Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
681
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5231dc23fbca17115f000005/hidup-sampai-mati-kok-ruwet-dengan-adat-quotjawaquot
thread ini dihapus
Lapor Hansip
12-09-2013 22:22

hapus

thread ini dihapus
Diubah oleh mhdichsan
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 35
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 11:37
Quote:Original Posted By mumumamu
Hormati warisan leluhur gan.. emoticon-Cool
stuju...
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 11:48
alhamdulillah meski dr jawa keluarga ane g terlalu terpaku sama adat jawa
ketika ane kimpoi emoticon-Kimpoi juga g pake adat2an begitu juga ketika ane hamil n lahiran juga biasa aja,anak ane alhamdulillah juga sehat,cantik lagi
memang ADA beberapa adat yg memberatkan juga kurang masuk akal,jd terserah agan mw ngikutin atw g yg penting saling menghormati
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 12:11
Sudah ada agama ngapain pake tradisi segala, apalagi tradisi itu lahirnya dari nenek moyang kita yang tidak mengenal agama. Ane seorang muslim, pedoman ane hanya Al Qur'an dan Al Hadist. Lain dari itu lewat
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 12:31
gw juga orang jawa.. gw setuju sama TS, asimilasi budaya sekarang emang gak masuk akal dan logika... mending yg aneh2 ya dibuang jauh2, yang baik2 seperti batik, tarian daerah, dll dipertahankan..
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 12:44
namanya jg adat gan, adat kn dr nenek moyang,

adat jawa tu emg kental dgn tradisi2nya, bgtu pula dgn adat2 yg lain emoticon-Big Grin

so, kalo emg agan susah ngejalanin semuanya yah minimal melestarikan aje jgn sampe ilang, emoticon-Cool

CMIWW
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 12:52
Quote:Original Posted By 64m64n9s
itu lah hasil pemikiran dan karya akal manusia......

tidak ada kewajiban untuk kita ikuti dan laksanakan. serta tidak ada ganjaran dosa jika kita tinggalkan.....

kita tidak boleh ikut-ikutan terhadap sesuatu...sementara kita tidak tahu ilmunya, dasar hukumnya, serta asal muasalnya.....emangnya kita seperti kerbau yang kalau sudah dicolok hidungnya dengan tambang.....ikut aja ditarik kemanapun.....

be smart gan......percuma donk sekolah puluhan tahun kalau masih terkungkung dengan hal-hal seperti itu....

tapi bukan artinya kita tak menghargai tradisi dan kebudayaan....kalau orang lain mau laksanakan ya...silahkan aja...itu hak mereka......

ikutilah sesuatu yagn kita tahu tentangnya secara detail.......

emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please


Maap Gan TS bukan berarti meremehkan dan tidak menghargai Tradisi.., TS cuma berharap kita gak terlalu kolot dengan budaya sendiri.., asimilasi banyak terjadi antara agama dan budaya.., yang seharusnya kita pilah dan pilih mana yang baik dan membuang yang buruk...
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 12:52
bener...

ribet bgt..
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 12:56
Selamat, anda adalah "Wong Jowo" sejati, tahu tradisi dari lahir sampai mati di luar kepala (bisa menjelaskan panjang lebar di thread ini), ane aja yg juga "Wong Jowo" belum bisa melakukan hal yang seperti agan TS lakukan...

sekali selamat buat panjenengan...emoticon-Shakehand2

NB: tidak hanya Wong Jowo yang punya tradisi, etnis n suku lain pun ada tradisinya, dan hampir sama ribetnya gan...
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 12:59
Quote:Original Posted By kcgedan
gw orang jawa gan..
gw ngakak baca tulisan agan.. emoticon-Ngakak
ya bgitulah banyak yg disalah artikan.. kadang2 kita sebagai orang muda gak bisa noolak kalo yg dah tua tua yg mau adat nya tetap di jalankan...

yg baik diambil, yg kurang baik tinggalkan sadja...

iyo opo ora? emoticon-Kiss


Setuju Gan.., bukan berarti menjelekkan ya.., mungkin gaya bahasanya agak terlalu mencolok
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:03
tambahan gan..

kalau mau nikah sama orang tua dicarikan hari baik.. diitung wetonnya(hari lahir - jawa)

padahal semua hari klo menurut saya sih baik.




hari terakhir puasa (mlm takbiran) buat sajen/sesaji katanya buat para leluhur yg udah meninggal isinya teh, kopi, ketupat,opor,bunga tabur, rokok sm uang. ini masih dilakuin sm mertua ane gan ( anak2nya sih cuma ngomong dlm hati aja " masa iya leluhur mau makan begituan?") lagian juga malah basi n bau gak sedap.

ini pengalaman ane pribadi sbg orang jawa.
masih ada yg seperti itu, dikeluarga ane sendiri malahan.

just share aja

0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:03
jawa emang ribet gan

untung calon ane bukan jawa tulen campuran padang jadi hidup gk dibikin ruwet emoticon-Kiss
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:04
Ane setuju sama ts,, emoticon-thumbsup
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:05
budaya ikut agama, jangan sampai agama ikut budaya,, intinya itu menurut ane gan
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:06
adat jawa itu terpengaruh sm agama Hindu jaman kerajaan dulu. Yg sangat gw sesalkan, orang jawa yg Muslim nyampur adukin dgn budaya hindu. Bukan maksud SARA ya..cuma kan sangat bertentangan.
Solat tetep..tp tetep aja sesajenan.
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:06
Quote:Original Posted By lemonbars
jawa emang ribet gan

untung calon ane bukan jawa tulen campuran padang jadi hidup gk dibikin ruwet emoticon-Kiss


Tergantung menurut ane gan, ruwet ga ruwetnya...
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:07
banyak tau banget ente gan
ente sesepuh ya
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:08
yahh...
adat gan
udah melekat erat dihaati masyarakatt....
syukur2 kalo TS baik hati
mau ceramah se Jawa.....
barangkali sedikit mengurangi adat tersebut emoticon-Ngakak
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:09
Quote:Original Posted By goldinar
adat jawa itu terpengaruh sm agama Hindu jaman kerajaan dulu. Yg sangat gw sesalkan, orang jawa yg Muslim nyampur adukin dgn budaya hindu. Bukan maksud SARA ya..cuma kan sangat bertentangan.
Solat tetep..tp tetep aja sesajenan.


Iyyah gan itu dia masalahnya, banyak sebagian saudara2 jawa qt muslim yang ga tau susah apa memang ga mau ninggalin budaya yang bertentangan ma aqidah..
0 0
0
Hidup sampai Mati kok ruwet dengan adat "jawa".............
13-09-2013 13:10
kok ga ngerasain ribetnya ya gue? babar blash... enjoy ae emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 14 dari 35
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia