News
Batal
KATEGORI
link has been copied
858
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50b68b3f8227cfa612000034/3-jebakan-wirausaha
3 Jebakan Wirausaha Takut, ragu, dan mudah menyerah adalah tiga “penyakit” yang berisiko menggagalkan usaha Anda. Banyaknya kisah sukses di balik sepak terjang wirausahawan tak pelak membuat orang tertarik berkecimpung di dalamnya. Akan tetapi, pada kenyataannya memulai usaha memang tak semudah membalikan telapak tangan. Banyak faktor yang menuntut pelakunya pantang menyerah dalam memasarkan b
Lapor Hansip
29-11-2012 05:07

3 Jebakan Wirausaha

Quote:
3 Jebakan Wirausaha

3 Jebakan Wirausaha


jebakan


Quote:
Quote:Menghindari Pesaing


Quote:Memilih produk untuk bisnis membutuhkan begitu banyak perhitungan. Sebelum Anda memutuskan jenis barang atau jasa yang akan ditekuni, ketahui terlebih dahulu atmosfer bisnis dari masing-masing produk.

“Kecenderungan pemula dalam memilih bidang usaha biasanya mencari lahan yang tidak ada kompetitor. Mereka mencari aman dan terjebak di penjualan barang atau jasa yang tidak dibutuhkan pasar dalam jumlah besar,” ujar penulis buku Start Up Bussines Wizard ini. Laksita menambahkan, dengan memilih produk yang tidak dibutuhkan pasar dalam jumlah banyak, berarti waktu yang diperlukan untuk mengembangkan usaha semakin panjang.

Memilih produk memang cukup rumit. Di satu sisi, berbisnis dalam bidang yang langka membuat hati tenang karena minimnya pesaing. Namun di sisi lain, pebisnis membutuhkan kesabaran karena produk yang dijual bukan barang primer masyarakat. Sementara ketika memilih produk yang dibutuhkan pasar dalam jumlah yang banyak, “Produk yang memiliki peluang bagus untuk dijual pasti memang ramai akan persaingan, namun permintaan masyarakat pun sudah jelas ada,” tambahnya.

Contoh, Anda ingin membuat usaha di wilayah dekat kampus yang ramai akan mahasiswa. Toko alat tulis serta aneka jenis makanan tentu sudah marak, namun target pemasaran sudah jelas karena Anda menjual barang yang selalu mereka butuhkan. Berbeda jika Anda memutuskan membuka pet shop . Meskipun hanya satu-satunya di wilayah itu, namun gairah konsumsi terhadap produk tersebut terbatas pada golongan tertentu serta intensitasnya tidak terlalu tinggi.



Quote:
Quote:Mudah Merasa Puas

Quote:Ketika seseorang sudah memilih bidang yang akan ia tekuni, selanjutnya ia mencari cara agar produk yang ia jual mampu mencuri hati konsumen. “Ingat, pasar selalu mencari yang terbaik. Maka pebisnis harus memiliki keunggulan bersaing,” kata Laksita.

Keunggulan kompetitif ini, biasanya luput dari pebisnis yang hanya memusatkan perhatian kepada usahanya, tanpa ikut memperhatikan geliat bisnis lain yang ada di sekitarnya. Maka, kesalahan kedua pebisnis adalah mudah merasa puas dengan pencapaiannya sehingga tidak memiliki keunggulan kompetitif yang membuat pelanggan kembali mengonsumsi barang yang ditawarkan. Pasalnya seperti prinsip ekonomi, masyarakat akan memilih mengeluarkan uang sekecil-kecilnya untuk manfaat yang sebesar-besarnya.

Maka untuk mendapatkan konsumen tetap, ada beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam berbisnis. Unsur tersebut meliputi product , price , place , promotion , dan people , yang lebih baik dibandingkan tempat lain. “Kita harus memiliki produk yang lebih baik. Dilihat dari penyajian, bahan baku, ataupun keunikannya. Akan lebih baik jika kita mengembangkan apa yang sudah banyak di pasaran,” ujar Laksita.

Laksita juga menjabarkan bahwa masalah harga (price ) pun harus kompetitif. Dengan produk yang lebih unggul, kita harus mencermati sehingga harga yang ditetapkan sesuai dengan produk yang kita tawarkan.

Sementara dari segi tempat (place ), yang perlu diperhatikan bukan hanya memilih tempat strategis yang dilewati banyak calon pembeli, tapi juga bagaimana wirausahawan memperhatikan konsep ruang bisnis yang unik dan membuat nyaman konsumen.

“Bagaimana melakukan promosi yang baik? Kuncinya adalah membuat calon pembeli menjadi pembeli, dan dia yang sudah membeli menjadi langganan bahkan memberi tahu teman-temannya untuk datang,” ujar Laksita. Ingat, pelanggan yang puas, dapat menjadi aset promosi terbaik untuk usaha Anda.

Terakhir adalah better people . Inti dari poin ini adalah bagaimana memperbaiki jasa pelayanan yang dapat membuat konsumen puas dan nyaman. “Karena apabila keempat unsur tadi sudah bagus tapi pelayanannya tidak memuaskan, bisa-bisa pembeli tidak ingin kembali lagi,” tukas Laksita. Untuk hal-hal tersebut, sudah sepatutnya pebisnis tidak merasa cepat puas agar terus ada keinginan untuk mengembangkan dan membuka bisnisnya lebih baik.


Quote:
Quote:Tidak Gigih


Quote:Jika hal-hal yang penting dilakukan dalam bisnis sudah dilaksanakan namun usaha Anda tak kunjung menunjukkan pertumbuhan, Laksita mengatakan, bisa jadi kesalahannya ada pada kegigihan Anda. “Jebakan yang ketiga adalah jika kita merasa semua yang kita lakukan cukup dan tidak perlu massive action ,” pungkasnya.

Ia mengatakan, banyak pebisnis yang sekadar ingin memiliki usaha namun tidak memiliki niat untuk mengembangkannya. “Indikator sukses itu high sales . Jika usaha tak kunjung berkembang, penjualan atau permintaan dari konsumen tidak kunjung tinggi, padahal Anda sudah menawarkan produk, harga, tempat, dan faktor lain yang bagus, berarti Anda kurang ngotot dalam usaha,” tambahnya. Pasalnya, ia menambahkan, pebisnis tidak bisa setengah-setengah. Jiwa bisnis dan keinginan untuk sukses, harus ditanamkan penuh dalam diri sebelum memulai usaha.


emoticon-shakehandlanjut di bawah gan emoticon-shakehand
Diubah oleh lamberianto.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 32 dari 44
3 Jebakan Wirausaha
21-09-2013 02:16
hindari jebakan wirausahanya emoticon-Ngacir
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
23-09-2013 06:07
Tread yang sangat berguna sekali bagi wirausaha baru, seperti ane ini smakin bertambah ilmunya hehee
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
23-09-2013 10:24
Tidak gigih -> ini yang menurut saya penyebab utama kegagalan.. Percuma kalo kita usaha kalo kita tidak gigih. Tidak akan berkembanglah usaha kita, bahkan akan bangkrut
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
23-09-2013 22:23
ijin ninggalin jejak gan
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
28-09-2013 23:52
numpang bukmak gan emoticon-Toast
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
29-09-2013 05:39
Wah, bener gan, stuju bgt ma apa yg ditulis TS..
Ane do'ain agan2 di sini yg udah brani mulai usaha smoga sukses semuanya gan..
Diubah oleh privater
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
29-09-2013 13:03
weh mantep gan layak dicoba ni
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
29-09-2013 23:55
Makasih gan buat infonya!
Mudah-mudahan berguna
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
30-09-2013 17:02
nice info gan, mantappppp
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
06-10-2013 09:07
mantab gan, thread d marketing kebanyakan pada jualan . jarang ada share ilmu kyak thread agan
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
12-10-2013 15:17
SUGOI!!! bookmark dulu ah...

thx infonya gan.

jadi akar kegagalan itu = malas + takut + mudah menyerah

jebakan wirausaha = takut bersaing + cepat puas + tidak gigih
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
12-10-2013 16:48

Kalo usaha mah gan Resiko tetep ada walaupun itu dipikirkan dengan matang...

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
18-10-2013 16:20
Quote:Original Posted By chungeman
emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)


kalau begitu aku tidak akan khawatir lagi gan
dengan namanya resiko emoticon-Ngacir2
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
18-10-2013 16:56
Quote:Original Posted By lamberianto.
Siklus Pertumbuhan Usaha

Laksita memaparkan lima siklus yang dapat Anda terapkan kepada konsumen untuk membantu pertumbuhan bisnis.

1 Menarik seseorang menjadi pembeli baru.

2 Jika pembeli sudah datang, usahakan agar dia bisa menjadi pelanggan yang dapat memberikan keunggulan-kenggulan kompetitif yang Anda miliki. Ciptakan juga keakraban dengan pelanggan.

3 Jika pelanggan sudah datang untuk kedua kalinya, buat dia datang lebih sering lagi. “Hal ini bisa dibuat dengan voucher penawaran. Misalnya jika pembelian mencapai sekian, pembeli mendapat voucher yang dapat digunakan jika ia kembali lagi,” papar Laksita.

4 Setiap belanja, buat jumlah belanjaan pelanggan bertambah lebih banyak. Salah satu caranya, promosi berupa menggandakan belanjaan pelanggan. Misalnya, beberapa produk Anda bisa dibeli dengan keuntungan membeli dua tapi bisa mendapatkan tiga barang. Bisa juga berupa diskon jika konsumen membeli lebih dari dua buah barang.

5 Terakhir, buat teman yang sudah merasa puas dengan usaha Anda mengajak temannya. “Telah terbukti bahwa referral itu jauh lebih berpengaruh daripada iklan atau selebaran di jalan. Karena teman yang memberikan rekomendasi itu dinilai jujur dan objektif, bukan bagian dari promosi pemilik usaha,” ujar Laksita.



Nice info..!!!

0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
19-10-2013 21:17
Satu lagi gan, kurang cekatan
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
20-10-2013 18:57
mantap gan, motivasi
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
11-11-2013 01:53
Quote:Original Posted By robierabit
Satu lagi gan, kurang cekatan


mungkin juga aku kurang cekatan emoticon-Cape d...
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
11-11-2013 09:02
bagus nih...
" sering lupa kalo gigih itu susye gan"
kebanyakan yang no.3 ga filakuin tuh, buat nahan si pelanggan biar betah sama produk kita..
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
12-11-2013 02:43
Quote:Original Posted By cbuzbastian
bagus nih...
" sering lupa kalo gigih itu susye gan"
kebanyakan yang no.3 ga filakuin tuh, buat nahan si pelanggan biar betah sama produk kita..


aku kadang terjebak juga gan emoticon-Embarrassment
0 0
0
3 Jebakan Wirausaha
21-11-2013 03:34
ada baiknya kita hindari jebakan wirausaha ini gan emoticon-Ngacir
0 0
0
Halaman 32 dari 44
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia