alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5296e530c3cb17e35e000103/maba-itn-2013-tewas-karena-ospek
Lapor Hansip
28-11-2013 13:39
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Past Hot Thread
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT
HT


PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link

Update News 9-12-2013

Berita 1
Berita 2
Berita 3
foto2 Ospek ITN NO SENSOR GAN
Video :


MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Malang – SeputarMalang.com, Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber Berita

Update Info Tambahan dari Agan2 Kaskus
Quote:Original Posted By greynet
Update

Quote:Original Posted By sori.klonengan
Ternyata sama pihak kampus ditutup-tutupin gan, ini ada skrinsyutnya

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

diambil dari sini sumber

Kalo liat himpunan mahasiswanya cuma sekumpulan anak alay emoticon-Najis (S)

http://hmpwk-itn-malang.blogspot.com...nisasi_25.html
Quote:Original Posted By lolite
update efek kekerasan dan pelecehan terhadap Ospek Maba ITN MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK





jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

"Kita bukan bodoh, tapi dibodohkan. Kita tidak miskin, tapi dimiskinkan. Oleh sebuah sistem." (Ir. Soekarno)
Termasuk SISTEM ini kah yang dimaksud Bung Karno ?!



TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

Note : TS akan selalu update INFO tentang kejelasan kasus ini sampai benar-benar jelas. Tentu membutuhkan bantuan para kaskuser smua emoticon-Smilie
Sebelumnya TS berterimakasih kepada Kaskuser yg sangat berpartisipasi usut tuntas kasus ini dalam bentuk apapun emoticon-thumbsup emoticon-Smilie

Req pejwan silahkan PM, TS ga bs baca komen agan2 1-1 karena komen membludak byk skali emoticon-Big Grin

Komen2 dari rekan/keluarga korban


Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni

komen ngebela ospek tsb
Diubah oleh Kacank87
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 78 dari 275
29-11-2013 22:01
turut berduka cita sebelum nya..

saya sendiri alumni dari ITN Malang gan, memang sih ospek jurusan nya rada keras, tp biasanya sudah di tekankan untuk tidak melakukan kontak fisik, mungkin ya, ini mungkin.. para senior nya mabuk itu.. jadi pada lupa aturan dan ga ada yang berani nenangi nya..

untuk hukuman skorsing 1 semester kayaknya kurang masih kurang sih.. menurut ane...
0
29-11-2013 22:01
apaan sih ospek kok banyaknya yg goblok gitu ckck
0
29-11-2013 22:02
pesen buat maba : latih mental kalian dengan melawan senior yang kelakuannya gak bener..

berani ngelawan senior yang kelakuannya gak bener : MENTAL ente TOP
0
29-11-2013 22:02
heran ada yang bilang ospek mendidik mental, mendidik mental itu bukan gara-gara ospek. mendidik mental yang bener itu kalo udah ketemu dosen pembimbing akademik emoticon-Cape d...
Diubah oleh iedlo
0
29-11-2013 22:03
smoga kalo ane ospek gk kaya gitu
0
29-11-2013 22:03
aje gile,, masi ada aja jaman skarang ospek makan korban, turut berduka bwat keluarga yg ditinggalkan emoticon-Berduka (S)
0
29-11-2013 22:04
diknas nya mana sih bego amat.
harusnya menteri pendidikan nongol di TV bilang yang namanya OSPEK atau kegiatan lain yg menyamarkan nama OSPEK di hapus..
agar tidak ada kematian begini lagi..ini bukan zaman perbudakan atau penjajahan belanda lg ngapain rakyat bebas di tindas emoticon-Mad (S)

ini kasus kan bukan sekali dua kali bahkan sering
itu orang ingin kuliah biar jd sarjana tapi mimpinya malah di putus sama orang ga bertanggung jawab.

0
29-11-2013 22:04
ciiih pada so banget anjing nyiksa anak orang!!
0
29-11-2013 22:04
Quote:Original Posted By Kacank87
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Malang – , Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber

jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

ada yang bata ane emoticon-Big Grin berarti sudah ada yg baca mungkin dari pihak yg bersangkutan dgn kasus ini bs jadi panitia nya emoticon-Big Grin
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni

KOMEN NGEBELA OSPEK

Yang minta jadi HT


0
29-11-2013 22:04
Harusnya ketua fendemnya dituntutemoticon-Mad (S)

Melatih mental bukan ospek tempatnya. Panggil psikolog buat melatih mental.
0
29-11-2013 22:04
Quote:Original Posted By Noodzaak


itu adalah komentar orang terbodoh yang telah gw baca,
gak ada mental baik yang terbentuk dari perlakuan semacam itu BUNG
yang ada dalah mental pengecut yang suka menindas orang dibawahnya.
dan juga gw ingin berkomantar tentang pisang yang untuk gosok gigi, itu bisa menularkan penyakit.
anda sekalian pasti sudah mengerti ada penyakit seperti hepatitis yang dapat menular dengan air liur,
apakah orang-orang yang membuat itu terlalau bodoh sehingga tidak memikirkan itu atau mungkin mereka tidak punya pikiran.
pikir itu BUNG!


mantep nih komentarnya.
ane setuju
0
29-11-2013 22:06
so senior padahal belum tentu lebih pintar emoticon-Cape d... (S)
0
29-11-2013 22:06
Turut Berduka Cita Gan , Ane Selaku Maba 2013 Baru masuk suatu Sekolah Kedinasan , Merasa Sedih Gan , Di Tempat Ane Gak ada yang nama nya kekerasan main pukul , mental kami di bentuk oleh Acara2 Yang lebih Bermanfaat Seperti Capasity Building (Pembentukan Karakter Selama 4 Hari) bersama KOPASUS , di dalam acara itu Kami menjadi Lebih Disiplin Berintegritas , Salam Sapa Senyum Kepada Atas / Senior Maupun Orang yang kita temui . dari pada Senior yang mendidik seperti itu mending diatih oleh Kesatuan Khusus atau apalah yang memang sudah terbukti (Bukan Maksud Menjelek2kan Senior)

Thanks Gan
0
29-11-2013 22:06
SR numpang komen
Kalo dapet perlakuan kasar dr senior, jgn lupa abis ospek langsung visum, masukin BAP..
Biasanya sih pasalnya :
1. Perbuatan tidak menyenangkan
2. Pengeroyokan
3. Penganiyayaan

Alhasil :
damai = uang..
No uang = bobo di penjara..

Udh ga jaman main pukul2an.. buang2 tenaga.. dapet benjol sana sini doang.. enak masukin BAP.. mayan duit damainya kalo narik BAP..
Selamat mencoba..

*kalo berkenan page 1, biar pd nyoba.. emoticon-Smilie
0
29-11-2013 22:07
OSPEK seharusnya mendidik
Model ospek seperti di plano ITN sudah tidak dijumpai lagi di negara maju. Bahkan di univ besar di Indonesia. Jelas bahwa panitia ospek masih anak kecil dan tidak mengenal aturan dan konsekuensi hukum.

Sama saja seperti kajur dan pembinanya yg lepas tangan. Ketika ancaman pidana yg berujung penjara di depan mata, mereka kabur begitu saja. Itu yg disebut dewasa oleh manajemen kampus?

Penyelenggara ospek feodal macam itu cuma orang goblok tolol yang gak bisa melihat masa depan. Saya yakin merekapun tidak tahu apakah dimasa depan ajaran mereka berguna ato tidak. Buktikan manusia2 preman yg berkali2 jd panitia ospek apakah mereka jadi orang berguna di masa depan? Ato jadi sampah? Apakah mereka gampang dapat kerja? Apakah mereka punya prestasi yg dibanggakan? Saya rasa jawabannya tidak.
0
29-11-2013 22:07
turut beduka cita bagi keluarga yang di tinggalkan.

jika membaca dri inforamasi yang ts sajikan, menurut saya Alm. adalah orang yang berani dan memiliki mental yang luar biasa, karena alm. bisa speak up seperti itu kepada seluruh seniornya “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”
.Alm memiliki mental yang cukup luar biasa walau fisik menjadi batas dari perjalanannya.

ketika terjadi hal seperti ini, dimana orang2 yang mengaku sebagai "Pendidik Mental" tsb?

sekarang bisa di lihat mana yang bermental dan mana yang tidak.
0
29-11-2013 22:07
lempae bata aja tuh gan senior2nya.
0
29-11-2013 22:07
itu semua cuma seperti ketololan yang gak pernah ada abisnya gan percuma..
gak habis pikir cuma menguap aja..
gak ada tuh ada cerita pelaku di pidana segala macem miris emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
kalo gue jadi ortunya gue perkarain ampe tuntas gan
NYAWA DI BAYAR NYAWA itu dah aturan agama malah gan..
biar di penjara biar tau, biar pada punya tanggung jawab kalo ngadain acara..
0
29-11-2013 22:09
Quote:Original Posted By kurokane
et dah itu kalo maen pukul diluar aja jgn pas ospek..
apa para seniornya takut kalo harus face 2 face tanpa ada embel" senioritas??


setubuh gan, jangan cuman karna banyak kawan dan mentang2 senior..kalo berani didepan dekanat (uji mental betulan)
dan senior dihormati bukan karna dia masuk lebih dulu tapi otak-pengetahuan-wawasan dia...kalo ospek masih kya gtu mah balik aja ke jaman Soeharto emoticon-Ngakak
0
29-11-2013 22:09
di luar negri, negara maju gk pake ospek, ya maju aja tuh emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
0
Halaman 78 dari 275
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.