Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1890
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527b93f7a4cb179263000006/benarkah-organ-organ-tubuh-ini-tidak-penting-bagi-manusia
Alhamdulillah, HT pertama ane, makasih momod dan warga kaskus lainnya Sebuah kontroversi masih berlangsung sampai hari ini yaitu struktur-struktur vestigial yang dipandang oleh Charles Darwin sebagai organ yang tidak berguna dari bagian tubuh manusia, sebagai bukti dari teori evolusinya. Berikut ini organ tubuh yang diyakini diwariskan dari nenek moyang primata kita yang sepertinya tidak ada gunan
Lapor Hansip
07-11-2013 20:21

Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?

Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?

Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?


Gak Repsol kok


Alhamdulillah, HT pertama ane, makasih momod dan warga kaskus lainnya


HT pertama

Sebuah kontroversi masih berlangsung sampai hari ini yaitu struktur-struktur vestigial yang dipandang oleh Charles Darwin sebagai organ yang tidak berguna dari bagian tubuh manusia, sebagai bukti dari teori evolusinya. Berikut ini organ tubuh yang diyakini diwariskan dari nenek moyang primata kita yang sepertinya tidak ada gunanya.

1. Usus Buntu

Usus buntu adalah struktur vestigial yang paling terkenal dari tubuh manusia. Sementara usus buntu mamalia lainnya masih memiliki fungsi, usus buntu manusia tetap tidak terpakai dan terdegradasi dari organ-organ lainnya yang kita miliki hari ini.

Darwin mempromosikan ide bahwa mungkin usus buntu manusia adalah sistem pencernaan daun pada primata, sementara ilmuwan lain percaya bahwa usus buntu mungkin masih ada fungsinya hingga saat ini, meskipun sampai sekarang belum ada bukti yang jelas untuk mempertahankan kedua teori tersebut.

Usus Buntu


2. Tulang Ekor

Tailbone kita adalah bukti besar bagi teori evolusi dan dengan demikian menjadikannya bagian yang sangat kontroversial dari tubuh kita. Sementara beberapa klaim menyatakan bahwa tulang ekor memang memiliki peran, sebagai penopang organ panggul dan sebagai konektor untuk beberapa otot dari kaki (sehingga menjadi penopang dari teori kreasionis).

Yang lain menyebutkan operasi pemindahan tulang ekor, tidak berpengaruh pada kehidupan lebih lanjut dari pasien dan bahkan memberikan contoh bayi yang lahir dengan ekstensi tulang ekor dalam bentuk ekor kecil.

Tulang Ekor


3. Puting Pria

Untuk apa pria memiliki puting susu? Tidak ada alasan yang jelas. Puting pria adalah contoh lain dari bagian tubuh manusia yang tidak atau belum diketahui gunanya, karena mereka tidak memiliki peran dalam fungsi organisme laki-laki.

Namun, mereka tidak memiliki asal yang sama sebagaimana tulang punggung. Sebenarnya, jaringan payudara dan puting dibentuk dalam tahap evolusioner awal janin, ketika jenis kelamin calon bayi belum ditentukan.

Puting Laki Laki


4. Gigi Bungsu

Gigi bungsu adalah salah satu struktur vestigial dari tubuh manusia. Kadang-kadang, gigi ini tidak tumbuh sama sekali dan terus tetap dalam tulang rahang selama hayat pemilik. Mereka jelas vestigial, karena mereka tidak berguna ketika makan.

Manusia biasanya tidak mengunyah dengan menggunakan gigi bungsu ini, karena mereka terlalu jauh ke belakang dalam mulut kita. Gigi bungsi ini dianggap membuktikan bahwa manusia berevolusi dari primata yang memiliki mulut jauh lebih besar dan mampu menggunakan gigi-gigi ini.

Gigi Bungsu


5. Amandel

Selama bertahun-tahun, amandel dianggap sama sekali tidak berguna dan segera disingkirkan tanpa berpikir dua kali, jika mereka sering terinfeksi.

Namun, saat ini kita tahu bahwa amandel memang memiliki peran, karena mereka menghentikan bakteri sebelum berhasil masuk ke tubuh, sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh kita. Namun fakta ini tidak mengecualikan mereka, dari daftar organ vestigial tubuh kita.

Seperti yang dijelaskan di atas, struktur vestigial adalah organ yang kehilangan peran utama mereka, meskipun mungkin masih menyimpan peran sekunder atau kecil dalam organisme, sehingga amandel juga termasuk.

Amandel


6. Jari Kelingking Kaki

Beberapa orang menganggap bahwa jari kelima adalah mutlak penting untuk keseimbangan kita, sementara yang lain percaya bahwa kelingking kaki adalah salah satu struktur vestigial tubuh kita, karena kelingking kaki hanya berguna saat memanjat, berayun dan mencengkeram dan tidak mempengaruhi keseimbangan.

Kaki


7. Otot Telinga

Struktur telinga juga menunjukkan bukti kemampuan yang kurang berguna. Kera mampu menggerakkan telinga sehingga mereka mampu mendengar dengan lebih baik dan menjadi sadar akan bahaya.

Bagi manusia, kemampuan ini menjadi tidak berguna sejak lama dan otot-otot yang bertanggung jawab untuk menggerakkan telinga berhenti berkembang dan sekarang tidak efektif. Meskipun begitu, beberapa orang masih dapat menggerakkan telinga mereka.

Otot Telinga


Apakah semua bagian tubuh manusia tersebut benar benar merupakan sisa evolusi kita yang katanya berasal dari seekor kera, atau bagian tubuh tersebut ada gunanya, namun sampai kini kita belum mengetahuinya secara pasti. Sebuah misteri yang belum terbantahkan hingga kini.

Tapi menurut TS organ organ diatas ada gunanya kok misalnya, kalo gak ada usus buntu gak ada operasi usus buntu atau gak amandel, Kasihan juga para dokter. Puting pada laki laki pun berguna misalnya jika SMP agan agan mungkin kalo iseng kan bisa nyute(cubit tete) temennya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Sekian dari Thread sederhana ini TS hanya berharap

Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?


Dan jadilah warga kaskus yang taat dengan ninggalin

Warga Kaskus yang taat


Kalo pengen yang lebih lengkap


Makasi yang udah nimpuk


Agan agan yang nyoba ngasi manfaatnya

Diubah oleh abdillahxpress1
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 96
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:33
Kayaknya belum ketemu aja manfaatnya gan... Belum ketemu yang pasti,,,
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:34
Fungsi Puting Pria

emoticon-Cendol (S)Buat Bedain Mana Punggung, Mana Dadaemoticon-Cendol (S)
Diubah oleh blackcampaign
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:34
nice info ni gan nambah pengetahuan ane emoticon-Big Grin
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:34
Quote:Original Posted By Paparazzo
telinga ane bisa digerakin kok gan emoticon-Cool

Kelebihan syaraf telinga emoticon-Matabelo Saya sih gak bisa gan emoticon-Ngakak tapi saya bisa otot bagian dada bergerak,Gara-gara Sixpack deh gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:35
ane percaya gan pencipta kita tdk mgkn memberi kita tanpa guna nya
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:35
Kalo usus buntu sama amandel itu buat dokter gan biar kaya dia emoticon-Ngakak

Emangnya ada gigi bungsu yak? Bukannya ini cuma buat anak anak?
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:35
Ada ada saja. Mana ada juga organ yang gak berguna. Amandel tu buat sistem imun, sama juga dengan limpa dan teman temannya.
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:35
amandel bukannya masuk dalam sistem limfoid gan? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:35
lho setau ane tulang ekor itu penting ya gan? Kalo jatoh kata emak ane jgn sampe tulang ekornya kena, katanya bisa bahaya? emoticon-Bingung
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:36

Kaget

masak mbah emoticon-Stick Out Tongue
numpang lewat emoticon-Kiss
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:36

.

Kayany semua organ punya fungsi msing2,
Gak mungkin lah klo diciptain gak ada fungsiny...
emoticon-Cape d...
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:37
Itu ane anggap ada gunanya gan, tapi belom diketahui secara mendetail. emoticon-Malu (S)

Tapi otot telinga benar2 berguna buat ane gan, buat bini ane ketawa, karena kuping ane bisa gerak2. emoticon-Ngakak
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:38
sapa bilang amandel ga ad gunanya gan??
jaman kecil ane dlu sering banget jajan es, alhasil itu amandel membengkak dan mengalami peradangan yang parah, dan untuk langkah medis menghindari hal2 yang tak diinginkan akhirnya dioperasi buat diambil itu amandel, emang sih enak abis di operasi itu disuruh makan bubur dan minum es terus(biasa gan waktu kecil sapa yang kaga mau es??)emoticon-Ngakak
nah abis masa pemulihan itu masalah mulai muncul gan, karna amandel yang udah ilang itu, badan ane jadi gampang kena flu gara2 minum es yang kotor gan, batuk pilek gitu udh jadi langganan dah emoticon-Matabelo jadi intinya amandel itu bisa dikatakan sebagai filter<penyaring> biar virus2 itu kaga masuk ke tubuh kita emoticon-Sorry
Diubah oleh BloodyKancut
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:38
rasanya ga ada yang sia sia ciptaan Tuhan
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:38
gw yakin semua ada gunanya.. cuma blm nyampe aja otak kita buat mengetahuinya

0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:38
ane percaya semua organ tubuh td diciptakan allah swt, pasti ada manfaatnya buat manusia. emoticon-cystg
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:38
Quote:Original Posted By constantinejr
Kalo usus buntu sama amandel itu buat dokter gan biar kaya dia emoticon-Ngakak

Emangnya ada gigi bungsu yak? Bukannya ini cuma buat anak anak?


ada gan
gigi bungsu itu gigi geraham ketiga emoticon-Big Grin
biasanya tumbuh pas umur 17-20an
justru kalo anak-anak gak punya gigi ini

0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:38
Klo menurut ane organ kita itu gk mungkin gk ada yg gk penting semua diciptakan pasti karena ada suatu alasanemoticon-Cool
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:39
Usus buntu malahan berbahaya gan katanya, mkn'a usus buntu ane dah dioperasi.







Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
0 0
0
Benarkah Organ-organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?
09-11-2013 19:40
koq semuanya mengarah ke evolusi ya gan. apakah???? emoticon-Shutup emoticon-Shutup
0 0
0
Halaman 12 dari 96
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia