Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
114
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527046c9bfcb17c372000003/sering-demo-buruh-1530-perusahaan-asing-berencana-hengkang-dari-indonesia-tahun-depan
"Saya tidak ingin pengupahan didasarkan demo-demo. Iklim investasi dunia sedang tidak baik. Jangan kita merusak lagi," kata Sofjan di kantor Apindo Training Center Sofjan mengatakan, dunia usaha pernah mengecap pengalaman pahit akibat kenaikan upah minimum tahun lalu. Sepanjang semester pertama 2013, sejumlah investor memilih hengkang dari Indonesia, dan 200.000 karyawan pun dirumahkan.
Lapor Hansip
30-10-2013 06:37

Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan

Quote:
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan



Quote:"Saya tidak ingin pengupahan didasarkan demo-demo. Iklim investasi dunia sedang tidak baik. Jangan kita merusak lagi," kata Sofjan di kantor Apindo Training Center

Sofjan mengatakan, dunia usaha pernah mengecap pengalaman pahit akibat kenaikan upah minimum tahun lalu. Sepanjang semester pertama 2013, sejumlah investor memilih hengkang dari Indonesia, dan 200.000 karyawan pun dirumahkan.

Untuk kawasan Jabodetabek, hingga Mei 2013 tercatat ada 65.000 karyawan yang diPHK menyusul tutupnya sejumlah pabrik asal Korea di Jakarta. Sebagian besar merupakan perusahaan labor intensive atau padat karya yang bergerak di sektor garmen, sepatu, dan elektronik.

"Ada beberapa perusahaan Taiwan tapi tidak banyak. Kalau Jepang itu capital insentive. Tapi karyawan outsourcing mereka sekarang diganti dengan mesin," sebutnya lagi.

Sofjan mengaku, sejumlah anggota dan mitra Apindo yang beroperasi di Kawasan Berikat Nusantara pun berencana hengkang. Namun, ia mengklaim sudah berupaya untuk menahan mereka.

"Nanti pengusaha itu lama-lama mikir impor saja daripada bangun pabrik. Kita tahu bangsa kita masih butuh banyak pekerjaan," jelasnya


Quote:


Quote:Perusahaan Lokal yg udah lapor mau tutup ( wilayah jakarta dan sekitarnya ):

- Bogor ada 68 perusahaan Lokal yang udah lapor ke Kadisnaker mau tutup
- Apindo juga mencatat, di Bekasi ada sekitar 40 pabrik
- di Tangerang jumlahnya sekitar 20 perusahaan



Quote:JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, mengaku cemas bakal merugi apabila para pekerjanya mogok kerja dalam rangka menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dari 31 Oktober hingga 1 November 2013. Kerugian utama lebih bersifat nonmateri ketimbang materi.

Bambang Heryanto, Kepala Sumber Daya Manusia PT Winner mengatakan, kerugian yang bisa muncul akibat buruh mogok adalah hilangnya kepercayaan klien atau pembeli (buyer) serta investor.

"Itu bisa mencoreng nama kami. Kalau sudah begitu, yang rugi tak hanya kami, tapi juga pekerja sendiri, karena susah mengembalikan kepercayaan buyer," kata Bambang saat dihubungi Warta Kota, Selasa (29/10/2013).

Bambang mengatakan, dampak lainnya adalah keraguan investor untuk masuk ke Indonesia. Jika melihat perusahaan uang dituju buruk pada sistem operasionalnya, maka investor ragu untuk menanamkan modalnya.

"Nanti investor bisa-bisa beralih ke pengusaha di Vietnam, Bangladesh atau Kamboja yang jadi sangingan kami. Itu hal yang enggak terbayang oleh saya bakal bagaimana nantinya," kata dia.

Senada diungkapkan oleh Kepala SDM PT Bangun Busana Maju, Bernard Atitonang. Dia mengatakan, kerugian lebih ke arah penalti dari buyer, misalkan pengiriman terganggu akibat aksi buruh mogok.

"Kami Sabtu ini mau mengirim empat kontainer garmen. Kalau sampai terganggu, kami bisa kena penalti. Bisa juga kamis harus keluar uang lagi untuk mengganti pengiriman paket pesawat, bukan kapal," ujar dia.


Quote:
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan


Diubah oleh sirlordattack
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 06:38
emoticon-Frown makin susah cari kerja
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 06:39
nah loo klo gini siapa yg rugi? emoticon-Mad (S) emoticon-thumbdown




0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 06:40
Semoga menjadi bahan pembelajaran bagi kita sudah semua,
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 06:41
Minggu Ini DeMo .. Bulan depan Naek Gaji , Awal Taon Depan Udah Kaga Kerja ,... Perusahaaan nya Pindah Ke-negara Tetangga emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh sirlordattack
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 06:42
hayo lhoooo, gimana kalo sampe kejadian... emoticon-Hammer2
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 06:45
wah nyari kerja bakalan tambah susah nih
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:06
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:11
gak salah itu 1530 perusahaan emoticon-Matabelo

rugi lho cabut investasi di Indonesia,. emoticon-Big Grin
berapa dana terbuang percuma,.. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:13
iya bener mending import aja gak usah bikin pabrik dimari.. kena phk kan..
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:20
biar ngrasain dah emoticon-Big Grin
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:26
Quote:Original Posted By juragan.nego
gak salah itu 1530 perusahaan emoticon-Matabelo

rugi lho cabut investasi di Indonesia,. emoticon-Big Grin
berapa dana terbuang percuma,.. emoticon-Malu (S)


yang rugi itu karyawannya gan , ngga kerja ( emang klo pesangon bisa tahan berapa bulan klo ngga ada pemasukan ) klo perusahaan nya dengan pindah tempat produksi ke tempat yang lebih stabil mereka rugi cuman 1 - 2 kuartal itu , abis itu normal kembali ....

0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:32
Wah tuh ad tukang sprey sangee tuh hadeh emoticon-Ngakak

----------------------------------

Ya ampun, kurang bersyukur apa tuh buruh di gaji 2.2 tp msh kurang..

Andai aja demonya pas masih di bawah ump, dulu demo buat naik gaji. Di sangka bakal di turutin kale emoticon-Cape d...
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:41
klo ane jadi bos pabrik yg demo ane pecat a.k.a dirumahkan aja, tanpa di kasih pesangon, toh perusahaan udah rugi besar karna g berproduksi. bener ga? kaya di perusahaan tempat kakak ane kerja tu yg pada demo di pecat, buka lowongan seminggu udh penuh lagi tuh posisi.

Pecat aja mereka yg demo, tenang aja masih banyak yg butuh kerjaan terutama anak" SMA dan SMK yg baru lulus yg g bisa lanjutin kuliah kok.
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:48
Sejumlah investor mulai ketar-ketir menyusul demo buruh yang menuntut kenaikan upah minimum provinsi sebesar 50 persen pada 2014 , Klo jadi naek sudah ada perusahaan Lokal yg udah lapor mau tutup

- Bogor ada 68 perusahaan Lokal yang udah lapor ke Kadisnaker mau tutup
- Apindo juga mencatat, di Bekasi ada sekitar 40 pabrik
- di Tangerang jumlahnya sekitar 20 perusahaan

ntue baru daerah jakarta dan sekitarnya belom termasuk di daerah laen dan perusahaan asing , baru lokal ntue emoticon-Matabelo
Diubah oleh sirlordattack
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:53
Tuh yang kemarin bilang buruh adalah segalanya mana??

Yang bilang jepang minta maaf sama buruh mana??


Lha perusahaan jepang aja ganti buruh sama mesin,, impor dari china sama produksi dalam negir harganya masih murahan impor, apalagi kalo udah masuk zona perdagangan bebas...

emoticon-No Hope
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:53
Kalo pada nganggur tar buruhnya demo lagi minta kerjaan
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:54
waduh kalo bener, makin susah nih cari pekerjaan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:56
ya namanya kerja sesuai skill dibayarnya, pekerjaan dan profesi itu beda
jadi wajar aja kalo kerja otot lebih kecil bayarannya daripada kerja otak
UMR itu bukan untuk mensejahterakan, tapi garis aman untuk bisa mencukupi gaya hidup standar
0 0
0
Sering Demo Buruh 1530 Perusahaan Asing Berencana Hengkang dari Indonesia Tahun Depan
30-10-2013 07:57
emank enak..
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia