Icchi.
TS
Icchi.
How To Find Habitable Planets (Cara Menemukan Planet Layak Huni)
Wilkommen, Welcome, Selamat Datang, Irrashaimase!


Note : Trit ini dibuat berdasarkan summary dari buku "How to Find a Habitable Planet" by James. F. Kasting.

I. Recent findings



Gliese 581g, ilustrasi artis


Dunia dibuat heboh oleh penemuan baru-baru ini, yaitu penemuan planet yang disinyalir bisa menampung kehidupan (baca: Goldilock Zone-dibawah). Berita terakhir adalah sistem bintang Gliese 667C, yang katanya memiliki 3 buah planet di Zona Huni dan berjarak 22TC (Tahun Cahaya).

Artinya: kalau manusia udah sanggup buat wahana warp drive berkecepatan warp faktor 1 (1TC) maka wahana itu akan menempuh perjalanan 22 tahun. (tentang warp drive ngga akan di bahas disini)

Per 12-Juli-2013, udah ada 910 exoplanet yang sudah bisa di identifikasi dan di konfirmasi. 262 diantaranya di perkirakan bisa dihuni.

Untuk daftar yang lebih detil bisa masuk ke Sini, atau Sini

Kabar baiknya, sekarang ini menemukan exoplanet sedang hot dikalangan ilmuwan (bahkan amatir), dan setiap tahunnya semakin banyak orang yang antusias. Jadi di waktu dekat ini, diharapkan makin banyak lagi planet yang disinyalir bisa menampung kehidupan akan ditemukan.

II. Goldilock Zone



Goldilocks and the Three Bears


Bicara tentang planet layak huni, kita harus mengerti dulu apa konsepsi dari istilah layak huni tersebut.

Baiknya kita mundur melihat ke belakang sebentar, yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah kondisi Bumi kita sendiri.

Q: Mengapa Bumi bisa menampung kehidupan?

Quote:


Nah keempat elemen inilah yang dijadikan acuan sebagai Zona Layak Huni buat planet-planet lain.

Dan kemungkinan terbesar sebuah planet memiliki keempat elemen ini, adalah kalau planet itu terletak di Goldilock Zone (yaitu zona dimana nggak terlalu dekat dan juga nggak terlalu jauh dari bintak induknya).

Di tata surya sendiri zona Goldilock itu terletak di 0.95 AU hingga 1.65 AU (Astronomical Unit yaitu jarak antara Bumi-Matahari = 149.597.870.7 km).

Terlalu dekat, air akan menguap; Terlalu jauh air akan membeku. Bumi dan Mars terletak di Zona ini.

Q: Lho? tapi kenapa Mars tidak punya kehidupan?

Mars punya dua kelemahan:
Quote:


Akan tetapi, Mars sangat mungkin di Terraform, jikasaja kita punya cara untuk melepas CO2 yang bermukim di bebatuan subsurface kembali ke atmosfir. (ide paling radikal adalah dengan membombardir lapisan subsurface Mars dengan bom nuklir, tapi mending jangan deh .. ntar yang ada malah ancur tuh planet).

Bumi juga sebenarnya, tidak sempurna-sempurna banget .. Bumi masih terlalu dekat dengan Matahari. Harusnya Bumi tercipta, rada jauhan dikit aja.

===============

Nah tadi kan kita udah bahas tentang usia matahari, nah kan sepanjang usianya intensitas cahaya bintang semakin terang. Jadinya jarak Goldilock sebuah bintang juga ditentukan oleh usia bintang itu sendiri.

pada awal-awal pembentukan tata-surya, Goldilock matahari kita terletak di 0.95 AU-1.4 AU. Beda-beda dikit si untuk ukuran astronomi, tapi justru ini hal yang penting. karena seperti yang dibilang tadi. Zona Goldilock sangat ditentukan oleh usia sang bintang.

Faktor lain yang menentukan zona goldilock adalah tipe si bintang ini.
James F. Kasting telah meneliti hal ini. Dan dia berkata kalau tipe bintang yang paling pas untuk menampung kehidupan adalah bintang jenis G, K, F. Matahari kita sendiri adalah bintang kelas G2.

Untuk lebih jelasnya tentang klasifikasi bintang, ayo kita masuk ke bab III.


III. Klasifikasi bintang



The Star


Bintang di klasifikasikan atas Spektral dan Temperature yang dibagi menjadi 7 tipe: O, B, A, F, G, K dan M. (bisa diingat lewat mnemonic, "Oh Be A Fine Girl, Kiss Me!").

O dan B tidak terlalu banyak tetapi sangat terang, sedangkan M sangat banyak (umum) tetapi redup.

Klasifikasi bintang bisa dilihat di diagram Hertzsprung-Russel

Quote:


sedangkan, zona Goldilock dari tipe-tipe bintang ini bisa dilihat di sini.
Quote:


Seperti yang dibilang tadi, matahari kita bertipe G2. Salah satu dari jenis bintang yang ideal untuk menampung kehidupan. Mengapa? karena iluminasi dan tingkat radiasi bintang tidak terlalu ekstrim bagi mahluk hidup.

Tabel perbandingan radiasi bintang bisa dilihat disini
Quote:


disini bisa dilihat, sebenarnya bintang yang paling ideal adalah bintang tipe K2. dimana tingkat radiasinya lebih rendah dari bintang tipe G2. Sekali lagi, kalau Bumi itu nggak sempurna-sempurna amat.

Dan ini menjelaskan mengapa Kal-El yang berasal dari planet di bintang tipe K2 menjadi kuat ketika datang ke Bumi, karena dia terpapar radiasi berlebih alias bermutasi (just kidding).

Oke lalu bagaimana dengan bintang klasifikasi M? yang merupakan bintang paling umum ditemukan di jagad raya?

Ternyata kebanyakan Goldilock Zone bintang tipe ini terletak terlalu dekat dengan sang bintang itu sendiri, akibatnya. Planet yang berada di zona ini akan terkunci (Tidally Lock) dengan sang bintang, yang membuat satu sisi planet tersebut akan terus menerus menatap sang bintang. Sedangkan sisi lainnya akan berada di kegelapan eternal. Inilah alasan ilmiah makanya mengapa Gliese 581g itu Tidally Lockedsama bintangnya.

Trus, akibatnya apa?

yah akibat logisnya, satu sisi menghadap matahari akan kering kerontang, sedangkan sisi gelap akan membeku. Kalau sudah begini, iklim tidak akan berjalan. Dan hal tersebut akan menjadi sangat fatal bagi kehidupan? bukan begitu?

Juga planet yang tidally locked biasanya tidak punya medan magnet, karena tidak (atau lambat) berputar. (perputaran planet jelas dibutuhkan untuk membangkitkan medan magnet). Ingat Mars yang tidak punya medan magnet kan?

Tunggu Dulu!

James F. Kasting, membantah hal ini. Dia bilang, seperti yang sudah kita jelaskan, planet itu seperti mahluk hidup. Planet memiliki Defends Mechanism terrsendiri juga.

Kalau planet dengan tidal terkunci, memiliki cukup CO2, setidaknya 30 Milibar (100x lipat bumi) seharusnya cukup untuk membuat planet itu tetap hangat. Dan siklus karbon tetap terjadi antara sisi dingin dan sisi panas. Juga jika planet itu memiliki lautan dalam, arus laut akan menjadi medium untuk menghantar panas dari sisi ke sisi. Sama persis dengan sistem pergerakan lautan di Bumi.

Jadi walaupun bintang kelas M bukan tipe ideal, sebagai induk planet layak huni. Tapi sebaiknya, bintang kelas ini jangan dikesamping kan dulu. (setidaknya tunggu sampai kita sampai ke Gliese 581g untuk membuktikan hal ini ... tapi kaapaaaann???)

Quote:


IV. Teknik pencarian



Artemis the Huntress



Oke kita udah membahas banyak. Goldilock Zone, Tipe Bintang, Kondisi Bumi etc etc. Sekarang kita akan masuk ke bab inti tentang teknik pencarian planet exosolar.

Ada beberapa teknik yang dikembangkan oleh ilmuwan beberapa dekade terakhir ini. Apa saja?

Quote:


Okeee ... ada banyak metoda selain dua metoda diatas. Tapi, metoda-metoda itu umumnya dapat dibagi menjadi dua tipe: Yaitu lewat pengamatan pergerakan bintang dan lewat pengamatan cahaya bintang .. dan sepertinya dua metoda diatas cukup untuk mewakili masing-masing tipe metoda.

V. Penutup


Okeyy ... lumayan njlimet dan panjang.

Untuk diketahui, kalau penjabaran di trit ini udah di generalisasi sebisanya, proses pencarian exoplanet itu aslinya jauh lebih rumit. Melewati multiple disiplin ilmu: Astronomi, Fisika, Biologi, Geologi dan Kimia. Kalau mau lebih advance silahkan baca bukunya "How to Find a Habitable Planet" James. F. Kasting di Sini. Atau cari aja di torrent gan.

Inti, yang perlu di ketahui. Kalau di masa depan akan semakin banyak planet-planet yang di sinyalir layak huni akan ditemukan.

Dan tentu saja, seperti yang disukai oleh UFO Anthusiast .... dengan kemungkinan ditemukannya planet layak huni... maka kemungkinan ditemukannya Alien juga akan semakin besar (Entah Alien yang cuma berupa mikroba ataupun Alien yang memiliki intelektualitas tinggi seperti kita).

Akan tetapi, dengan ini "Aman untuk bilang" kalau kemungkinan manusia adalah satu-satunya mahluk intelek di alam semesta semakin mengerucut. (Baca Rare Earth: Why Complex Life is Uncommon in the Universeby Peter D. Ward sebagai buku pembanding trit ini, disitu dikatakan kalau manusia itu unik di alam semesta).

Kalaupun memang, proyek menemukan mahluk extrasolar itu masih dirasa sulit, setidaknya manusia punya harapan untuk migrasi ke luar angkasa, jika ... suatu saat .... ada event kataklismik yang membuat harapan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya menyusut menjadi 0% ....(bilang aja ki-amat gitu gan, pake berbelit-belit ngemengnye !).

Masalahnyaaa~~

Kapan kita mulai bisa buat pesawat luar angkasa macem U.S.S Enterprise yang bisa membawa manusia ke planet-planet tersebut.




emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Update : Tambahan dari agan-agan
Spoiler for tambahan:

Diubah oleh Icchi. 21-01-2015 01:07
donnav
donnav memberi reputasi
1
22.8K
114
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.