segisatuAvatar border
TS
segisatu
10 Fakta Titanic Yang Tidak Kamu Ketahui




Spoiler for Gambar !:


Seperti yang sudah kita semua ketahui, kapal Titanic menabrak sebuah bongkahan es di malam hari Minggu, 14 April, 1912 dan tenggelam 2 setengah jam setelahnya. Tapi, apakah kalian tahu tentang 10 fakta Titanic yang akan gue beri tahu ini ?


1. Batal Latihan Penyelamatan

Di cerita aslinya (yang enggak ada di film), konon katanya ada tim latihan kapal penyelamat yang latihan di tempat Titanic karam di waktu yang berdekatan, namun dengan alasan yang tidak diketahui, Kapten Smith membatalkan latihan itu. Banyak orang percaya bahwa kalau tim tersebut melakukan latihan disitu, maka akan lebih banyak nyawa yang selamat.

2. Hitungan Detik

Dari waktu pengintai (orang yang ada di atas kapal pake teropong kerjaannya liat-liat) membunyikan alarm, petugas yang memegang kendali hanya memliki waktu 37 detik untuk bereaksi sampai Titanic menabrak es. Saat petugas Murdoch memberi kode "hard-a-starboard" (maksudnya banting-kiri-sekali), dia jsekaligus memberi kode kepada petugas di ruang mesin untuk membalikkan mesin (di reverse). Kapalnya sih emang jadi condong ke kiri, tapi kurang banting, karena rudder yang dipakai kapal itu berukuran kecil sehingga starboard dengan reverse engine masih belum cukup untuk menghindari bongkahan es tersebut.

3. Koran Titanic

Kapal Titanic benar-benar memiliki semuanya di kapal itu, dan kali ini, koran. Koran yang ada di kapal tersebut berjudul "Atlantic Daily Bulletin", diterbitkan tiap hari khusus untuk kapal tersebut. Koran tersebut berisi berita, iklan-iklan, harga pasar, hasil pacuan kuda, gosip, dan menu makanan hari itu (berarti makanannya beda-beda dong tiap hari). Gua penasaran berapa harga korannya sekarang kalau berhasil ditemukan.

Spoiler for Gambar Lagi !:


4. Perahu Penolong Enggak Kepenuhan

Gak cuma bahwa perahu-perahu tersebut itu gak cukup buat ngangkut semua penumpang Titanic, tapi juga bahwa kebanyakan dari perahu ini gak terisi penuh. Contohnya, perahu pertama yang turun cuma terisi 24 orang, padahal kapasitasnya adalah 65 orang. Tapi, perahu yang penumpangnya paling sedikit adalah perahu 1, yang hanya berisi 7 kru dan 5 penumpang, dengan kapasitas 40 orang. Kacau nih kayaknya.


5. Hanya 2 Kamar Mandi

Biarpun kebanyakan penumpang memang harus berbagi kamar mandi (kecuali 2 kamar promenade di kelas pertama yang punya kamar mandi pribadi), namun penumpang kelas ketiga adalah yang paling parah, dengan hanya 2 kamar mandi untuk berbagi 700 penumpang. Bayangin aja, seharian penuh juga enggak kelar tuh mandi semua.


6. Kapal Lain Juga Ada Didekat Situ

Ketika Titanic mulai mengirimkan sinyal darurat, kapal Carpathia-lah yang menjemput penumpang-penumpangnya menggunakan perahu. Padahal, ada kapal Californian, yang lebih dekat daripada Carpathia, namun respon-nya terlalu lambat sehingga sudah terlambat. Jadi, operator wireless punya Californian itu udah tidur pas lagi ada berita darurat Titanic, jadi mereka baru tau ada kapal karam itu pas besoknya. Kayaknya kalo si operator enggak tidur, bakal banyak banget yang selamat ya.


7. Dua Anjing Selamat

Biarpun ada aturan wanita dan anak-anak dulu yang diselamatkan, dan bahwa tidak ada cukup perahu untuk semua orang, berita bahwa ada 2 anjing selamat cukup membuat kaget. Dari 9 anjing yang ada di Titanic, 2 yang selamat adalah Pomeranian dan Pekinese.


8. Corong Ke-Empat

Gambar Titanic yang sekarang menjadi iconic, menunjukkan 4 corong yang berwarna hitam-krem. Nah, rupanya cuma 3 dari 4 corong ini yang berfungsi, dan corong ke-empat hanyalah variasi. Karena menurut designernya, 4 corong akan terlihat lebih gagah dari 3.

Spoiler for Terus-Terusan Gambar !:



9. Pengirim Surat

Rupanya nama R.M.S Titanic adalah adalah Royal Mail Ship, yang menunjukkan bahwa titanic bertanggung jawab untuk mengirimkan surat-surat untuk kantor pos Inggris. Surat yang ada disitu berjumlah 7 juta lembar, dan tidak ada satupun yang berhasil ditemukan.


10. Jasad Ditemukan

Sebelum para korban Titanic yang selamat dikirim ke New York, kapal Mackay-Bennett dikirim untuk mencari jasad-jasad yang meninggal. Disana, kapal ini menemukan 306 jasad, tapi 116-nya rusak parah sehingga tidak mungkin dibawa kembali dalam keadaan bagus. Lalu kapal bantuan dikirim untuk mengambil yang lain. Dalam keseluruhan, terdapat 328 jasad, dan 119-nya rusak sehingga terpaksa harus dikuburkan di laut.


Artikel ini diterjemahkan oleh Segisatudari artikel bahasa Inggris-nya disini.
Add BBM Segisatu gan 76BEA47A
Blog Segisatu
Twitter Segisatu
Facebook Segisatu
Update information credit goes to muhammadrizal29

Diubah oleh segisatu 01-11-2013 11:41
0
50K
689
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.