Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1187
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51fa1421f7ca170056000003/sunat-massal-di-afrika-selatan-berujung-maut-30-tewas-300-luka
:salamanWELCOME TO MY THREAD:salaman Bila di Indonesia, sunat lebih banyak dilakukan oleh pihak keluarga sendiri, maka di Afrika Selatan lain lagi ceritanya. Di Negeri 'Nelson Mandela' itu, para remaja yang menuju dewasa wajib menjalani ritual 'khitan massal' secara tradisional di sebuah gunung atau semak-semak. Namun ritual itu kerap memakan korban. Seperti yang terjadi baru-baru ini di salah sat
Lapor Hansip
01-08-2013 14:54

`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka

emoticon-SalamanWELCOME TO MY THREADemoticon-Salaman

no repost

Quote:Bila di Indonesia, sunat lebih banyak dilakukan oleh pihak keluarga sendiri, maka di Afrika Selatan lain lagi ceritanya. Di Negeri 'Nelson Mandela' itu, para remaja yang menuju dewasa wajib menjalani ritual 'khitan massal' secara tradisional di sebuah gunung atau semak-semak.

Namun ritual itu kerap memakan korban. Seperti yang terjadi baru-baru ini di salah satu wilayah di Provinsi Cape Timur. Sebanyak 30 pemuda tewas setelah disunat.

Selain itu, 300 lelaki muda lainnya harus dilarikan ke rumah sakit karena terluka parah. Bahkan ada yang kelaminnya habis.
"10 orang lagi baru saja diselamatkan dari hutan," ungkap juru bicara Departemen Kesehatan Afsel Sizwe Kupelo, seperti dimuat News.com.au, Senin (8/7/2013).

Dalam ritual ini, para pemuda dari suku Xhosa, Sotho, dan Ndebele dikirim ke hutan. Untuk menjalani ritual menuju kedewasaan di hutan selama sebulan. Mereka juga diwajibkan untuk uji nyali di hutan.

Saat disunat, remaja ini hanya ditutup selimut. Ritual sunat dilakukan dengan alat-alat yang sangat jadul dengan tingkat keamanan yang ekstra-minim.

Kematian karena sunat ini sudah kesekian kalinya. Sebelumnya, 34 pemuda dilaporkan tewas setelah menjalani ritual khitan ini pada Mei 2013 lalu.

Para aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) pun menyerukan untuk mengakhiri tradisi budaya yang berbahaya ini.

Nelson Mandela
Sama dengan kebanyakan pemuda lainnya, mantan Presiden Afsel Nelson Mandela juga pernah menjalani ritual ini. Beruntung, khitannya tak mengalami hambatan.

Dalam buku otobiografinya, Mandela bercerita bagaimana pengalamannya ikut upacara sunat saat berusia 16 tahun.

"Tanpa sepatah kata, ia mengambil kulup saya. Menariknya ke depan dan dengan 1 gerakan digunakanlah tombak. Saya merasa seolah-olah peluru menembak pembuluh darah saya," tulis Mandela seperti dikutip Dailymail, Senin 1 Juli 2013.

"Rasa sakit itu begitu kuat yang membuat saya mengubur dagu saya di dada saya. Beberapa detik tampaknya berlalu sebelum saya menangis dan kemudian saya sembuh dan berseru `Ndiyindoda!` (Saya seorang pria).


Update :
Quote:Liputan6.com, Johannesburg: Namanya 'Ulwaluko', tradisi sunat massal yang dilakukan Suku Xhosa di Afrika Selatan yang dilakukan antara bulan Mei dan Juli setiap tahun. Ritual ini khusus dilakukan untuk remaja pria yang beranjak dewasa.

Namun tradisi ini memakan banyak korban. Laporan terbaru, jumlah korban tewas Ulwaluko ini bertambah 2 kali lipat, dari 30 menjadi 60 orang. Sementara korban luka-luka mencapai 300 orang.

Jumlah korban tewas tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, 2012. Setahun lalu, ada 47 pemuda yang dinyatakan tewas.

Meski demikian, Ulwaluko belum juga diusut pemerintah setempat. Sudah berabad-abad, sunat massal ini diterapkan dengan alat yang cukup sadis, yakni tombak. Parahnya lagi, untuk memotong puluhan remaja, hanya menggunakan 1 tombak.

Maka tak pelak, infeksi dan mutilasi yang malah terjadi. Alih-alih berubah menjadi lebih dewasa dan terhindar dari penyakit, maut malah datang untuk sejumlah pemuda di sana.

Media lokal Sunday Times melaporkan, Rabu (31/7/2013), Rumah Sakit Holy Cross tak punya cukup tempat tidur untuk menampung para korban luka. Sebagian besar korban mengalami gangren. Ujung kelaminnya menghitam busuk hingga tak berfungsi.

Pemerintah Afrika Selatan menduga masih banyak korban lain. Namun mereka enggan melaporkannya karena gengsi dan takut dianggap lemah.

Sementara banyak pemuda yang kabur saat musim Ulwaluko. Tentu mereka takut mengalami hal serupa seperti yang telah menimpa pada seniornya.

Menteri Kesehatan Afrika Selatan Aaron Motsoaled mengatakan, praktik ritual sunat ini sudah berubah menjadi tindak kriminal. Bukan lagi suatu ritual budaya. Karenanya, pemerintah akan memberikan pelatihan kepada ahli medis tradisional yang mengeksekusi Ulwaluko.


Penyebabnya :
Quote:Biasanya, penyebab kematian adalah perdarahan atau infeksi. Itu terjadi karena para tetua yang dipercaya melakukan ritual sunat biasanya tidak memiliki latar belakang medis.


Update :
Ane tambahin proses sunat massalnya gan, maaf gambarnya agak DP. Ane ngeri bayanginnya emoticon-Takut (S)
awas gan

awas gan

awas gan

awas gan

awas gan

awas gan

awas gan

awas gan


Sekedar berbagi gan, TS mengharapkan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)
bonus


Mampir ke trit HT ane gan emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Quote:Sejarah Lampu Riting atau Lampu Sein [++PIC]


komen kaskuser yang gokil emoticon-Big Grin
Quote:Quote:Original Posted By asrinfat
wah kasian emoticon-Berduka (S)
untung dulu ane di sunat nya pake peraut pensil emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By tobiami
nyunat pake gergaji gan biar greget


`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
TOBIAMI


Quote:Original Posted By FaLLenia
sunatnya pke gigi singa kali ya ampe ada yg meninggal @@


Quote:Original Posted By rowcheck
motong pake cangkul berkarat kali gan makanya pada koid gtu


Quote:Original Posted By bigdaddy1408
sunatnya pake batu gan emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By arruza
Pake piso bergelombang gan biar bentuknya cantik emoticon-Ngakak

Btw bonusnya tumpeh2 tuh gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Aryajelemahirup
njess serem emoticon-Takut , jd inget wktu ane disunat , wktu kecil di blowjob dolo emoticon-Ngakak ama susternya cantik lgggg,,
coba kalo ane disunat pas ud gede , pasti konek tuh emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By erienth24
itu motongnya pake apaan? golok buat motong daging sapi? emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By Uraniwarabbit
Ngeri gan, dah ga jaman kli gan kaya gtu.. harus nya kaya yg foto terahir tuh..

menyakitkan tapi menyenangkan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By pup.pup
nyunat pake jigsaw aja emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By antedilus.jv
Coba kalo disunat pake lightsaber . . . pasti mantap
emoticon-Cool


Quote:Original Posted By vibevodka
wah bonus nya parah emoticon-Ngakak

susah tuh pasti khitannya, beridir terus soalnya wkwk


Quote:Original Posted By lancelotalbyonn
untung ane udah sunat gan
moga aja ga tumbuh lagi
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By nelumbo
itu apa rasanya gan, untung ane pake kawat panas emoticon-Cool


Quote:Original Posted By kiryuu.aurora
Sunat biasa yang modern aja udah serem apalagi ini emoticon-Cape d... (S)

pake di suruh uka2 dulu di hutan lagi emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By wicakcicak
biar lebih aman menurut ane pake gunting kuku aja, gan.. emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By sbud
Gile aje sunat nya pake tombak.. Tanggung amat.. Ga sekalian aja pake AK-47 emoticon-Hammer2

Klo ane sich mending sunat pake rasengan biar ntar kepala nya berbentuk spiral.. Kan gaul en ga ada 2 nya tuch emoticon-Cool emoticon-Cool


komen bermutu emoticon-Smilie
Quote:Quote:Original Posted By kenjishin
kite kudu bersukur bisa tinggal di indonesia emoticon-Malu
sekejam kejamnya bengkong gak separah yang terjadi di afrika sono emoticon-Takut (S)


jiwa bisnis
Quote:Quote:Original Posted By hizaky
buka jasa sunat akh disana emoticon-Traveller


Special thanks to agan EkyNauljam
alhamdulillah


sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber gambar
Diubah oleh reallyreally
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 26 dari 61
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 03:24
Busyeet itu ada yang pake silet gan? Parah bener dah asli gila gila emoticon-Hammer (S)
Udah gitu ga steril lagi itu piso pisonya (Kayaknya) emoticon-Big Grin
Kalo ane sih sunat sendiri aja deh emoticon-Hammer (S)
Dan disunat buat ane cukup 2x aja gan, sumpah! gamau lagi emoticon-Malu (S)
Bonusnya asik tuh emoticon-Big Grin

-MSA Production, Vellarose, Kanggo!-
Diubah oleh .Carlos
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 03:27
Ritualnya serem gan,bahkan katanya ada yang kelaminnya sampe habis,korban meninggal dan banyak korban luka,tapi kok udah tau banyak korban malah dilestarikan ya..
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 03:28
baca ginian bikin ngiluuu cuyyemoticon-Takut (S)
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 03:43
yg nyunat nya mungkin greget lihat adik kecilnya berdiri,,,makanya d babat habis ampe koit emoticon-No Hope
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 06:14
Quote:Original Posted By .Carlos
Busyeet itu ada yang pake silet gan? Parah bener dah asli gila gila emoticon-Hammer (S)
Udah gitu ga steril lagi itu piso pisonya (Kayaknya) emoticon-Big Grin
Kalo ane sih sunat sendiri aja deh emoticon-Hammer (S)
Dan disunat buat ane cukup 2x aja gan, sumpah! gamau lagi emoticon-Malu (S)
Bonusnya asik tuh emoticon-Big Grin

-MSA Production, Vellarose, Kanggo!-

ha? 2x gan? gak abis apa? emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By rezaquariuz
Ritualnya serem gan,bahkan katanya ada yang kelaminnya sampe habis,korban meninggal dan banyak korban luka,tapi kok udah tau banyak korban malah dilestarikan ya..

sudah tradisi gan, cuma memang harus mulai diperhatikan alat-alat dan caranya
Quote:Original Posted By X13Lver_X33
baca ginian bikin ngiluuu cuyyemoticon-Takut (S)

awas gan ntar gak bisa tidur emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Adelphia69
yg nyunat nya mungkin greget lihat adik kecilnya berdiri,,,makanya d babat habis ampe koit emoticon-No Hope

yakali yg nyunat juga cowok gan emoticon-Big Grin
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 06:28
ngeri kali ya alat2nya...
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 06:31
gelooo ngaco amat wkwkwkkw sakitnya kaya apa itu
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 07:15
Quote:Original Posted By mantap27
ngeri kali ya alat2nya...

iye gan, agan beliin deh alat-alat yang lebih baik biar orang2 disana aman setelah disunat
Quote:Original Posted By Ilhamarkaz
gelooo ngaco amat wkwkwkkw sakitnya kaya apa itu

agan bayangin aja gimana sakitnya waktu disunat, ya lebih sakit dari itu emoticon-Embarrassment
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 09:58
parah banget emoticon-Big Grin













CD.X*forbidden*X
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 10:10
Quote:Original Posted By CD.X*forbidden*X
parah banget emoticon-Big Grin













CD.X*forbidden*X

lah malah ketawa gan emoticon-Cape d...
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 10:19
wahh..ga steril kya tuh gan

jd byk yg mati
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 10:26
gimana cerita nya bisa kek begitu...
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 10:34
emoticon-Takut serem bngt gan,kasian tuh bocah
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 10:34
Quote:Original Posted By chrisnaddy
wahh..ga steril kya tuh gan

jd byk yg mati

iya gan bener, perlu perhatian pemerintah untuk kedepannya
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 11:01
Quote:Original Posted By triadsquad
gimana cerita nya bisa kek begitu...

kurang steril gan
Quote:Original Posted By iwenk.falz
emoticon-Takut serem bngt gan,kasian tuh bocah

iya masa depannya kayak gimana tuh
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 11:16

widiik

ngilu ganemoticon-Frown
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 11:17
busetttttttttttttttt
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 11:21
Lihat gambarnya saja sudah ngilu gan emoticon-Matabelo
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 11:26
anjiir,pakek silet
ngeliat nya ane ngilu gan..
0 0
0
`Sunat Massal` di Afrika Selatan Berujung Maut, 30 Tewas 300 Luka
06-09-2013 11:28
wihh serem banget gan
0 0
0
Halaman 26 dari 61
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia