rumcandiAvatar border
TS
rumcandi
[Riddle Game] Balada Teknisi Pelupa
Seorang pak tua pengelola gedung bertingkat mengantarkan aku ke lantai dasar, kulihat disana ada panel listrik dengan saklar induk dan lampu pilot yang terjajar rapi. Kulihat hanya dua lampu pilot yang menyala, yang warna kuning dan merah, padahal hanya saklar induk keempat dan kelima yang dalam kondisi off.

Pak tua pengelola gedung itu kemudian menjelaskan kepadaku panjang lebar
Spoiler for Credit to:


Kemudian aku switch-on semua saklar induk. "Hmm…yang hijau yang menyala, sementara masih dua lampu pilot yang padam" gumamku. Pak tua itu tersenyum, rupanya dia mendengar gumamku dan tak lama kemudian mohon diri akan naik ke lantai atas. "Baiklah pak…saya juga akan mengambil peralatanku yang tertinggal di motor" ujarku kepada pak tua itu.

Sesampainya di depan gedung aku malah terperangah, "Mana motorku?" aku setengah berteriak. Oh iya tadi kupijamkan kepada yang ngaku keamanan sini, kutepok jidat. "Tapi yang minjem tadi satpam apa preman ya?" betapa ceroboh dan pelupanya aku. Segera kucari pak tua ke setiap lantai.

Meskipun semua ruangan terang benderang tapi tak kutemukan pak tua. Ketika aku hendak menuju ke lantai teratas, kami berpapasan di tangga, maka kuceritakan apa yang terjadi dengan peralatan dan motorku. Pak tua itu tersenyum lagi, ia memang orang yang ramah dan sabar, sebelumnya dia meminta maaf telah membuatku repot mencarinya. Dia menjelaskan kalo tadi setelah melihat panel di lantai dasar ia menuju ke lantai lima untuk menyalakan lampu ruangan, dan yang minjem motor itu adalah keponakannya yang jadi penjaga gedung ini. Memang dia yang nyuruh untuk beli bohlamp lampu pilot yang terbakar.

"Sambil menunggu alat-alat adek, saya yakin adek bisa memecahkan teka-teki koneksi serial ini dengan mudah, mari ikuti saya" ujarnya sembari meswitch-off saklar anak di ruangan ini. Lalu kami turun satu lantai, pak tua kembali menswitch-off saklar anak di ruangan ini. Di lantai 2 dan lantai 1 saklar anak tidak disentuhnya, setelah itu kami menuju ke lantai dasar.

Di lantai dasar kulihat panel listiknya, sekarang lampu pilot yang padam ada tiga: merah, hijau dan jingga.Salah satu lampu pilot yang tadi padam sekarang nyala, biru warnanya, tapi bukan yang paling kanan. Lampu pilot yang tengah dan yang paling kanan tetap pada kondisi sebelumnya, warnanya hampir mirip. Lampu kedua dari kanan berubah status. Yang paling kiri sekarang padam.

"Sekarang tugas adek memecahkan teka-teki ini" pak tua terkekeh. "Baiklah pak, saya terima permainannya, tapi ijinkan saya menswitch saklar-saklarnya" aku mengajukan syarat. Pak tua itu mengamati panel listrik itu, sejurus kemudian dia berkata "Boleh, tapi hanya tiga kali kesempatan switch dan bapak ngikutin, gimana dek?" Aku mengangguk pelan sambil berpikir keras, mencoba mengingat dari awal.

Kesempatan pertama kugunakan untuk menswitch-off satu saklar induk, yaitu yang lampu pilotnya berwarna kuning. Sekarang lampu pilot yang menyala justru cuman satu, yakni pada urutan kedua. Kemudian aku naik ke lantai dua bersama pak tua, lampu ruangannya padam. Berbeda dengan lantai sebelumnya, padahal kedua saklar anak tak kusentuh sama sekali. Kulanjutkan ke lantai tiga, gelap sekali disini, maka saklar anak ku switch-on, habis gelap terbitlah terang. Masih sisa satu kesempatan, tapi rupanya pak tua sudah kelelahan naik turun tangga. Ia berkata "Sudahlah dek bapak lelah, kalo mau naik lanjutin sendiri ya". "Kalau begitu kita kembali turun ke lantai dasar aja pak" kataku.

Selanjutnya kami turun menuju lantai dasar. Ketika di lantai satu, kesempatan terakhir kugunakan. Kejadiannya berkebalikan dengan dua lantai di atasnya. Sesampainya di lantai dasar kembali kuamati panel listriknya. Sekarang lampu pilot yang menyala ada dua, keduanya diapit lampu yang padam.

Sialnya, aku benar-benar lupa urutan kejadiannya. Rasanya bakal kalah dari permainan pak tua yang sudah hafal betul urutan koneksinya.

Pertanyaan:
1. Bagaimana urutan posisi terakhir masing-masing saklar anak di setiap lantai (on/off)
2. Bagaimana urutan nyala lampu ruangan di setiap lantai (nyala/padam)
3. Bagaimana urutan posisi masing-masing saklar induk (on/off)
4. Bagaimana urutan nyala lampu pilot di panel listrik (nyala/padam)
5. Bagaimana urutan warna lampu pilot?
6. Lampu pilot warna apa yang terbakar?
7. The most important question: Tentukan hubungan serial antara saklar induk dan saklar anak.


Tolong dibantu yaa…prok prok prok
0
2.8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Can You Solve This Game?
Can You Solve This Game?
icon
2.9KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.