Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
731
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528c0754becb173c53000000/anak-sering-ikut-kontes-ini-untung-ruginya-gan
Mengikutkan anak pada setiap kontes apakah itu kontes bakat atau penampilan memang tidak ada salahnya. Namun orang tua juga harus perhatikan ini bisa berakibat buruk jika keseringan. Menurut psik
Lapor Hansip
20-11-2013 07:50

Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan

Past Hot Thread
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan

Quote:

Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
Mengikutkan anak pada setiap kontes apakah itu kontes bakat atau penampilan memang tidak ada salahnya. Namun orang tua juga harus perhatikan ini bisa berakibat buruk jika keseringan.

Menurut psikolog anak, Prita Pratiwi S.Psi, M.Psi, ketika mengikutkan anak ke setiap kontes orang tua harus memastikan, anak memang benar-benar menginginkan dan menyetujuinya, artinya tidak boleh ada paksaan.

"Orang tua harus mengetahui, apakah si anak masih menikmatinya, bukan karena dorongan orang tua. Atau apakah anak sudah mulai lelah mengikuti semua proses kontes, karena kalau sudah lelah, ini juga akan mempengaruhi psikologisnya, ia tidak akan bisa menikmati dan memberikan hasil yang baik," ujar Prita kepada inilah..com, usai acara Ekspresikan Potensi Serta Bakat Anak dalam Pengembangan Kepercayaan Diri Mereka Sejak Dini di Bebestar 2 di Jakarta, Sabtu (16/11/2013).

Prita menambahkan, sebaiknya orang tua juga tidak terlalu sering mengikutkan anak ke setiap kontes atau perlombaan. Selain ia juga memiliki 'kehidupannya' sendiri seperti pergaulan dengan teman-teman sebaya dan bermain, Prita berpendapat, tidak semua bakat anak harus diukur dengan menang atau kalah atau dibandingkan dengan bakat anak lainnya.

Tak kalah penting, Prita menegaskan, ketika mengikutkan anak pada kontes atau jenis-jenis perlombaan lainnya, sebaiknya pola pikir orang tua adalah bukan agar anaknya menjadi pemenang atau yang terbaik di antara peserta yang lain, apalagi hanya untuk mengejar hadiah.

"Tapi yang terpenting adalah mencarikan wadah bagi anaknya untuk menyalurkan bakatnya, berekspresi, berani di depan umum dan bersosialiasi dengan teman-teman baru. Tujuan utama bukan menjadi pemenang atau untuk mendapat hadiah, tapi bagaimana bakat anak tersalurkan," terang Prita yang berpraktek di Biro Konsultasi Dwipayana ini.

Sementara Ana Lumintang, Brand Manager Bebelac mengatakan, tujuan ajang Bebestar 2 sebagai wadah bagi orang tua untuk mewujudkan rasa cinta dan kasih sayang kepada anaknya.

"Bebestar hadir bagi anak Indonesia untuk membantu para orangtua khususnya ibu dalam mengembangkan rasa percaya diri serta bakat anak melalui kesempatan mengekspresikan diri tanpa berkompetisi," kata Anna. Tercatat Bebestar telah menerima 41.666 video bakat anak dari para ibu di seluruh Indonesia.

Prita menerangankan, ada beberapa keuntungan dan kerugian dengan selalu mengikutkan anak pada setiap kontes atau perlombaan.



Quote:

Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
Keuntungannya, Ajang menstimulasi keberanian

Kontes atau bentuk perlombaan lainnya bisa menjadi ajang untuk menstimulasi agar dia lebih berani mengekspresikan kemampuannya di hadapan orang banyak.

"Jika ini tujuannya untuk mensitumulasi keberanian dan bakat anak, mengikutkan anak pada kontes atau jenis lainnya boleh-boleh saja," kata Prita.


Quote:

Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
Belajar menerima kekalahan

Ketika mengikuti kontes dan tidak menang, menurut Prita, ini akan menjadi tempat baginya untuk belajar menerima kekalahan.

"Ia akan berbesar hati menerima kekalahan dan merasakan situasi yang tidak nyaman, ini akan baik untuk mentalnya jika kelak nanti misalnya ia berada pada posisi belum berhasil, ia sudah pernah mengalaminya dan belajar menerimanya," terang Prita.


Quote:


Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan

Mengasah kepercayaan diri

Berada di antara orang banyak dan karyanya akan diperlihatkan ke orang banyak, menurut Prita, maka si anak akan belajar untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

"Meregulasi diri agar tidak demam panggung ketika berhadapan dengan orang banyak," terangnya.


Quote:

Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
Kerugiannya, pressure untuk menang

Karena seringkali pressurenya adalah untuk menang, maka apa yang dilakukan anak seringkali tidak spontan. Kurang banyak berkreasi dan ada kalahnya mengalami ide yang mentok .

"Karena fokusnya untuk menang, lalu terus memikirkan apa yang akan dibuat oleh orang lain (pesaingnya) jadi dia tidak fokus untuk dirinya sendiri," terang Prita.




Quote:


Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
Menjadi malas

Seorang ibu mengeluh, anaknya menjadi malas ketika diajak untuk mengikuti perlombaan atau kontes bakat. Prita mengatakan, orang tua harus mencari tahu apa yang membuat anaknya malas.

Ketika lebih sering kalah, lalu anak menjadi malas untuk mencoba atau mengikuti lomba yang lainnya karena akan berpikiran tidak ada gunanya karena tidak pernah menang.

Apalagi jika orang tua juga memiliki tujuan mengikutkan anaknya agar menang, maka anak memiliki tekanan untuk menang.

"Karena dalam pikiran anak, kalau dia gak menang, maka ayah dan ibu tidak akan sayang, tidak bangga dan sebaliknya akan marah," terangnya.




Quote:



Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
Kemungkinan menjadi pribadi yang sombong

Sebaliknya jika anak kebetulan terus menang, dan banyak dipuji, ia akan menganggap dirinyalah yang paling baik dan orang lain tidak. Jika orang tua tidak membimbingnya, maka ia akan mudah menjadi pribadi yang sombong dan menganggap orang lain tidak memiliki kelebihan seperti dirinya.

Menurut ane Boleh sih anak anak kita mengikuti kontes ataupun lomba, tapi jangan terlalu di forsir, karena sesungguhnya mereka juga perlu kebebasan, semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita semua




Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan


[url=http://gayahidup.inilah..com/read/detail/2048067/anak-sering-ikut-kontes-ini-untung-ruginya/6071/kemungkinan-menjadi-pribadi-yang-sombong]Sumber[/url]
Diubah oleh tokomapan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 38
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 08:13
Quote:Original Posted By kecoakbunting
bagus sih gan, bisa melatih kepercayaan diri anak
kalo keseringan sih gk bagus juga, berat di ongkos pendaftaran emoticon-Hammer


iye gan kalau keseringan sih kurang bagus gan

Quote:Original Posted By lobaalesan
Iya juga sih gan, ngasah mental juga


betul gan kita harus bagi waktu dia dengan baik

Quote:Original Posted By hijau.biru
jangan paksakan anak ikut kontes atau semacamnya.. ane rasa yang ingin menang bukan anaknya, yang ingin menang malah ortunya..emoticon-Ngakak


betul gan emoticon-Ngakak
Diubah oleh tokomapan
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 08:30
Kecapean Gan, sibuk soalnya. emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 08:40
nice thread gan, tinggal edukasi ke anaknya bagaimana kalau ane sih yang penting agama dulu gan.
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 08:42
Quote:Original Posted By vikinghorn
Kecapean Gan, sibuk soalnya. emoticon-Matabelo


iye gan makanya jangan di vorsir
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 08:42
Ane blm punya anak gan emoticon-Ngakak . Tapi lumayan buat nambah pengetahuan jikA kelak dah punya anak emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 08:55
yg sombong bener" hrs diperhatikan tuh. Ntr menang malah sombong
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 08:58
Disesuaikan sm kontes nya juga kali ya cocok gak dengan skill si anak....
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:16
Klo punya anak ntar ane pngen ikutin anak ane kyak gnian ah utk mnumbuhkan prcaya diri dr kcil... emoticon-2 Jempol emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:21
Quote:Original Posted By QueenFifi82
Klo punya anak ntar ane pngen ikutin anak ane kyak gnian ah utk mnumbuhkan prcaya diri dr kcil... emoticon-2 Jempol emoticon-Kiss


iye sih kalau untuk tujuan itu ok lah gan, asal jangan untuk tujuan cari uang emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By Plat_A
Disesuaikan sm kontes nya juga kali ya cocok gak dengan skill si anak....

betul bro jadi mereka ga kepaksa ikut kontesnya
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:31
kalo kebanyakan kontes ntar keganggu tumbuh kembangnya gan emoticon-Embarrassment
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
0 1
-1
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:35
nice share nih gan, ad untung ruginy jg
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:37
jadi lebih baik sering ikut atau ga gan?
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:45
Buat pengalihan jika anaknya kalah dalam perlombaan, misalnya dengan mengajaknya rekreasi gan supaya si anak lupa akan kekalahan dari perlombaannya emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:51
Quote:Original Posted By Exoricsm
Buat pengalihan jika anaknya kalah dalam perlombaan, misalnya dengan mengajaknya rekreasi gan supaya si anak lupa akan kekalahan dari perlombaannya emoticon-Malu (S)


bener sih gan intinya harus seimbang kasih mereka hiburan

Quote:Original Posted By monocimon
kalo kebanyakan kontes ntar keganggu tumbuh kembangnya gan emoticon-Embarrassment


kayak nikita willy itu gan dia ga tinggi2 amat
soalnya dr kecil dah kerja
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:53
disini berarti peran orang tua yang nentuin arah si anak, mau jadi sombong kah atau pemalas,,, secara orang tua harus ngasih semangat.. karena gak setiap anak bisa nerima yang namanya kekalahan
CMIIW emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:56
tp mnrt saya bnyak untungnya gan
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 09:57
biar anak aja yg memytuskan mo ikut lomba apa tidak,ortu hanya perlu menanyakan dia senang gak klo ikut lomba
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 10:01
Bisa di jadiin pertimbangan nih... gan..., ikutan lomba biar gaul gan anak2nya.. kalo di perkotaan yg padat dan ber gerbang rumahnya.... tetangganya gag ada punya anak kecil...emoticon-Big Grin
jadi ikutan lomba gini bagus juga buat sosialisasi kalah menang ya nanti saja dah....
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 10:15
belajar, belajar, belajar

klo dah gede, kerja, kerja, kerja !

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Anak Sering Ikut Kontes, Ini Untung Ruginya Gan
20-11-2013 10:18
Ya.. anak memang ga boleh dipaksa ataupun dituntut untuk menang,
tapi adik sepupu ane sering banget lomba nyanyi dan modelling, dan dia sering menang daaannn anaknya emang suka, ga merasa terbebani
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 38
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia