alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5296e530c3cb17e35e000103/maba-itn-2013-tewas-karena-ospek
Lapor Hansip
28-11-2013 13:39
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Past Hot Thread
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT
HT


PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link

Update News 9-12-2013

Berita 1
Berita 2
Berita 3
foto2 Ospek ITN NO SENSOR GAN
Video :


MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Malang – SeputarMalang.com, Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber Berita

Update Info Tambahan dari Agan2 Kaskus
Quote:Original Posted By greynet
Update

Quote:Original Posted By sori.klonengan
Ternyata sama pihak kampus ditutup-tutupin gan, ini ada skrinsyutnya

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

diambil dari sini sumber

Kalo liat himpunan mahasiswanya cuma sekumpulan anak alay emoticon-Najis (S)

http://hmpwk-itn-malang.blogspot.com...nisasi_25.html
Quote:Original Posted By lolite
update efek kekerasan dan pelecehan terhadap Ospek Maba ITN MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK





jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

"Kita bukan bodoh, tapi dibodohkan. Kita tidak miskin, tapi dimiskinkan. Oleh sebuah sistem." (Ir. Soekarno)
Termasuk SISTEM ini kah yang dimaksud Bung Karno ?!



TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

Note : TS akan selalu update INFO tentang kejelasan kasus ini sampai benar-benar jelas. Tentu membutuhkan bantuan para kaskuser smua emoticon-Smilie
Sebelumnya TS berterimakasih kepada Kaskuser yg sangat berpartisipasi usut tuntas kasus ini dalam bentuk apapun emoticon-thumbsup emoticon-Smilie

Req pejwan silahkan PM, TS ga bs baca komen agan2 1-1 karena komen membludak byk skali emoticon-Big Grin

Komen2 dari rekan/keluarga korban


Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni

komen ngebela ospek tsb
Diubah oleh Kacank87
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 89 dari 275
29-11-2013 23:02
satu lagi gan , itu yang komeng ngebela ospek sampe menelan korban gini . ane mau tau "mental ente" emang sampe mana?
0
29-11-2013 23:02
HADEUH NIH MAHASISWA SENIOR GOBLOK NGERASA PALING SO.... ANAK ORANG LU BUNUH DASAR BAJINGAN emoticon-Marah emoticon-Marah TANGKAP AJA PAK POLISI ATAU DI BAKAR JUGA GPP
0
29-11-2013 23:02
kampus ane termasuk paling parah kalo ospek cuma ngak sampai makan korban kok
0
29-11-2013 23:03
kayaknya ospek untuk PTN cukup2 keterlaluan yah emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)
0
29-11-2013 23:03
Ospek dengan gema pembunuhan oleh para Fendem anjing yang memakan korban mahasiswa baru yang berniat mau kuliag dan membanggakan orang tuanya kelak. Buka mataluh Fendem pala anjing berbadan babi berotak monyet!!!!!!!emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah Segalanya ada balasannya Ingat itu fendem anjing!!!!!!!emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah luh semua harus bertanggung jawab woiii para fendem cabul peleceh wanita!!!!!!! ** SENSOR ** luh!!!!!!! Ane gantung sekalian palaluh!!!!!!!!!emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah
0
29-11-2013 23:03
beda jauh bgt gan ospek di negri tercinta ini ama di LN.. emoticon-Berduka (S)
0
29-11-2013 23:04
mental sih kaga perlu fisik ama hal hal yang berbau tetek bengek, atau kedok penyiksaan kalee emoticon-Cape d... (S)
kita juga bukan anjing yang bisa di plonco semena mena :fuck
0
29-11-2013 23:04
turut berduka, wah ky gini harus di kasus nih
0
29-11-2013 23:04
Quote:Original Posted By 02bayu
perspektif orang berbeda2 tentang ospek + makrab ini ..

Oke emang kita ingin jadi orang yang intelektual .. Heloo bung, ini indonesia. Kalau kita hanya punya OTAK doang tapi MENTAL ga punya untuk menahan pengaruh negatif yang datang ke kita " PERCUMA ! ". Buka mata kalian semua, yang di lihat esensi (pesan) yang di sampaikan, bukan negthink disetiap perilakunya

Kedepankan positif thinking, jangan di tanam terus negatif thinking kalian.


nah kalo kayak gini ente mau tanggung jawab? mental sih mental tapi bukan kayak gini caranya banyak cara lainnya. ini mahasiswa bung, bukan militer juga. pernah ada yang ngepost perbedaan ospek di indonesia sama di luar, gak ada yang kayak ginian gan, justru mereka jadi negara maju.

ane SMA masuk SMA yang didik langsung oleh tentara, memang ada senioritas disitu, tp satu hal yang menjadi pegangan senior dan pembimbing, gak ada adu fisik. kalo ada adu fisik pembimbing pun bakal dilaporin ke polisi tuduhan penganiayaan. jadi latihan mentalnya gimana? ya dibentak-bentak didorong-dorong dihukum jalan jongkok, dll, dan itu menurut ane bagus banget, selain melatih mental sekalian olah raga.
kalo pisang dijadiin sikat gigi bersamaan, terus air cuma dikasih dua sendok, ini udah penyiksaan. apa sih esensinya dari pisang dibuat sikat gigi barengan?

di kampus anepun ospeknya menurut ane biasa aja, sama kayak SMA lah, gak ada adu fisik, dipukul tendang dll. paling pushup. kalo tugas-tugasnya menurt ane juga selain melatih otak juga emang bermanfaat buat kegiatan. gak ada yang aneh-aneh lah.

kalo dipukulin gitu ditendang emang melatih mental gan? apa itu gak melatih buat jadi arogan, jadi preman. pantes aja tuh sekarang pemimpin banyak yang arogan gitu.
0
29-11-2013 23:05
Liat gan emang ospek ada gunanya ? dimarah2in abis2an buat ngebentuk mental ? ada banyak cara lain gan BUKA MATA AGAN,liat mahasiswa di luar negeri diperkenalin yang bener2 namanya MOS bukan kaya di kita yang perploncoan.
0
29-11-2013 23:05
OSPEK itu sama saja proyek balas dendam turun temurun antara senior dan junior yang sebenernya gak ada satu pun manfaatnya.Mudah2an pengurus dan panitia nya segera diproses hukum secara adil.
0
29-11-2013 23:05
miris banget liatnya, masi ada aja ospek yang kayak begini emoticon-Sorry
turut berduka emoticon-Turut Berduka
0
29-11-2013 23:07
Quote:Original Posted By beanlotz
kampus temen ane tuh, ane juga dicritain sama temen ane kalo emang sengaja ditutup2in sama pihak panitia


nih nemu press release resmi Kajur planologi ITN
Quote:Original Posted By press release

PRESS RELEASE PLANOLOGI 12 OKTOBER 2013

Sitiarjo-Kabupaten Malang.
Assalamualaikum wr wb. Sehubungan dengan adanya kesimpangsuiran berita mengenai musibah yang menimpa salah satu anggota keluarga jurusan teknik planologi ITN Malang, yakni meninggalnya seorang mahasiswa baru yang bernama Fikri Dolasmantya Surya Angkatan 2013 dg NIM 1324101, berikut kami sampaikan kronologis kejadian yang sebenarnya.
Kegiatan rutin jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) untuk menyambut mahasiswa baru (yang mempunyai mahasiswa baru sejumlah kurang lebih 140 orang), diantaranya adalah program Kemah Bakti Desa (KBD) dan Temu Akrab (TA) ITN Malang, yang kali ini bertempat di Goa Cina-Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan-Kabupaten Malang. Dan kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 8 oktober dan akan berakhir pada tanggal 12 oktober 2013.
Dalam kegiatan ini mahasiswa baru dikoordinir oleh Himpunan Mahasiswa Planologi ITN Malang untuk mengenal ilmu tentang perencanaan wilayah dan kota, dengan cara turun langsung ke lapangan yang dikombinasikan dengan cara bersosialisasi dengan masyarakat. Berkaitan dengan ananda fikri, beliau mengikuti kegiatan dengan penuh semangat sampai dengan hari ini (tanggal 12 oktober 2013). Pihak panitia telah memonitor kondisi kesehatan para peserta setiap hari untuk memastikan apakah mereka pada hari itu dalam kondisi yang baik untuk melakukan kegiatan.
Pada pagi hari ini (12-10-2013), ananda fikri bangun pagi dalam keadaan sehat. Kemudian mengikuti kegiatan yang telah diagendakan oleh panitia. Setelah mengikuti beberapa kegiatan, di antaranya latihan survey dan pemetaan, sekitar jam 12.00 wib ananda fikri mengeluh lemah dan tidak bisa melanjutkan kegiatan, yang kemudian oleh pihak panitia dan tim KSR ITN Malang yang mendampingi, direspon dengan pemeriksaan kesehatan ananda fikri. Ketika dirasakan kondisinya serius, pihak panitia dan KSR ITN Malang berinisiatif untuk merujuk ananda fikri ke puskesmas terdekat, yaitu sekitar 30 menit waktu tempuh perjalanan dari lokasi kegiatan bersama dengan peserta lain yang juga sakit. Sesampainya di Puskesmas Sitiarjo, pihak puskesmas memeriksa tanda-tanda utama pada tubuh ananda Fikri, dan dinyatakan meninggal dunia, yakni pada jam 13.00 waktu setempat. Setelah mendengar informasi yang telah diberikan, pihak panitia terkejut (minta pemeriksaan medis, dan selanjutnya meminta untuk diperiksa di rumah sakit – terdekat adalah RS Bokor di Turen), dan kemudian membawa ananda Fikri ke Rumas Sakit Bokor di Turen. Sesampainya di RS Bokor Turen, pihak RS Bokor juga mengkonfirmasi bahwa ananda fikri telah meninggal duni. Setelah menunggu sekitar 1 jam, diputuskan untuk membawa ananda Fikri ke Puskesmas Sitiarjo untuk mempermudah koordinasi pengurusan jenazah dengan pihak-pihak terkait. Saat ini, jenazah ananda Fikri telah mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya di rumah sakit Syaiful Anwar Malang dan sedang dipersiapkan untuk diberangkatkan ke tempat kelahirannya di Mataram – NTB.
Kami mohon doa sahabat2 semoga perjalanan jenazah tidak mengalami halangan dan bisa segera dikebumikan ditanah kelahirannya..Amin-amin-ya robbal alamin..
Kronologis ini kami sampaikan untuk semua pihak agar tidak simpang siur dengan adanya pemberitaan adanya mahasiswa planologi yang meninggal akibat tenggelam di pantai Bajul Mati Sumbermanjing Wetan. Dengan adanya press release ini, maka kami sebagai keluarga besar Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota ITN Malang menyatakan bahwa mahasiswa yang meninggal adalah Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dan berjumlah 1 orang, yaitu Ananda Fikri Dolasmantya Surya dengan Nomor Induk Mahasiswa/NIM 1324101. Kami mohonkan doa dari segenap sahabat, semoga Fikri diterima di sisi-Nya sesuai amal ibadahnya, dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan.

Salam Kami, Keluarga Besar Teknik Planologi ITN Malang.

Atas Nama Keluarga Besar Teknik Planologi ITN Malang
Ketua Jurusan Teknik Planologi ITN Malang

Dr. Ir. Ibnu Sasongko, MT.

Sumber : tribunnews
0
29-11-2013 23:07
Semoga kedepannya gak akan ada lagi kasus begini.
0
29-11-2013 23:07
uhm ... turut berduka untuk Alm.Fikri
Makrab atau Inagurasi sejatinya betol2 ke Mental dengan pertanyaan menjebak dan cenderung buat pusing (di-NOL-kan ), nah disitulah dilatih cara mikir dr berbagai sudut pandang jika ada masalah atau problem.
Kontak fisik jelas ga boleh dan logistik itu harus total selama acara berlangsung ... gitu harusnya dalam draft acara panitianya.
yg bilang OSPEK ga perlu .. ya itu penilaian masing2 , tp intinya menurut saya "ga semua orang punya harta lebih untuk beli buku dan diktat2 yg segede gambreng dan perlengkapan lainnya yg wah2 ... dan ga semua orang yg pengen jadi KUPU ( Kuliah - Pulang ) tanpa embel2 crita2 unik semasa Inagurasi yg draft acaranya bagus "
Ga kuat .. tinggal bilang sama panitia , simpel aja kok .. emoticon-Smilie
( Era saya OSPEK dan Inagurasi /Makrab lebih sadis drpada pic yg dikasih TS , tp ya enjoy aja ..dinikmatin walo gondok emoticon-Big Grin )
Lebih sedap lagi pas tamat ..senioran yg nyuruh Jalan jongkok 100 meter waktu Makrab / Inagurasi , nyodorin jadi staffnya di perusahaan.
emoticon-Big Grin

Maaf klo ada kata2 yg buat tersungging emoticon-Big Grin
0
29-11-2013 23:07
ane heran aja sama mahasiswa sekarang, yang katanya kaum TERPELAJAR tapi sifat kaya PREMAN PASAR

ane pernah di-ospek yg walopun no fisik tapi satu yang ane ga terima, dimana komdis (komisi disiplin / komisi diselipin) setiap akhir dari kegiatan harian ospek kerjanya cuma nyari kesalahan, dan cuma teriak-teriak ga jelas. waktu mulai acara nyari kesalahan, yg mau berpendapat disuruh maju, guess what? semua yang maju HANYA DI SEMPROT GA JELAS ! WHAT THE HELL ?!?!? bahkan ada yang sampe kaget dan ujung"nya mundur dari barisan

ane menyayangkan kejadian seperti ini dan ane turut berduka cita kepada keluarga korban. semoga arwah korban diterima di sisi-Nya.
0
29-11-2013 23:07
emoticon-fuck

dah banyak korban ospek dari siswa smp sampe mahasiswa emoticon-fuck


ilangin dah tuh ospek daripada makan korban lagi cuma di indonesia doank yg makan korban kaya gini emoticon-fuck
0
29-11-2013 23:07
kok masih ada ya yg mau kuliah di situ.. padahal kan masih banyak PTS di malang..
0
29-11-2013 23:08
jancok smua senior kaya bgtu...
fvck lah... klo berani by one lu pada sama gua anjiiiiing....!
banci klo main ospek pake kekerasan dan pengroyokan....!!!
gua datengin juga ke kampus lu tod...!
0
29-11-2013 23:08
angkat terus gan berita macam begini..

kalo perlu tambahin pict nya biar lebih lengkap.
biar semuanya pada tahu.. kalo perlu dibikin timsus segala!



cek kulkas ya gan
0
Halaman 89 dari 275
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.