kingbu4y4Avatar border
TS
kingbu4y4
Profesi Dokter Bikin Klenger

Alhamdullilah HT pertama ane emoticon-Cendol (S)

Quote:


Quote:





Dokter , dokter adalah profesi yang paling diminati oleh sebagian warga di Indonesia bahkan Dunia, karena mereka pikir dengan menjadi dokter mereka akan terjunjung derajatnya dan mendapatkan kekayaan yang diatas rata-rata.
Pada kenyatanya memang tidak ada dokter yang miskin, maka dari itu masyarakat awam sangat berminat pada profesi ini sehingga jika mereka sendiri gagal masuk ke sekolah kedokteran, akan mereka korbankan anak mereka untuk masuk ke sekolah kedokteran.
Nah tapi kalian tak mengerti apa yang sebenarnya terjadi saat kita telah masuk ke sekolah kedokteran, dan dibawah ini ane akan memberi sedikit fakta-fakta tentang sulit dan pusingnya sekolah di kedokteran.

1.Biaya Bagi Kaum Tak Mampu
Dari fakta yang ada, sekolah kedokteran memang membuat kita terangkat derajatnya dan kaya, namun tidak adil bagi mereka kaum tak mampu. Bagaimana tidak, sekolah kedokteran memerlukan biaya mahal bukan hanya mahal yang 30juta-50juta, tapi nyentuh 100juta buat masuknya aja belum nanti bayar per semesternya. Wow
Memang ada beasiswa bagi calon mahasiswa yang pintar, tapi apa itu diperuntukan bagi semua? Kan tidak, hanya beberapa, bisa dihitung 15% saja dari total semua calon mahasiswa di Indonesia. Intinya BIAYA HARUS DIFIKIRKAN DAN DIPERHITUNGKAN SEBELUM MASUK KEDOKTERAN.
Spoiler for Detail:


2.Mata Kuliah Yang Mengerikan
Mata kuliah yang diajarkan disini enggak se-enteng di masa-masa S3 ya hehe (SD,SMP,SMA), disini matakuliahnya udah mempelajari beberapa buku tebal, super tulisan, gambar dikit, pokoknya kalau kalian males menghafal ya sudah kalian bakalan tertinggal di kelas kodokteran ini. Untuk menghafal kalian harus rajin membaca, tiap hari itu harus. Karena dengan membaca kalian dapat memahami ilmunya yang akan kalian terapkan di kehidupan nyata kelak. Intinya MENGHAFAL, MEMBACA, MEMAHAMI ITU KUNCI PENTING DI KEDOKTERAN.
Spoiler for Detail:


3.Kadaver
Kadaver adalah guru kita, yang dimaksud adalah mayat yang diawetkan untuk pembelajaran mahasiswa kedokteran. Point ini tidak sangat berat, karena tidak semua orang mampu langsung melihat sebuah mayat didepanya. Bagi mereka yang mampu, it's fine. Bagi kalian yang tidak mampu melihat langsung, MULAILAH MEMBERANIKAN DIRI UNTUK TERBIASA MELIHATNYA.
Spoiler for Detail:


4.Buku-Buku Setebal Tembok Berlin

Buku-buku disini sangat tebal, dan banyak tulisan dari pada gambar. Kalian harus mengerti semua isi-isi buku tersebut. Menyiksa ? Yaa tapi bagi kalian yang suka membaca berbahagialah. Intinya MULAILAH SENANG MEMBACA.
Spoiler for Detail:


5.Ujian Praktek Dokter (OSCE) Yang Berkeringat
OSCE adalah Objective Structure Clinical Examination atau ujian praktek dokter. Ujian ini dilakukan tiap universitas dengan berbeda. Ada yang 1 semester sekali dengan beberapa materi, ada yang 1 tahun sekali juga dengan beberapa materi. Disini mahasiswa akan di masukan ke sebuah ruangan kecil dengan berisi seorang dokter penilai yang hanya diam, dan seorang pasien. Didalam ruangan kita diberi waktu beberapa menit untuk melakukan praktek yang diujikan. Bayangkan ketika kalian masuk dan langsung berhadapan dengan pasien dan dilihat oleh dokter yang diam apa yang akan kalian lakukan? Bukan cuma merinding, tapi keringat dan blenk pikiran pasti akan menyerang. Intinya BELAJAR MATERI DAN TETAP FOKUS DIDALAM RUANGAN.
Spoiler for Detail:


6.KOAS
KOAS adalah Dokter Muda, yang dimaksud kalian harus bersedia ditempatkan di suatu daerah tanpa memilih dan harus patuh dan menginap disana untuk beberapa tahun sebagai syarat lulus dokter.
Bukan hanya menginap, kalian akan ditempatkan dirumahsakit atau puskesmas setempat untuk ikut menjadi anggota medis di wilayah itu dan kalian harus patuh kepada senior disana. Bukan hanya dokter yang akan membentak kalian, namun bidan dan perawat juga akan membentak-bentak kalian. Intinya SABAR DAN MENGIKUTI SEMUA INSTRUKSI DENGAN BAIK.
Spoiler for Detail:


7.Masih Ada Ujian Kelulusan
Jangan bersenang-senang dulu ya kalian kalau udah selesai koas haha, masih ada ujian kelulusan dan itu tak cuma sekali, ada beberapa ujian yang harus kalian lakukan. Contonya UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia)
Dan faktanya banyak calondokter yang harus mengulang ujian ini, maka intinya kalian harus BELAJAR BELAJAR dan BELAJAR!!
Spoiler for Detail:


8.Dokter Umum Tidak Cukup
Dokter Umum ? Haha itu di masyarakat tak membuat kalian untuk membuat uang yang kalian keluarkan kembali. Dokter Umum sekarang ini kalah dengan spesialis, makanya kalian harus berjuang lagi untuk menjadi spesialis dan belajar lagi agar apa yang kalian impikan terwujud.
Tapi untuk menjadi spesialis kalian harus melupakan pikiran untuk nikah dulu, kalau mau nikah dulu kalian akan terganjal untuk mengikuti pelajaran di sekolah spesialis. Intinya LANJUT KE SPESIALIS DAN LUPAKAN MENIKAH UNTUK SEMENTARA WAKTU.
Spoiler for Detail:


Dari fakta-fakta diatas, seharusnya agan-agan memikirkan lagi dan lagi untuk masuk ke kedokteran. Namun jangan khawatir, dengan pengorbanan sekitar 8TAHUN agan akan menikmati hasilnya di kemudian hari. Namun tetap ada syarat yaitu agan harus tetap berpeang teguh pada AGAMA dan YAKIN KALAU TUHAN YANG MENYEMBUHKAN dan TETAP BELAJAR DARI JURNAL-JURNAL agar ilmu agan APDET.

Quote:



Quote:



Quote:
Diubah oleh kingbu4y4 16-09-2013 16:09
0
112K
1.6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.