News
Batal
KATEGORI
link has been copied
282
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5295e2a719cb17d64100009d/jika-pk-ditolak-dokter-ancam-bertindak-defensive-medicine
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak DEFENSIVE MEDICINE detikNews - Rabu, 27/11/2013 18:37 WIB Jakarta - Para dokter yang tergabung dalam berbagai aliansi yakin peninjauan kembali (PK) kasus dr Ayu dkk akan dikabulkan. Sebab hasil keputusan Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) menyatakan mereka tidak bersalah. Jika PK tersebut tidak dikabulkan, mereka khawatir dunia kedokteran akan semakin suram
Lapor Hansip
27-11-2013 19:16

Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine

Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak DEFENSIVE MEDICINE


detikNews - Rabu, 27/11/2013 18:37 WIB


Quote:Original Posted By DETIK
Jakarta - Para dokter yang tergabung dalam berbagai aliansi yakin peninjauan kembali (PK) kasus dr Ayu dkk akan dikabulkan. Sebab hasil keputusan Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) menyatakan mereka tidak bersalah.
Jika PK tersebut tidak dikabulkan, mereka khawatir dunia kedokteran akan semakin suram. Para dokter takut mengambil tindakan medis karena membahayakan posisinya.
"Kalau sampai PK ditolak, kemungkinan dokter akan melakukan defensive medicine," ujar Ketua Persatuan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) Frizar Irmansyah dalam konferensi pers di restoran Natrabu, Jl Sabang, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2013).
Defensive medicine adalah kondisi di mana dokter hanya akan melakukan tindakan medis jika dokter sudah merasa benar-benar aman dan yakin bahwa tindakannya tidak akan membahayakan posisinya.
"Hal ini berpotensi merugikan masyarakat dan negara," katanya.

Menurut Agung, kasus tersebut telah terjadi di negara maju. Defensive medicinedi negara-negara tersebut terbukti meningkatkan biaya kesehatan akibat peningkatan biaya pemeriksaan.
"Sekarang siapa yang mau menerima pasien yang sedang kritis dan kemungkinan akan meninggal kalau nanti akhirnya bisa berakhir di penjara," katanya.
Defensive medicine yang dilakukan para dokter tidak hanya berdampak pada pasien namun juga rumah sakit.
"Hasil PK akan menjadi acuan. Jika ditolak dokter akan mengalami kemunduran. Dampaknya tidak hanya merugikan dokter tapi rumah sakit juga," katanya.
"Dokter akan berpikir, daripada saya dituntut biarkan saja pasien mati," tutup Frizar.


[url=http://www.detik..com/news/read/2013/11/27/183729/2425644/10/jika-pk-ditolak-dokter-ancam-bertindak-defensive-medicine]SUMBER[/url]

Nah lho.... Udah mulai maen anceman sekarang emoticon-army
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 15
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 10:16
Quote:Original Posted By benawang


iya bener "darurat". Kalo nanyain uang jaminan aja sempet dan msh mau nunggu (sampai2 pihak keluarga gadein kalung), kenapa ngasih keterangan & ttd aja gak sempet? Jangan dibanding2 gan krn ini mslh perkasus.


Yup..

coba ini deh, agak panjang sih videona..

http://www.metrotvnews.com/metronews...tik-Dokter-Ayu
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 11:37
Quote:Original Posted By isalsep48
kalo emang ga aman coba kasi tau hal trburuk ap yg terjadi gan,insya allah kjadiaan kya dokter ayu pst ga terjadi ma ente,kalo ane liat masalahny yg bikin dihukum karna ga dikasih tau kluarga sblmny


keluarganya bolak balik apotik ---> pernyataan ibu korban.

apotik-kamar oprasi pakai jarak dan makan waktu.
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 11:43
Quote:Original Posted By tommy_kid
Ane seorang dokter (untuk memperjelas posisi).
Alhmdulillah seumur-umur belum pernah malpraktek,pasien baik terus,semoga kedepanmya jg gini emoticon-Smilie
Ane melihat kasus dr.Ayu ini sebagai titik tolak berlakunya defensive medicine di Indonesia.dimana dokter gamau nolong kalo ga bener2 aman posisinya.JUJUR,ane sendiri ga mau nolong kalo akhirnya cuma dituntut.ada yg mau bilang ane dokter yg jelek?silahkan.ane tidak akan mempertaruhkan masa depan anak istri ane.
Kalo ane sampe dipenjara,nasib anak istri ane gimana?
Memang nolong cuma dokter yg bisa?
Agan sendiri mau nolong orang,trus keluarga malah nuntut agan?semua orang pasti berfikir,amankan diri dulu,baru nolong orang lain.
Mohon koreksinya.

Edit : typo


Gan..

mohon diperjelas arti malpraktek. Ane malah jadi bingung artinya skrg.

dan yg kedua dari paparan aslinya.. tapi bukankah dokter ataupun profesi apapun jika bertindak bukannya sudah memikirkan dampaknya. Kan ada surat pernyataan keluarga yg harus ditandatangani.

Ini hanya bertanya ya bukan memperburuk karena beberapa minggu terakhir ini semuanya bias
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 11:46
Quote:Original Posted By miss...afet
keluarganya bolak balik apotik ---> pernyataan ibu korban.

apotik-kamar oprasi pakai jarak dan makan waktu.


Yang nungguin ibunya doang? ga ada yang lain? Suami? Sodara yg lain?

Trus RS nya ga punya apotik sendiri sampe harus makan waktu dan jarak?

Kalo punya apotik sendiri, jaraknya berapa dari kamar operasi ampe apotik ampe lama? RS nya gede banget dong

Kalo jaraknya berkilo2 pasti jalan kaki tuh kan makan jarak dan waktu
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 11:46
Quote:Original Posted By ikutan.dong
Biarin Aja tuh demo Biar dokternya pada kerja yg bner laen Kali.
Yg Kita kesel dr dokter itu kan suka ngasal saking kebal hukum Nya kan???
Dan sifat org sini itu suka malas2an kalo posisi Nya terlindungi alias manja.
Beda lah ma dokter luar negeri.

Lagian jg tar mrk jg balik kerja jd dokter lagi tuh.
Mana kuat mental mrk jd pedagang????
emoticon-Ngakak


Kaga usah takut dah ma ancaman dokter2 cupu gt gan.
Lagian belon tentu 100% sehat jg jok diobati ma dokter indo.
Anggap Aja mrk ga pernah Ada.
Jangan dikasih hati mah dokter indo emoticon-Mad

Sudah SAATNYA mrk dikasih pelajaran!!!emoticon-Mad



Perihal dokter masuk bui mah lambat laun Akan terjadi Kok dgn lemah Nya standarisasi dokter di indo.

Org bilang sepandai pandai tupai loncat tar suatu saat Akan kena batu nya.

Nah skrg ini salah satu Teman Nya kena batu akibat sembrono.
Profesi dokter dan montir bengkel apa sih beda Nya??emoticon-Mad
Cm beda benda yg diservis doang Kok. Jd ga udah belagak eksklusif dah pada ya emoticon-Mad.
Masyarakt skrg dah bnyk tau kasus di kedokteran kok


istri melahirkan jangan di bawa ke dokter di indonesia ya, bawa ke singapore aja atau ke dukun beranak emoticon-thumbsup:


waktu lu lahir di dokter atau di dukun beranak gan?

gak semua dokter kek lu bilang.

kasus dokter ayu gak usah di rembet rembetin kesana sini kali emoticon-Gila
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 11:46
Quote:Original Posted By tommy_kid
Ane seorang dokter (untuk memperjelas posisi).
Alhmdulillah seumur-umur belum pernah malpraktek,pasien baik terus,semoga kedepanmya jg gini emoticon-Smilie
Ane melihat kasus dr.Ayu ini sebagai titik tolak berlakunya defensive medicine di Indonesia.dimana dokter gamau nolong kalo ga bener2 aman posisinya.JUJUR,ane sendiri ga mau nolong kalo akhirnya cuma dituntut.ada yg mau bilang ane dokter yg jelek?silahkan.ane tidak akan mempertaruhkan masa depan anak istri ane.
Kalo ane sampe dipenjara,nasib anak istri ane gimana?
Memang nolong cuma dokter yg bisa?
Agan sendiri mau nolong orang,trus keluarga malah nuntut agan?semua orang pasti berfikir,amankan diri dulu,baru nolong orang lain.
Mohon koreksinya.

Edit : typo


sori gan ane cuma mo nanya sumpah dokternya dikemanain gan?
itu para tentara kalo prinsipnya kaya dokter macam agan, mo gimana neh negara kita?
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 11:55
Quote:Original Posted By sarihin7
Kalau kalian tidak menghargai dokter, ya udah kalian ke dukun beranak Saja tong


wah nanti timbul kasus baru dukun beranak demo karena ada yg dipidana gara2 pasien nya mokat.gak ada habis nya donk beranak sendiri aja di rumah kalau ada apa2 yawdah resiko di tanggung penumpang.
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:38
Sebagai orang awam, ane mendukung kalo di kemudian hari para dokter di Indonesia memilih menerapkan defensive medicine.
Buat apa usaha payah berusaha nolongin orang kalo pas gagal malah dituntut, padahal kegagalannya bukan karena kesalahan si dokter?

Buat yang gak suka ma dokter Indonesia silahkan cari alternatif pengobatan kalo kalian sakit...yang kaya silahkan berobat ke luar negeri, yang kere silahkan bertandang ke Ponari.
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:42
Quote:Original Posted By id.nya


sori gan ane cuma mo nanya sumpah dokternya dikemanain gan?
itu para tentara kalo prinsipnya kaya dokter macam agan, mo gimana neh negara kita?


Gini deh,gan...agan mau gak nolongin orang kalo setelah itu agan malah dipenjarain padahal agan gak salah apa2?
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:49
Quote:Original Posted By isalsep48


kalo emang ga aman coba kasi tau hal trburuk ap yg terjadi gan,insya allah kjadiaan kya dokter ayu pst ga terjadi ma ente,kalo ane liat masalahny yg bikin dihukum karna ga dikasih tau kluarga sblmny


laaahhh...
bukannya itu intinya defensive medicine....
kalo keadaan darurat dibalikin ke keluarga dulu....
kalo ga aman terserah keluarga dulu...
kalo keburu lewat ya bukan salah dokter....
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:49
Quote:Original Posted By krammer


Gini deh,gan...agan mau gak nolongin orang kalo setelah itu agan malah dipenjarain padahal agan gak salah apa2?


kalo "gak salah apa-apa" gada org yg mau nerima dihukum gan. Tp gimana kalo ternyata memang "salah apa-apa"? Masa gak mau di hukum gan?
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:50
waduhh, bahaya jga ini klw sampe dokter kaya buruh mogok kerja
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:51
Silahkan kalau diterapkan defensive medicine, kalau ada penolakan dari publik gantian masyarakat yang "demo", semoga aja gak anarkis karena mohon maaf banyak masy yang tidak seberuntung para dokter dpt mengenyam pendidikan yg tinggi...harap maklum..
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:54
Quote:Original Posted By spyonkaskus
ane bukan dokter yah... ane cuma penyuluh pertanian...
ni cuma sekedar pengalaman keluarga ane...
sodara ane pernah kecelakaan parah, di bawa ke RS terdekat...wkt itu posisi RS sekitar 2 jam dari rumah dg kond jalan lancar, klo macet bisa lebih lama... wkt itu butuh segera operasi, apakah memang harus menunggu 2 jam itu hanya utk sekedar butuh tanda tangan persetujuan operasi darurat??
klo wkt itu butuh tanda tangan, sodara ane dah bablas ke liang lahat gan...

toh tanda tangan itu pun sebenarnya hanya persetujuan utk melakukan tindakan operasi dan segala hasilnya pun belum tentu spt yg diharapkan ... kira2 begitu inti suratnya.... tar kpn2 ane uplod contoh suratnya persetujuannya...

(kesimpulannya : sodara ane BISA JADI dlm proses operasi tdk berhasil, cacat, ato bahkan tetap meninggal.... ibaratnya segala sesuatu bisa saja terjadi baik saat operasi maupun setelah operasi... kami dah tau resiko setiap operasi pasti ada)..... tapi kami keluarga tetap ingin SEGERA dioperasi...

toh seandainya sodara ane meninggal, itupun bukan karena "dibiarkan" gara2 menunggu tanda tangan.... tapi itu karena kami sudah berupaya melakukan yang terbaik, begitu juga dengan tim dokter yg nolong...

oya itu dr. ayu kan ada 2 temennya.... klo saat operasi kan memang ada bbrp dokter,,,, bila tentang kandungan, tentunya dr. ayu sebagai ketua tim operasi, sdgkan temen yang lain kan (mungkin) sebagai dr anestesi (bius) atao dr bedah nya... bisa juga perawat...(yg tukang ambilin alat2 klo pas didalem ruang op)

memang di sini ada masalah, tapi kita juga perlu nanggapin dg kepala dingin...jd biar bisa mikir, gak cm asal komen....

klo baca dari berita TS... mmg dokter ayu ini kan operasi darurat....
1. nah yg perlu dijelaskan itu situasi darurat yg bagaimana??
2. apa saja klasifikasinya shg dikatakan darurat?...
3. klo darurat itu bisa dikategorikan bisa membawa nyawa/meninggal, apakah ada pengecualian??

klo hanya gara2 persetujuan dan tanda tangan utk operasi darurat,,,,, silakan bagi yang mau... tapi tolong jangan akhirnya menyalahkan pihak RS ato dokter bila pasien (ato mungkin keluarga kita) tdk bisa langsung ditolong MESKI keadaan darurat....
tapi buat ane dan keluarga, perkara surat itu adalah no urut 2 ato 3..... yg penting keluarga ane ditangani lebih dulu.... perkara mati itu memang urusan Tuhan, tapi setidaknya kita sebagai keluarganya sudah melakukan tindakan yg terbaik, yg tercepat..... bukan sekedar mencari/meminta/menunggu tanda tangan persetujuan, sementara sodara di dalem sudah hampir meregang nyawa...

sarcasm mode ON
klo mmg hanya gara2 masalah gini....nanti bakal ada DEFENDS PROTOCOL, ato apapun namanya...... Bila terjadi sesuatu yang sifatnya DARURAT semoga sanak famili KITA KASKUSER dan seluruh masyarakat Indonesia .....yg tengah di ujung maut bisa menahan sakit meski darah ngocor, kepala bocor, tulang patah ato usus terburai...... tahan dulu nyawamu...jangan dulu mau dijemput sang malaikat.... karena anggota keluarga mu saat ini masih dalam perjalanan menuju rumah sakit.... semoga jalan lancar dan gak macet... jadi bisa tanda tangan surat persetujuan tepat waktu..... dan bisa operasi tepat waktu....
(Pdhl setelah tanda tangan, RS masih hrs nyiapin dulu kamar OP dan ngumpulin tim dokter yg berwenang.... Semoga Sanak Famili kita diberi KEKUATAN manahan nyawa.....)
sarcasm mode OFF





Lho, kalau sampean baca kronologi dari MA-nya, dari pasien masuk sampai ada keputusan operasi ada jeda waktu sekitar 13-jam emoticon-Big Grin, ini proses melahirkan bro...

Jadi apakah masih dikategorikan darurat kalau begitu ? emoticon-Big Grin

Kalau menurut saya setelah baca kronologinya, kasus ini lebih cenderung ke bad planning dan bad communication, baik antara petugas medis (dokter + perawat) itu sendiri dan antara dokter dan pasien (serta keluarganya). SOP lokal di rumah sakit juga harus di review apakah sudah tepat ( yg berarti terjadi pelanggaran SOP) atau tidak (SOP-nya yg salah)..
Diubah oleh Wduz_gbaz
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:56
Bos, ada yg bisa klarifikasi ini kah ? karena ini hal sepele yg akibatnya fatal
Harusnya dokter senior ikut supervisi dan ikut masuk bui
Quote:Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 12:59
Quote:Original Posted By benawang


kalo "gak salah apa-apa" gada org yg mau nerima dihukum gan. Tp gimana kalo ternyata memang "salah apa-apa"? Masa gak mau di hukum gan?


Kalo setelah dilakukan proses penyelidikan dengan menerima masukan dari semua pihak yang berkompeten, si terdakwa terbukti bersalah ya silahkan aja dihukum.
Dalam kasus ini kan MA tidak 'memperhitungkan' masukan dari MKEK sebagai pihak yang berkompeten dalam hal medis.

Toh sebelumnya udah banyak kasus dokter yang dihukum karena melakukan malpraktik, tapi gak ada rekan sejawatnya yang demo ngebelain seperti sekarang kan?
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 13:00
Quote:Original Posted By KangPri
Bos, ada yg bisa klarifikasi ini kah ? karena ini hal sepele yg akibatnya fatal
Harusnya dokter senior ikut supervisi dan ikut masuk bui


Kalo emang bener begitu faktanya, seharusnya yang dihukum gak hanya si dokter, tapi manajemen rumah sakit juga harus bertanggungjawab.
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 13:09
Quote:Original Posted By unwell
serah u dah dok, ane ada asuransi ini..


asuransi jiwa?

berarti memperbesar peluang dapat claim
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 13:12
Quote:Original Posted By krammer


Kalo setelah dilakukan proses penyelidikan dengan menerima masukan dari semua pihak yang berkompeten, si terdakwa terbukti bersalah ya silahkan aja dihukum.
Dalam kasus ini kan MA tidak 'memperhitungkan' masukan dari MKEK sebagai pihak yang berkompeten dalam hal medis.

Toh sebelumnya udah banyak kasus dokter yang dihukum karena melakukan malpraktik, tapi gak ada rekan sejawatnya yang demo ngebelain seperti sekarang kan?


masa sih gak dipertimbangkan? Saksi ahli yg diajukan jaksa (dr juga) bilang ada pemalsuan ttd, ada dr yg gak berizin. Mungkin masukan ini yg lbh berpengaruh pd putusan hakim. Ente udh baca pertimbangan hakim?
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
28-11-2013 14:00
Seru juga, neh, pada rebutan "siapa yang paling berkompeten?" emoticon-Big Grin

Btw, ada cuplikan berita yang menarik, neh.


Berita 1


Yang ane bold bener-bener menggelitik, neh!..

Kenapa?

1. Sebenarnya "kekacauan" ini sudah diprediksi sejak tahun 2004 dan kita semua udah tau kalau sekarang sudah masuk tahun ke berapa--pertanyaannya adalah kenapa amanat UU soal pembentukan pengadilan kedoketran yang diamanatkan ke IDI selama sembilan tahun masih belum siap?

2. Pejabat IDI malah mengakui kalau diadili secara etik (MKDKI), malahan kebanyakan pasiennya tidak mendapatkan ganti rugi dari penyelesaian sengketa.

3. Kasus "malpraktek" ini sebenarnya bisa dituntut secara perdana maupun pidana, jadi keluarga pasien pun berhak untuk menuntut sang dokter dengan tuntutan pidana--bisa dikatakan, sesuai dengan pendapat ane di nomer satu, pengadilan--yang menurut sebagian agan sista nggak paham dunia kedokteran,walau hakim, pun (secara idealisme) nggak bisa nge-judge tanpa bantuan saksi ahli yang dalam hal ini adalah DOKTER--masih PUNYA WEWENANG untuk membuat vonis hukum.

Ane kasih tambahan referensi lagi, deh..


Berita Dua



Secengan dari ane. emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh Akang Yamato
0 0
0
Halaman 9 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia