Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1107
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/519369478127cfbe5d000000/bahasa-gaul-retro-80s-prokem
Sekedar info bahasa prokem aja nih gan:matabelo Bagi pembaca yang lahir tahun 90-an kemungkinan tidak paham dengan dialog diatas, atau justru malah jadi geli membacanya. Tapi ada baiknya kita menelus
Lapor Hansip
15-05-2013 17:53

Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)

Past Hot Thread
Sekedar info bahasa prokem aja nih ganemoticon-Matabelo

Bagi pembaca yang lahir tahun 90-an kemungkinan tidak paham dengan dialog diatas, atau justru malah jadi geli membacanya. Tapi ada baiknya kita menelusuri sedikit mengenai bahasa yang kadang disingkat “okem” ini.

Bahasa ini kemungkinan dahulu muncul dari kalangan preman* jalanan yang berusaha agar pembicaraan mereka tidak mudah dimengerti orang lain (lebih-lebih terhadap aparat kepolisian). Dengan cara itu para preman dapat lebih mudah berkomunikasi dengan kelompoknya untuk melakukan setiap kegiatan.

Tidak diketahui dari siapa dan dari mana bahasa ini berawal.
Bahasa ini akhirnya berkembang menjadi bahasa yang sering dipergunakan kalangan remaja pada tahun 80-an. Bagi kalangan remaja pada saat itu, bahasa prokem cenderung dipakai untuk menunjukkan ekpresi rasa kebersamaan dan juga untuk menyatakan diri sebagai anggota kelompok masyarakat yang berbeda dari kelompok masyarakat yang lain.

Nah sekarang kamusnya nih ganemoticon-Malu (S)
Kamus Prokem

Quote:Bahasa prokem sebenarnya bisa disebut juga bahasa OK, karena sesudah huruf awal sebelum huruf vokal selalu disisipkan “ok” dan suku kata atau satu huruf akhir dihilangkan. Misalnya seperti ini:

Prokem (Preman)
Awalannya Pr-, disisipkan -ok-, dilanjutkan -em, -an dihilangkan.

Rokum (Rumah)
Awalannya R-, disisipkan -ok-, dilanjutkan -um, -h dihilangkan.

Doku (Duit)
Awalannya D-, disisipkan -ok-, dilanjutkan -u, -it dihilangkan.

Mokat (Mati)
Awalannya M-, disisipkan -ok-, dilanjutkan -at, -i dihilangkan.

Mokal (Malu)
Awalannya M-, disisipkan -ok-, dilanjutkan -al, -u dihilangkan.

Namun tidak selalu mengikuti aturan seperti contoh di atas, kadang malah menyimpang dari arti yang sebenarnya. Seperti contoh dibawah ini:

Rokar (Rokok)
Awalannya R-, disisipkan -ok-, -okok diganti -ar.

Sedokur (Saudara)
Awalannya Sed[Saud]-, disisipkan -ok-, -ara diganti -ur.

Atau pengembangan dari bahasa lain, seperti:
Bokep (BF=Blue Film atau film porno)
Awalannya B-, disisipkan -ok-, ditambah -ep [dialek dari konsonan "f"]

Ada juga yang malah membingungkan jika diartikan ke Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode OK tadi. Ada kemungkinan kata itu diambil dari bahasa daerah.


Sekian nih gan info + kamus dari ane ttg prokem gan, kalo ada yang ingin menambahkan silahkan gan nnt ane update emoticon-Kiss
jangan lupa di rate+ijo2nya gaanemoticon-Malu (S)
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:sumber:
http://ohgituto.blogspot.com/2012/01...hasa-yang.html
http://danielsns.wordpress.com/2009/...bahasa-prokem/
Diubah oleh topik17
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 33 dari 57
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:41
Ijin ninggalin jejak gan
emoticon-Shakehand2
Thread is emoticon-2 Jempol

emoticon-Ngacir2
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:41
emoticon-Ngakak
Ternyata bnyk jg anak alay thn 80an
emoticon-Ngakak
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:48
beberapa masih ane pake gan ampe sekarang emoticon-Ngakak
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:52
ternyata gak semua pake rumus tambah OK ditengahnya ya...
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:54
tiap daerah/kota punya ciri khas prokem sendiri2 gan beda2
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:55
Alamajan ... Mati rabit ... Inget jaman sekolah dulu gan ... Wkwkwkwk ...
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:55
Saik jek,....lau samih ngiet jae saab okem....
Pongi tiem ludu jek mae sipang rogeng yibar gara juntai .....hahahaha
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:56
TS tokaw ja'a da'a basa ginian... ni'i basa go'ut jaman SMA tahun 2001-2004... ampe skarang juga masih digunain ma gw tapi sama meten-meten SMA go'ut aja nyang ngarti
...*ribet kalo ditulis

tapi sepengetahuan ane bahasa gaulnya juga bisa diubah lagi, contoh:
bokep : kobep
dia : doi, doski

nais share gan...

Diubah oleh CnyonK
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 01:57
bahasa kaskus juga ga kalah keren gan emoticon-I Love Kaskus
bahasanya asal njeplak emoticon-Ngakak mulai dari boneng, komeng, afgan, rosa, ane, ente, juragan, sistah, dll..
ane sering make, terutama di fjb emoticon-Hammer2
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:01
hanya sebagian yang pernah ane tau gan.
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:02
Jadi inget jaman dulu...emoticon-Matabelo
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:05
Sokap yg anyup kokar, gabi setabang, bais neh kokar goud...saem neber neh ....
Wkwkwkwkwkwk
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:06
gak masuk logika ane gan...
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:09
RP(uang)=Rembang Patih
pacar=Doi

itu gan bhs prokem yg sejati dr thn 70an.. Klo yg agan mksud itu thn 90an gan..
sorry klo ane tau dr bpk2 ex Breacker d rmh ane.. Msh bnyk gan kata2 prokem tp ane lupa.. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:11
Kalo kata Bang Iwan Fals Nenekku Okem,,,
kayaknya 50% ane dah tau bhsa gituan n msh byk yg pake,
Kalo dikampung ane dulu tahun 80an waktu msh SD,
pake bahasa jawa brebes tapi dibalik (jawa walikan). hampir semua org sekampung ngomong balikan tanpa mikir lama coz udah biasa,
contoh :
kowen wis adus durung?
nowek siw suda ngurug?
kaya gitu gan,
ada juga bhasa cewek2 yg disisipi kata fa fi fu fe fo,
contoh :
kamu sudah mandi belum?
kafamufu sufudafah mafandifi befelufum?
jadi inget masa kecil gan,,
Diubah oleh ezaeroz
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:11
beberapa kata masih sering dipake.. emoticon-Matabelo
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:11
adu pusing ane baca nye emoticon-Ngakak
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:15
Wkwk baru tau ane bahasa" kyknya bokap nyokap bahkan bokep uda dari lama asalnya wakakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:16
bingung juga gan dengernya emoticon-Ngakak
0 0
0
Bahasa Gaul Retro 80's (Prokem)
30-11-2013 02:19
wihhh......ane kaga ngarti bahasanya emoticon-Matabelo
soalnya bkn ank 80-an emoticon-Malu

Ko dimana2 bahasa Gaul tu menyiksa.....emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 33 dari 57
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia