Tx013Avatar border
TS
Tx013
Captain America yang paling cupu di Avenger?? Really??
Sebelum kita menonton film Captain America the winter soldier yang awal tahun 2014 nanti akan dirilis, ane mau bahas sedikit tentang tokoh captain america itu sendiri dari film sebelumnya, The Avenger.

Mungkin banyak yang belum tahu kalau sosok Captain America adalah pemimpin dari tim superhero The Avenger. Dia adalah sosok yang dapat mempersatukan superhero seperti Iron man, Thor, maupun Hulk yang memiliki kekuatan dan ego masing-masing, menjadi sebuah tim yang tangguh. Aksinya memimpin tim akhirnya dapat direalisasikan ke dalam sebuah Movie pada tahun 2012 kemarin dalam film yang berjudul The Avenger.

Menurut ane sih film ini keren banget, soalnya penceritaan bagaimana pertemuan seluruh anggotanya bisa diceritakan dengan cukup baik (walaupun banyak juga yang menyebut film ini biasa aja…). Cuman sih menurut ane yang sangat disayangkan di film ini ialah peran Captain America yang terbilang sangat minim kontribusi dalam perang terakhirnya di tengah kota New York. Padahal (Menurut ane sih hehe) sosok Captain America harusnya memiliki peran penting dalam setiap aksi dari tim super hero ini.

Captain America


Malah waktu itu ane abis nonton di bioskop, orang sebelah ane ada yang nyeletuk “Captain America nya cupu banget ya”, ane jadi berpendapat bahwa sosok Captain America itu sendiri kurang ditampilkan sebagai Leader dari The Avenger (malahan kesannya Iron man yang jadi one man show banget hehehe).

Terus setelah cari-cari info dari berbagai sumber dan komik-komik, ane buat thread ini buat nyeritain sama agan-agan yang mungkin hanya tau Captain America dari Movie nya aja, kalo Caps sebenernya jauh lebih tangguh dari yang ditampilkan di film The Avenger.

Profil Captain America:
1. Nama : Steve Rogers

2. H/W : 6 kaki 2 inchi / 240 pon

3. Warna rambut dan mata : pirang dan biru

4. Kekuatan : Captain America memiliki kekuatan fisik tertinggi yang dapat dimiliki manusia. Ia juga memiliki tenaga, kelincahan, daya tahan, dan refleks lebih baik dari atlit olimpiade terbaik yang pernah ada . Ia juga memiliki kecerdasan dan mental yang luar biasa berkat latihan selama pelatihannya dan pengalaman tempurnya. Caps juga menguasai berbagai macam seni bela diri seperti Tinju dan Judo yang ia gabungkan menjadi suatu gerakan bela diri khas yang selalu ia gunakan.

5. Senjata : Cap selalu menggunakan perisai khusus yang terbuat dari campuran metal vibranium. Perisai dengan diameter 2.5 kaki dan berat 12 pon ini sangat aerodinamis sehingga dapat dilempar tanpa mengalami perubahan arah dan dapat memantul tanpa mengurangi tenaga kinetisnya. Tameng ini sama kuatnya dengan adamantium yang ada dalam tubuh Wolverine sehingga hamper mustahil dihancurkan dan dapat bertahan di suhu yang ekstrim.

Berikut adalah ilustrasi yang ane rangkum berdasarkan kekuatan dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi berdasarkan komik, animasi, maupun movie Marvel yang pernah terbit.

1. Captain America Vs Hulk

Oke disini jelas dari sisi kekuatan Caps kalah jauh daripada Hulk. Manusia normal berhadapan dengan makhluk hijau gede yang bisa dengan mudah menghancurkan tank dengan tangan kosong?? Tentu Hulk dengan mudah bisa mengalahkan Caps jika bertarung saling adu pukul. Tetapi, Caps memiliki otak yang jauh lebih cerdas daripada Hulk yang hanya bisa menghancurkan benda yang ada di sekelilingnya. Dalam animasi The Ultimate Avenger, diceritakan bahwa America belum bisa menemukan serum untuk menjinakan Hulk, tetapi Betty Ross (pacarnya Bruce Banner) ternyata berhasil membuat obat penenang untuk Hulk. Hal yang selalu di tunjukan dalam dunia super hero adalah selalu memperlihatkan bahwa aparat keamanan nasional America tidak bisa mengatasi ancaman yang datang akibat super villain, padahal kenyataannya jika seorang ilmuwan biasa bisa menghasilkan suatu serum, ilmuwan yang didukung dengan fasilitas super canggih oleh Negara bisa juga menciptakan serum tersebut. Dalam hal ini, America harusnya juga sudah bisa menciptakan obat bius dosis tinggi yang efektif untuk tubuh Hulk. Dan jika America mampu membuatnya, Caps juga pasti akan memilikinya (kan dia di support sama Negara hehe). Selanjutnya apabila Caps bertemu tarung dengan Hulk, Caps akan selalu menghindar dari pukulan-pukulan dari Hulk sambil sesekali melancarkan pukulan kepada Hulk (Caps jauh lebih lincah daripada Hulk). Pukulan itu bukan untuk mengalahkan Hulk karena Caps pun tau pukulannya tidak akan berpengaruh terhadap Hulk. Tetapi pukulan itu hanya digunakan Caps untuk memancing kemarahan Hulk. Semakin marah seorang petarung, semakin tidak terkontrol juga serangan dan pukulan-pukulannya. Nah ketika Hulk sudah terlalu marah dan frustasi pukulannya tidak ada yang mengenai Caps, Caps tinggal menunggu Hulk melancarkan satu pukulan lurus dan menghindar ke samping kemudian lompat ke punggung Hulk, dan tinggal memberikan suntikan serum khusus ke baian leher Hulk untuk melumpuhkannya. Setelah itu Caps tinggal menjaga jarak bertarung dengan Hulk sambil menghindari serangannya dan menunggu Hulk jatuh dengan sendirinya dan berubah kembali menjadi Bruce Banner. Voilaaaa…….


2. Captain America vs Hawkeye


Caps sudah berhasil menghindari hujan ribuan peluru semasa perang dulu. Masa dia gak bisa menghindari sejumlah panah dari seorang pemanah ulung? Ia hanya perlu berlari kearah Hawkeye yang terus memberikan tembakan panah kepada Caps, sambil menangkis panah-panah tersebut dengan perisai nya. Saat jarak antara mereka berdua sudah cukup dekat, Caps tinggal melempar perisainya ke arah Hawkeye yang akan membuat Hawkeye tersungkur. Saat Hawkeye tersungkur itulah Caps memanfaatkannya untuk berlari mendekati Hawkeye dan terjadilah baku hantam pukulan jarak dekat. Adu tinju antara Super Soldier yang menguasain berbagai bela diri dan fisik sempurna vs pemanah ulung? Menurut agan siapa yang menang??

3. Captain America vs Thor

Secara kekuatan, Thor masih kalah daru Hulk. Tetapi thor ialah dewa yang sudah hidup selama ratusan tahun untuk bertempur dengan para makhluk jahat di alam semesta.
Itu menjadikannya punya pengalaman tempur yang lebih banyak dari Caps. thor lebih kuat, bisa terbang, daya tahan lebih baik, dan senjata berupa palu besar bernama mljonir yang bisa menghasilkan petir. Tetapi bukan berarti Thor tidak punya kelemahan, dan Caps menyadari itu. Pertama Thor tidak mengenal teknologi (beda dengan versi movie yang menceritakan Asgard sudah sangat maju dengan persenjataan yang modern), Thor hanya akan menggunaka mljonirnya dalam setiap pertempuran. Tentu Caps yang didukung oleh Negara America memiliki teknologi persenjataan yang lebih baik. Kedua ialah Thor ialah prajurit arogan yang selalu berpikir tidak ada serangan yang bisa mengalahkannya. Kedua hal ini tentu harus dimanfaatkan oleh Caps. Dan apabila mereka saling berhadapan, Thor yang lebih agresif tentu akan menyerang Caps terlebih dahulu. Dengan trik yang sama seperti melawan Hulk, Caps hanya menghindar sambil sesekali memberikan pukulan yang sebenarnya tidak berpengaruh pada Thor. Thor yang menerima pukulan yang baginya hanya seperti di gigit semut tentu hanya akan tertawa dan memandang remeh Caps sambil berkata “Such attacks will not make me hurt, mortal”. Dan setelah ini tentu Thor akan sangat meremehkan Caps, dan melihat lawannya yang begitu lemah di matanya, tentu Thor tidak akan menggunakan seranga petirnya dan akan melancarkan serangan fisik saja. Sesuai dengan rencana Caps. Walaupun dewa, Thor terbukti bisa berdarah dan berkeringat. Hal ini membuktikan bahwa Thor memiliki sel-sel tubuh yang sama dengan manusia, tetapi ditutup dengan otot yang jauh lebih kuat. Karena itu Caps akan membutuhkan senjata-senjata yang dapat menyerang organ dalam tubuh Thor. Salah satunya dengan menggunakan senjata ultrasonic yang menyerang system pendengaran (mungkin seperti alat ciptaan Iron man di film nya yang pertama). Di saat Thor terlalu asik melancarkan pukulan, Caps dengan sigap , mengaktifkan alat ultrasonic tsb di bagian telinga Thor. Thor pun akhir mengalami kelumpuhan pendengaran yang akan berpengaruh terhadap kepalanya (sakit banget pasti kepalanya). Di saat Thor kesakitan akibat serangan tadi, Caps terus melancarkan serangan berupa bom gas VX yang dapat menyebabkan kelumpuhan otot (ini ada beneran gan senjatanya). Cap yang memang sudah mengantisipasi serangan ini tentu sudah memakai pelindung dari bunyi ultrasonic dan Gas VX tsb. Setelah Thor lumpuh, Caps tinggal melancarkan pukulan sehingga Thor tidak dapat menggunakan mljonir nya. Terus melancarkan pukulan sampai Thor benar-benar kehilangan kesadaran.


4. Captain America vs Black Widow

Seorang legenda hidup yang telah menjalani pertempuran selama perang dunia dan memiliki kemampuan super soldier serta berbagai keahlian bela diri vs seorang wanita mata-mata rusia yang sudah menjadi mata-mata dari kecil (yah katakanlah uda 25 tahun jadi mata-mata). Kayaknya ane ga perlu cerita panjang lebar yah gan hehehe…

5. Captain America VS Iron Man

Mungkin ini pertarungan yang paling di tunggu oleh Fanboy dunia marvel. Pertarungan mereka sebenernya pernah terjadi dalam alur cerita Civil War. Dimana Iron Man memimpin pihak yang setuju atas registrasi superhero yang di keluarkan pemerintah, semetara Caps memimpin pihak yang tidak setuju atas kebijakan registrasi tersebut. Lengkapnya cerita Civil war ini dikarenakan Captain America kecewa dengan kebijakan yang dikeluarkan AS tentang superhero yang ada di seluruh dunia harus terdaftar secara resmi di negaranya dan beraksi di bawah pantauan Pemerintah. Superhero diharuskan membuka identitas kepada pemerintah dan masyarakat dan secara resmi akan bekerjadi bawah pemerintah. Caps mati-matian menolak ide ini dikarenakan menurut prinsipnya, ia mengharapkan kehidupan bebas bagi setiap superhero untuk tetap menjaga identitasnya demi keselamatan dari orang-oramg terdekat mereka.
Pihak Caps melawan Pihak Iron man


Di akhir cerita, pihak iron man memenangkan pertempuran dengan kematian Captain America. Tetapi pasti masih banyak agan-agan yang belum tau bagaimana proses kemenangan yang didapat Iron Man. Well, walaupun mungkin ga akan sama-sama banget dengan versi komik nya, ini lah rangkuman pertempuran terakhir Captain America vs Iron Man.
Pertempuran dimulai di saat Caps mendapat kabar bahwa ada tawanan di suatu tempat pabrik kimia (kalo ga salah). Saat Caps dan tim anti-regist nya datang ke sana, ternyata di sana ia disambut oleh Iron man dan pasukannya. Pasukan Caps yang kalah persiapan dikepung oleh pasukan Iron man. Merasa bahwa Caps sudah tersudutkan, Iron Man mengajukan perdamaian kepada Caps dan dimohon untuk memberikan dukungan kepada kebijakan registrasi superhero. Di saat Iron man memberikat isyarat untuk bersalaman kepada Caps, Caps pun berpikir dan kemudian menjabat tangan Caps. Setelah berjabat tangan, Iron man melihat bahwa ditangannya yang tadi bersalamaan dengan Caps, telah tertempel semacam emblem. Emblem tersebut mengeluarkan listrik dan menyetrum Iron man. Di saat Iron man kesakitan karena setrum di tangannya Caps pun melancarkan pukulan kepada Iron Man. Bersama dengan pukulan itu, pihak Caps pun ikut menyerang seluruh pasukan Iron man dan dimulailah tawuran antar super hero tersebut. Caps menyadari bahwa untuk mengalahkan Ironman, dia harus mematikan persenjataan dan roket yang ada di armornya. Maka Caps akan bertempur dengan Ironman di tengah-tengah keributan antara superhero, sehingga iron man tidak dapat menggunakan senjata-senjata beratnya (takut kena temen sendiri hehehe). Pertarungan mereka pun akhirnya dilakukan dengan saling adu pukul antara Armor dengan perisai. Walopun menggunakan armor, pukulan-pukulan dan serangan perisai Caps akan tetap berpengaruh terhadap Iron man (coba agan pake helm AGV yang busanya super tebel trus dipukulin kepala agan, tetep berasa kan. Gimana helm iron man yang gada busanya hehehe). Sehingga pada awal-awal pertarungan, Caps akan lebih unggul dr Iron man yang hanya mengandalkan kekuatan aromrnya. Tetapi armor Iron man bukannya tanpa teknologi untuk bertarung jarak dekat, armor iron man dilengkapi dengan sensor yang dapat merekam serangan-serangan yang pernah diterimanya. Sehingga serangan yang sama dari Caps akan bisa dihindari dan bahkan dikembalikan oleh Iron man.


Saat Iron man unggul dalam baku hantam, Caps pun menyadari bahwa pukulan dengan gerakan yang sama tidak akan berpengaruh terhadap Iron man, sehingga dengan penguasaan beberapa teknik bela diri, Caps pun melakukan variasi gerakan dari setiap serangannya mulai dari pukulan, tendangan, sampai serangan perisainya sehingga Armor Ironman tidak dapat mendeteksinya. Disinilah yang menurut ane paling keren dari Caps. Dia harus melakukan serangan dan pukulan-pukulan dengan gaya yang baru yang belum pernah ia gunakan sebelumnya. Caps lagi-lagi unggul. Di saat Iron man kewalahan, dia akhirnya memutuskan untuk terbang dan menggunakan misil dan senjata berat lainnya yang ada di armornya. Tetapi caps pun prajurit yang penuh perhitungan, dia sudah mengantisipasi apabila Iron man akan terbang dan menggunakan misil untuk mengalahkannya. Ia pun memberikan instruksi kepada Falcone sebelum pertempuran (Falcone ini side kick nya Caps setelah dia hidup di jaman sekarang, nanti akan muncul kq di film Captain America The Winter Soldier) untuk menghancurkan roket di armor Iron man apabila dia mau terbang. Jadi ketika Ironman terbang, Falcon pun ikt terbang (Falcone bisa terbang gan pake sayap gede di punggungnya) dan dari blind spot nya Iron man, Falcone pun menyerang roket di punggung Iron man yang menyebabkan kerusakan sehingga Iron man jatuh lagi ke tanah.

Captain America dan Falcon


Setelah tidak lagi bisa terbang, ironman pun bangun dan tidak punya pilihan selain meladeni serangan-serangan dengan Caps. Iron man yang hanya mengandalkan armor tidak bisa mengatasi pukulan-pukulan bertenaga serta lemparan perisai dari Caps sehingga setelah beberapa lama saling baku hantam, Armor Iron man mengalami kerusakan dan akhirnya Ironman terkapar. Saat terkapar, Caps berdiri di atas Iron man dan berkali-kali menghantamkan perisainya ke kepala Iron Man sampai helm tersebut hancur dan memperlihatkan wajah Tony Stark yang kelelahan.



Saat helm tersebut hancur, Ironman berkata “what are you waiting for steve? Finish it!!!”. Tetapi Caps yang melihat Ironman terkapar seperti itu tidak dapat melancarkan serangannya lagi. Dia bahkan meletakan perisainya dan memandang di sekitarnya, banyak superhero yang terluka dan terkapar akibat pertempuran ini. Dan dia merasa bahwa bukan seperti ini tujuan dari dirinya melawan registrasi superhero. Caps pun menyadari tindakannya akan memakan korban yang cukup banyak walaupun dia memenangkan pertarungan denga Ironman. Kemudian dia melepas topengnya, dan memberikan perintah kepada pasukannya untuk berhenti bertarung. Caps pun kemudian menyerah dan menyerahkan dirinya kepada Polisi. Sialnya sesaat sebelum Caps di tangkap, ada seorang penembek misterius yang menembak Caps tepat di dada nya. Dan akhirnya Caps meninggal. Dan yang paling merasa bersalah atas kejadian ini ialah Tony Stark.


Info tambahan dari agan2

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


thread ini ane bikin buat hiburan semata dan dengan analisis ane sendiri jadi setuju atau gak setuju ya itu hak agan-agan… thx yang udah mampir

koment dan emoticon-Rate 5 Star ga susah buat agan tp berarti buat thread ane
emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya juga gan hehehe

TS cape nulis dan mikir yg komen dan Vote jauh bgt dr yg view emoticon-Sorry

thread superhero lainnya
http://www.kaskus.co.id/thread/52fdc...vs-the-avenger
Diubah oleh Tx013 14-02-2014 10:09
0
105.8K
709
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.