-Cape deeehh
trus maunya dimana? taruh diatap aja kali ya


hahaha selamat datang di dunia pikiran wanita...
serba salah: A, B, C apa pun jadi salah; nggak ada yg bener.

nanti kalau sudah punya istri, bakal ngadepin hal2 kayak gini SETIAP HARI.
Kalo lagi belanja baju, doi minta dianter: dianter salah (bakal nanya pendapat fashion yang entah begimana lalu gak cocok seleranya terus cemberut deh); -- ditinggal juga salah.
Kalo lagi telpon2an: terus ngobrol salah (kitanya kadang tengah2 ilang konsentrasi terus ketahuan doi ngomong terus kita gak nyimak), ditutup salah.
Kalo lagi nanya pendapat: kita kasih pendapat salah (gak sesuai maunya dia), diem aja juga salah (kok gak jawab), ngikutin pendapat dia juga salah (kok ga ada pendirian) AAAARRGGH!

Yang paling bener sebagai cowok ikutin saran Raditya Dika : "pura-pura mati"...
Diubah oleh elvisharcher
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:47
salah pertanyaanya nih..
harusnya.."mengapa kecalakaan ini bisa terjadi?"
emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:50
logika goblok

knp di depan dan blkg? ya biar gampang naik turun itu penumpang wanita.

koq dibilang bantalan kecelakaan?
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:54
Quote:Original Posted By elvisharcher


hahaha selamat datang di dunia pikiran wanita...
serba salah: A, B, C apa pun jadi salah; nggak ada yg bener.

nanti kalau sudah punya istri, bakal ngadepin hal2 kayak gini SETIAP HARI.
Kalo lagi belanja baju, doi minta dianter: dianter salah (bakal nanya pendapat fashion yang entah begimana lalu gak cocok seleranya terus cemberut deh); -- ditinggal juga salah.
Kalo lagi telpon2an: terus ngobrol salah (kitanya kadang tengah2 ilang konsentrasi terus ketahuan doi ngomong terus kita gak nyimak), ditutup salah.
Kalo lagi nanya pendapat: kita kasih pendapat salah (gak sesuai maunya dia), diem aja juga salah (kok gak jawab), ngikutin pendapat dia juga salah (kok ga ada pendirian) AAAARRGGH!

Yang paling bener sebagai cowok ikutin saran Raditya Dika : "pura-pura mati"...


ane ngakak emoticon-Ngakak dah gan, gak ada yg bener emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengapa gerbong wanita ada di depan dan belakang?
10-12-2013 10:58
Katanya mau menghindari pelecehan. Ya gitu caranya! Biar gak bingung.
0 0
0
Halaman 2 dari 30
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia