Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
93
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e854ca1fd7192f7a000002/cool-petualangan-alam-liar-ala-afrika-di-baluran
malem gans.. pas mau tidur ane nemu artikel bagus ni di web berita. eh menarik, langsung posting dah :D cekidot : Tak perlu jauh ke Afrika untuk merasakan bagaimana berada di tengah savana yang penuh dengan hewan liar. Cukup datang ke Situbondo, Jawa Timur dan rasakan petualangan safari ala Taman Nasional Baluran yang sungguh eksotis. Taman Nasional (TN) Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, Ja
Lapor Hansip
05-01-2013 23:28

[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran

malem gans..
pas mau tidur ane nemu artikel bagus ni di web berita.
eh menarik, langsung posting dah emoticon-Big Grin

cekidot :
Quote:
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran

Quote:Tak perlu jauh ke Afrika untuk merasakan bagaimana berada di tengah savana yang penuh dengan hewan liar. Cukup datang ke Situbondo, Jawa Timur dan rasakan petualangan safari ala Taman Nasional Baluran yang sungguh eksotis.

Taman Nasional (TN) Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Yang terkenal di TN Baluran adalah Pantai Bama dengan keindahan sunrisenya. Juga terumbu karang.

Di sana terdapat wisata snorkeling, diving dan naik perahu yang ada fasilitas kaca untuk melihat terumbu karang dan ikan - ikan di dasar laut. Di sini kita juga bisa menjumpai kawanan monyet liar dan elang Laut.

TN Baluran juga memiliki padang savana yang menjadi kawasan tinggal kawanan rusa, banteng, dan berbagai jenis burung. Selain hidup liar, ada juga hewan yang ditangkar antara lain burung merak dan banteng.


Quote:
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran


Quote:Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.

Tumbuhan yang ada di taman nasional ini sebanyak 444 jenis, diantaranya terdapat tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadirachta indica), dan pilang (Acacia leucophloea). Widoro bukol, mimba, dan pilang merupakan tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering (masih kelihatan hijau), walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mengering.
Tumbuhan yang lain seperti asam (Tamarindus indica), gadung (Dioscorea hispida), kemiri (Aleurites moluccana), gebang (Corypha utan), api-api (Avicennia sp.), kendal (Cordia obliqua), manting (Syzygium polyanthum), dan kepuh (Sterculia foetida).

Terdapat 26 jenis mamalia diantaranya banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), ajag (Cuon alpinus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus pelandoc), dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus).

Satwa banteng merupakan maskot/ciri khas dari Taman Nasional Baluran.

Selain itu, terdapat sekitar 155 jenis burung diantaranya termasuk yang langka seperti layang-layang api (Hirundo rustica), tuwuk/tuwur asia (Eudynamys scolopacea), burung merak (Pavo muticus), ayam hutan merah (Gallus gallus), kangkareng (Anthracoceros convecus), rangkong (Buceros rhinoceros), dan bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus).

Pada Hm. 80 Batangan – Bekol , terdapat sumur tua yang menjadi legenda masyarakat sekitar. Legenda tersebut menceritakan bahwa kota Banyuwangi, Bali dan Baluran sama-sama menggali sumur. Apabila, sumur di masing-masing kota tersebut lebih dahulu mengeluarkan air dan mengibarkan bendera, berarti kota tersebut akan merupakan sentral keramaian/ kebudayaan.

Quote:Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:
Batangan. Melihat peninggalan sejarah/situs berupa goa Jepang, makam putra Maulana Malik Ibrahim, atraksi tarian burung merak pada musim kimpoi antara bulan Oktober/November dan berkemah. Fasilitas: pusat informasi dan bumi perkemahan.
Bekol dan Semiang. Pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, burung.
Fasilitas yang ada: wisma peneliti, wisma tamu, menara pandang.
Bama, Balanan, Bilik. Wisata bahari, memancing, menyelam/snorkeling, dan perkelahian antara rusa jantan pada bulan Juli/Agustus; dan sekawanan kera abu-abu yang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.
Manting, Air Kacip. Sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, habitat macan tutul.
Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo. Bersampan di laut yang tenang, melihat berbagai jenis ikan hias, pengamatan burung migran.
Curah Tangis. Kegiatan panjat tebing setinggi 10-30 meter, dengan kemiringan sampai 85%.
Candi Bang, Labuan Merak, Kramat. Wisata budaya.

Musim kunjungan terbaik: bulan Maret s/d Agustus setiap tahunnya.

Cara pencapaian lokasi: Banyuwangi-Batangan dengan jarak 35 km, yang dilanjutkan ke Bekol dengan waktu 45 menit (12 km) atau Situbondo-Batangan dengan jarak 60 km menggunakan mobil.


Quote:
Pemandangan Savana

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika


Quote:
Pemandangan Laut

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika

Ala Afrika


Ala Afrika


[URL="http://travel.detik..com/readfoto/2012/11/06/061959/2082529/1026/petualangan-alam-liar-ala-afrika-di-baluran?v33031381"]SUMUR BOR[/URL]



Komen TS :
g bisa berkata-kata gan.. emoticon-Matabelo
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Trit ane yg lain
Quote:
15 Fakta Unik & Menarik Tentang Nuu Waar (Papua)
Bangunan-bangunan Paling Bersejarah di Kota Bandung
[Fenomena Tahunan] Migrasi 2.581 Ekor Burung Layang-layang Asia di Bandung
Batik Ondel-ondel Bakal Jadi Tren 2013
Uniknya Desa Madobak, Ugai, dan Matotonan
[WOW!!] Photograpy Penipu Mata - No Soto
Mobil Truk Remot Kontrol Terbesar di Dunia
Iklan GO GREEN pada Selembar Daun
Lukisan Keren Menggunakan Bulu Burung
Singkatan Nama Jalan Tol di Indonesia
Patung Pasir Guede yang Bikin Kita Bilang WOW!!
[Back to Nature] Menyingkap Kearifan Lokal Kampung Naga
Diubah oleh kangunjan
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
23-02-2013 23:32
emng skilas kek di afrika ya
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
24-02-2013 00:00
wah mantap gan. emoticon-Matabelo
padhal ane daerah situbondo, malah belum pernah nyoba kesana gan. jadi pengen. ke pantai bama n baluran.
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
28-02-2013 16:13
indah banget pantainya emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
28-02-2013 16:18
keren..skali2 boleh kesono
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
07-03-2013 14:49
fauna nya keren2 gan
emoticon-Matabelo
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
07-03-2013 14:56
wah, klo bener nih di jawa, kayaknya harus ane kunjungi kesana emoticon-Matabelo
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
27-03-2013 10:38
mantaap gan... .
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
27-03-2013 10:40
keren2 nih gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
01-04-2013 17:58
wuiih..mantab gan...baru tau nih disana ada yg keren kaya gitu
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
01-04-2013 18:00
pengen sih emoticon-Traveller kaya gitu
cuman fisik ane udah ga kuat semenjak sakit selama 6 bulan waktu itu
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
03-04-2013 11:57
nice share gan, sangat bermanfaat emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
08-04-2013 00:25
emoticon-Matabelo
gilaaa keren bangett gan emang baluran.. emoticon-2 Jempol

yang pengen di baluran cek di mari aja
Paket Wisata Baluran, Kawah Ijen, Alas Purwo
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
28-05-2013 11:28
Amazing....
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
02-10-2013 12:25
Wow pengen banget kesana gan
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
02-10-2013 12:44
wah bagus sekali gan,
jadi ingin kesana gan
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
02-10-2013 12:45
Tempatnya para binatang gan , its so beautiful
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
02-10-2013 12:52
keren gan emoticon-Matabelo
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
02-10-2013 13:54
mantaf tuh gan emoticon-I Love Indonesia (S)



[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
17-10-2013 23:30
sepertinya seru ya gan
melakukan petualangan ala afrika nya emoticon-Traveller
0 0
0
[CoOl] Petualangan Alam Liar Ala Afrika di Baluran
17-10-2013 23:32
Quote:Original Posted By 1akatsuki3
wah bagus sekali gan,
jadi ingin kesana gan


aku juga tertarik dengan keindahan tempatnya gan
yuk kita sama sama berpetualang kesana emoticon-Traveller emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia