Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
9995
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015951571/suzuki-jimny---katana-sanctuary
SELAMAT DATANG PARA PENGGUNA ALL VARIANT JIMNY DAN KATANA Disini kita semua akan berdiskusi hal hal apa saja yang berhubungan dengan Jimny dan Katana :) About Rules 1.NO SARA!:nosara 2.Pergunakan tata bahasa yang baik dan benar..Jangan sampai menyinggung perasaan antar sesama penguni thread ini..damai itu indah:shakehand 3.usahakan jika ingin bertanya jelaskan sejelas mungkin agar apabila ada yang
Lapor Hansip
10-08-2012 21:25

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary

SELAMAT DATANG PARA PENGGUNA ALL VARIANT JIMNY DAN KATANA
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary

Disini kita semua akan berdiskusi hal hal apa saja yang berhubungan dengan Jimny dan Katana emoticon-Smilie
About Rules



Suzuki Jimny
* Manufacturer Suzuki
* Production 1968 to present
* Predecessor HopeStar ON360
* Class Mini SUV
* Body style 2-door Sport utility vehicle 2-door convertible
Sejarah singkat

Suzuki Jimny berawal di tahun 1968. Suzuki membeli mobil bekas Hope Motor Company yang telah menghasilkan 15 kendaraan off-road kecil yang disebut HopeStar ON360. Kemudian pada tahun 1970, mereka membuat Suzuki 4x4 pertamanya. Ini disebut LJ10, dengan mesin 359 cc, two-stroke, in-line two-cylinder engine. Tahun 1972, LJ20 diperkenalkan. Pendingin telah diubah dari udara pendingin ke air pendingin karena peraturan emisi yang baru diberlakukan. Pada tahun 1975, Suzuki melengkapi LJ20 dengan LJ50, yang memiliki 539 cc yang lebih besar, two-stroke, in-line three-cylinder engine dan perbedaan yang lebih besar. Ini awalnya ditargetkan pada pasar Australia.

Jimny8/LJ80 ini merupakan versi update dari LJ50 yang dengan cc 800, four-stroke, in-line four-cylinder engine, diikuti oleh Jimny 1000/SJ410 dan Jimny 1300/SJ413. Versi terbaru dari SJ413 kemudian dikenal dengan nama Samurai dan merupakan Suzuki pertama resmi dipasarkan di Amerika Serikat. Seri dari SJ410 untuk SJ413 dikenal sebagai Sierra di Australia, dan di beberapa pasar.

The New Jimny baru dirilis pada tahun 1998, dan sekarang menyandang nama yang sama di semua pasar. Rilis 1998 menggunakan G13BB mesin EFI, digantikan oleh M13AA mesin EFI tahun 2001 dan M13AA VVT mesin pada tahun 2005, dengan desain ulang pada bagian interior.

Suzuki Jimny yang saat ini sangat digandrungi oleh pecinta jip 4x4 sebagai jip irit, dari hasil sharing dengan kawan2 Jimny lain dan juga bacaan ane di media2 cetak juga online selama ini ..
sebenernya ane udah cari2 ada nemu forum yang ngebahas ini agan2.. judulnya "tentang suzuki Jimny, jip imut dari jepang", tapi maaf ane kira harus coba ngelengkapin aja di thread yang ini, karena kurang lengkap, sekalian menampung info2 dari agan2 lain ttg suzuki Jimny, soalnya thread tersebut udah masuk arsip.. tapi kalo ternyata ada thread yang lain yang udah ada/repost maap ya agan2 .. ane udah cari sebisa mungkin ttg jimny..

Suzuki Jimny tak kalah pamor dengan Kijang yang sukses dalam memasarkan seluruh generasi nya, karena sosok Jimny sanggup memenuhi kebutuhan konsumen di segala medan dengan harga yang ekonomis..

masuk pada produksi pertama nih gan, sebenarnya dulunya dari pabrikan kecil asal Jepang, namanya Hopestar, yang kemudian ngerilis Jip kecil dengan panggilan ON 360, mesinnya berbasis Mitsubishi type ME24 berpendingin udara, namun sayang sekali penjualannya sangat minim, cuma 50 unit aja dalam 1tahun , 20unit aja yang beredar di Jepang dan sisanya di Asia tenggara, mungkin karena faktor dari model yang kurang diminati pada saat itu, karena memang umumnya Jip itu memiliki tampang yang sangar. Singkat cerita pada 1968 pabrikan Suzuki yang didirikan Michio Suzuki itu membeli hak desain dan produksi ON 360 dari Hopestar dan dirombak ulang body luar dalemnya gan, tapi mesin tetep pake aslinya dengan perubahan sedikit yang meningkatkan daya kuda nya dari 21 menjadi 24 dan ga lagi pake bensin campur karena sudah terpisah, oiya masin ini 2tak loh...
Hopestar ON 360

Kemudian Suzuki meneruskan Kesuksesan tersebut denga melakukan Produksi massal pertama pada tahun 1970, spesifikasi mesin yang digunakan sama aja gan..masih tanpa radiator dengan nama "LJ 10 Brute IV". Produk ini sangat laris di amerika gan.. hingga kepopuleran terus menanjak, melahirkan juga "LJ 20" pada tahun 1972 dengan daya kuda yang meningkat menjadi 32dk dengan maximum speed 75km/h dan grille depan jadi vertikal. Akhirnya tahun 1974 di Amerika diberlakukan emisi rendah gan, berbarengan dengan produksi Jimny "LJ 50" yang menaikan kapasitas mesin menjadi 539cc dengan max speed 96km/h dan ban serep pindah ke luar, dan tambahan lampu senja/sein jadi 2lampu satu sisi nya gan.. namun sayang sekali Jimny gak lolos dalam uji emisi .
LJ10 Brute

LJ20

LJ50

Tapi namanya Suzuki tak mau berhenti berinovasi dan riset pun kelar, lahirnya versi 4tak ga ragu2 menyerbu Amerika, pada tahun 1977 mesin baru 4tak, 4silinder segaris, 797cc, SOHC, 41dk mampu menembus 100km/h dengan emisi yang rendah diberi judul "LJ80/ SJ20", kalo dibedain dengan LJ50 grille nya lebih kotak gan.. berjalan produksi dan pemasaran melakukan perbaikan di kaki-kaki dan gear2 untuk penyesuaian jalan tol juga menaikan kapasitas tangki menjadi 40 liter yang sebelumnya 26 liter, kemudian pada tahun 1979 meluncurkan model pintu keras(bukan kanvas) dan tahun 1982 mengeluarkan juga versi lebih besar super Jimny 4WD 1000cc (SJ410), atau yang di Indonesia biasa disebut "jimny cepak" dan muncul juga varian "sierra", hingga tahun 1983 yang dujuluki "jimny Talang" karena atap yang lebih tinggi dari versi cepak. penjualan produk super jimny sangat sukses nih gan dan mesin baru F10A ini memang terbukti tangguh. namun kesuksesan tak lepas dari hambatan masalah, karena wheelbase nya yang sempit dan kaki keras angka kecelakaan di Amerika pada saat itu meningkat, banyak isu2 yang timbul dalam kasus ini, penyewaan stuntman dan dugaan lain menjadi sorotan, tetapi publik sudah terlanjur cinta dengan Zuki yang satu ini.
LJ80

SJ410

Tapi suzuki ga berhenti, karena penggemar sudah terlalu banyak, laihrlah "SJ413" atau yang dijuluki Samurai denga kapasitas mesin lebih besar 1.324cc (sebelumnya 1.298) dengan sumbu lebar untuk menghindari body roll dan tambahan booster rem, kemudian suspensi yang lebih empuk gaaannn dan penambahan gigi 5 juga transfer case yang lebih besar, klimaks kejayaan SJ berbuntut pada lahirnya vitara di tahun 1989 yang menjadi cikal bakal SUV dan nama lain Geo Tracker untuk versi General motor, namun Samurai terus di produksi hingga akhir 1998 sampai lahirnya new Jimny.
Samurai

Geo Tracker/vitara 2 pintu

Tak berhenti berinovasi nih suzuki di varian Jimny gan.. di tahun 1998 lahirlah "JB23" atau yang dipanggil New Jimny, mesin nya jadi gendong 3 silinder aja dengan cc 660.. tapi DOHC 12 katup, Turbo intercooler juga gan, hasilnya 64dk.. kaki2 juga makin maknyoosss dengan per keong independent atau IFS (independent Front suspension), sayang versi ini ga keluar di Indonesia gan.. tapi ane abca2 dan denger2 dari media sih bakalan keluar 2011, cuma yang bakalan duluan keluar dengan versi SUV 4pintu gan,bisa di isi 7penumpang, kira2 masih pantes ga dipanggil "Jimny"gan? hmm kayanya lebih ngjar tren kali ya gan.. baru gossip aja sih
JB23

lain lain nyaaa :
*MG410
* JA12
JA12

*JB32
JB32

Untuk Katana denger2 dari temen sih katanya begini :


lengkapnya bisa di sini om tante sekalian :
sejarah Jimny

emoticon-Big GrinIt's a good little truck emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 375 dari 501
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
21-10-2013 18:31
agan2 penggemar jimkat ada yang dari sidoarjo dan sekitarnya ga?
ane baru pindah di sidoarjo, belom kenal banyak disini. klu sabtu minggu bingung mw nongkrong dimana,
klu ada,,,, bolehh dong ikut nimbrung, dari pada ane dikostan ga ada kerjaan.
emoticon-Request
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
21-10-2013 19:47
Quote:Original Posted By gilangrasta
agan2 penggemar jimkat ada yang dari sidoarjo dan sekitarnya ga?
ane baru pindah di sidoarjo, belom kenal banyak disini. klu sabtu minggu bingung mw nongkrong dimana,
klu ada,,,, bolehh dong ikut nimbrung, dari pada ane dikostan ga ada kerjaan.
emoticon-Request

tiap hari sabtu malam minggu jam 22:00 sampai selesai didepan BRI tower surabaya om. monggo silahkan gabung..
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
21-10-2013 20:13
Quote:Original Posted By bejoman75

tiap hari sabtu malam minggu jam 22:00 sampai selesai didepan BRI tower surabaya om. monggo silahkan gabung..


ada kontak yang bisa dihubungi gan?
tapi tunggangan ane STD pabrik, jadi malu ama yang laen tar, emoticon-Hammer2
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
21-10-2013 21:28
Quote:Original Posted By gilangrasta
ada kontak yang bisa dihubungi gan?
tapi tunggangan ane STD pabrik, jadi malu ama yang laen tar, emoticon-Hammer2

langsung ikut kopdar saja om. banyak yg masih standard om..
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 12:52
pagi td jimkat saya ga mau start...distarter dinamonya nyetart tapi kaya ga nyambung ke mesinnya....kira2 knapa ya dan apa yg harus di cek...
mohon bantuannya suhu suhu disini....trims....
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 15:05
Quote:Original Posted By d_asuki
pagi td jimkat saya ga mau start...distarter dinamonya nyetart tapi kaya ga nyambung ke mesinnya....kira2 knapa ya dan apa yg harus di cek...
mohon bantuannya suhu suhu disini....trims....


hiiii.......serem tuh gan..emoticon-Takut
motor starternya muter tapi ngga nyambung ke mesin??? emoticon-Bingung (S)
mungkin ketika start mesin, di sekitar motor starter terdengar bunyi "krek...." ya? seperti tidak bisa memutar mesin?
Menurut nyubitol, klo kasusnya seperti itu, coba di cek akinya, apakah masih layak pakai atau tidak, trus periksa kondisi konektor2 kabel mulai dari aki sampai motor starter (termasuk kabel massanya juga). Secara periodic kondisi motor starter perlu diperiksa/diservis gan, biar tetap prima.
Demikian, mohon masukan para suhu dimari...
trims...
Diubah oleh opixengineer
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 16:58
Suhu2 sekalian numpang tanya dong.
Katana GX ane cuma ganti ban AT 235/70/15, FG ganti jadi 943
selain itu ga ada yg diganti lagi, masi std pabrik, nah klo pas nanjak2 koq malah ngos2an yah, kadang mesin suka mati. Ini penyakit nya apa yah, FG udh diganti rada low. Apa kudu engine swap sekalian gitu emoticon-Najis (S) ??
Diubah oleh harlequint
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 17:59

Ikutan nampang ah...

Halooo Jimkaters...ikutan nampang ah...

Spek:
Mesin standar (udah overhaul ganti piston, ring, liner --- kembali ke 00)
Karet silikon per daun ganti semua
Engine mounting baru, rotax baru, aki baru 60A, alternator 80A
Setir replika OMP celong 6cm
Power steering, AC, non-audio
Ban Bridgestone Dueler HTS 265/70R15 di velg Feroza SE tapi FG standar...hehehe...agak ngos2an nanjak kalo AC nyala...tapi bensin masi irit..emoticon-Big Grin

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
Rada Kotor

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
Interior Biyasa Ajah

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
Dynamic Duo emoticon-Big Grin --- CB ane ikutan nampang...
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 18:04
Quote:Original Posted By harlequint
Suhu2 sekalian numpang tanya dong.
Katana GX ane cuma ganti ban AT 235/70/15, FG ganti jadi 943
selain itu ga ada yg diganti lagi, masi std pabrik, nah klo pas nanjak2 koq malah ngos2an yah, kadang mesin suka mati. Ini penyakit nya apa yah, FG udh diganti rada low. Apa kudu engine swap sekalian gitu emoticon-Najis (S) ??


Katanya kalo 235/70 jd diamater sekitar 28,1 harusnya dgn FG standar masih bisa. Soalnya ane pake 235/75 FG standar kalo mendaki masih kuat. Cuma ya tetap teriak2 mesin.. Ya mesti alon naiknya..emoticon-Big Grin....
Atau bisa jadi suplai bensin gak maksimal atau pengapian gak rata jd ngos"an gitu...
Skalian mau nanya pengalaman pake ban 235/75 dengan FG 941 dan 841.. Enakan mana.. Soalnya belum pernah coba langsung..
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 19:46
Quote:Original Posted By opixengineer


hiiii.......serem tuh gan..emoticon-Takut
motor starternya muter tapi ngga nyambung ke mesin??? emoticon-Bingung (S)
mungkin ketika start mesin, di sekitar motor starter terdengar bunyi "krek...." ya? seperti tidak bisa memutar mesin?
Menurut nyubitol, klo kasusnya seperti itu, coba di cek akinya, apakahi masih layak pakai atau tidak, trus periksa kondisi konektor2 kabel mulai dari aki sampai motor starter (termasuk kabel massanya juga). Secara periodic kondisi motor starter perlu diperiksa/diservis gan, biar tetap prima.
Demikian, mohon masukan para suhu dimari...
trims...


Kok jd parno saya gan......iya distart sambil nginjek gas msh ga bisa...kaya ga nyambung ke mesin itu nyetartnya....
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 19:53
Quote:Original Posted By d_asuki
Kok jd parno saya gan......iya distart sambil nginjek gas msh ga bisa...kaya ga nyambung ke mesin itu nyetartnya....

gampang...masih banyak yg jual dinamo starter...dimari jg banyak asongan...bentar lagi juga ada..tek..tek..tek...kaya tukang baso...
nyungseb nang blumbang maning aakh
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 22:24
Quote:Original Posted By yousuke_moe
Halooo Jimkaters...ikutan nampang ah...

Spek:
Mesin standar (udah overhaul ganti piston, ring, liner --- kembali ke 00)
Karet silikon per daun ganti semua
Engine mounting baru, rotax baru, aki baru 60A, alternator 80A
Setir replika OMP celong 6cm
Power steering, AC, non-audio
Ban Bridgestone Dueler HTS 265/70R15 di velg Feroza SE tapi FG standar...hehehe...agak ngos2an nanjak kalo AC nyala...tapi bensin masi irit..emoticon-Big Grin

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
Rada Kotor

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
Interior Biyasa Ajah

Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
Dynamic Duo emoticon-Big Grin --- CB ane ikutan nampang...


Bannya lebar bgt, Gan.. Ya jadi berat lah tuh.
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 22:28
Suhu-suhu, ane tadi mau buka kopel depan karna 1 joinnya kocak,
setelah k mau lepas, apa kurang keras ?, ane nyerah empat
baut ane pasaempat baut di dekat gearbox lepas, joinnya di ketok sama
palu tapi tidang lagi,
suhu-suhu ada yang pernah buka kopel-joinnya di buka sendiri,
tolong pencernaanya,
pernah ganti join di bengkel tapi tidak liat, thx.........
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 22:47
Quote:Original Posted By asakah


Katanya kalo 235/70 jd diamater sekitar 28,1 harusnya dgn FG standar masih bisa. Soalnya ane pake 235/75 FG standar kalo mendaki masih kuat. Cuma ya tetap teriak2 mesin.. Ya mesti alon naiknya..emoticon-Big Grin....
Atau bisa jadi suplai bensin gak maksimal atau pengapian gak rata jd ngos"an gitu...
Skalian mau nanya pengalaman pake ban 235/75 dengan FG 941 dan 841.. Enakan mana.. Soalnya belum pernah coba langsung..


Ikutan urun pendapat ya ..kalo pake ban 235/75 pake 9:41 aja enak. Kalo 8:41 terlalu low. Apalagi kalo masih 4 speed.. tambah low. Kecuali pake ban 31, cocoknya pake 8:41. Cuma perlu diperhatikan 9:41 itu punya jangkrik. Kebanyakan limbah lokal. Ati2 aja gan nyarinya. Ane pernah pake 2 bulan, langsung rompal giginya. Mendingan cari 9:43.
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 22:56

Salam kenal

Salam kenal dan ijin bergabung disini untuk tambah2 ilmu pd para suhu..
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
22-10-2013 23:08
Quote:Original Posted By dwiky123


Ikutan urun pendapat ya ..kalo pake ban 235/75 pake 9:41 aja enak. Kalo 8:41 terlalu low. Apalagi kalo masih 4 speed.. tambah low. Kecuali pake ban 31, cocoknya pake 8:41. Cuma perlu diperhatikan 9:41 itu punya jangkrik. Kebanyakan limbah lokal. Ati2 aja gan nyarinya. Ane pernah pake 2 bulan, langsung rompal giginya. Mendingan cari 9:43.


Klo ane ban 235/75 pake 9:43 masi berat n klo nanjak ngos2an + kadang mati mesin. Nah apa kudu upgred jd cdi ama header 4-1? ato ada aspek lain yg harus di cek? Mohon pencerahan nya.
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
23-10-2013 00:16
suhu mau nanya..kalau mau benerin katana bocor waktu hujan itu di bengkel apa yang mau nanganin kira-kira kalau bengkel mesin mau ndak ya servis...katana ane suka netes di area trisula (kopling,rem,gas),kalau dari panggangan sate, karet kaca dah tertutup rapet tapi kalau hujan masih sering trocoh (bocor)...
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
23-10-2013 00:55
Quote:Original Posted By harlequint


Klo ane ban 235/75 pake 9:43 masi berat n klo nanjak ngos2an + kadang mati mesin. Nah apa kudu upgred jd cdi ama header 4-1? ato ada aspek lain yg harus di cek? Mohon pencerahan nya.


Wah..kalo pencerahan..mending langsung ke suhu2 disini aja Gan.. ane sih masih newbie juga.. cuma bedasar pengalaman ane..mestinya jimkat agan tuh udah cukup ideal FGnya. Kalo nanjak masih ngos2an banget, apalagi sampe mati mesin, kayanya bukan karena ratio FG. Soalnya ane pernah pake FG 9:43 + ban 31 di katana 90 5 speed dengan mesin standar & TC standar, masih lumayan kuat nanjak. Tanpa ubah header dan CDI pun mestinya udah cukup kuat buat nanjak gan.. Ane curiga pengapiannya ga sempurna (setelan pengapiannya / na-voor ga pas, ato koil / busi / platina & kerenggangannya +kondensor ga kerja sempurna). Selain itu check juga supply bensinnya Gan..kali aja karburator kotor atau ukuran spuyer kekecilan.

Buat suhu2 disini, mohon dibantu pendapat, sekalian koreksi kalau ane ada yg salah...
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
23-10-2013 01:15
Quote:Original Posted By dwiky123


Ikutan urun pendapat ya ..kalo pake ban 235/75 pake 9:41 aja enak. Kalo 8:41 terlalu low. Apalagi kalo masih 4 speed.. tambah low. Kecuali pake ban 31, cocoknya pake 8:41. Cuma perlu diperhatikan 9:41 itu punya jangkrik. Kebanyakan limbah lokal. Ati2 aja gan nyarinya. Ane pernah pake 2 bulan, langsung rompal giginya. Mendingan cari 9:43.


Makasih masukannya gan.
Iya 941 memang punya jangkrik, makanya masih mikir, jd pasang target antara 941, 943 atau sekalian 841.
Selama ini cuma baca referensi aja belum coba langsung.. Nah kalo 943 apa gak terlalu low ya gan? Sebenarnya FG standar skrg masih kuat gan cm mesinnya kasian, kira2 pengalaman agan speed dapat berapa kalo ban 235/75 dgn FG 943 dan tanjkan pake gigi berapa dan speed berapa? . Oia kondisi mesin OS:50, yang lain full standar.
0 0
0
Suzuki Jimny - Katana Sanctuary
23-10-2013 01:16
Ijin gabung & nyimak gan...
0 0
0
Halaman 375 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia