• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Melawai, Lokasi Legenda Anak Nongkrong Jakarta Tahun 80 s/d awal 90an

davinofAvatar border
TS
davinof
Melawai, Lokasi Legenda Anak Nongkrong Jakarta Tahun 80 s/d awal 90an
Quote:



Quote:



Quote:


Melawai sebuah lokasi yang berada di Kecamatan Keb. Baru, Jakarta Selatan, ini menyimpan banyak kenangan bagi remaja dan anak nongkrong era tahun 80an. Dimana pada saat itu di beberapa ruas jalan dan titik di wilayah Melawai banyak dijadikan lokasi anak nongkrong Jakarta.
Spoiler for :


"Mejeng" dan "JJS" (Jalan - Jalan Sore) adalah sebuah istilah beken yang populer di kalangan anak anak muda Jakarta saat itu. Mejeng merupakan salah satu cara anak anak gaul era tahun 80an untuk mengekspresikan sesuatu hal yang baru dan up to date. Termasuk ajang saling tebar pesona dan "pameran". Mulai dari pamer mobil wah di jamannya, trend fashion, musik, dan lain lain.
Spoiler for :


Quote:


Hal lain yang tidak kalah menariknya dari situasi Melawai saat itu adalah, sepatu roda dan tari kejang atau biasa dikenal dengan istilah Break dance. Siapapun anak muda yang mengalami masa masa pergaulan tahun 80an pasti pernah melihat atau memainkan yang namanya Breakdance. Dan salah satu radio yang mempopulerkan break dance saat itu adalah radio Prambors.


Hanya dengan modal matras bisa berupa karpet, tikar, atau hanya sekedar koran bekas yang digelar di pinggiran jalan. Maka aksi adu breakdance pun siap dilakukan.


Bicara sepatu roda, ane masih ingat betul, ketika sepatu roda saat itu menjadi trend gaul anak muda era tahun 80an. Sampe sampe ada satu tempat di sekitaran Blok M yang menyediakan arena clubbing dengan sepatu roda. Namanya Lipstik dan Happy Day. Meski sekarang Lipstick sudah beralih fungsi menjadi tempat bermain bilyard.
Spoiler for :


Meskipun pada saat itu di daerah Blok M dan sekitarnya sudah banyak diskotik, kafe, dan juga beberapa club malam. Buat ane, hal yang berkesan saat itu adalah situasi dan orientasi gaul anak muda yang dari kalangan atas atau mapan ternyata lebih memilih warung - warung kopi yang menjual roti dan pisang bakar. Sebagian lainnya banyak juga yang hanya sekedar nongkrong di trotoar jalanan sambil menggelar matras untuk adu break dance.

Di Jalan Melawai dan Blok M, anak anak muda dari berbagai macam kalangan semua berbaur menjadi satu. Ane sendiri yang merasakan, pada saat itu disana tidak ada yang namanya istilah "Gue anak orang kaya", "Gue anak kolong", atau "Lu orang orang susah dan kampungan".



Spoiler for :






Quote:









Diubah oleh davinof 14-10-2013 13:54
nona212
nona212 memberi reputasi
1
127.8K
1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.