officiallubisidAvatar border
TS
officiallubisid
Warga muslim Pakistan buat rantai manusia lindungi gereja
Ane Kaga Tau Ini Sara Apa Bukan !! Jadi Soryy ya Gan !

Spoiler for :


Merdeka.com - Sekitar 200 sampai 300 orang saling berpegangan tangan membentuk rantai manusia di luar Gereja Santo Anthony di Kota Lahore, Pakistan, untuk menunjukkan rasa solidaritas mereka kepada para korban serangan bom bunuh diri di Gereja All Saints di Kota Peshawar dua pekan lalu, yang mengakibatkan lebih dari seratus orang meninggal. Serangan dua bom bunuh diri di Gereja All Saints itu terjadi usai Misa Minggu, dan diyakini sebagai serangan paling mematikan terhadap warga Kristen di Pakistan.

Sambil berdiri di halaman kecil Gereja Santo Anthony, Mufti Muhammad Farooq menyampaikan khotbahnya dengan mengutip beberapa ayat suci Alquran yang mengajarkan sikap toleransi dan hormat terhadap mereka yang berkeyakinan lain. Pendeta Nasir Gulfam terlihat berdiri di samping dia setelah memberikan pelayanan kebaktian di dalam gereja selama dua jam, seperti dilansir surat kabar the Express Tribune, Senin (7/10).

Kedua pemuka agama itu berdiri dan saling merangkul bahu mereka masing-masing serta bergandengan tangan sebagai bagian dari rantai manusia yang dibentuk di luar gereja. Tindakan itu tidak hanya ditujukan sebagai rasa solidaritas, tetapi juga untuk mengirim pesan, 'Satu Bangsa, Satu Darah'.

Sebagai bagian dari upaya untuk membuat lebih peka kepada masyarakat luas, langkah membuat rantai manusia ini menjadi acara kedua setelah tindakan serupa juga diselenggarakan di Kota Karachi pada pekan lalu di luar Katedral Santo Patrick yang diprakarsai oleh sebuah organisasi menamakan diri mereka 'Pakistan Untuk Semua', yakni sebuah perkumpulan warga yang prihatin atas meningkatnya serangan terhadap kaum minoritas.

"Para teroris telah menunjukkan kepada kita apa yang mereka lakukan pada hari Minggu. Dan di sini kita menunjukkan kepada mereka apa yang kita lakukan pada hari Minggu. Kita bersatu," kata Muhammad Jibran Nasir, penyelenggara yang juga menyerukan acara itu di media sosial.

Nasir, yang datang dari Karachi, untuk membentuk rantai manusia beserta kelompoknya, telah bekerja untuk mendukung kebutuhan bagi kerukunan antar umat beragama.

"Saya tidak melihat adanya alasan mengapa politisi kita dan para pemimpin kita tidak datang dari rumah mereka, meninggalkan rumah-rumah mewah mereka yang aman dan berdiri dalam solidaritas sebagai sesama manusia," ujar Nasir.

Mariam Tariq, yang menghadiri kebaktian dengan putrinya, turut bergabung dalam rantai manusia. "Kami telah kehilangan begitu banyak orang yang kita kasihi selama beberapa tahun ini," ujar dia sambil meneteskan air mata.
0
3.6K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.