uchihakyoshiroAvatar border
TS
uchihakyoshiro
Masalah umum pola permainan sepak bola Indonesia
Well dari Hot Thread yang ada ane sebagai pengamat sepak bola (walaupun amatir emoticon-Ngakak) mau mengulas sedikit tentang sepak bola indonesia. Khususnya di dalam lapangan, kalo diluar lapangan itu udah urusan orang politik ane ga mau nanggepin.

Langsung aja ke pokok permasalahan, masalah utama persepakbolaan indonesia itu terletak pada mental/psikologis pemain...

TS pernah ikut pelatihan tingkat provinsi dulu, yang pelatih tanamkan itu cuma sukses diakhir ga penting pola permainan kek gimana.. So ane yang maennya kalem operan pendek jadi tersisih sama yang maennya buru2 pengen ngeggolin..
Ga bisa mempertahankan tempo permainan, padahal itu yang paling penting..

Contoh yang paling pathetic itu kek gini:
  • udah tahu stamina pas-pasan maennya tempo tinggi
  • udah tahu badan pada kecil maennya long ball
  • udah tahu crossing ball jelek masih maen sayap

karena kita diajarin dari kecil cuma dilihat hasilnya aja jarang banget ngeliat proses...

Dari kehidupan sehari hari aja anak2 udah diajarin kalo misal ga bisa matematika disuruh belajar mati2an tuh matematika kalo bisa les di tempat yang paling mahal. Padahal kita bisa maksimalkan potensi lain dari anak misal dia bagus di art ya tonjolkan art-nya itu ga usah liat sisi lemahnya.

Ga kompak juga jadi kendala utama, squad harmony itu ga ada dan ga percaya sama temen plus ga bisa bagi peran masing-masing.
Misal striker/false 9 itu ga perlu pressing ketat center back lawan, stand off more, dan pastinya itu CB ga bakal overlaping kalo ga butuh2 banget. Kalaupun iya masih ada second line yg bekerja.

Hopeless, ga ada habisnya kalo mau kritisi bentuk permainan Indonesia...
Bawaan kehidupan sehari-hari juga berdampak besar lho terhadap sepak bola, percaya ato ga tapi itulah kenyataanya. Bandingin aja sistem pendidikan negara2 maju sama di Indonesia.



Kalo ada yang argue soal Brazil yang bukan negara maju, tapi kekompakan Brazil itu sangat-sangat tinggi, menurut ane ga ada yang bisa ngalahin kekompakan brazil di dalam lapangan.
0
3.2K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.