Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51e7e760db92480710000006/mengapa-orang-cina-di-indonesia-bisa-sukses-no-sara
Seperti thread ane yang sebelum-sebelumnya ane disini cuma JUST SHARE sama agan-agan semua. Ga ada maksud hati menyinggung perasaan agan-agan semua,dan ga ada maksud buat SARA Sekali lagi ane cuma sekedar berbagi aja tentang apa yang ane lihat dan alami selama ini SUMBER Kakak Ipar ane yang orang keturunan Tionghoa (Cina) Disini ane mau berbagi cerita atau pengalaman barangkali agan-agan banyak ya
Lapor Hansip
18-07-2013 20:02

MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]

Quote:Seperti thread ane yang sebelum-sebelumnya ane disini cuma JUST SHAREsama agan-agan semua.
Ga ada maksud hati menyinggung perasaan agan-agan semua,dan ga ada maksud buat SARA
Sekali lagi ane cuma sekedar berbagi aja tentang apa yang ane lihat dan alami selama ini


SUMBER
Kakak Ipar ane yang orang keturunan Tionghoa (Cina)


Quote:Disini ane mau berbagi cerita atau pengalaman barangkali agan-agan banyak yang bertanya-tanya kenapa orang keturunan Tionghoa (Cina) di Indonesia bisa sukses seperti sekarang ini.
Ga perlu ane sebutin siapa aja warga keturunan Tionghoa (Cina) yang berjaya dan sukses di Indonesia pasti agan-agan udah bisa lihat sendiri dan pasti udah banyak tahu.
Sekedar informasi aja gan,mereka bisa sukses seperti sekarang ini tidak semata-mata didapat secara instan (walaupun ada juga yang sukses karena warisan dari orang tua).
Mereka juga merintis usahanya dari NOL dan memulai semua usahanya dari awal.
Mereka juga merasakan gagal,merasakan hinaan,jatuh bangun dalam membangun usaha yang dirintisnya.

Quote:Sebagai Contohnya Kakak ane dan Istrinya:
Awal kakak ane menikah sama istrinya 5th lalu yang orang keturunan Tionghoa (Cina) dan mulai usaha bareng,kakak ane bener-bener merintis dari NOL bareng sama istrinya walaupun keluarga dari istri kakak ane ini merupakan orang yang kaya gan (FYI aja gan,bokap dari istri kakak ane ini punya kebun cengkeh di Lembang,punya kebun manggis juga,kebun teh juga ada,dan masih banyak lagi).
Mereka bener-bener mulai dari awal gan,modal awal aja utang sana-sini padahal kalo dipikir tinggal minta orang tua bakal langsung dikasih.
Tapi inilah yang bikin ane salut sama orang keturunan Tionghoa (Cina) yang dimana disini ane gambarin adalah kakak ipar ane sendiri.
Buat tempat tinggal mereka juga ngontrak di rumah petak kecil di daerah Bandung padahal rumah orang tua juga deket.
Buat makan mereka juga seadanya gan,bahkan makan nasi lauk sambel & kerupuk sering dilakoni gan.
Kakak ane selalu ga bolehin orang tua ane ane buat dateng kerumahnya gan (FYI aja gan,ane sekeluarga tinggal di Jawa Tengah).
Sekali lagi,ini yang bikin ane salut sama orang Cina gan.
2th pertama mereka jalanin hidup kaya gitu gan,walaupun usaha mereka bisa dibilang ga berkembang tapi mereka ga putus asa buat terus usaha dan nyoba.
Alhasil di awal tahun 2010 mulai terlihat hasil kerja keras dan perjuangan mereka.
Bisnis mulai berkembang dengan ditambahnya lagi outlet/toko yang mereka dirikan.
Disini ane sebagai adik merasa bangga sama kakak ane dan istrinya gan.
Bayangin aja selama 2th lebih mereka hidup kaya gitu sedangkan orang tua berkecukupan.
Mulai dari 2010 sampai sekarang usaha mereka mengalami kemajuan yang signifikan gan.
Sekarang Alhamdulillah udah bisa beli rumah walaupun kecil dan mobil jelek buat mondar mandir.
*Sekarang ane tahu kenapa dulu orang tua ga dibolehin buat kerumah kakak ane karena mereka malu kalo orang tua ane tahu keadaan mereka

Mereka tidak pernah malu terlihat susah dalam memulai usahanya,karena mereka berpikiran kedepan bahwa mereka akan sukses.
Beda dengan orang lokal yang kebanyakan masih memikirkan gengsi dalam memulai usahanya.
Sebenarnya banyak nilai-nilai positif yang bisa kita ambil dari orang keturunan Tionghoa (Cina) yang sukses di Indonesia.
Tapi kita sudah negativ thinking dulu pada mereka dengan menganggap bahwa orang Cina itu sukses karena membodohi warga lokal.
Coba saja jika kita mau sedikit meniru sifat mereka untuk mencapai kesuksesan?
Pasti kita akan lebih menghargai mereka sebagai bagian warna Negara Indonesia,BUKAN SEBAGAI PENDATANG YANG BERNIAT MENJAJAH INDONESIA LAGI
.


Quote:RESEP KAYA ALA ORANG CINA
1. Orang Tionghoa memiliki pegangan bahwa orang sukses adalah orang yang memanfaatkan setiap menit yang ada.
2. Orang Tionghoa memandang bahwa banyak berinvestasi adalah perjalanan dasar untuk menggapai kekayaan, sedangkan bunga tabungan takkan sanggup membawa ke kepada kekayaan.
3. Sebagian besar orang kaya adalah pengusaha, dan sebagian orang Tinghoa berani menjadi pengusaha, dan semua itu karena orang Tionghoa menganggap bahwa dengan menjadi pengusaha maka akan memberikan nilai lebih untuk sukses dibandingkan menjadi karyawan.
4. Anak-anak Tionghoa menjadi kaya karena mewarisi bisnis orang tua yang telah berjalan bertahun-tahun dan tak perlu merintis dari nol.
5. Pengusaha Tionghoa ‘tak pernah puas’ untuk mengejar target lebih tinggi.
6. Orang Tionghoa memiliki mental yang positif, menghargai waktu, menganggap bahwa bekerja adalah kepuasan dan tidak berbisnis adalah hal yang beresiko.
7. Orang Tionghoa selalu menjaga citra, karena citra yang rusak akan sulit dibangun kembali, sedangkan uang yang hilang bisa dicari kembali.
8. Orang Tionghoa bisa kaya bukan karena banyak uang, namun lebih kepada memiliki banyak aset.
9. Dalam konteks orang Tionghoa, bekerja keras tidak selalu identik dengan bekerja fisik ekstra lama atau berlebihan. Yang bisa bekerja adalah manusia dan uang. JIka hasilnya sama, mengapa bukan uang yang harus bekerja keras. Tampak jelas bahwa filosofi dan trik orang Tionghoa untuk mencapai kekayaan sangatlah sederhana.


Dikutip dari buku “Resep Kaya Ala Orang Cina”



Quote:
PESAN TS

-Mulailah menghargai perbedaan.
-Semua manusia memiliki kedudukan yang sama dimata Tuhan YME
-Dan jangan pernah malu belajar dengan siapa,dari siapa saja selama yang -kita pelajari bermanfaat dan tidak merugika diri sendiri dan orang lain.
-Lebih baik berjalan beriringan daripada berjalan saling menjatuhkan


Sekali lagi TS tidak mengharapkan emoticon-Blue Guy Bata (L) karena tujuan TS JUST SHARE tidak ada maksud SARA dan menyinggung pihak-pihak yang terkait dalam tulisan ane.

TAMBAHAN DARI AGAN-AGAN

Quote:Original Posted By Centriga
Orang Cina itu ada 3 macem :
1. ulet, semangat tinggi, pelit
2, ulet, semangat tinggi, jiwa sosial tinggi, suka memberi
3. cuek
pengalaman sodara ane cina kturunan guangzhou asli


Quote:Original Posted By utomowei


4. sama solidaritas sesasama etnis tinggi gan.


Quote:Original Posted By myblindside
tambahan gan sekedar untuk informasi aja untuk kenapa orang tionghoa itu byk yang membuka lapangan kerja sendiri / wirausaha.
sebabnya dolo ketika indonesia merdeka, orang tionghoa sebagai pendatang mendapatkan perlakuan yg bisa dikatakan dibebani, cerita tionghoa saat masa penjajahan menjadi orang terpandang dan kaya dari membodohi masyarakat lokal menjadikan saat itu pemerintah menekan abis2an orang tionghoa...

tidak ada KTP,surat lahir, akta2 penting di tahan sampai ga boleh kerja menjadi pegawai di instansi2 pemerintah yang saat itu baru berjalan...
satu2nya jalan adalah dengan jualan sendiri apa adanya, itupun ditekan abis2an dengan pungutan yang luarbiasa besar, makanya org tionghoa jaman dl terkesan pelit sekali, memang keadaaan begitu, cari uang susah, pungutan liar byk, makan pun seadanya....

hebatnya orang tionghoa mereka loyal satu sama lain, sama2 perantauan dari tempat jauh, membuat mereka senang memperkerjakan satu sama lain, selain bisa mengobrol (bahasa lokal cina) tindakan pribumi saat itu selalu menekan membuat mereka tidak dapat mempercayai satu2 sama lain.
saat pemberontakan G-30-S-PKI meletus byk orang tionghoa dikorbankan dengan alasan anggota komunis, padahal mereka ini ga tau apa2, rata2 cm pedagang dan petani yang membuka lahan hutan, semua dibunuh dan harta benda diambil untuk disita..
saking parahnya byk dr mereka yang kembali ke tanah asal ke RRC. sisa2nya banyak tersebar ke bagian pinggir seperti ke utara sumatra dan kalimantan
di jawa hampir bisa dikatakan habis... makanya rata2 orang tionghoa tersebar di bagian sumatra atas seperti medan,riau,batam atau di kalbar pontianak serta malaysia...

bila sekarang mereka bisa dikatakan sukses, maka lihat lah rekam jejak mereka dari dolo. datang dari jauh tanpa sanak saudara, membuka hutan, bekerja sendiri memgembangkan usaha, bila hari ini mereka sukses pun itu adalah hasil jerih payah mereka, jgn iri pada mereka, jadikan kelebihan mereka sebagai cambuk bahwa kita pun mampu seperti mereka bila kita mampu menahan derita untuk sukses kedepannya....


Quote:Original Posted By Pt.Rama
patut ditiru itu prinsip-prinsip mereka gan emoticon-Big Grin
nice share TS emoticon-2 Jempol

o iya, tambahan satu lagi dari saudara ane yg juga keturunan tionghoa :
"orang cina itu ga boros dan konsumtif seperti kebanyakan orang indonesia.. prinsip mereka dalam berbelanja : Membeli jika "Butuh", bukan membeli jika "Ingin".
Taro pejwan jika berkenan emoticon-Smilie



Quote:Original Posted By Aeliuz
bener gan,ane sbgai org tionghoa jga merasa gitu,ane jg lagi ngerintis usaha sendiri skrg,tanpa bantuan siapa pun bela2in keluar kerja demi.merintis usaha..krn menurut ane mo sampe kapan kerja sama org terus??duit gaji abis terus, pdhal ane punya posisi manager di perusahaan dulu..ya Puji Tuhan skrg ane udah punya usaha kecil2an dan udah punya pegawai,bisa bagi2 rezeki buat karyawan ane..inti nya kalo mau ngejalanin usaha hrs totalitas,jgn setengah2,buang rasa males..dan selalu positif thingking...


NICE COMMENT


Quote:Original Posted By pendetacabul
Diambil contoh semangat juangnya bukan dari segi etnisnya...
semua etnis bisa melakukannya kok, tinggal komitmen aja...
ini cerita TS buat memotivasi semua Etnis biar berusaha keras dan jangan gampang menyerah.
ibarat kita punya ladang yang gersang, jika kita merawatnya akan membuahkan hasil (intinya perlu kesabaran untuk meniti karir/usaha dari NOL) emoticon-Angkat Beer


Diubah oleh ecceptstalker
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 8 dari 10
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
26-09-2013 23:29
Quote:Original Posted By Seveleven
mereka saling bantu gan


solidaritas antar etnis sangat tinggi gan
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
26-09-2013 23:29
-orang Tionghua kebanyakan teliti gan, hal sekecil apapun mesti diperhatikan.
sebagai contoh:
tukang buka/tutup pagar dalam suatu perusahaan pun mesti diperhatikan, dengarkan keluhan mereka, selesaikan masalahnya emoticon-thumbsup
-serendah apapun pekerjaan orang itu, harus tetap saling menghargai gan emoticon-thumbsup
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
26-09-2013 23:34
Sebenarnya cara pandang semua org beda beda gan ..
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
26-09-2013 23:38
Quote:Original Posted By ecceptstalker


solidaritas antar etnis sangat tinggi gan


yoeh gan asleh
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
26-09-2013 23:42
orang perantauan itu lebih termotivvasi gan
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
26-09-2013 23:47
ane stuju dengan pesan ts, mantap deh emoticon-Smilie
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
26-09-2013 23:53
kerja keras dan sungguh2 memang manis hasilnya, di bidang apapun
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
27-09-2013 00:00
Mereka bukan orang Cina gan,mereka orang Indonesia tapi keturunan China.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh henkuy
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
27-09-2013 00:19
Semua nya kembali ke orangnya lagi gan..

Yang penting pantang menyerah !!
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
27-09-2013 00:24
Mantap Gan infonya.
Ane usaha sendiri sudah 8 bulan
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
27-09-2013 00:34
TAROH PEJWAN GAN

Walaupun ane muslim anae jug asalut pada orang China. Jangan bilang CIna ya gan itu beda..bisa diartikan babi . Ane ngerti karena ane boss ane oranga China.

Sejak SD banyak sekali teman ane yang China, dan sampai sekarang mereka milih merintis usaha ataupun melanjutkan usaha ortu jadi pemilik Depo bangunan. Padahal kuliahnya S2 Singapore gan.

ANe salutnya juga mereka di daerah ane Kragan-Rembang orang China nye juga dateng kalo ada hari besar agama Islam. Serta mau ikut nyelawat kalo ada orang Islam meninggal...

Oh..indahnya kebersamaan...
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
27-09-2013 00:50
keren gan threadnya.. emoticon-thumbsup

ane juga kadang klo liat mereka yg udah sukses, ga henti2nya bertanya dlm hati..

"apa sih yg mereka kerjakan sehari2?", jujur aja ane sulit menemukan jawabannya krn posisi mereka udah seperti di atas ane banget emoticon-Ngacir
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
27-09-2013 01:15
nah ini mereka yg ane cari. di game ad teman cina ane tanyain kok rata
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
27-09-2013 19:09
Nice threat gan emoticon-2 Jempol
harus kita contoh gan
Diubah oleh yeremiavictor
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
28-09-2013 14:15
mau share aja gan...
pertama kali saya datang ke rumah Om saya yang pengusaha (Orang Tiong Hua) saya kaget bukan main, rumahnya gede banget di daerah elit pula...
trus ane disuruh makan bareng, ane shock! kenapa?

lauk pauknya sederhana sekali. Ada ikan asin, udang kering, kangkung, kol yang ditumis... padahal pendapatan dia udah Miliaran! orang-orang kepercayaanya saja setau ane cuma lulusan SD atau SMP pertahun-nya dapat 100-jtan per tahun dan masih ada komisi penjualan...
tapi gaya hidupnya tetap sama, humble!

belum sampai disitu aja, ane pernah diminta tolong beresin karung-karung plastik bekas yang gede-gede....

ane tanya donk "buat apaan?"; dia jawab "untuk diloak-an, lumayan buat mereka (karyawan-karyawan) beli es krim! mereka udah cape dari pagi kerja"

banyak yang bisa dipetik dari cerita beliau, yang paling ane inget sekali...
dia bilang "Kita orang Tiong Hua, dulu kita hidup susah, sekolah SD tidak lulus, cari kerja susah, demi isi perut ya mau ga mau menjadi pedagang dan lama-lama jadi tradisi" emoticon-Sorry
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
28-09-2013 14:16
mereka pekerja keras kalo kata ane gan emoticon-Cool bener nggak?
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
12-11-2013 16:15
nyimak dulu gan
0 2
-2
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
12-11-2013 16:24
bener banget gan emoticon-Malu
ajaran keluarga turun temurun sih, tiap dapet rejeki atau bonus pasti langsung ditabung emoticon-Big Grin
tiap dapet penghasilan per bulan juga gitu, 50-70% yah untuk ditabung & nantinya bakal modal buat investasi emoticon-Big Grin
bukan diajarkan pelit, tapi harus menghargai tiap penghasilan yg diperoleh dari tiap tetes keringat emoticon-Embarrassment
dapet uang bukan berarti buat berfoya-foya, tapi harus selalu inget sama masa depan emoticon-Big Grin
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
12-11-2013 16:35
sebenarnya ini hal umum di mana-mana gan

penduduk pendatang rata-rata lebih sukses ketimbang penduduk lokal

mungkin karena tujuan mereka merantau karena pengen memperbaiki nasib, sehingga mereka termotivasi untuk bekerja keras

mungkin karena penduduk lokal sudah keenakan di comfort zone, sehingga kerjanya santai
0 0
0
MENGAPA ORANG CINA DI INDONESIA BISA SUKSES? [NO SARA]
12-11-2013 17:46
kerja keras dan keuletan aja ya emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 8 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia