News
Batal
KATEGORI
link has been copied
282
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5295e2a719cb17d64100009d/jika-pk-ditolak-dokter-ancam-bertindak-defensive-medicine
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak DEFENSIVE MEDICINE detikNews - Rabu, 27/11/2013 18:37 WIB Jakarta - Para dokter yang tergabung dalam berbagai aliansi yakin peninjauan kembali (PK) kasus dr Ayu dkk akan dikabulkan. Sebab hasil keputusan Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) menyatakan mereka tidak bersalah. Jika PK tersebut tidak dikabulkan, mereka khawatir dunia kedokteran akan semakin suram
Lapor Hansip
27-11-2013 19:16

Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine

Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak DEFENSIVE MEDICINE


detikNews - Rabu, 27/11/2013 18:37 WIB


Quote:Original Posted By DETIK
Jakarta - Para dokter yang tergabung dalam berbagai aliansi yakin peninjauan kembali (PK) kasus dr Ayu dkk akan dikabulkan. Sebab hasil keputusan Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) menyatakan mereka tidak bersalah.
Jika PK tersebut tidak dikabulkan, mereka khawatir dunia kedokteran akan semakin suram. Para dokter takut mengambil tindakan medis karena membahayakan posisinya.
"Kalau sampai PK ditolak, kemungkinan dokter akan melakukan defensive medicine," ujar Ketua Persatuan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) Frizar Irmansyah dalam konferensi pers di restoran Natrabu, Jl Sabang, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2013).
Defensive medicine adalah kondisi di mana dokter hanya akan melakukan tindakan medis jika dokter sudah merasa benar-benar aman dan yakin bahwa tindakannya tidak akan membahayakan posisinya.
"Hal ini berpotensi merugikan masyarakat dan negara," katanya.

Menurut Agung, kasus tersebut telah terjadi di negara maju. Defensive medicinedi negara-negara tersebut terbukti meningkatkan biaya kesehatan akibat peningkatan biaya pemeriksaan.
"Sekarang siapa yang mau menerima pasien yang sedang kritis dan kemungkinan akan meninggal kalau nanti akhirnya bisa berakhir di penjara," katanya.
Defensive medicine yang dilakukan para dokter tidak hanya berdampak pada pasien namun juga rumah sakit.
"Hasil PK akan menjadi acuan. Jika ditolak dokter akan mengalami kemunduran. Dampaknya tidak hanya merugikan dokter tapi rumah sakit juga," katanya.
"Dokter akan berpikir, daripada saya dituntut biarkan saja pasien mati," tutup Frizar.


[url=http://www.detik..com/news/read/2013/11/27/183729/2425644/10/jika-pk-ditolak-dokter-ancam-bertindak-defensive-medicine]SUMBER[/url]

Nah lho.... Udah mulai maen anceman sekarang emoticon-army
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 15
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:33
Quote:Original Posted By Akang Yamato


Ngomong-ngomong soal edukasi, ane keingetan ada usulan, kalau diadakan program Dokter Keluarga, di mana satu dokter handle warga satu RT--Ane nggak tau detail usulan program ini kayak apa, soalnya wacana ini udah dari jaman fir'aun main layangan ini digulirkan.

Tapi ada beberapa point yang diambil dalam program ini :

1. Solusi kalau puskesmas atau rumah sakit overkapasitas, karena warga yang sakit nggak perlu ke rumah sakit--kecuali sakit yang serius--karena ada dokter keluarga di RT mereka.

2. Solusi buat dokter-dokter yang masih nganggur dan butuh tambahan jam terbang praktek .

3. Solusi buat membangun edukasi antara dokter dan masyarakat, di mana dokter-dokter keluarga ini bisa ngasih edukasi-edukasi mengenai kesehatan yang lebih tepat sasaran, bahasa kerennya, memaksimalkan sistem preventif juga nggak cuma kuratif.

4. Solusi buat membangun empati antara dokter dan masyarakat juga, di mana dokter tahu gimana kondisi sosial masyarakat yang mereka pegang, dan masyarakat merasa kalau dokter itu profesi penuh dedikasi, sekolahnya nggak gampang, penyakit itu nggak cuma batuk-pilek, mencret, sama panuan--jadi hubungan antara masyarakat ama dokter itu nggak kayak "bagaikan langit dan sumur".


Tapi nggak tau ini program apa kabarnya?.. Tapi ane pribadi merasa yakin kalau program ini jalan, bisa bikin keduabelahpihak jadi sama-sama mawas diri, yang satu pihak nggak sampai terlontar ucapan--kasarnya--"Ini pasien kagak sekolah dokter aja sok tau!" atau "Ni dokter mentang-mentang sekolahnya mahal belagak juga!"

Ya, jadi, gini, deh, kalo kejadian.. Bukannya ada kesepahaman satu sama lain, ujung-ujungnya jadi pada berantem!.. emoticon-Cape d... (S)


Secengan dari ane. emoticon-Cendol (S)


yg di bold
selama masyarakat kita pendidikan masih rendah, ane rasa masih sulit utk di jalankan. perhatikn saja ketika DKI memberlakukan KJS RS langsung membludak, tdak menutup kemungkinan ketika BPJS di berlakukan hal itu bakalan terjadi pula padahal sakit nya cuma gastritis atau pegel2. pingin nya masyarakat berobat langsung ke RS, ke puskesmas cuma mnta rujukan saja.
petugas puskesmas juga ga mau pusing sama masyarakat yg ngeyel mnta rujukan, karena masyarakat menganggap nya mempersulitemoticon-Cape d... (S)
seharus nya emang puskesmas jadi ujung tombak pelayanan kesehatan pertama,tapi ane perhatikan puskesmas cuma jadi tmpat transit buat minta rujukanemoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:35
Quote:Original Posted By tommy_kid
Ane seorang dokter (untuk memperjelas posisi).
Alhmdulillah seumur-umur belum pernah malpraktek,pasien baik terus,semoga kedepanmya jg gini emoticon-Smilie
Ane melihat kasus dr.Ayu ini sebagai titik tolak berlakunya defensive medicine di Indonesia.dimana dokter gamau nolong kalo ga bener2 aman posisinya.JUJUR,ane sendiri ga mau nolong kalo akhirnya cuma dituntut.ada yg mau bilang ane dokter yg jelek?silahkan.ane tidak akan mempertaruhkan masa depan anak istri ane.
Kalo ane sampe dipenjara,nasib anak istri ane gimana?
Memang nolong cuma dokter yg bisa?
Agan sendiri mau nolong orang,trus keluarga malah nuntut agan?semua orang pasti berfikir,amankan diri dulu,baru nolong orang lain.
Mohon koreksinya.

Edit : typo


Kalo Ane pikir malah gan, Ini titik tolak akibat Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) cenderung memberikan sanksi yg ringan.

Sumber..

Dalam 5 tahun, Terjadi 186 Malapraktik..

Dalam 5 tahun ada 186 kasus yg dinyatakan malapraktik dari entah berapa pengaduan. Dari 186 malapraktik, 29 dicabut izinnya, tapi jangan salah, bukan pencabutan izin permanen, paling lama cuma 6 bulan..

“Akibat dari malpraktek yang terjadi itu, ada 29 dokter yang izin prakteknya dicabut sementara, ada yang tiga bulan, ada yang enam bulan,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia Prof. Paul L Tahalele, MD, PhD disela-sela Pertemuan Persatuan Dokter Spesialis Bedah Umum Indonesia, Kamis (21/3) di Balikpapan.

Menurut Paul, dicabutnya izin praktek tersebut, seperti pukulan bagi dunia kedokteran. Karena, kata dia, dengan mencabut izin praktek, sama saja menghukum dokter tersebut dengan hukuman penjara diatas 10 tahun, bahkan hukuman penjara seumur hidup.

Kalo kita kritis, kayanya gak sama deh cabut izin 6 bulan dengan penjara 10 taun.. Jauh banget.

Mungkin kejadian ini masukan buat MKDKI, Lebih tegas dalam menjaga Kehormatan dan disiplin.
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:35
Quote:Original Posted By Fenz
Serba salah juga sih dokter. Keadaan pasien juga uda kritis. Kalo ditangani gagal katanya mal praktik, ga ditangani dgn alasan defensive medicine katanya pilih2 pasien, dokter ga becus, ga berpihak pada yg sakit, dll.

Di lain pihak kalo protes dan menunjukkan solidaritas oke lah tapi jangan sampe demo donk. Kalo sampe demo gitu kalo rs pd kekurangan dokter gimana? Itukan udah menelantarkan pasien. Dimana sumpah kode etik kalian para dokter?

Bayangin kalo ente bukan dokter bini ente mau ngelahirin tapi di rs pd ga ada dokter krn dokternya demo emoticon-No Hope



yang demo berarti dr yg gak beretika gan. Makin banyak yg demo, makin keliat yg gak beretika
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:36
di indonesia udah kebanyakan semuanya jadi ladang 'proyekan' oleh oknum-oknum. om dan tante ane banyak yang jadi dokter, mereka cerita betapa susahnya mau kuliah di kedokteran, dan ketika mereka liat sekarang betapa gampangnya masuk ke kedokteran dengan berbekal uang banyak tanpa kemampuan otak yang memadai, gak heran kalo banyak dokter yang udah bangga dengan gelar dokternya itu. kita yang bukan lulusan kedokteran harus ambil hikmahnya. cari dokter yang emang udah terpercaya di bidangnya, cari rumah sakit yang emang mengutamakan pelayanan, bukan cuma nama doang.
ane yakin masih ada dokter yang peduli dengan sisi kemanusiaan dibanding sisi 'kemanusiaan' yang lain (if you know what i mean)
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:37
Quote:Original Posted By NeOqzruh


kalo ente dokter , boleh nggak jujur sama penghuni forum ini..........kalo anda dan teman2 merasa dikriminalisasi , apa pendapat anda dengan kriminalisasi pasien semacam kasus prita. dan buanyak kejadian malpraktik yang dilakukan teman sejawat anda tanpa tersentuh hukum ?






Untuk kasus prita,saat dia nulis email untuk teman sendiri (internal lingkungan dia) itu ga salah,si prita jadi salah ketika :
Emailnya tersebar,karena di email itu,dia jelas2 nyebut nama,bukan inisial atau disamarkan.sekali lagi bukan masalah medisnya.ibarat kata temen agan selingkuh,terus agan kasi tau semua orang.pasti lah agan dituntut dengan pencemaran nama baik,terlepas temen agan beneran selingkuh atau tidak.

Untuk kasus lain,ane ga bisa komentar,kalo tidak tau kasusnya,gimana mau komentar?
Tapi kalo ditanyakan apakah ada dokter malpraktek yang lolos hukuman?hal seperti itu pasti ada gan.ibarat kata koruptor.apakah ada koruptor yang ga tertangkap?ya pasti ada.
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:39

Mbok ya ini dijadiin intropeksi buat dokter buat meningkatkan komptensi dan pelayanan nya. Kalo memang tindakan medis nya sudah benar mosok sihhh di putus bersalah sama MA.

Self medicine ?? Sebuah solusikah ato anceman konyol seperti anak yg ga dibeliin permen maknya??
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:41
Quote:Original Posted By benawang
yang demo berarti dr yg gak beretika gan. Makin banyak yg demo, makin keliat yg gak beretika
sorry gan bukan maksud membela nih ane cuma mau kasih inpo.Hari ini dr demo untuk libur 1hari hanya untuk kasus kesehatan non emeegency untuk kasus emergency mereka masih melayani kok.

jadi tidak benar kalau ada pembiaran 100%, itu cuma kompor
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:42
Quote:Original Posted By Squeal


Kalo Ane pikir malah gan, Ini titik tolak akibat Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) cenderung memberikan sanksi yg ringan.

Sumber..

Dalam 5 tahun, Terjadi 186 Malapraktik..

Dalam 5 tahun ada 186 kasus yg dinyatakan malapraktik dari entah berapa pengaduan. Dari 186 malapraktik, 29 dicabut izinnya, tapi jangan salah, bukan pencabutan izin permanen, paling lama cuma 6 bulan..

“Akibat dari malpraktek yang terjadi itu, ada 29 dokter yang izin prakteknya dicabut sementara, ada yang tiga bulan, ada yang enam bulan,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia Prof. Paul L Tahalele, MD, PhD disela-sela Pertemuan Persatuan Dokter Spesialis Bedah Umum Indonesia, Kamis (21/3) di Balikpapan.

Menurut Paul, dicabutnya izin praktek tersebut, seperti pukulan bagi dunia kedokteran. Karena, kata dia, dengan mencabut izin praktek, sama saja menghukum dokter tersebut dengan hukuman penjara diatas 10 tahun, bahkan hukuman penjara seumur hidup.

Kalo kita kritis, kayanya gak sama deh cabut izin 6 bulan dengan penjara 10 taun.. Jauh banget.

Mungkin kejadian ini masukan buat MKDKI, Lebih tegas dalam menjaga Kehormatan dan disiplin.


Sebenarnya bukan dicabut izin yang berat gan.tapi nama yang udah rusak.dokter kalo udah dibilang malpraktek,pasien ga mau dateng.dikasi hukuman cabut izin 6bulan dia udah nangis2,bukan karena izinnya ilang.tapi karena namanya udah hancur.ga punya pasien lagi.
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:42
Sebener nya yang dipermasalahin ni gerombolan Baju Putih tuh apa sih ?

Ane memang orang awam, tapi baca dari berita keputusan pengadilan kan yang dipermasalahin tuh prosesi penangan pasien nya !

Iya emang bener nyawa tuh di tangan Tuhan, dan Dokter bukan Tuhan.. Apabila meninggal dalam perawatan atau proses medis, ya wallahualam lah.. Yang penting SOP dan proses penangan nya udah sesuai.

Mungkin emang pasien nya Dr Ayu ini penyakit nya minim % keselamatan nya, tapi bukan berarti penangan nya mesti asal2an kan ?

Bukan berarti karena pasien udah pasti mati ya bodo wae emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) Selama SOP, cara penanganan, dan komunikasi antar dokter pasien nya bener, kenapa mesti takut ? Kalau takut dengan defensive gini, justru nunjukin kalau Pendidikan Dokter tuh ada yang salah !!!

*FYI, neh mesti nya pada di suruh baca Team Medical Dragon ! Blajar tuh pola pikir nya Asada !! Emang cuma komik, bukan buku ilmu kedokteran, tapi Pesan Moral yang didapet jauh lebih banyak daripada lu pada nongkrong liatin Dosen Dokter 8 Tahun sekalipun
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:45
Keren.. Saran... Mending ga usah jadi dokter gan...
Gw rasa semua pekerjaan itu ada resiko, dalam kasus dokter ketika mungkin pasien meninggal, ketika sesuai SOP ga akan dituntut, kalau pun dituntut pihak dokter bisa berlindung di balik SOP tersebut, nah kalau ga sesuai SOP tiba-tiba masuk bui, ya cucok donk...

0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:46
Quote:Original Posted By cokak
Mbok ya ini dijadiin intropeksi buat dokter buat meningkatkan komptensi dan pelayanan nya. Kalo memang tindakan medis nya sudah benar mosok sihhh di putus bersalah sama MA.

Self medicine ?? Sebuah solusikah ato anceman konyol seperti anak yg ga dibeliin permen maknya??
self medicine terjadi karena rasa ketidakamanan

untuk MA apakah sudah memperhitungkan dari keterangan saksi Ahli?
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:47
Quote:Original Posted By tommy_kid
Ane seorang dokter (untuk memperjelas posisi).
Alhmdulillah seumur-umur belum pernah malpraktek,pasien baik terus,semoga kedepanmya jg gini emoticon-Smilie
Ane melihat kasus dr.Ayu ini sebagai titik tolak berlakunya defensive medicine di Indonesia.dimana dokter gamau nolong kalo ga bener2 aman posisinya.JUJUR,ane sendiri ga mau nolong kalo akhirnya cuma dituntut.ada yg mau bilang ane dokter yg jelek?silahkan.ane tidak akan mempertaruhkan masa depan anak istri ane.
Kalo ane sampe dipenjara,nasib anak istri ane gimana?
Memang nolong cuma dokter yg bisa?
Agan sendiri mau nolong orang,trus keluarga malah nuntut agan?semua orang pasti berfikir,amankan diri dulu,baru nolong orang lain.
Mohon koreksinya.

Edit : typo


setuju...emoticon-Shakehand2

ane dokter PTT, setiap ada tindakan selalu bikin surat persetujuan/ penolakan.. dan jika pasien minta pulang sendiri tapi kondisi blm ok buat pulang, ane suruh tanda tangan pulang paksa atas permintaan sendiri..
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:49
mulai main ancam....??? yakin....???
ntar dokter2 Asing pada masuk kesini pada mewek karna lahannya makin dikit...
mulai ngomong kalo dokter2 indonesia gak kalah bagus dari dokter luar...?
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:53
Quote:Original Posted By elank24


setuju...emoticon-Shakehand2

ane dokter PTT, setiap ada tindakan selalu bikin surat persetujuan/ penolakan.. dan jika pasien minta pulang sendiri tapi kondisi blm ok buat pulang, ane suruh tanda tangan pulang paksa atas permintaan sendiri..


PTT dimana gan?
Ane PTT 2,5th di maluku.rame,banyak kejadian
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:54
Quote:Original Posted By tommy_kid
Ane seorang dokter (untuk memperjelas posisi).

ini si tomnyet mantri puskemas mantan momod itu bukanemoticon-Thinking
tp ga mungkin juga sih,mantri puskesmas mantan momod itu kan bujang lapuk emoticon-Busa:
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:54
jngn berprofesi jd dokter z hehe
setiap keputusan pasti ada akibatnya.
mungkin jalan tengahnya ada di pihak pengawas. dokter g bisa cuman cari aman, masyarakat pun sbg klient g bisa nuntut seenak udelnya. hrs saling memberikan toleransi diantara dokter&klient
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:57
Quote:Original Posted By isalsep48


kalo emang ga aman coba kasi tau hal trburuk ap yg terjadi gan,insya allah kjadiaan kya dokter ayu pst ga terjadi ma ente,kalo ane liat masalahny yg bikin dihukum karna ga dikasih tau kluarga sblmny


kalau kondisi pasien gawat dan perlu segera ditangani gimana harus beri kabar ke kel dulu?

cari keluarganya,
bicara dan jelaskan ke keluarga pasien,
keluarga pasien timbang-timbang
waktu terbuang, dan akhirnya
pasien mati
dokter/pihak rs dikasuskan

===================================

anak gw cita2 ingin jadi dokter
tapi kalau nasib dokter Indonesia ditangan pasien atau kel pasien
no way,,,,,,
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:58
wah.. main ancamnih? klo gitu para supir juga bisa dong bikin aksi demo untuk membela teman sejawat akibat kecelakaan karna kelalaian ?

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 20:59
Quote:Original Posted By tommy_kid
PTT dimana gan?
Ane PTT 2,5th di maluku.rame,banyak kejadian


Sulawesi tengah. TMT juni 2013
sama disini juga rame.. ya gitu pasien dateng kl udah parah..
0 0
0
Jika PK Ditolak, Dokter Ancam Bertindak Defensive Medicine
27-11-2013 21:02
Quote:Original Posted By elank24


Sulawesi tengah. TMT juni 2013
sama disini juga rame.. ya gitu pasien dateng kl udah parah..


Semangat gan emoticon-Smilie
Pengalaman berharga banget masa2 PTT itu... emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 4 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia