fransvianAvatar border
TS
fransvian
GESANG & BENGAWAN SOLO YANG MENDUNIA
Ditengah maraknya musik K-Pop dan lagu" barat yang masuk ke Indonesia, seakan menggeser musik yang ada di tanah air. emoticon-Mewek

Jauh sebelum K-Pop dan lagu" barat yang masuk ke Indonesia, ada sebuah lagu dari negara tercinta emoticon-I Love Indonesia (S) yang mendunia. emoticon-I Love Indonesia

Spoiler for Gesang - Bengawan Solo:


agan dan aganwati sekalian pasti tau dong lagu BENGAWAN SOLO yang diciptakan oleh GESANG ??? Bernama lengkap Gesang Martohartono (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Oktober 1917; umur 92 tahun) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Dikenal sebagai “maestro keroncong Indonesia,” ia terkenal lewat lagu Bengawan Solo ciptaannya, yang terkenal di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang. Lagu ‘Bengawan Solo’ ciptaannya telah diterjemahkan ke dalam, setidaknya, 13 bahasa (termasuk bahasa Inggris, bahasa Tionghoa, dan bahasa Jepang)emoticon-Matabelo

Kabar yang ane dapet nih gan, lagu Bengawan Solo juga pernah hit di komunitas china di Asia Tenggara pada 1957 ketika dinyanyikan oleh penyanyi Malaysia Poon Sow Keng. keren kan ?emoticon-Jempol

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kojiro Shiojiri mengatakan masyarakat Jepang sangat mengagumi karya musik Gesang Martohartono, terutama lagu Bengawan Solo. "Ketika mendengar nama Indonesia, yang terlintas lagu Bengawan Solo, " terangnya kepada wartawan saat hadir di kediaman Gesang, Kemlayan, Solo.

Di Jepang sendiri, ada perkumpulan orang-orang sesama pengagum lagu-lagu Gesang yang bernama Kai. Lantaran kekaguman masyarakat Jepang, pemerintah Jepang pernah memberikan penghargaan pada Gesang. Pemerintah Jepang menyerahkan Bintang Tanda Jasa kepada Gesang. emoticon-2 Jempol

nah, ini konon katanya kisah dibalik lagu bengawan solo yang ane dapet dari googling

Bengawan Solo: Bengawan artinya sungai besar, jadi Bengawan Solo artinya sungai Solo yang besar. Nah, pertanyaannya sebelum ada lagu ini, apa memang nama sungai ini Bengawan Solo? Jangan-jangan namanya Sungai Solo atau Kali Solo, nama Bengawan Solo muncul setelah lagu ini populer. Kalau dugaan ini benar, maka Pak Gesanglah yang memberi nama sungai ini.

Bengawan Solo, riwayatmu ini : Kata riwayat atau sejarah, seakan menyiratkan kita bahwa lagu ini akan punya riwayat yang panjang, sampai pergantian abad masih dibicarakan.

Sedari dulu jadi perhatian insani : Ternyata benar, dari dulu sampai sekarang Bengawan Solo menjadi perbincangan banyak insan, banyak orang, dari jaman keemasan di mana keluarga kerajaan bertamasya di sungai ini, pembuatan waduk Gajah Mungkur, sampai soal banjirnya yang menyapu berbagai kota akhir-akhir ini.

Musim kemarau, tak seberapa airmu. Di musim hujan air meluap sampai jauh : Di tahun 40-an saja, kalau hujan sungai ini meluap sampai jauh, mungkin beberapa meter dari bibir sungai. Itu saat masih banyak hutan dan pohon disekitarnya. Seharusnya ini jadi pelajaran bahwa kita tidak boleh semena-mena membabat hutan dan tanaman di hulu dan sekitar sungai ini, atau air akan meluap lebih jauh lagi, bahkan sampai beberapa kilometer dan merendam wilayah yang dilaluinya. Dengan kata lain pencipta lagu ini sudah mengingatkan lho, sekian puluh tahun yang lalu, akan pentingnya menjaga ekosistem di sekitar sungai besar ini.

Mata airmu dari Solo, dikurung gunung seribu : Kalau ditulis Mata airmu dari Solo, dari Pegunungan Seribu itu sudah benar, memang hulu sungai ini ada di daerah Pegunungan Seribu. Namun, pemilihan kata dikurung gunung seribu menjadikannya nyeni dan secara tidak sadar kita membayangkan ada seribu gunung mengitari mata air Bengawan Solo. Apa nggak hebat?

Air mengalir sampai jauh, akhirnya ke laut : Air Bengawan Solo mengalir dari kota Solo sampai Surabaya, memang jauh. Ini biasa saja. Tetapi kalau kita berfikir mungkin belum semua orang Solo pernah ke Surabaya, apalagi tahun 40-an, maka orang akan menduga-duga seberapa panjang sungai ini.

Itu perahu, riwayatmu dulu Konon dahulu di Bengawan Solo banyak perahu hilir mudik, bahkan pihak keraton Surakarta mempunyai perahu khusus untuk melancong di Bengawan Solo.

Kaum pedagang slalu, naik itu perahu

Kaum pedagang mungkin sekarang sudah jarang atau tidak ada lagi yang menggunakan Bengawan Solo sebagai sarana transportasi. Bengawan Solo sudah tidak seramah dahulu.

Berikut adalah lagu" yang diciptakan Gesang : Bengawan Solo, Jembatan Merah, Pamitan (versi bahasa Indonesia dipopulerkan oleh Broery Pesulima), Caping Gunung, Ali-ali, Andheng-andheng, Luntur, Dongengan, Saputangan, Dunia Berdamai, Si Piatu, Nusul, Nawala, Roda Dunia, Tembok Besar, Seto Ohashi, Pandanwangi, Impenku, Kalung Mutiara, Pemuda Dewasa, Borobudur, Tirtonadi, Sandhang Pangan, Kacu-kacu.

Berikut video Bengawan Solo yang dinyanyikan Lisa Ono


Jangan lupa kasi emoticon-Blue Guy Cendol (L)ya gan.

baca juga Thread ane yang lainnya ya gan
- http://www.kaskus.co.id/thread/521a3...s-novita-dewi/
- http://www.kaskus.co.id/thread/521de...iti-gan--masuk

Referensi
- http://www.indonesiaberprestasi.web....yang-mendunia/
- http://ikikatta.blogspot.com/2010/05...awan-solo.html
- http://kumpulanmotivasi2.blogspot.co...fi-gesang.html
- http://seputarinfomusik.blogspot.com...awan-solo.html
- https://www.facebook.com/faktaunik/p...71296016242070
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 2 suara
Apakah Thread ini bermanfaat bagi agan dan aganwati sekalian?
Ya, bermanfaat
100%
Kurang bermanfaat
0%
Diubah oleh fransvian 28-08-2013 12:50
0
6.8K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
Music
icon
19.7KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.