Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
9995
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015951571/suzuki-jimny---katana-sanctuary
SELAMAT DATANG PARA PENGGUNA ALL VARIANT JIMNY DAN KATANA Disini kita semua akan berdiskusi hal hal apa saja yang berhubungan dengan Jimny dan Katana :) About Rules 1.NO SARA!:nosara 2.Pergunakan tata bahasa yang baik dan benar..Jangan sampai menyinggung perasaan antar sesama penguni thread ini..damai itu indah:shakehand 3.usahakan jika ingin bertanya jelaskan sejelas mungkin agar apabila ada yang
Lapor Hansip
10-08-2012 21:25

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary

SELAMAT DATANG PARA PENGGUNA ALL VARIANT JIMNY DAN KATANA
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary

Disini kita semua akan berdiskusi hal hal apa saja yang berhubungan dengan Jimny dan Katana emoticon-Smilie
About Rules



Suzuki Jimny
* Manufacturer Suzuki
* Production 1968 to present
* Predecessor HopeStar ON360
* Class Mini SUV
* Body style 2-door Sport utility vehicle 2-door convertible
Sejarah singkat

Suzuki Jimny berawal di tahun 1968. Suzuki membeli mobil bekas Hope Motor Company yang telah menghasilkan 15 kendaraan off-road kecil yang disebut HopeStar ON360. Kemudian pada tahun 1970, mereka membuat Suzuki 4x4 pertamanya. Ini disebut LJ10, dengan mesin 359 cc, two-stroke, in-line two-cylinder engine. Tahun 1972, LJ20 diperkenalkan. Pendingin telah diubah dari udara pendingin ke air pendingin karena peraturan emisi yang baru diberlakukan. Pada tahun 1975, Suzuki melengkapi LJ20 dengan LJ50, yang memiliki 539 cc yang lebih besar, two-stroke, in-line three-cylinder engine dan perbedaan yang lebih besar. Ini awalnya ditargetkan pada pasar Australia.

Jimny8/LJ80 ini merupakan versi update dari LJ50 yang dengan cc 800, four-stroke, in-line four-cylinder engine, diikuti oleh Jimny 1000/SJ410 dan Jimny 1300/SJ413. Versi terbaru dari SJ413 kemudian dikenal dengan nama Samurai dan merupakan Suzuki pertama resmi dipasarkan di Amerika Serikat. Seri dari SJ410 untuk SJ413 dikenal sebagai Sierra di Australia, dan di beberapa pasar.

The New Jimny baru dirilis pada tahun 1998, dan sekarang menyandang nama yang sama di semua pasar. Rilis 1998 menggunakan G13BB mesin EFI, digantikan oleh M13AA mesin EFI tahun 2001 dan M13AA VVT mesin pada tahun 2005, dengan desain ulang pada bagian interior.

Suzuki Jimny yang saat ini sangat digandrungi oleh pecinta jip 4x4 sebagai jip irit, dari hasil sharing dengan kawan2 Jimny lain dan juga bacaan ane di media2 cetak juga online selama ini ..
sebenernya ane udah cari2 ada nemu forum yang ngebahas ini agan2.. judulnya "tentang suzuki Jimny, jip imut dari jepang", tapi maaf ane kira harus coba ngelengkapin aja di thread yang ini, karena kurang lengkap, sekalian menampung info2 dari agan2 lain ttg suzuki Jimny, soalnya thread tersebut udah masuk arsip.. tapi kalo ternyata ada thread yang lain yang udah ada/repost maap ya agan2 .. ane udah cari sebisa mungkin ttg jimny..

Suzuki Jimny tak kalah pamor dengan Kijang yang sukses dalam memasarkan seluruh generasi nya, karena sosok Jimny sanggup memenuhi kebutuhan konsumen di segala medan dengan harga yang ekonomis..

masuk pada produksi pertama nih gan, sebenarnya dulunya dari pabrikan kecil asal Jepang, namanya Hopestar, yang kemudian ngerilis Jip kecil dengan panggilan ON 360, mesinnya berbasis Mitsubishi type ME24 berpendingin udara, namun sayang sekali penjualannya sangat minim, cuma 50 unit aja dalam 1tahun , 20unit aja yang beredar di Jepang dan sisanya di Asia tenggara, mungkin karena faktor dari model yang kurang diminati pada saat itu, karena memang umumnya Jip itu memiliki tampang yang sangar. Singkat cerita pada 1968 pabrikan Suzuki yang didirikan Michio Suzuki itu membeli hak desain dan produksi ON 360 dari Hopestar dan dirombak ulang body luar dalemnya gan, tapi mesin tetep pake aslinya dengan perubahan sedikit yang meningkatkan daya kuda nya dari 21 menjadi 24 dan ga lagi pake bensin campur karena sudah terpisah, oiya masin ini 2tak loh...
Hopestar ON 360

Kemudian Suzuki meneruskan Kesuksesan tersebut denga melakukan Produksi massal pertama pada tahun 1970, spesifikasi mesin yang digunakan sama aja gan..masih tanpa radiator dengan nama "LJ 10 Brute IV". Produk ini sangat laris di amerika gan.. hingga kepopuleran terus menanjak, melahirkan juga "LJ 20" pada tahun 1972 dengan daya kuda yang meningkat menjadi 32dk dengan maximum speed 75km/h dan grille depan jadi vertikal. Akhirnya tahun 1974 di Amerika diberlakukan emisi rendah gan, berbarengan dengan produksi Jimny "LJ 50" yang menaikan kapasitas mesin menjadi 539cc dengan max speed 96km/h dan ban serep pindah ke luar, dan tambahan lampu senja/sein jadi 2lampu satu sisi nya gan.. namun sayang sekali Jimny gak lolos dalam uji emisi .
LJ10 Brute

LJ20

LJ50

Tapi namanya Suzuki tak mau berhenti berinovasi dan riset pun kelar, lahirnya versi 4tak ga ragu2 menyerbu Amerika, pada tahun 1977 mesin baru 4tak, 4silinder segaris, 797cc, SOHC, 41dk mampu menembus 100km/h dengan emisi yang rendah diberi judul "LJ80/ SJ20", kalo dibedain dengan LJ50 grille nya lebih kotak gan.. berjalan produksi dan pemasaran melakukan perbaikan di kaki-kaki dan gear2 untuk penyesuaian jalan tol juga menaikan kapasitas tangki menjadi 40 liter yang sebelumnya 26 liter, kemudian pada tahun 1979 meluncurkan model pintu keras(bukan kanvas) dan tahun 1982 mengeluarkan juga versi lebih besar super Jimny 4WD 1000cc (SJ410), atau yang di Indonesia biasa disebut "jimny cepak" dan muncul juga varian "sierra", hingga tahun 1983 yang dujuluki "jimny Talang" karena atap yang lebih tinggi dari versi cepak. penjualan produk super jimny sangat sukses nih gan dan mesin baru F10A ini memang terbukti tangguh. namun kesuksesan tak lepas dari hambatan masalah, karena wheelbase nya yang sempit dan kaki keras angka kecelakaan di Amerika pada saat itu meningkat, banyak isu2 yang timbul dalam kasus ini, penyewaan stuntman dan dugaan lain menjadi sorotan, tetapi publik sudah terlanjur cinta dengan Zuki yang satu ini.
LJ80

SJ410

Tapi suzuki ga berhenti, karena penggemar sudah terlalu banyak, laihrlah "SJ413" atau yang dijuluki Samurai denga kapasitas mesin lebih besar 1.324cc (sebelumnya 1.298) dengan sumbu lebar untuk menghindari body roll dan tambahan booster rem, kemudian suspensi yang lebih empuk gaaannn dan penambahan gigi 5 juga transfer case yang lebih besar, klimaks kejayaan SJ berbuntut pada lahirnya vitara di tahun 1989 yang menjadi cikal bakal SUV dan nama lain Geo Tracker untuk versi General motor, namun Samurai terus di produksi hingga akhir 1998 sampai lahirnya new Jimny.
Samurai

Geo Tracker/vitara 2 pintu

Tak berhenti berinovasi nih suzuki di varian Jimny gan.. di tahun 1998 lahirlah "JB23" atau yang dipanggil New Jimny, mesin nya jadi gendong 3 silinder aja dengan cc 660.. tapi DOHC 12 katup, Turbo intercooler juga gan, hasilnya 64dk.. kaki2 juga makin maknyoosss dengan per keong independent atau IFS (independent Front suspension), sayang versi ini ga keluar di Indonesia gan.. tapi ane abca2 dan denger2 dari media sih bakalan keluar 2011, cuma yang bakalan duluan keluar dengan versi SUV 4pintu gan,bisa di isi 7penumpang, kira2 masih pantes ga dipanggil "Jimny"gan? hmm kayanya lebih ngjar tren kali ya gan.. baru gossip aja sih
JB23

lain lain nyaaa :
*MG410
* JA12
JA12

*JB32
JB32

Untuk Katana denger2 dari temen sih katanya begini :


lengkapnya bisa di sini om tante sekalian :
sejarah Jimny

emoticon-Big GrinIt's a good little truck emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 401 dari 501
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 12:45
Quote:Original Posted By adityas
Huhuhu... emoticon-Sorry
Ternyata nggak ada yang punya informasi bengkel kaki2 di sekitar Jombang ya.
Member SKin Jombang Mojerto Surabaya ada nggak yang aktif disini?

ada didaerah sepanjang dekat pabrik ispatindo om... itu bagus klo buat modif kaki jimkat mau ceper atau jangkung om....
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 14:28
maaf agan2 smua
ane mau nanya neh

rencana ane mau ngmbil jimny 87

untuk pasaran harha jimny 87 tuh brp ya?
ada yg nawarin ke ane jimny 87 35 jt
tp kata tmn2 kntr ane itu katanya kemahalan

trus kira2 apa aja yg arus di cek?
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 14:54
Quote:Original Posted By onyonDJ
maaf agan2 smua
ane mau nanya neh

rencana ane mau ngmbil jimny 87

untuk pasaran harha jimny 87 tuh brp ya?
ada yg nawarin ke ane jimny 87 35 jt
tp kata tmn2 kntr ane itu katanya kemahalan

trus kira2 apa aja yg arus di cek?

Klo menurut nyubitol, soal kemahalan ato ngga itu harus lihat kondisi dlu. Klo kondisinya spt punya suhu ponyek yang setandar abies itu malah terlalu murah gan....
Coba aj ajak tmn agan yang lebih paham mobil khususnya jimkat untuk men-survey jimkatnya....
Ato bisa dikontak suhu dimari yang dkt dgn lokasi agan. Btw lokasi agan dmn yak?
Demikian, trims...
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 15:09
Quote:Original Posted By opixengineer

Klo menurut nyubitol, soal kemahalan ato ngga itu harus lihat kondisi dlu. Klo kondisinya spt punya suhu ponyek yang setandar abies itu malah terlalu murah gan....
Coba aj ajak tmn agan yang lebih paham mobil khususnya jimkat untuk men-survey jimkatnya....
Ato bisa dikontak suhu dimari yang dkt dgn lokasi agan. Btw lokasi agan dmn yak?
Demikian, trims...


posisi ane di bandung gan

biasanya yg arus di cek th apaan ya?
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 15:35
Quote:Original Posted By FortKnox56
pgi mastah2 jimny

newbie mau nanya nih mohon pencerahan
mau pasang ac buat jimny 87,cocoknya pake yang apa ya sanden apa denso....untuk daerah bandung recomended pasang ac dmana ya?
budget yang harus dkeluarin buat pasang ac plus biaya pasang berapa ya gan?

thanks all

Klo menurut nyubitol sih mending pasang AC 1 set yang ud disesuaikan dengan spek mesin ato memang seperti bawaan jimkat ber-AC aj gan. Jadi komponennya ngga perlu ngerubah dari aselinya.
Untuk budget mgkn disiapkan sktr 5jt gan, untuk mendapatkan komponen yang ori dan baru.
Demikian, mohon masukan para suhu dimari....


Quote:Original Posted By cacing_giling


kalo buat mesin cc kecil cocoknya sanden gan, kalo denso kasian mesin CMIIW
kalo kemaren ane disaranin masang punya xenia 1000 cc, katanya lebih adem dan lebih enteng soalnya

He...he...he...
Kasian gmn gan? Klo lebih adem ato enteng sih relatif sepertinya. Kan properti dari freon sudah ada grafiknya, freon 134A itu bekerja pada tekanan berapa dan butuh daya brp untuk muter kompresor. Oiya perihal AC yang adem itu bnyk faktor yang mempengaruhi gan, yg penting semua komponen AC tersebut bekerja optimal.
Di jimkat nyubitol sih ud dr sononya terpasang merek Den*o. Klo pasang dengan jenis yang sama kan bs pluk en pley gitu gan, ga perlu modif terlalu banyak emoticon-Big Grin
Demikian, trims...

Diubah oleh opixengineer
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 15:40
Quote:Original Posted By onyonDJ


posisi ane di bandung gan

biasanya yg arus di cek th apaan ya?

Yang pasti sih di cek secara fisik dan legalitasnya gan. Klo fisik itu bgmn kondisi body, mesin, kaki2, interior, aksesori (klo ada). Klo legalitasnya bisa cek di samsat gan. Untuk lebih detilnya bisa ditanyakan kpd para suhu dimari ya...emoticon-Big Grin
Kyknya ada tuh suhu yang berdomisili di Bandung.
Coba di kontak dlu aj gan..
Demikian, trims...
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 15:44
Quote:Original Posted By opixengineer

Yang pasti sih di cek secara fisik dan legalitasnya gan. Klo fisik itu bgmn kondisi body, mesin, kaki2, interior, aksesori (klo ada). Klo legalitasnya bisa cek di samsat gan. Untuk lebih detilnya bisa ditanyakan kpd para suhu dimari ya...emoticon-Big Grin
Kyknya ada tuh suhu yang berdomisili di Bandung.
Coba di kontak dlu aj gan..
Demikian, trims...


sip gan
nuhun infonya gan..


0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 17:04
Quote:Original Posted By ponyek
mungkin para suhu & mastah tau karpet batu & harganya, soalnya ane pakai setandar gan, alias gak pakai karpet... langsung ditutup pakai mat (karpet bentuknya kotak dari karet warna item) sekedar gak langsung ke dek... murah meriah.


wah mungkin dalemnya msh bagus kaliyah .prtama trima sy udh ada interior kulit gitu.. cm gaenak d liat alias gampang kotor . kynya kl pake karpet batu cakep gan . ada yg udh pernah emoticon-Matahari
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 17:15
Quote:Original Posted By onyonDJ
maaf agan2 smua
ane mau nanya neh

rencana ane mau ngmbil jimny 87

untuk pasaran harha jimny 87 tuh brp ya?
ada yg nawarin ke ane jimny 87 35 jt
tp kata tmn2 kntr ane itu katanya kemahalan

trus kira2 apa aja yg arus di cek?

buat kondisi bahan std umumnya jimny apalagi klo cuma liat tahun( kebanyakan org beli tahun bukan beli mobil) mungkin kemahalan...
tp kalo kondisinya prima, parts customnya banyak ya mungkin wajarlah...apalagi kalo udah kerok ulang, kinclong, gak kropos, customnya banyak...wah tuh pasti bahannya nemu gak pake modal...
kmaren odong2 ane aja udah ada yg mau 45....pdhal th 86...gw pasang tarip asal njeplak aje....xixixi gw gak brani lepas...abis buat nambahin dpt kalong ama nutup lising msh nombok banyak....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
05-12-2013 20:26
Sekedar berbagi pengalaman & pandangan dr newbie setandar dlm beli jimny:
1. Jimny dah jadi mobil hobby spt jeep & oldies laen...harga suka2 yg mo jual. Sbg pembeli ya boleh nawar klo hati & duit nyampai ya bayar klo gak ya cari yg laen
2. Namanya brg hobby, berbagai macam kondisi: a. Bahan (min ada chasis, mesin, kaki2 ada, body & bpkb stnk) b. Semi bahan (kondisi a, dg tambahan kelengkapan laen layak jalan c. Restorasi (dikembalikan spt keadaan kluar showroom, vintage...ini yg ane paling demen) d. Modifikasi, macem2 aliran a.l. (i) off road (ii) city slicker (iii) offroad look
Nah agan mo pilih yg mana & kedepannya mo diapain a. Dipakai ndiri sbg koleksi b. Mungkin dijual
3. Kegunaan mobil a. Dipakai harian jln aspal b. Harian jln non aspal c. Weekend warrior d. Offroad e. Kompetisi d. Pingin pakai jimny (biar kliatan keren, pdhal yg keren mobilnya)
4. Budget yg tersedia. Namanya hobby tuh terlihat kadang gak rasional thd uang...apalagi klo tangan udah gatal mo ngoprek...
5. Merubah dr bahan/semi bahan jadi yg enak dilihat nyaman dikendarai butuh usaha & pengorbanan waktu & biaya...
Nah tinggal skarang agan yg jawab sendiri 5 points tsb & tentukan mobil yg hrs dibeli.
Scr umum jika mo beli mobil spt dijelaskan para suhu di atas adlh check fisik & legalitas.
Scr lbh detil beli jimny utk dipakai sendiri:
1. Check chasis: nomor ada & sesuai bpkb, msh lurus & mulus tdk kropos, gak ada sambungan
2. Body bagus (kewajaran dg usia), tidak banyak keropos & dempulan (klo pun ada di tempat yg bs diganti sich g mslh), firewall bagus. Tdk ada bunyi2 aneh klo buat jln
3. Kaki2 bagus dudukan msh lurus. Klo shock & per lemah bs diganti...
4. Karet2 msh reasonable & tidak bocor serta gak ada bunyi2 klo buat jln
5. Mesin gb tc gardan msh normal kering g ada oli netes, check olinya sesuai dg ketentuan. Cara check mesin gb tc fg kopling terlalu detil klo ditulis di sini & gak cukup dg tertulis tp hrs dilihat, didengar & dirasa
6. Check kabel2 msh rapih gak dibandring. Lampu2 & indikator nyala berfungsi
7. Aspek safety (meskipun minimum): rem msh bgs ada seatbelt yg berfungsi
Smoga bs membantu
Salam setandar...emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By onyonDJ


posisi ane di bandung gan

biasanya yg arus di cek th apaan ya?



Diubah oleh ponyek
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 01:18
halo agan2x sekalian, ane pemilik jimni katana tahun 1996 , yang ane mau tanya nih, kalau untuk sparepart seperti kaburator, radiator dan silinder head gmana membedakannya antara yang asli dan yg KW?

karena, jimni ane overheat mulu, setelah dicek ternyata katanya silinder headnya sudah rusak, jadi ane memutuskan untuk beli baru. setelah survey di kemayoran, ternyata setiap sparepart ada kw dan originalnya. makanya ane mau tanya bagaimana membedakannya supaya ane gak ketuker.

terimakasih sebelumnya buat suhu-suhu dan para agan yang berkenan menjawab pertanyaan ane sebagai nubitol di thread ini.
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 01:47
Quote:Original Posted By Mr.Tuna
halo agan2x sekalian, ane pemilik jimni katana tahun 1996 , yang ane mau tanya nih, kalau untuk sparepart seperti kaburator, radiator dan silinder head gmana membedakannya antara yang asli dan yg KW?

karena, jimni ane overheat mulu, setelah dicek ternyata katanya silinder headnya sudah rusak, jadi ane memutuskan untuk beli baru. setelah survey di kemayoran, ternyata setiap sparepart ada kw dan originalnya. makanya ane mau tanya bagaimana membedakannya supaya ane gak ketuker.

terimakasih sebelumnya buat suhu-suhu dan para agan yang berkenan menjawab pertanyaan ane sebagai nubitol di thread ini.


IMHO gan:
1. susah membedakan part yg asli & kw, terlebih bagi yg awam kayak ane yg newbie... dari kemasan, biasanya no part & barcode dicetak di plastik & plastiknya bukan plastik bening... tapi gak jamin lha itu juga bisa dibikin...
2. kalo overheat mulu udah pernah dicoba pakai kipas dg high airflow? klo belum bisa dicoba dulu, shg gak kluarin banyak biaya.
klo emang mo bongkar silinder head perlu ditanya ke mechanicnya estimasi ongkosnya tmsk sparepart, jika sekitaran 4 jt perlu dipertimbangkan engineswap dg yg lbh bertenaga & irit (G16 epi) ato beli ke distributor resmi suzuki (harga tinggi)...

Catatan: barang kw koefisien muai kurang homogen, shg klo dah panas muai gak rata, susah distel...
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 06:40
Quote:Original Posted By bejoman75

klo boleh newbie kasih sumbang saran. ada kunci sok 50mm cuman harganya 150K itu merk takiro. stang e pakai ukuran 3/4". harga stang saja 150k. klo mau murah beli drip atau ketok atau betel. uda di betel saja tu mur ukuran 50mm. biasa dilakukan oleh bengkel angkot.... emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2

Om bejoman, bisa jadi solusi pake betel ala bengkel line ya hehehe, matur suwun

Quote:Original Posted By siera84


coba cari pengunci cros joinnya dulu. berupa ring. setelah lepas baru bisa diketok tengahnya. sebelumnya beri perontok karat (w* 40 misalnya)

yg shock 50 memang perlu adapter 3/4 ke 1/2. jk punya yg handle 1/2.

yg 90lb itu recomend pabrik. ngencanginnya pake kunci torque (cari di google, keyword : torque wrench) supaya terukur. kalo pake kira2, kencengin aja sekencangnya. pakai tangan ya, jgn diinjak. nanti kalo dipake mobil bergetar. cek lg roda tersebut n kencengin lagi kalo memang ada celah.

pengunci cros joinnya sudah di buka dan - w 40nya Om,
besok2 ada waktu longgar tinggal melaksanakan arahan,

soal shock yg 50mm mau nyari di pasar luak dudu, yang ini mesti
di hadulukan, apa yang terjadi nanti saya adukan pada sespuh,
semuga operasinya sukses trima kasih Om Siera.....


0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 07:44
Quote:Original Posted By Mr.Tuna
halo agan2x sekalian, ane pemilik jimni katana tahun 1996 , yang ane mau tanya nih, kalau untuk sparepart seperti kaburator, radiator dan silinder head gmana membedakannya antara yang asli dan yg KW?

karena, jimni ane overheat mulu, setelah dicek ternyata katanya silinder headnya sudah rusak, jadi ane memutuskan untuk beli baru. setelah survey di kemayoran, ternyata setiap sparepart ada kw dan originalnya. makanya ane mau tanya bagaimana membedakannya supaya ane gak ketuker.

terimakasih sebelumnya buat suhu-suhu dan para agan yang berkenan menjawab pertanyaan ane sebagai nubitol di thread ini.

Halo gan....
Sekedar nambahin dari yang nyubitol tau aj nih...emoticon-Big Grin
Masalah overheat di jimkat sepertinya ud biasa terjadi. Kendalanya ya krn kurangnya kemampuan pelepasan kalor di mesin oleh sistem pendinginan mesin. Dampaknya ya bermacam2 spt melengkungnya kepala silinder. Langkah yang cukup hemat menurut nyubitol ya diperbaiki dlu kepala silindernya dengan cara di sekrap/slep/gerinda hingga rata saja. Kondisi sistem pendinginan yang kurang prima juga bisa jadi penyebab overheat (radiator + tutupnya, fan, fan shroud, pulley fan, fanbelt, thermostat, waterpump, selang2 air, air pendingin, dll). Jgn lp cek extrafan AC, apakah masih prima kondisinya. Coba semua komponen di bersihkan/perbaiki dlu, klo perlu di gnt yang orisinil (biasanya klo minta yg ori ya dikasih ori). Stlh semuanya diperbaiki/diganti jgn lp nanti pake thermostat dan coolant ya. Klo msh overheat juga, bisa mempertimbangkan untuk mengganti fan blade dengan viscofan ato electric radiator fan. Lah kok Karbu ikut di gnt gan?
electric radiator fan

viscofan

Demikian, mohon masukan para suhu dimari...
Trims...
Diubah oleh opixengineer
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 08:10
Quote:Original Posted By satrio310

buat kondisi bahan std umumnya jimny apalagi klo cuma liat tahun( kebanyakan org beli tahun bukan beli mobil) mungkin kemahalan...
tp kalo kondisinya prima, parts customnya banyak ya mungkin wajarlah...apalagi kalo udah kerok ulang, kinclong, gak kropos, customnya banyak...wah tuh pasti bahannya nemu gak pake modal...
kmaren odong2 ane aja udah ada yg mau 45....pdhal th 86...gw pasang tarip asal njeplak aje....xixixi gw gak brani lepas...abis buat nambahin dpt kalong ama nutup lising msh nombok banyak....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


sippp om nuhun infonya

Quote:Original Posted By ponyek
Sekedar berbagi pengalaman & pandangan dr newbie setandar dlm beli jimny:
1. Jimny dah jadi mobil hobby spt jeep & oldies laen...harga suka2 yg mo jual. Sbg pembeli ya boleh nawar klo hati & duit nyampai ya bayar klo gak ya cari yg laen
2. Namanya brg hobby, berbagai macam kondisi: a. Bahan (min ada chasis, mesin, kaki2 ada, body & bpkb stnk) b. Semi bahan (kondisi a, dg tambahan kelengkapan laen layak jalan c. Restorasi (dikembalikan spt keadaan kluar showroom, vintage...ini yg ane paling demen) d. Modifikasi, macem2 aliran a.l. (i) off road (ii) city slicker (iii) offroad look
Nah agan mo pilih yg mana & kedepannya mo diapain a. Dipakai ndiri sbg koleksi b. Mungkin dijual
3. Kegunaan mobil a. Dipakai harian jln aspal b. Harian jln non aspal c. Weekend warrior d. Offroad e. Kompetisi d. Pingin pakai jimny (biar kliatan keren, pdhal yg keren mobilnya)
4. Budget yg tersedia. Namanya hobby tuh terlihat kadang gak rasional thd uang...apalagi klo tangan udah gatal mo ngoprek...
5. Merubah dr bahan/semi bahan jadi yg enak dilihat nyaman dikendarai butuh usaha & pengorbanan waktu & biaya...
Nah tinggal skarang agan yg jawab sendiri 5 points tsb & tentukan mobil yg hrs dibeli.
Scr umum jika mo beli mobil spt dijelaskan para suhu di atas adlh check fisik & legalitas.
Scr lbh detil beli jimny utk dipakai sendiri:
1. Check chasis: nomor ada & sesuai bpkb, msh lurus & mulus tdk kropos, gak ada sambungan
2. Body bagus (kewajaran dg usia), tidak banyak keropos & dempulan (klo pun ada di tempat yg bs diganti sich g mslh), firewall bagus. Tdk ada bunyi2 aneh klo buat jln
3. Kaki2 bagus dudukan msh lurus. Klo shock & per lemah bs diganti...
4. Karet2 msh reasonable & tidak bocor serta gak ada bunyi2 klo buat jln
5. Mesin gb tc gardan msh normal kering g ada oli netes, check olinya sesuai dg ketentuan. Cara check mesin gb tc fg kopling terlalu detil klo ditulis di sini & gak cukup dg tertulis tp hrs dilihat, didengar & dirasa
6. Check kabel2 msh rapih gak dibandring. Lampu2 & indikator nyala berfungsi
7. Aspek safety (meskipun minimum): rem msh bgs ada seatbelt yg berfungsi
Smoga bs membantu
Salam setandar...emoticon-Ngakak






ane rencana bwt di pakai sehari2 tp off road look
heheheheheh
bener kata agan biar keliatan keren padahal yg keren mobilnya heheheh

nuhun infonya gan
sangat membantu

kayanya ane pas nyari2 bawa montir langganan babeh ane gan...
drpd salah....
soalnya ptama kali ane mau beli mbl sendiri emoticon-Malu (S)
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 08:47
Quote:Original Posted By ainun2

pengunci cros joinnya sudah di buka dan - w 40nya Om,
besok2 ada waktu longgar tinggal melaksanakan arahan,

soal shock yg 50mm mau nyari di pasar luak dudu, yang ini mesti
di hadulukan, apa yang terjadi nanti saya adukan pada sespuh,
semuga operasinya sukses trima kasih Om Siera.....

coba kontak om Sumiadi Sam di fb, dia punya kunci 50...
klo jimkat ane pake obeng sama palu buat ngencengin..

untuk x-joint,bawa aja tu kopel ke bengkel, sekalian minta pasangin.. beres dah emoticon-Peace
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 13:07
Quote:Original Posted By Mr.Tuna
halo agan2x sekalian, ane pemilik jimni katana tahun 1996 , yang ane mau tanya nih, kalau untuk sparepart seperti kaburator, radiator dan silinder head gmana membedakannya antara yang asli dan yg KW?

karena, jimni ane overheat mulu, setelah dicek ternyata katanya silinder headnya sudah rusak, jadi ane memutuskan untuk beli baru. setelah survey di kemayoran, ternyata setiap sparepart ada kw dan originalnya. makanya ane mau tanya bagaimana membedakannya supaya ane gak ketuker.

terimakasih sebelumnya buat suhu-suhu dan para agan yang berkenan menjawab pertanyaan ane sebagai nubitol di thread ini.

emang kudu ganti cyl head ya?
emang knp cyl head nya?
lbh baik konsultasi ama bengkel yg biasa nanganin tim speed offrod...mereka lbh rasional gak cuma minta ganti ini ganti itu...pengalaman ane pertama kali megang jimkat ya gitu...dibilang cyl head melengkung, hrs bubut harus las, lbh baik ganti dll...ampe meriang gak bisa tdr mikirin mobil udh ngejogrok dibelah jantung....akhirnye gw suruh pasang lagi spt kondisi awal...trus ane cari bengkel yg spt ane bilang diatas....
hasilnye alhamdulillah memuaskan....gak pake ganti cylhead, malah sebenernye cuma bersihin ama ganti paking doang, tp ane pikir skalian OS aja biar tenang & seger...
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 13:38
habis ganti kompresor AC, ex singapor..

kompresor + colokan selang kompresor + katup (in/out) + bersihkan evap + freon klea + TT kipas pake yang gak berisik + pasang ..

total 1,65 emoticon-Matabelo

hasilnya siang hari terik suhu hembusan nyampe 11 derajat (ga tau kalibrasi termometernya bener apa ga... emoticon-Big Grin )
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 14:35
Quote:Original Posted By yogi1303
habis ganti kompresor AC, ex singapor..

kompresor + colokan selang kompresor + katup (in/out) + bersihkan evap + freon klea + TT kipas pake yang gak berisik + pasang ..

total 1,65 emoticon-Matabelo

hasilnya siang hari terik suhu hembusan nyampe 11 derajat (ga tau kalibrasi termometernya bener apa ga... emoticon-Big Grin )


wah, mantab tuh suhu...
Bisa jadi referensi buat nyubitol dan penghuni dimari....emoticon-Big Grin emoticon-2 Jempol
Trims...
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
06-12-2013 14:54
Quote:Original Posted By ponyek


IMHO gan:
1. susah membedakan part yg asli & kw, terlebih bagi yg awam kayak ane yg newbie... dari kemasan, biasanya no part & barcode dicetak di plastik & plastiknya bukan plastik bening... tapi gak jamin lha itu juga bisa dibikin...
2. kalo overheat mulu udah pernah dicoba pakai kipas dg high airflow? klo belum bisa dicoba dulu, shg gak kluarin banyak biaya.
klo emang mo bongkar silinder head perlu ditanya ke mechanicnya estimasi ongkosnya tmsk sparepart, jika sekitaran 4 jt perlu dipertimbangkan engineswap dg yg lbh bertenaga & irit (G16 epi) ato beli ke distributor resmi suzuki (harga tinggi)...

Catatan: barang kw koefisien muai kurang homogen, shg klo dah panas muai gak rata, susah distel...


Udah diganti gan kipasnya masih panas juga, kmaren sih nanya2x kena sekitar 2,5jt sama ongkos pasang dan sparepart asli Jepang, itu standar gak yah?
Makasih gan atas masukannya..

Quote:Original Posted By opixengineer

Halo gan....
Sekedar nambahin dari yang nyubitol tau aj nih...emoticon-Big Grin
Masalah overheat di jimkat sepertinya ud biasa terjadi. Kendalanya ya krn kurangnya kemampuan pelepasan kalor di mesin oleh sistem pendinginan mesin. Dampaknya ya bermacam2 spt melengkungnya kepala silinder. Langkah yang cukup hemat menurut nyubitol ya diperbaiki dlu kepala silindernya dengan cara di sekrap/slep/gerinda hingga rata saja. Kondisi sistem pendinginan yang kurang prima juga bisa jadi penyebab overheat (radiator + tutupnya, fan, fan shroud, pulley fan, fanbelt, thermostat, waterpump, selang2 air, air pendingin, dll). Jgn lp cek extrafan AC, apakah masih prima kondisinya. Coba semua komponen di bersihkan/perbaiki dlu, klo perlu di gnt yang orisinil (biasanya klo minta yg ori ya dikasih ori). Stlh semuanya diperbaiki/diganti jgn lp nanti pake thermostat dan coolant ya. Klo msh overheat juga, bisa mempertimbangkan untuk mengganti fan blade dengan viscofan ato electric radiator fan. Lah kok Karbu ikut di gnt gan?
electric radiator fan

viscofan

Demikian, mohon masukan para suhu dimari...
Trims...


Silinder headnya kmaren2x udah di slip, tapi masih panas dan melengkungnya juga udah parah, makanya katanya musti ganti silinder head, tapi radiator + tutupnya, fan, fan shroud, pulley fan, fanbelt, thermostat, waterpump, selang2 air tar ane cek lagi masih bagus apa gak gan.

Katanya salah satu penyebab panas dari karburator juga gan, ane sih baca dari forum sebelah hehehe apa salah info yah?

Terimakasih gan atas masukan dan infonya..

Quote:Original Posted By satrio310

emang kudu ganti cyl head ya?
emang knp cyl head nya?
lbh baik konsultasi ama bengkel yg biasa nanganin tim speed offrod...mereka lbh rasional gak cuma minta ganti ini ganti itu...pengalaman ane pertama kali megang jimkat ya gitu...dibilang cyl head melengkung, hrs bubut harus las, lbh baik ganti dll...ampe meriang gak bisa tdr mikirin mobil udh ngejogrok dibelah jantung....akhirnye gw suruh pasang lagi spt kondisi awal...trus ane cari bengkel yg spt ane bilang diatas....
hasilnye alhamdulillah memuaskan....gak pake ganti cylhead, malah sebenernye cuma bersihin ama ganti paking doang, tp ane pikir skalian OS aja biar tenang & seger...


Cyl headnya sudah melengkung parah dan gak bisa di slip lagi, jadi musti diganti katanya sih.
Oh gitu gan, boleh minta kontak bengkelnya gak gan? kebetulan emang ane sudah 2x ganti montir (biasanya montir panggilan kerumah) gak cocok, siapa tau rekomen agan bisa cocok nanganin jimkat ane..heheheh

Terimakasih yah gan..

0 0
0
Halaman 401 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia