Kacank87
TS
Kacank87
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT
Spoiler for HT:


PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link

Update News 9-12-2013

Berita 1
Berita 2
Berita 3
foto2 Ospek ITN NO SENSOR GAN
Video :




Malang – SeputarMalang.com, Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.


Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).


Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber Berita

Update Info Tambahan dari Agan2 Kaskus
Quote:

Quote:




jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

"Kita bukan bodoh, tapi dibodohkan. Kita tidak miskin, tapi dimiskinkan. Oleh sebuah sistem." (Ir. Soekarno)
Termasuk SISTEM ini kah yang dimaksud Bung Karno ?!



TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

Note : TS akan selalu update INFO tentang kejelasan kasus ini sampai benar-benar jelas. Tentu membutuhkan bantuan para kaskuser smua emoticon-Smilie
Sebelumnya TS berterimakasih kepada Kaskuser yg sangat berpartisipasi usut tuntas kasus ini dalam bentuk apapun emoticon-thumbsup emoticon-Smilie

Req pejwan silahkan PM, TS ga bs baca komen agan2 1-1 karena komen membludak byk skali emoticon-Big Grin

Spoiler for Komen2 dari rekan/keluarga korban /:(/:


Spoiler for Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni:

Spoiler for komen ngebela ospek tsb:
Diubah oleh Kacank87 17-12-2013 13:37
0
613.7K
5K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.