News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2201
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52429ac0a4cb177250000007/pasangan-hidup-serumah-tanpa-ikatan-perkawinan-boleh-gak-sih
Halo Agan-aganwati! :Yb Disadari atau ngga, jaman sekarang terjadi pergeseran nilai budaya dan agama di masyarakat. Contohnya adalah perilaku seks bebas yang dilakukan laki-laki dan perempuan yang tinggal bersama tanpa ikatan perkimpoian. Perilaku ini dianggap tabu dan gak sesuai dengan moral yang dianut oleh bangsa Indonesia. Hal lain yang meresahkan akibat perilaku tersebut adalah jika pasangan
Lapor Hansip
25-09-2013 15:11

Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Pernikahan, Boleh Gak Sih?

Halo Agan-aganwati! emoticon-Blue Guy Peace

Disadari atau ngga, jaman sekarang terjadi pergeseran nilai budaya dan agama di masyarakat. Contohnya adalah perilaku seks bebas yang dilakukan laki-laki dan perempuan yang tinggal bersama tanpa ikatan perkimpoian. Perilaku ini dianggap tabu dan gak sesuai dengan moral yang dianut oleh bangsa Indonesia.

Hal lain yang meresahkan akibat perilaku tersebut adalah jika pasangan tersebut tinggal di sekitar rumah kita hingga membuat geram masyarakat dan mengusir pasangan itu. emoticon-Cape d... (S)

Sebenarnya ada gak sih aturan hukum yang memuat sanksi bagi pasangan tanpa ikatan perkimpoian yang tinggal bersama itu? Bagaimana pula hukum adat memandang fenomena seperti ini? Nah di Klinik Hukumonline pernah ada yang nanya tentang ini, Gan. Yuk kita cekidot penjelasannya berikut ini:emoticon-Jempol

Quote:
Hukum Hidup Bersama Sebagai Suami-Istri Tanpa Ikatan Perkimpoian


Quote:Pertanyaan:
Dua orang yang saling mencintai dan sudah sama-sama dewasa yang keduanya masing-masing tidak terikat oleh perkimpoian resmi, dapatkah dituntut secara hukum? Dan apakah tindakan warga setempat yang mencoba men-sweeping dan mengusir itu dapat dibenarkan secara hukum? Atau justru dapat dituntut balik? Karena mengingat ini adalah privasi dan hak asasi masing-masing individu? Terima kasih.


Quote:Jawaban:
Pada dasarnya, tidak ada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia saat ini yang melarang pasangan pria-wanita yang sudah dewasa dan masing-masing tidak terikat perkimpoian resmi, hidup bersama tanpa ikatan perkimpoian.

Perlu diketahui bahwa yang disebut dewasa adalah mereka yang bukan termasuk sebagai anak. Berdasarkan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Quote:Mengenai tindakan warga setempat yang hendak men-sweeping dan mengusir pasangan tersebut, maka mereka dapat dituntut berdasarkan Pasal 335 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, yang berbunyi:

Pasal 335 ayat (1) ke-1 KUHP


R. Soesilo dalam bukunya yang berjudul Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Serta Komentar-Komentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal, terkait pasal ini, mengatakan bahwa yang harus dibuktikan dalam pasal ini adalah:
1. Bahwa ada orang yang dengan melawan hak dipaksa untuk melakukan sesuatu, tidak melakukan sesuatu, atau membiarkan sesuatu;
2. Paksaan itu dilakukan dengan memakai kekerasan, suatu perbuatan lain atau suatu perbuatan yang tidak menyenangkan, ataupun ancaman kekerasan, ancaman perbuatan lain, atau ancaman perbuatan yang tidak menyenangkan, baik terhadap orang itu, maupun terhadap orang lain.

Lebih lanjut, R. Soesilo menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “memaksa” adalah menyuruh orang melakukan sesuatu sedemikian rupa, sehingga orang itu melakukan sesuatu berlawanan dengan kehendak sendiri.


Quote:Dalam hal ini, para warga tidak mempunyai hak untuk mengusir orang lain dari kediamannya sendiri. Sehingga para warga dapat dipidana dengan Pasal 335 ayat (1) ke- 1 KUHP karena dengan melawan hak memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu, yaitu memaksa orang lain untuk keluar dari rumahnya.

Pada sisi lain, dalam kelompok masyarakat tertentu juga berlaku hukum adat. Seperti misalnya dalam masyarakat hukum adat batak Toba. J.C. Vergouwen, dalam bukunya yang berjudul Masyarakat dan Hukum Adat Batak Toba (hal. 216-217) menjelaskan mengenai adat yang berlaku di batak Toba. Ada hubungan yang tidak diperkenankan dalam masyarakat batak Toba. Dikatakan bahwa jika pasangan sepakat untuk secara diam-diam menjadi suami istri (marpadan-padan, berkencan gelap), juga disebut marmainan (melacur), dan marlangaka pilit (mengambil jalan sesat), maka perkimpoian harus dilaksanakan segera setelah hal itu diketahui.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pasangan muda-mudi itu juga diminta untuk mengakui kesalahan (manopotim) di depan para tetua dan orang tua kedua belah pihak. Hukuman bagi pasangan muda-mudi itu ditentukan oleh keadaan dan hubungan antar mereka. Jika pemuda meninggalkan perempuan yang sudah digaulinya, atau jika orang tuanya tidak menghendaki perkimpoian, maka hukumannya akan lebih berat. Si pemuda wajib membayar ongkos pengurasion (penyucian) dan menenangkan hati parboru dengan memberikan piso.


Quote:J.C. Vergouwen (Ibid, hal. 217) juga menjelaskan bahwa hidup bersama secara terbuka dan tidak sah sebagai suami istri (marbagas roha-roha) tidak dikenal di kalangan pemuda dan tidak selaras dengan hubungan gadis dengan parboru-nya. Namun, hal seperti itu banyak terjadi di kawasan yang disiplin hukum dan adat istiadatnya lemah, yaitu di antara orang-orang yang sudah tua dan sudah pernah kimpoi. Ini adalah pelanggaran terhadap adat (sala tu adat) dan pantas dituntut dan dihukum oleh penguasa. Di Padang Lawas, tindakan seperti itu disebut manaporkon ogung ni raja (memecahkan gong raja). Dalam arti menyalahi hukum masyarakat. Perbuatan seperti itu dapat dijatuhi hukum adat, kualifikasi ini menunjukkan pelanggaran terhadap ketertiban umum.


Jadi, pada dasarnya walaupun tidak ada hukum negara yang dapat menghukum pasangan pria dan wanita yang hidup bersama tanpa ikatan perkimpoian tersebut, namun perbuatan tersebut dapat saja memiliki konsekuensi tertentu menurut hukum adat yang berlaku di daerah yang bersangkutan.

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.


Dasar Hukum:
1. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
2. Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Referensi:
1. J.C. Vergouwen. 2004. Masyarakat dan Hukum Adat Batak Toba. LKiS Yogyakarta;
2. R. Soesilo. 1991. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Serta Komentar-Komentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal. Politeia – Bogor.


Gimana Gan setelah baca artikel di atas? Kami tunggu komentar-komentar agan sekalian tentang perilaku ini ya! emoticon-Malu (S)

Disclaimer


Sumber:
Hukum Hidup Bersama Sebagai Suami Istri Tanpa Ikatan Perkimpoian

Penjawab:
Letezia Tobing

TJA
Diubah oleh hukumonline.com
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 21 dari 111
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:38
Quote:Original Posted By asuraimucok
ada hukum tertulis dan tak tertulis gan..

nah kalo hidup serumah tanpa ikatan juga melanggar hukum tak tertulis...
yah mungkin kena hukuman pengucilan

cmiiwemoticon-Peace


Setuju ma agan nih emoticon-Cool emoticon-Cool
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:38
jadi bisa nuntut balek dong yh
bookmark dulu ye gan
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:38
dasar, kalo sudah nafsu mah apapun dijadikan ALASAN.


akal sehat pun hilang
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:39
ada yg bikin bingung nih emoticon-Big Grin

kalau di "arak" bisa di kenain pasal perbuatan tidak menyenangkan yg grebek
kenapa mereka yg kumpul kebo ga di kenain pasal yg sama aja -- kan perbuatan mereka juga bisa masuk kategori itu emoticon-Big Grin

tapi pasti ga di jawab nih ma TS nya emoticon-Frown emoticon-Ngacir
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:40
Quote:Original Posted By mcQueen.svd


Ini lah yg ditakutkan warga yg mayoritas muslim emoticon-Cool
Tapi yg ane gak suka itu caranya yg anarkis emoticon-Nohope Gak perlu nyebutin ormas-ormas tertentu kan emoticon-Peace




Ia gan, Kalau beda mungkin juga juga beda perlakuannya emoticon-Embarrassment
Wehh kayaknya pernah denger nama netherblast, Spellnya pugna kah? emoticon-Malu


yoi spellnya pugna.
makanya agar beda perlakuannya hukumnya entah cuman sampai yang disebut TS atau masih akan ada perluasan lagi.

Quote:Original Posted By achRemoval


baca kitabnya masing2 aja gan, berpedoman sama kitabnya masing2 (yang asli tentunya, bukan revisi)
negara ini kaya segalanya gan, ente aja ga tau kyknya emoticon-Ngakak


makanya sesuai kitabnya aja masing2. Btw kitab ane gak ada revisinya (agama minoritas)
Iya ane tau kok kaya segalanya cuman orang-orangnya mampu mengolah sumber daya Indonesia dengan cara dijual ke asing terus beli lagi. saking kayanya begitu jadinya.
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:41
Quote:Original Posted By Netherblast


agak OOT tapi kalo gitu misalkan ada yang jual barang haram (kek jual daging ba*i, pelihara anj*ng, minum wine) begimana hukumnya?
IMHO, menurut ane hukum itu penting di negara pluralis kek indonesia asal tepat tidak merugikan satu golongan atau menguntungkan satu golongan. Kalo yang diberlakukan hukum agama tertentu pasti lah mengundang keberpihakan.

Lagian ini kan diliat dari sudut pandang hukum Indonesia kenapa pada bawa2 hukum yang tidak resmi sih?? Asal orangnya bener jg gak akan kumpul kebo kali.



nah itu kan haram untuk muslim gan,,jadi urusan kaya gitu ga boleh ada yg berhubungan sma muslim, klo kalian2 sja yg nonmuslim mulai dari ternak, jual, distribusi, smpai konsumsinya ga akan ada yg namanya haram kan??.
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:42
tapi sampai sekarang gak ada orang dihukum di penjara gara-gara grebek orang yang berduaan di rumah atau hotel atau apapun tanpa ikatan yang resmi
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:42
Quote:Original Posted By kaki.kukeko
ada yg bikin bingung nih emoticon-Big Grin

kalau di "arak" bisa di kenain pasal perbuatan tidak menyenangkan yg grebek
kenapa mereka yg kumpul kebo ga di kenain pasal yg sama aja -- kan perbuatan mereka juga bisa masuk kategori itu emoticon-Big Grin

tapi pasti ga di jawab nih ma TS nya emoticon-Frown emoticon-Ngacir


keburu nafsu gan. hukum Indonesia emoticon-Cape d...
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:42
Ya kembali ke nilai budaya dan adat istiadat yg berlaku di lingkungan masyarakat
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:42
waspda nanti ketauan lapor ke Rt / Rw gak & bgm klo ada bikin surat new KTP dll.. emoticon-Shutup
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:43
Biasanya kalo gw baca2 dikenakan pasal melakukan tindakan asusila gan.. gmn itu?
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:43
hak asasi gan emoticon-Ngakak boleh2 aja lah
tp gak taulah kalo bicara hak asasi pasti panjang urusan nanti emoticon-Cape d...
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:43
Kalo menurut BW Belanda, anaknya tetap diakuin setelah orang tua melakukan pernikahan secara resmi dan terdaftar ,akan tetapi hukum islam tidak memperbolehkan karena dianggap sebagai pembiaran
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:43
Quote:Original Posted By satriagaaliguns
kalo menurut ane,.krna di indo mayoritas muslim,jd ada larangan tinggal 1 rumah buat pasangan yg blm nikah... Bukan krna ada hukum dan pasal... Tp ini termasuk dlm tenggang Rasa antar masyarakat,dan menghormati adat, emoticon-I Love Indonesia


nah ini nih jawabannya bagus. gak perlu hukum adat atau agama, ikuti hukum yang ada dan berlaku di Indonesia lalu tambahkan unsur tenggang rasa agar tidak menimbulkan keresahan. Tambahkan lagi unsur otak dan hati yang baik, sehat dan tulus. Damai kan?
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:43

Just My Humble Opinion

Harus di lihat dari segi moralitas jg, hal-hal yang ga bermoral harusnya dihilangkan supaya tidak memberi contoh kepada yang lain. Dari segi hukum, mungkin hukum ketertiban umum yang di tegakkan. Karena kumpul kebo ga kan tidak tertib alias menganggu ketertiban umum (mengikuti aturan sebagai pasangan yang sah di mata hukum)

Quote:Original Posted By hukumonline.com
Halo Agan-aganwati! emoticon-Blue Guy Peace

Disadari atau ngga, jaman sekarang terjadi pergeseran nilai budaya dan agama di masyarakat. Contohnya adalah perilaku seks bebas yang dilakukan laki-laki dan perempuan yang tinggal bersama tanpa ikatan perkimpoian. Perilaku ini dianggap tabu dan gak sesuai dengan moral yang dianut oleh bangsa Indonesia.

Hal lain yang meresahkan akibat perilaku tersebut adalah jika pasangan tersebut tinggal di sekitar rumah kita hingga membuat geram masyarakat dan mengusir pasangan itu. emoticon-Cape d... (S)

Sebenarnya ada gak sih aturan hukum yang memuat sanksi bagi pasangan tanpa ikatan perkimpoian yang tinggal bersama itu? Bagaimana pula hukum adat memandang fenomena seperti ini? Nah di Klinik Hukumonline pernah ada yang nanya tentang ini, Gan. Yuk kita cekidot penjelasannya berikut ini:emoticon-Jempol







Gimana Gan setelah baca artikel di atas? Kami tunggu komentar-komentar agan sekalian tentang perilaku ini ya! emoticon-Malu (S)

Disclaimer


Sumber:
Hukum Hidup Bersama Sebagai Suami Istri Tanpa Ikatan Perkimpoian

Penjawab:
Letezia Tobing

TJA


0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:43
Quote:Original Posted By Netherblast


agak OOT tapi kalo gitu misalkan ada yang jual barang haram (kek jual daging ba*i, pelihara anj*ng, minum wine) begimana hukumnya?
IMHO, menurut ane hukum itu penting di negara pluralis kek indonesia asal tepat tidak merugikan satu golongan atau menguntungkan satu golongan. Kalo yang diberlakukan hukum agama tertentu pasti lah mengundang keberpihakan.

Lagian ini kan diliat dari sudut pandang hukum Indonesia kenapa pada bawa2 hukum yang tidak resmi sih?? Asal orangnya bener jg gak akan kumpul kebo kali.


asal jujur aja gan yg jualnya, jgn daging celeng disebut daging sapi aja. kan itu merugikan konsumen. Peraturan perlindungan konsumen?

karena plural, makanya hukum adat yang dijunjung. resmi atau tidak resmi dasarnya apa? tertulis dan tidak tertulis? kalo ga salah sih waktu SMP dulu hukum yg resmi itu yang disetujui bersama kan ya?
CMIIW
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:44
jadi sara gini tridnya emoticon-Cape d...
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:46
setuju nih sama thread satu ini,
kebebasan berserikat , berkumpul
haha emoticon-Big Grin #apasih,
iy ada benernya juga sih,
gak apa apa tinggal serumah bareng tnpa ikatan perkimpoian,
asal suka sama suka aja gitu ya,,,emoticon-Ngakak
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:47
Quote:Original Posted By lulabye


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak kitab yang di revisi emoticon-Ngakak bisa aje ente gan emoticon-Ngakak


jadi malu ane gan emoticon-Malu
0 0
0
Pasangan Hidup Serumah Tanpa Ikatan Perkimpoian, Boleh Gak Sih?
30-09-2013 13:47
makin lama makin banyak koq yang kaya gini mah gan.. apalagi di deket tempat2 kos mahasiswa n pelajar/pekerja yang murah2 sekitar kota besar.. heheh.. masih lebih bagus dah daripada prostitusi
0 0
0
Halaman 21 dari 111
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia