Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
2004
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5216ce351cd719c262000006/mencetak-uang-sebanyak-banyaknya-ini-dia-logikanya
Alhamdulillah ini HOT THREAD Pertama ane, makasih buat mimin KASKUS.Editor udah jadiin trit ane HT :matabelo: Please No Junk No Spam Baca Dulu Sebelum Berkomentar Mari Budayakan Komentar Yang B
Lapor Hansip
23-08-2013 09:51

Kenapa sih Negara tidak Mencetak Uang Sebanyak-Banyaknya Untuk Mengatasi Kemiskinan

Past Hot Thread
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..

Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..

Quote:Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
Alhamdulillah ini HOT THREAD Pertama ane, makasih buat mimin KASKUS.Editor udah jadiin trit ane HT emoticon-Belo

We KASKUSer

Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..

Please No Junk No Spam
Baca Dulu Sebelum Berkomentar
Mari Budayakan Komentar Yang Baik dan Bijak Setelah Membaca Trit Ini
No REPOST


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..


Quote:
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..

Sejak kecil saya selalu berfikir seperti itu, kemiskinan dimana mana kenapa tidak mencetak uang sebanyak banyaknya lalu dibagikan kepada orang yang tidak mampu? selesai kan masalahnya? karena penasaran dari dulu saya ingin mencari info tentang ini tetapi selalu lupa tapi tadi saya lihat ada thread di kaskus yang membahas ini jadi ya dicopas aja deh ini dia alasannya kenapa suatu negara tidak mencetak uang sebanyak banyaknya :

Dalam menerbitkan atau mencetak uang, terdapat dua macam sistem, yang disebut “pseudo gold” dan “uang fiat”. Dalam sistem pseudo gold, uang yang dicetak dan beredar didukung dengan cadangan emas atau perak yang dimiliki badan yang menerbitkannya. Sedangkan dalam sistem uang fiat, uang yang beredar tidak didukung aset yang riil, bahkan tidak didukung apa-apa. Artinya, dalam sistem fiat, pemerintah atau badan yang menerbitkan uang bisa mencetak uang sebanyak apa pun sesuai keinginan.

Dalam ekonomi, kita tahu, harga barang akan tergantung pada perbandingan jumlah uang dan jumlah persediaan barang. Jika barang lebih banyak dari jumlah uang yang beredar, maka harga akan cenderung turun. Sebaliknya, jika jumlah barang lebih sedikit dibanding jumlah uang yang beredar, maka harga-harga akan cenderung naik. Karena itulah, pencetakan uang secara tak langsung juga ditentukan oleh hal tersebut, agar tidak terjadi inflasi.

Apabila suatu negara—dengan alasan miskin—mencetak uang sebanyak-banyaknya, yang terjadi bukan negara itu menjadi kaya, tetapi justru akan semakin miskin. Karena, ketika jumlah uang yang beredar semakin banyak, harga-harga barang akan melambung tinggi, dan inflasi terjadi. Akibatnya, meski uang dicetak terus-menerus, uang itu tidak bisa disebut kekayaan, karena nilainya terus merosot turun.

Indonesia juga pernah melakukan pencetakan uang dalam jumlah banyak, pada masa kepresidenan Soekarno. Karena pemerintah belum bisa maksimal memungut pajak dari rakyat waktu itu, Soekarno pun mengambil kebijakan untuk mencetak uang secara berlebih. Hasilnya tentu inflasi. Semakin banyak uang dicetak, harga barang semakin tinggi, dan terjadi hiperinflasi. Finish-nya, kita tahu, adalah demonstrasi yang terkenal dengan sebutan Tritura (tiga tuntutan rakyat), yang salah satunya permintaan agar harga-harga diturunkan.

Kasus yang terbaru terjadi di Zimbabwe. Pada 2008, pemerintah Zimbabwe mengeluarkan kebijakan untuk mencetak uang dalam jumlah sangat banyak, yang ditujukan untuk memperbanyak pegawai negeri yang diharapkan akan mendukung pemerintah. Hasilnya adalah inflasi yang gila-gilaan. Negara itu bahkan memegang rekor dalam hal inflasi tertinggi di dunia, yaitu 2.200.000% (2,2 juta persen) pada 2008.

Sebegitu cepatnya tingkat inflasi terjadi, hingga kenaikan harga di Zimbabwe tidak terjadi dalam hitungan minggu atau bulan, tetapi menit bahkan detik. Dalam setiap beberapa detik, para pegawai di toko-toko Zimbabwe terus sibuk mengganti label-label harga pada barang-barang yang mereka jual, karena terus terjadi pergantian harga akibat inflasi yang menggila.

Pada 20 Juli 2008, bank Zimbabwe bahkan menerbitkan pecahan uang senilai 100 milyar dollar, yang merupakan rekor pecahan uang dengan nominal terbesar di dunia. Uang dengan nominal besar itu, ironisnya, tidak memiliki nilai yang sama besarnya, karena digerus oleh inflasi akibat harga-harga yang melambung luar biasa tinggi. Untuk membeli sembako, misalnya, orang di Zimbabwe harus membawa uang sampai seember.

Jadi, negara miskin (ataupun negara yang tidak miskin) tidak mencetak uang dalam jumlah berlebihan, karena adanya pertimbangan seperti yang digambarkan di atas.


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
Kenapa Suatu Negara Tidak Mencetak Uang Sebanyak-Banyaknya?
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..

Quote:Saya yakin anda pasti sering mendengar tentang hutang negara yang menumpuk serta angka kemiskinan yang sangat besar, baik di TV ataupun media massa lainnya. Mungkin sebagian dari anda pernah berpikir atau kepikiran bagaiman kalau Indonesia mencetak uang saja semaunya, untuk melunasi hutang negara maupun memberantas kemiskinan ataupun mengembalikan uang korupsi yang hilang. Dengan begitu semuanya beres, kan??

Saya juga pernah berpikir seperti itu, kemudian saya sempat kepikiran apa resiko dan konsukensi di balik semua itu. Oke, misalkan Indonesia mencetak uang sebanyak banyaknya, semua rakyat dapat hujan uang, perorangnya bisa dapat goni-an. Pertanyaan sekarang, siapa yang mau capek kerja sedangkan sudah ada jaminan uang untuk hari kedepannya??Siapa yang mau sukarela jadi petani kerja di siang hari padahal uang sudah ada di tangan??

Oke, kita misalkan, rakyat Indonesia tidak ada yang mau jadi petani. Pertanyaan kedua, kita mau maka apa sedangkan makanan pokok berasal dari sektor pertanian??

Selain yang diatas tadi, saya juga dapat akan terjadi inflasi, yaitu kenaikan harga barang barang di pasaran. Nemu juga yang seperti ini:

“uang itu bukanlah semata-mata kertas yang dicetak atau metal yang dibentuk menjadi koin, tapi juga memerlukan jaminan yang bersifat riil. jadi untuk setiap rupiah resmi yang beredar ada sejumlah barang berharga (biasanya berbentuk emas, Emas dipilih karena sifatnya yang stabil, tahan cuaca, tidak berkarat, dll, dll dan juga karena mudah dipecah tanpa mengurangi nilainya) sebagai bentuk riilnya, yang disimpan di bank nasional (BI).
rasio antara uang yang dicetak dan jumlah uang yang beredar adalah salah satu cara menentukan nilai suatu uang. oleh karena itu bila uang yang beredar ditambah tapi jaminannya tidak ditambah maka nilai uang akan turun (inflasi). akibatnya bila biasanya Rp. 1.000 bisa membeli x barang, setelah uang mengalami inflasi Rp.1.000 hanya bila membeli 1/2 x.
dengan kata lain jumlah uangnya banyak tapi nilainya enggak ada, kalau nilainya enggak ada maka negara lain tidak mau menerima uang kita. ujung-ujungnya utang tidak terbayar dan bbm tak terborong.”


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
Kesimpulan TS
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..

Quote:Kenapa sih Negara tidak Mencetak Uang Sebanyak-Banyaknya Untuk Mengatasi Kemiskinan Dan Pengangguran di Negara?

karena uang dicetak sebanyak-banyaknya dan dibagi bagikan kepada orang miskin, maka para pedagang berpikir bahwa ada kesempatan menaikkan harga. toh yang beli uangnya lebih banyak dari sebelumnya

efek ini terus berulang sehingga sebagian besar komoditas akan mengalami kenaikan harga
padahal barangnya sama persis seperti sebelumnya
kemudian hal ini akan dilihat sebagai jatuhnya nilai mata uang
nilai tukar uang terhadap barang turun, alias harga barang naik

akibat selanjutnya: karena harga barang naik, maka akan ada semakin banyak orang miskin

Inflasi gan, itu yang akan terjadi.
Dan juga harus sesuai dengan barang yang beredar dipasaran.Jika barang banyak maka nilai barang tersebut akan turun,begitu juga sebaliknya.
Klo dilihat dari miskin,bukan berarti negara banyak uang menjadi kaya malah sebaliknya akan miskin negara itu.Karena, ketika jumlah uang yang beredar semakin banyak, harga-harga barang akan melambung tinggi, dan inflasi terjadi. Akibatnya, meski uang dicetak terus-menerus, uang itu tidak bisa disebut kekayaan, karena nilainya terus merosot turun.

Dulu pernah jaman soekarno mencetak uang dalam jumlah banyak,tapi terjadi hiperinflasi,dan ini menjadi rakyat berdemonstrasi,yaitu tritura dimana isi dari demo itu agar diturunkannya harga.




Quote:Nah itu dia kesimpulan ane di atas emoticon-Big Grin
Bagaimana pendapat KASKUS-er yang lain?
Silahkan share di bawah yah emoticon-Smilie


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
Komentar dan tambahan dari agan KASKUS-er
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..


Quote:Original Posted By Fibonacc1
Ane pernah baca buku tentang dinar gan.

Di buku itu dibahas klo uang kertas itu memang dicetak berdasarkan persedian atau cadangan emas yang dimiliki negara. Jadi emas sebagai jaminan uang kertas yang beredar. Sedangkan negara Amerika itu sembarangan mencetak uang kertas. Dia cetak sebanyaknya atau lebih dari anggaran emas yang dia punya.

Sebenarnya uang kertas itu ga punya nilai. Alangkah indahnya klo seluruh negara menggunakan uang logam berupa emas dan perak. Jadi ga bisa sembarang cetak dan harga akan stabil selamanya.

Buktinya?
Buktinya adalah 1 dinar zaman Rasulullah (bagi yang muslim) itu bisa membeli seekor kambing dewasa. Begitupun sekarang. Satu kambing dewasa seharga satu dinar. Karena emas dijamin langsung sama YME..

Ini bukunya gan..


Tambahan,
Makanya Amerika tuh takut banget klo disuruh pakai uang koin gan.
Seinget ane juga jadinya sekarang uang kertas yang beredar ga sesuai dengan emas yang dimiliki tiap negara. Soalnya pada takut gan.

Klo penasaran coba aja baca bukunya..

Quote:Original Posted By arsyadalbanjari
Ane mau nambahin sedikit nieh. ane dulunya sekolah ekonomi pembangunan. jd masih rada2 ingat sama rada2 lupa, maklum lama pengangguran.....emoticon-Ngakak

Jadi, penting diketahui bahwa ada sebuah sistem yang telah mengatur perihal mengenai bagaimana agar uang dapat dicetak sebuah negara. Sistem ini dilahirkan melalui sebuah konferensi di sebuah tempat bernama Bretton Woods sehingga kemudian sistem ini dinamakanlah Sistem Bretton Woods. Salah satu pasal penting dari sistem ini adalah:

"Bahwa setiap uang sebuah negara harus ditopang dengan dollar Amerika dan dollar Amerika sendiri harus ditopang dengan emas."

Konsekuensi dari ketetapan tersebut, yakni:
- Diberlakukannya Kurs Tetap agar terjaga kestabilan ekonomi antar negara. Kurs Tetap menjamin kekayaan sebuah negara tidak akan berpindah ke nagara lain hanya dengan kepemilikan uang karena secara otomatis negara yang kehabisan uang akan berproduksi kembali. Maka secara otomatis pula negara yang kelebihan uang akan membelanjakan uangnya ke negara lain yang berproduksi. Dengan kata lain, sebuah negara tidak dapat mendominasi impor secara terus-menerus. Berbeda dengan Kurs Mengambang yang nilai uangnya dapat semakin tinggi. Contoh dari 1$/3000 rupiah ke 1$/7000 rupiah.....dst.

- Pengendalian Uang Beredar, peredaran uang tidak terkendali dapat menyebabkan inflasi. Inflasi adalah meningkatnya harga-harga barang secara umum. Inflasi tidak hanya menurunkan daya beli masyarakat tetapi inflasi juga menyebabkan rendahnya produktifitas masyarakat. Sehingga, perlu adanya pengendalian uang beredar.


Komentar Mereka


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
Disclaimer
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..


Quote:Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
1. Thread ini merupakan thread yang berisi konten konten copy paste yang menarik disertakan dengan sumbernya dan tidak ada hubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan kapitalis,sosialis, atau komunis
2. Thread ini tidak dimaksudkan/menyajikan konten yang berisi SARA & Porno dengan segala bentuk tulisan maupun gambar.
3. Thread ini berisi artikel copy paste sehingga mungkin konten di dalamnya berisi tidak seimbang, tidak adil dan mungkin terkesan memihak.
4. Bagi pembaca atau user KASKUS-er yang tidak setuju dengan konten/artikel yang tertulis dipersilahkan untuk menuangkan ketidak setujuannya di kolom komentar dengan kata yang sopan tidak mengandung SARA dan dapat dikonsumsi publik.
5. Thread ini memperbolehkan anda berkomentar baik berupa pujian, cacian, dan umpatan tetapi saya tidak bertanggung jawab atas apa yang disampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan.
6. Jika salah satu artikel saya mengandung sumber yang salah / bukan sumber pertama artikel ditulis itu murni ketidak sengajaan atau mungkin blog yang artikelnya saya copy paste tidak memberikan sumber pertama artikel itu ditulis.
7. Saya tidak bertanggung jawab atas Link yang tidak berkenan / menuju situs yang mengandung pornografi dan malware karena biasanya link itu terdapat di dalam komentar yang tidak diperlakukan izin oleh saya selaku pemilik thread.
8. Saya selaku pemilik thread tidak bertanggung jawab Jika ada user lain yang mengcopy paste artikel di thread ini dan menjadikan thread ini sebagai sumber artikel nya karena itu murni kesalahan si pembuat thread itu.
9. Semoga dikemudian hari dengan adanya thread ini tidak menjadi kasus / tuntutan hukum baik perdata maupun pidana sehingga tidak ada halangan / pemblokiran thread ini agar menyajikan konten-konten yang menarik,unik, dan menambah pengetahuan.

Copyright © 2013 sundameilanyzr All Right Reserved



Quote:Baca juga , lanjut POST #5 yah!!


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..


Quote:Sekian dari ane , SEMOGA BERMANFAAT! emoticon-Smilie
Jangan lupa bagi-bagi emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S) nya bagi yang sudah iso , untuk menghargai kerja TS bikin thread ini emoticon-Big Grin

Quote:CENDOL AKAN MENJADI SEMANGAT BERKARYA BUAT KITA SEMUA !!!emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)


Quote:
  • (emoticon-thumbsup) PENGUNJUNG YANG BAIK ADALAH YANG MEMBERI KOMENTAR
  • (emoticon-thumbsup) NGASIH CENDOL + RATE 5
  • (emoticon-thumbsup) KOMENTAR BERMUTU
  • (emoticon-Hammer (S)) SILENT READER / LEMPAR BATA


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..


Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..

Quote:

Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
Diubah oleh sundameilanyzr
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 68 dari 102
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:23
Quote:Original Posted By z88d
pemerintahnya sibuk ngurusin politik makanya sekarang rupiah anjlok emoticon-Big Grin


yah faktor di kita nya juga sih gan makanya dollar bisa tembus 11.000 , edan emoticon-Big Grin
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:24
kalo kuliah jurusan ekonomi atau perbankan pasti pinterbanget masalah beginian. nice share gan menyebarkan edukasi emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:24
PAHAM gan....
tp ko presiden berencana bwt naikin gaji PNS ya.. tu berarti peredaran uang dipastikan bakalan bertambah..(persentasenya ane ga tau se..) berarti sedikit banyak bakalan ada reaksinya terhadap faktor2 yg bisa nyebabib INFLASI terjadi.. emoticon-Big Grin bener ga tuh pemikiran ane.. CMIIW..

emoticon-Rate 5 Star dah bwt ne trit.. emoticon-2 Jempol
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:25
Intinya ayo kerja cari keringet. Ambil cangkulmu
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:26
Jadi Gaji PNS NAek gak perlu di umumin dolo gan...
biar harga barang gak keburu naek duluan...emoticon-Ngakak
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:26
share pengetahuan. biar makin paham. thx gan.

bantu emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star, maap blm bs cendolin.
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:26
ane ngerti gan masalah ginian, soalnya waktu sma jago ips emoticon-Cool
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:27
ane dlu nya waktu kecil berpikiran sama kaya TSemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

tapi ane mulai tau jawaban nya sama yang seperti TS katakan sejak SMA
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:27
Quote:Original Posted By kingnubitol
kalo kuliah jurusan ekonomi atau perbankan pasti pinterbanget masalah beginian. nice share gan menyebarkan edukasi emoticon-Cendol (S)


hahah ga juga kok gan , asal kita rajin baca buku & pelajari pasti semua nya juga bisa emoticon-thumbsup
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:27
emoticon-Matabelo nice infoh gan emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:27
mirip2 cew ya gan
makin banyak aja di muka bumi
berarti nilai/valuenya cenderung turun dong
emoticon-Ngakak
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:28
ane sdh mengerti dan paham maksud ente gan.. Jadi kalo rupiah semakin banyak dicetak..maka harga barang semakin naik,jadi orang2 memanfaatkan barang yg mereka jual saat rupiah banyak dicetak,dan mereka akan menggunakan uang tadi hanya pada saat rupiah dicetak dalam jumlah normal.. CMIIW dan taro di pejwan kalo berkenan..
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:28
Quote:Original Posted By ERVO
share pengetahuan. biar makin paham. thx gan.

bantu emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star, maap blm bs cendolin.


yups gapapa gan ane di kasih rate5 nya buat trit nya juga udah bersyukur emoticon-Big Grin
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:29
sebetul yang benar uang yg terbuat dari emas atau perak, pasti akan bertahan dari inflasi emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh nanda6x2008
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:29
sebenarnya ada cara yg cukup handal untuk mengatasi nilai tukar rupiah gan, selain meningkatkan export semaksimalnya dan mengurangi import semaksimalnya (mungkinkah?)....

yg perlu di lakukan, bukan mencetak rupiah gan, tapi mencetak mata uang dollar seperti yg di lakukan korea utara, memang ilegall, tapi mereka tetap bisa bertahan sampai sekarang gan,,,,,gak takut di embargo sebab mereka punya dollar asli tapi palsu gan....

mereka menggunakan dollar tersebut melalui negara2 ketiga....makanya amerika sampai sekarang geram sekali dengan tindakan korut namun tidak ada yg bisa di lakukan oleh mereka...

emoticon-Ngakak

dampaknya tentu saja ada gan, jika ketahuan, tapi jika dilakukan diam2, apalagi oleh negara, tentu tidak akan ketahuan...

emoticon-Ngakak







0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:29
akhirnya pertanyaan ane dari kecil terjawab juga gan
nice thread gan emoticon-Kiss
ane belum ISO gan jadi ane rate5 ajah ya gan
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:30
jadi klo pengen deflasi, produksi barang sebanyak2nya Gan
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:31
Thanks infonya gan emoticon-Big Grin
Ternyata begitu ya Logikanya dan Ceritanya emoticon-thumbsup

0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:31
bener juga kata agan,, dulu sempet ane pikir biar negara cetak rupiah banyak buat bayar utang negara ternyata banyak resikonya di dalam negri kalo itu terjadi,, emoticon-Big Grin
0 0
0
Mencetak uang sebanyak banyaknya, ini dia logikanya..
27-08-2013 09:32
penjelasannya lengkap juga gan emoticon-Big Grin
jujur, waktu ane kecil berfikir sama kayak agan,.
kenapa gak cetak uang banyak-banyak trus di bagiin deh emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 68 dari 102
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia