radheadewi
TS
radheadewi
Tips Ramah Lingkungan Buat Mahasiswa Kos
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-I Love Indonesia




HOT THREAD pertama ane nih gan emoticon-Malu (S)


Ane bikin trit ini, karena ane merasa bahwa mahasiswa perantauan juga bisa melakukan perubahan dan menuju gaya hidup eco-friendly. Ini saran dari ane dan harapannya, bisa ane update terus :

1. Tolak kantong plastik
Mahasiswa kos kan suka beli makanan di luar. Kalau beli makanan, jangan menerima kantong plastik untuk membawa makanannya. Bawa tas sendiri untuk membungkus makanan. Begitu juga kalau ke supermarket atau ke warung, bawa tas kain sendiri. Jangan malu untuk menolak plastik. Pengalaman ane, banyak penjual yang merasa aneh ngelihat ane bawa tas kain sendiri. Malah pernah ada yang bilang ke ane : "Harganya sama aja kok, non kalau pakai plastik". Woles aja, usahakan ente tetep tolak kantong plastik dari penjual. Ente harus berani jadi agen perubahan.

2. Simpan kantong plastik
Kalau misalkan, agan dengan sangat terpaksa nerima kantong plastik dari penjual karena lupa bawa tas kain dan agan ga bisa bawa barang belanjaan tanpa plastik, langkah antisipasinya yakni, agan harus simpan baik-baik kantong plastik tersebut. Lipat dengan rapi dan letakkan di tempat yang bersih. Suatu saat, kalau agan sangat terpaksa menggunakannya, silakan gunakan plastik-plastik tersebut. Tapi usahain jangan ya, gan. Begitupun kalau agan dikasih hadiah atau oleh-oleh yang menggunakan plastik sama temen, simpan baik-baik plastik tersebut.

3. Jangan membungkus bak sampah dengan plastik
Biasanya, anak kos cewek suka kayak gini. Bak sampah dilapisi kantong plastik terlebih dahulu. Jadi, waktu ngebuang, tinggal angkat kantong plastiknya dan dibuang sama kantong plastiknya ke bak sampah akhir. Kenapa jangan menggunakan plastik untuk membungkus bak sampah? Karena, menggunakan plastik lain berarti pemborosan lain. Gimana kalau sampahnya bau, berantakan, dsb? Disinilah letak niat dan keterampilan agan-agan dibutuhkan untuk mengatur sampah-sampah tersebut. Misalnya : Sampah basah dikubur aja untuk dijadikan pupuk, sampah plastik makanan dilipat, botol diremukkan. Kemudian, gimana caranya agar di tempat pembuangan sampah kompleks/perumahan tidak berantakan? Agan-agan cukup membuangnya dengan baik dan rapi di bak sampah akhir.

4. Beli galon, jangan beli minuman di botol plastik
Beli satu galon untuk diletakkan di kamar kos. Galon tersebut bisa diisi ulang. Selain lebih murah, hal tersebut akan mengurangi sampah botol plastik secara drastis. Selain itu, persediaan air minum di kamar agan akan terjamin, karena ada air galon yang bisa tahan 1-2 minggu.

5. Bawa botol minum sendiri
Botol minum ini, bisa diisi ulang dengan air galon di kos an agan. Bakal lebih hemat pastinya, dan sangat mengurangi sampah botol plastik.

6. Bawa tempat makan/bekal sendiri
Kalau agan kos suka makan di kamar kos, saran ini bisa dilakuin. Silakan agan bawa tempat makan / bekal (misalnya tempat bekal tupperware) dan isi makanan yang agan beli di warung (yang prasmanan tentunya). Esensinya apa? Agan bakalan menghemat kertas pembungkus makanan. Ingat, kertas terbuat dari pohon, lho.

7. Rapikan sampah sebelum dibuang
Maksudnya apa? Kan kita biasanya suka buang pembungkus, kertas, botol dan macem-macem nih. Sebelum buang kertas misalnya, remas kertas sampai lipatan terkecil. Sebelum buang botol plastik, remukkan botol sampai bentuk terkecil. Ketika buang bungkus besar kripik kusuka (sori sebut merk, hehe), silakan dilipat dulu bungkusnya sampai lipatan terkecil.
Bingung cara ngelipat bungkus makanan? Bisa lihat di trit ini.
Nah, emang esensinya apa? Gini, kalau kita mengurangi ukuran sampah kita, ada keuntungannya, gan. Misalkan sampah di perumahan tempat kos kita berada diangkut dengan sebuah truk. Andaikan sebuah truk bisa menampung 100 liter sampah botol yang tidak diremukkan. Logikanya, jika sampah botol tersebut kita remukkan, ukuran sampah akan mengecil dan truk akan mampu menampung lebih dari 100 liter sampah kan? Otomatis, bahan bakar yang digunakan truk ke TPA akan lebih sedikit, gan.

8. Hemat kertas dan ngeprint
Jangan membuang kertas yang baru diisi satu sisi halaman. Kalau agan-agan mau coret-coret buat hitungan, agan bisa pakai kertas bekas tersebut. Kalau mau ngeprint materi kuliah, print lah dengan bolak balik, atau print di kertas bekas. Cara ini bakalan meringankan duit agan juga. Dan ingat, kertas terbuat dari pohon, lho.

9. Menyiram dan menanam tanaman
Mungkin ini agak ribet. Namun, buat agan-agan yang punya waktu luang, silakan lakukan. Pot nya bisa menggunakan botol minum bekas atau kaleng yang didapat dari bak sampah. Silakan tanam cabe atau lidah mertua. Letakkan di depan kos agan. Meski kecil atau jelek, agan udah berkontribusi buat lingkungan. emoticon-Matabelo

10. Biasakan jalan, nebeng atau naik sepeda
Kalau jarak kos agan ke kampus dekat dan agan sedang ngga buru-buru, silakan berjalan kaki aja. Atau nebeng temen yang sekalian lewat. Sekarang sudah banyak komunitas yang suka nebeng ke kampus atau tempat kerja lho. Selain hemat bensin, menambah kedekatan sama temen juga kan? Hehehe

11. Jadi event organizer yang cerdas
Pasti banyak dari agan-agan mahasiswa kaskuser yang suka meng-handle acara-acara baik yang kecil maupun besar. Kalau agan sekalian termasuk aktivis di kampusnya, seperti anggota himpunan, BEM, administrator laboratorium, pengurus masjid/mushola, dll, di sinilah kesempatan agan-agan sekalian untuk meng-"eco friendly" kan lingkungan sekitar kampus. Misalkan, saat mengadakan seminar, usahakan untuk melakukan promo intensif lewat sosmed yang lebih efektif dan eco-friendly dari nempel poster. Atau misalkan agan sekalian administrator laboratorium (pengurus lab), silakan agan atur penggunaan AC lab seminimal mungkin, jangan terlalu dingin atau panas. Atau ngeprint artikel buat mading kampus, usahakan pakai kertas bekas.
Pengalaman ane, pernah dikasih hadiah lomba dari sebuah univ swasta di Jakarta, semua hadiahnya dibungkus pakai kertas bekas (bukan kertas kado baru) biar lebih hemat sekaligus eco friendly. Ane sih fine-fine aja. Malahan ane salut sama mereka yang udah peduli banget sama lingkungan.

12. Matikan lampu saat tidur dan keluar kamar mandi
Mungkin banyak mahasiswa yang suka tidur dengan lampu menyala terang. Gan, kebiasaan ini ga baik lho. Selain boros listrik, cahaya lampu yang terang bakal bikin lelah mata agan, dan akibatnya, tidur pun ngga maksimal. Kalau agan tidur dalam gelap, semua bagian tubuh agan, terutama mata, akan istirahat total. Ketika bangun, agan bakalan lebih segar.
Habis mandi, jangan pernah lupa matiin lampu kamar mandi. Air kran nya juga jangan lupa matiin ya.

Sekian dulu tips dari ane. Nanti ane update lagi. Yang terpenting, agan lakuin, biar jadi contoh buat sesama teman mahasiwa.

Spoiler for Komeng dari agan Kaskuser:


emoticon-Angelemoticon-Angel emoticon-Angel
Diubah oleh radheadewi 29-11-2013 12:50
0
54.4K
768
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.