defiwilly
TS
defiwilly
Kopi Joss, Satu Lagi Yang Tak Boleh Terlewatkan
Bagi para traveler yang pernah melancong menjelajah Yogyakarta pasti tak aneh mendengar kata ‘Kopi Joss’. Selain dikenal dengan wisatanya yang beragam mulai dari wisata alam, budaya, dan pendidikannya, Yogyakarta juga paling dikenal dengan keberagaman wisata kulinernya. Tak hanya kuliner asli Jogja saja yang beragam, tapi juga hampir semua makanan yang ada di Indonesia bisa ditemukan disini. Salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika mampir ke Jogja adalaha Kopi Joss.

Spoiler for pict:


Yup, benar sekali Kopi Joss. Untuk menemukan kopi Joss, anda hanya perlu berjalan sedikit ke utara dari arah Malioboro atau Stasiun Tugu. Kopi Joss banyak dijual di angkringan-angkringan sekitar stasiun Tugu. Kopi Joss sendiri awalnya hanya kopi biasa, namun menjadi agak berbeda ketika ditambahkan arang panas ke dalam gelas kopinya. Nah suara dari bara arang itulah yang mengelurkan suara ‘Josss..’ sehingga disebut Kopi Joss.

Spoiler for pict:


Bagi sebagian orang yang belum pernah mencicipinya, resep kopi arang itu barangkali terkesan kurang meyakinkan. Tapi soal higienitas, anda tak perlu khawatir. Arang yang dicampurkan ke dalam minuman kopi dijamin steril, karena sebelumnya sudah dibakar sampai menyala bara merah, selain itu arang yang dipakai juga bukan dari kayu biasa, hanya kayu jati dan kayu asem yang dipakai untuk pelengkap kopi joss ini. Kandungan norit di dalam arang mampu menyembuhkan berbagai keluhan sakit perut seperti mulas, dan kembung.

Untuk angkringan tempat menikmati kopi Joss yang palng terkenal di Jogja adalah Angkringan Lek Man. Selain menjadi pioneer, angkringan Lek Man juga dikenal legendaris karena sudah ada sejak 1984. Para penikmat kopi Joss berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, pekerja, hingga para pejabat dan seniman-seniman terkenal seperti Butet Kertarajasa dan Emha Ainun Najib pernah berkunjung ke Angkringan Lek Man.

Spoiler for pict:


Sembari menikmati Kopi Joss bersama teman-teman, anda bisa bercengkrama sambil menikmati hidangan pelengkap lain. Kita bisa menikmati kuliner lain semisal jadah bakar, mendoan, satai usus, dan sego kucing. Selamat menikmati hangatnya malam di Jogja.









0
4.2K
50
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread80.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.