alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
4999
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5296e530c3cb17e35e000103/maba-itn-2013-tewas-karena-ospek
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link Update News 9-12-2013 Berita 1 Berita 2 Berita 3 foto2 Ospe
Lapor Hansip
28-11-2013 13:39

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Past Hot Thread
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT
HT


PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link

Update News 9-12-2013

Berita 1
Berita 2
Berita 3
foto2 Ospek ITN NO SENSOR GAN
Video :


MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Malang – SeputarMalang.com, Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber Berita

Update Info Tambahan dari Agan2 Kaskus
Quote:Original Posted By greynet
Update

Quote:Original Posted By sori.klonengan
Ternyata sama pihak kampus ditutup-tutupin gan, ini ada skrinsyutnya

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

diambil dari sini sumber

Kalo liat himpunan mahasiswanya cuma sekumpulan anak alay emoticon-Najis (S)

http://hmpwk-itn-malang.blogspot.com...nisasi_25.html
Quote:Original Posted By lolite
update efek kekerasan dan pelecehan terhadap Ospek Maba ITN MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK





jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

"Kita bukan bodoh, tapi dibodohkan. Kita tidak miskin, tapi dimiskinkan. Oleh sebuah sistem." (Ir. Soekarno)
Termasuk SISTEM ini kah yang dimaksud Bung Karno ?!



TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

Note : TS akan selalu update INFO tentang kejelasan kasus ini sampai benar-benar jelas. Tentu membutuhkan bantuan para kaskuser smua emoticon-Smilie
Sebelumnya TS berterimakasih kepada Kaskuser yg sangat berpartisipasi usut tuntas kasus ini dalam bentuk apapun emoticon-thumbsup emoticon-Smilie

Req pejwan silahkan PM, TS ga bs baca komen agan2 1-1 karena komen membludak byk skali emoticon-Big Grin

Komen2 dari rekan/keluarga korban


Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni

komen ngebela ospek tsb
Diubah oleh Kacank87
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 76 dari 275
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:51
Quote:Original Posted By 02bayu
perspektif orang berbeda2 tentang ospek + makrab ini ..

Oke emang kita ingin jadi orang yang intelektual .. Heloo bung, ini indonesia. Kalau kita hanya punya OTAK doang tapi MENTAL ga punya untuk menahan pengaruh negatif yang datang ke kita " PERCUMA ! ". Buka mata kalian semua, yang di lihat esensi (pesan) yang di sampaikan, bukan negthink disetiap perilakunya

Kedepankan positif thinking, jangan di tanam terus negatif thinking kalian.


".. ini Indonesia.." nah pikiran kaya gini ini nih yg meracuni orang2 kita...
seakan2 ospek penuh kekerasan gini tuh biasa... karna "ini Indonesia" bukan Amerika ato Eropa...

Knp ospek di negara maju bisa aja tuh membangun mental mahasiswanya tanpa harus ospek dgn kekerasan? dan mereka jg jauh lebih maju dr kita kan?

Lagipula yg ane bingung, KENAPA MEMBANGUN MENTAL HARUS DENGAN KEKERASAN YA? harus dipukul-pukuli gitu?
mental dibangun dengan tekanan mental lah, bukan tekanan fisik...
kalo ospek nya calon tentara ya ane setuju aja kaya gini ..
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:51
emoticon-Matabelo
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:51


itu adalah komentar orang terbodoh yang telah gw baca,
gak ada mental baik yang terbentuk dari perlakuan semacam itu BUNG
yang ada dalah mental pengecut yang suka menindas orang dibawahnya.
dan juga gw ingin berkomantar tentang pisang yang untuk gosok gigi, itu bisa menularkan penyakit.
anda sekalian pasti sudah mengerti ada penyakit seperti hepatitis yang dapat menular dengan air liur,
apakah orang-orang yang membuat itu terlalau bodoh sehingga tidak memikirkan itu atau mungkin mereka tidak punya pikiran.
pikir itu BUNG!
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:52
Quote:Original Posted By tama_xv
ada ya yg ngebelain ospek model kyk ITN ni... emoticon-Najis

bilangnya "punya OTAK, tp NO MENTAL namanya percuma"....???

HELLOOW....
ini OSPEK APA dulu ne...???
ospek KAMPUS PENDIDIKAN ato ospek MILITER...????'
OSPEK MILITER emang wajib maen fisik karena dilapangan bisa aja dan kemungkinan besar mereka bakal ditawan, disiksa sama lawan...
lha para alumni KAMPUS PENDIDIKAN...????
perlu gitu...???
masalah fisik mah pribadi masing2...bukan menekan secara fisik...
tekanan mental emang perlu, tp ada cara sendiri tanpa perlu penyiksaan make fisik...
ane dah pernah ngerasain ospek yg maen fisik, dan ane maklum itu karena emang waktu itu semi-militer...
begitu ane masuk kuliah, tiap ane jd panitia ospek, ane selalu nentang segala kegiatan yg menekan fisik..kecuali buat hukuman sekedar kalo telat, ato melanggar aturan laen...dan itu pun masih dalam batas normal MANUSIA UMUM...bukan MILITER...

pejwan gan kalo perlu biar yg suka bikin ospek beginian bisa baca...
mereka tu cm pengen balas dendam karna mereka ngerasain dulunya, "masa anak baru ga ngerasain?"...itu isi otak mereka2 yg hobi bikin ospek kyk gitu...
emoticon-Najis emoticon-Najis


-- Peace, Love and Gaul --
emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss
hajar gan...wkwkwkwk
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:52
turut berduka ganemoticon-Berduka (S)
banci tuh pelakunya keluar lah jngn ngumpet gitu, tanggung jawab ama yg udah di perbuat emoticon-Marah
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:52
kalo cma Gosok Gigi pake pisang bergiliran, itu bukan hal gila, di bangunin tengah malam itu juga bukan hal gila, yg gila itu, memakai kekerasan, kontak fisik adalah sesuatu yg tidak wajar, apalagi sampai ada pelecehan terhadap wanita,. emoticon-Cape d... (S)

Jaman Ane Waktu Masih Ngampus, kami sudah biasa ngadaain acara Seperti itu. Tapi Kami Selalu Menegaskan. Tidak Boleh Menggunakan Kontak Fisik, Apalagi Pelecehan Terhadap Wanita. Bila Sampai Terjadi, akan di kenakan sangsi Pidana, Bagi Mahasiswa Senior, yg melakukan. emoticon-Amazed

Kenapa Setiap, di adakan acara seperti itu, Harus Ada Kontak Fisik, Supaya Lo Pade, di kata Hebat, Ato Di Takuti,. ama para MABA. emoticon-Mad (S)
setelah jatuh korban jiwa seperti itu, yg mau tanggung jawab siapa. Kalian Para Senior, Ato Pihak Kampus, pasti pada berdelik semua, Saling nuduh. Katanya Mahasiswa Berintelek. Tapi Kelakuan,..... Omongkosong. emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:53
Udah gila ya.. Kelakuan udah lebih buruk dr preman pasar.. Up terus biar banyak yang baca!!!!!
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:53
ane turun berduka gan emoticon-Turut Berduka
somoga jaman ane kuliah besok ga ada kekerasan fisik lagi(ane masih SMA emoticon-Big Grin ),kasian temen temen gan. emoticon-Sorry ndidik mental sih boleh tapi kalo fisik? kerja jadi kuli aja kalo mau pake fisik!! pingin ngerubah tapi apalah daya tak punya wewenang emoticon-Frown
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:53
Quote:Original Posted By Noodzaak
itu adalah komentar orang terbodoh yang telah gw baca,
gak ada mental baik yang terbentuk dari perlakuan semacam itu BUNG
yang ada dalah mental pengecut yang suka menindas orang dibawahnya.
dan juga gw ingin berkomantar tentang pisang yang untuk gosok gigi, itu bisa menularkan penyakit.
anda sekalian pasti sudah mengerti ada penyakit seperti hepatitis yang dapat menular dengan air liur,
apakah orang-orang yang membuat itu terlalau bodoh sehingga tidak memikirkan itu atau mungkin mereka tidak punya pikiran.
pikir itu BUNG!
kalem gan....emoticon-Toast
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:53
Mudah mudahan itu perbuatan yg dilakukan panitia ospek dapat di pertanggung jawabkan emoticon-Smilie
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:54
Otak udah kayak otak monyet tuh senior emoticon-fuck
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:54
SENIOR GOBLOK emoticon-Marah
MENTAL sama OTAK yang diperlukan BUKAN FISIK. emoticon-Marah

Ane bantu SUNDUL Gan.
emoticon-Sundul emoticon-Sundul
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:54
wkwkwwk yaudah gak usah ikut ospek aja daripada serba salah emoticon-No Hope
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:54
Di Luar negeri masih ada ospek model ginian gak ya??? kalau dari yang ane baca di thread ini, kyknya emang udah kebablasan tuh mapram nya....Ospek yang harusnya berisikan perkenalan terhadap dunia kampus malah udah menjadi ajang pelampiasan balas dendam ke adik-adik angkatan......
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:55
Quote:Original Posted By t2superha
ane turun berduka gan emoticon-Turut Berduka
somoga jaman ane kuliah besok ga ada kekerasan fisik lagi(ane masih SMA emoticon-Big Grin ),kasian temen temen gan. emoticon-Sorry ndidik mental sih boleh tapi kalo fisik? kerja jadi kuli aja kalo mau pake fisik!! pingin ngerubah tapi apalah daya tak punya wewenang emoticon-Frown

demo aja gan....haha
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:55
SENIOR MACAM APA ITU ??!!!!
AMPASSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:55
Menyiksa ampe bunuh orang emang mau dapet apa seh? Pada gak inget hukum karma semua tuh panitianya emoticon-norose
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:55
makin gak beres aja sih indonesia ini... emoticon-Cape d... ini harus di selesai kan sampai tuntas.. kasihan itu keluarga korban... Lagian kalo mau Ospek ya yg wajar" aja gitu, jgn mentang" senior terus sesuka jidat ngerjain anak org...
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:56
lagi2 penyalahgunaan acara ospek emoticon-Cape d... (S)
kalo di tmpt gua, sblm ospek itu ada namanya kontrak belajar. disitu kita dikasi ketentuan2 yg ada kaya disuruh pake pita ato kaos kaki belang dsb, TAPI disini kita boleh melakukan negoisasi dengan panitia mengenai ketentuannya, dan disertakan dengan argumen yg kuat. dengan begitu disini kontrak disetujui oleh kedua belah pihak dan ditandatangani oleh perwakilan dari kedua belah pihak. emoticon-Big Grin
So, ditempat gua justru diajarin supaya ngga "iya-iya" aja kalo disuruh (mental jongos)

Dan kalo mengenai barang penugasan yg kaya misal disuruh bawa susu lah, minyak, kayu bakar. itu jg punya esensi masing2 gan
misal disuruh bawa kayu bakar itu nantinya dipake pas kita lg outbond (ditempat gua ada)
terus tolak angin itu dipake kalo ada tmn kita yg butuh jg.
atau disuruh bawa buku atau beras, itu ujung2nya kalo ditempat gua disumbangin ke org yg membutuhkan
kenapa biasanya barang penugasannya dikasi clue-clue gitu? itu kan melatih nalar kita gan, bisa ngga sih kita mecahin teka-teki mengenai barang tersebut? kita mahasiswa looh masa hal begini aja ngga bisa mecahin emoticon-Big Grin

Mengenai dimarah2in senior dgn alasan membangun mental, gua setuju2 aja. Disini dengan syarat memarahi bukan sekedar memarahi namun memarahi dengan kritik yg membangun, bkn dgn kata2 kasar. emoticon-Big Grin
lagipula kalo di tempat gua sih kebanyakan itu dimarahin krn emang salah, dan mereka marahin dengan maksud supaya kita ngga salah lg. jd fine2 aja menurut gua. mungkin bbrp org aja ngga biasa dikritik dengan cara yg agak "keras"
dan hukuman bila melakukan kesalahan kalo ditempat gua ditugasi untuk membuat artikel yg jumlahnya disesuaikan dengan tingkat kesalahan. jadi tidak ada hukuman berbentuk FISIK seperti push up, lari dsb
nah kalo mereka cari2 kesalahan kita, dan kita ngga ngerasa itu salah, kita boleh berargumen bahwa kita ngga salah, dan kalo argumen kita kuat ya kita yg menang jgn mau dimarahin tanpa alasan emoticon-Big Grin

Latihan kepemimpinan? menurut gua emg disini dapet kok esensi nya, Pemimpin itu harus terbiasa bekerja dibawah pressure yg ada. jgn kira pemimpin tekanannya ngga gede, pemimpin itu tekanannya paling gede dibanding bawahan2 nya.
dan disini, kita dituntut untuk disiplin, atau dengan kata lain kita dituntut untuk memimpin diri kita sendiri terlebih dahulu. karena bagaimana kita bisa memimpin orang kalo memimpin diri sendiri saja kita belum bisa, iya toh ? emoticon-Big Grin

Satu lg, emg rada aneh ya kita diajarin hal2 tadi, tapi yg ngajarin aja cuma beda 1-3 tahun diatas kita, dan masih sama2 kuliah bahkan punya kemungkinan lulusnya bareng
tapi kalo ditempat ane, panitia ospek itu udh dilatih sama panitia2 ospek sblm mereka yg udh alumni atau udh punya pengalaman lah ibaratnya.
ya walau belom banyak jg, tetapi setidaknya udh ngerasain gimana2 nya.

Jadi menurut gua, ospek tetep perlu sebenernya, selama hal2 positif seperti diatas lah yg menjadi acuannya, dan sekali lagi bebas dari hal2 yg berbau FISIK
sekian dari gua, sok dilanjut diskusinya emoticon-Big Grin
Diubah oleh FixedPinaltyJr
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 21:56
Emang udah saatnya gan yang kayak gini diilangin aja. Makin jadi aja kekerasan di Indonesia. Prihatin gan sama maba yang baru masuk langsung meninggal. Apa harus gitu gan caranya ya? Pihak Depdiknas biar lebih jeli dikit lah ngeliat berita kayak gini emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Halaman 76 dari 275
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.