bangcoeplayAvatar border
TS
bangcoeplay
13 JENIS BATU-BATU CINCIN SERTA KHASIATNYA
BATU KALIMAYA
Spoiler for KALIMAYA:

batu kalimaya
yang menanyakan tentang Batu Kalimaya dan meminta informasi lebih jauh tentang batu tersebut.

Beberapa literatur telah kami baca mengenai istilah Batu Kalimaya, dan kecenderungan terbesar adalah batu Kalimaya merupakan istilah dalam bahasa Indonesia untuk Batu Opal.

Batu Opal telah dijelaskan secara panjang lebar di artikel sebelumnya, baca: Opal, Gabungan Keindahan Semua Permata, namun ada baiknya menyampaikan beberapa ringkasan mengenai batu ini. Beberapa karakteristik penting yang belum ditampilkan dalam artikel sebelumnya, juga akan dijelaskan dalam artikel ini.

Batu Kalimaya atau Opal merupakan batu permata yang memiliki sifat optik yang sangat unik, menampilkan warna pelangi yang senantiasa berubah tergantung pada sudut pengamatan. Permainan warna pada permata opal disebabkan oleh butiran-butiran halus silica yang tersusun sangat rapi dan berfungsi membelokkan cahaya serta memancarkannya, sehingga menyebabkan warna-warna pelangi bermunculan saat dilihat dari sudut berbeda.

Batu opal merupakan batu yang banyak terdapat di negara Australia, namun di beberapa tempat di Indonesia juga bisa ditemukan batu ini. Batu Kalimaya merupakan salah satu sumber alam andalan bagi daerah Rangkasbitung. Hanya sebagian kecil ada di daerah Garut, itupun kualitasnya masih rendah. Kalimaya Rangkasbitung dinilai hampir sama dengan kualitas Kalimaya dari Australia.

Terdapat beberapa jenis opal/kalimaya yang dikenal masyarakat umum seperti Opal Mulia (Precious Opal), Opal Hitam (Black Opal), Opal Semi Hitam (Semi Black Opal), Opal Putih (White Opal), Opal Hitam Kristal (Black Crystal Opal), Opal Api (Fire Opal), dan sebagainya.

Kegunaan atau manfaat
Spoiler for KALIMAYA:

Mungkin batu kalimaya adalah salah satu batu yang dipercayai mempunyai pengaruh buruk dan pengaruh baik buat si pemakai, selain batu intan. Kepercayaan yang berlawanan ini sering membuat orang bingung manakah yang benar. Salah satu kepercayaan sebagian orang yaitu batu opal tidak baik dan hanya menimbulkan nafsu birahi saja buat si pemilik, membuat pikiran kacau, menggoncangkan urat syaraf. Perempuan yang alim jika memakai batu ini dalam beberapa bulan bisa menjadi perempuan genit dan suka “nakal”. Orang Cina juga menganggap batu ini dapat merusak keharmonisan rumah tangga, dan memberi dampak buruk terhadap kesehatan.
Namun ada juga sebagian orang yang percaya bahwa memiliki batu opal ini dapat membahagiakan pemakai (umumnya bercahaya jika pemiliknya sedang bahagia dan tidak bersinar jika pemiliknya sedang murung), menyembuhkan penyakit mata, lemah zakar atau impotensi, dan meningkatkan daya ingatan. Opal berwarna hitam katanya tidak boleh sembarang orang memilikinya, jika tidak cocok maka batu opal itu akan membawa bencana dan jika cocok maka akan membawa kebahagiaan buat si pemiliknya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan

Batu Kalimaya dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan October dan pemberian di hari peringatan perkimpoian yang ke 14. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu kalimaya dihubungkan dengan zodiac Libra dan Scorpio., atau birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Oktober.


Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com/,
Diubah oleh bangcoeplay 21-09-2013 18:24
0
121.4K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.