Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
191
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d6a0ae601243530c00000b/gunung-semeru-pendaki-pemula-dan-bekal-persiapan
Setelah menonton 5cm, ada sedikit ketakutan yang saya rasakan ketika melihat “persiapan tempur” para pemain, yang diceritakan adalah orang-orang yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, yang akan menuju semeru. Tidak lain adalah terkait dengan persiapan dan perlengkapan yang mereka bawa ke Semeru. Persiapan yang kurang tepat tentunya akan sangat menyulitkan perjalanan. Oleh karena itu, say
Lapor Hansip
23-12-2012 13:11

Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan

Setelah menonton 5cm, ada sedikit ketakutan yang saya rasakan ketika melihat “persiapan tempur” para pemain, yang diceritakan adalah orang-orang yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, yang akan menuju semeru. Tidak lain adalah terkait dengan persiapan dan perlengkapan yang mereka bawa ke Semeru. Persiapan yang kurang tepat tentunya akan sangat menyulitkan perjalanan. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips mengenai apa dan bagaimana yang sebaiknya (menurut saya) seorang pendaki pemula mempersiapkan dirinya untuk mendaki gunung:

Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan


1. Informasi Tempat Pendakian

Informasi adalah hal yang krusial yang perlu seorang pendaki perlukan. Tanpa informasi, perjalanan tidak akan mudah (walaupun bukan berarti tidak mungkin dilakukan). Seluk beluk informasi terkait tempat pendakian seperti; kondisi lapangan seperti apa, check point peristirahatan, danau atau tempat kita bisa mengisi kembali bekal minuman, dan berapa jarak perjalanan sampai ke titik tujuan adalah hal minimal yang perlu diketahui. Dan tentunya dengan adanya internet saat ini, akses untuk meraih informasi sudah bukan merupakan hal yang sulit dilakukan.


2. Persiapan Fisik

Setelah informasi kita peroleh, kita bisa mengukur jarak dan kemampuan fisik kita, untuk kemudian menyimpulkan fisik seperti apa yang kita perlukan untuk siap menempuh pendakian ke tempat tersebut. Hal paling minimal yang bisa kita lakukan adalah menjaga supaya kondisi fisik kita tetap prima; seperti tidur cukup, makan cukup, dan jogging/lari pagi. Bagaimana kalau saya memaksa tanpa persiapan? Saya jamin, hal paling minimal yang akan terjadi adalah badan kalian kaget, pegal-pegal, dan pendakian akan terasa sulit karena untuk bernafas saja kita sudah tergopoh-gopoh.


3. Persiapan Mental

Perjalanan pendakian itu tidak mudah, dan menguras tenaga. Siapkan mental kita dan ketahui apa tujuan yang ingin kita capai dari pendakian tersebut. Kekuatan mental biasanya diciptakan dari tujuan perjalanan, impian, pengorbanan yang sudah dilakukan, dan kalimat puitis penuh makna (cieeehh~).


4. Bekal Perlengkapan

Sambungan dari poin pertama untuk poin ketiga ini adalah: berapa lama waktu yang kalian butuhkan untuk perjalanan ini? Jumlah hari yang dibutuhkan akan menentukan seperti apa barang yang akan kalian bawa. Untuk lengkapnya mungkin bisa dilihat dari gambar di bawah ini;

Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan

a. Tas: Jumlah hari yang dibutuhkan bisa mempengaruhi jenis carrier yang bisa kita bawa. Untuk trip 2-3 hari, mungkin tas dengan ukuran 30-50 liter bisa menjadi pilihan. Untuk trip 3-5 hari, ukuran tas 50-80 liter. Untuk trip di atas 5 hari, ukuran tasnya bisa lebih dari 80 liter.

b. Perlengkapan naik gunung: Sleeping bag, matras (bila perlu), tenda, senter, kompas/gps, multipurpose knife, dan korek api (untuk bikin api), masker, trekking pole (bila perlu), jaket hujan, sarung tangan gunung, tissue basah, botol minum ukuran besar (rekomendasi: water bladder), trash bag (untuk membawa pulang sampah makanan yang dibawa mendaki)

c. Bekal Logistik : Makanan siap saji lebih diutamakan; sosis bungkus, rendang, dendeng, kornet, abon, nasi, makanan kaleng, dan tentu saja peralatan untuk memasak dan makan di atas gunung

d. Bekal Pribadi : Baju dan Celana. Baju bola cukup direkomendasikan ketika mendaki, karena bahannya tipis, ringan, dan menyerap keringat. Celana jeans tidak direkomendasikan, karena bahannya menyerap air, berat, dan dingin. Untuk celana saya merekomendasikan celana kargo (yang banyak sakunya) atau celana gunung.

Untuk persiapan malam dan udara yang dingin, siapkan jaket outer dan inner (polar/hangat), kaos kaki ekstra, rekomendasi kaos kaki bola yang tebal dan panjang. Bisa gunakan koyo tempel di telapak kaki dan tangan untuk menghangatkan diri ketika tidur.

e. Obat2an pribadi : Misalkan; Obat maag, obat sakit perut, obat pusing dan sakit kepala.

f. Makanan yang Mudah Diserap: Masuk kategori makanan yang mudah diraih, simple, dan kandungan energinya cepat diserap oleh tubuh. Madu, gula merah, pisang adalah rekomendasi dari saya. Kalau mau bawa minuman isotonic pun bisa jadi pilihan.


5. Mengatur Ritme Perjalanan


Apabila berjalan bersama rombongan dan teman-teman, mengatur ritme diperlukan supaya perjalanan lebih dinamis dan teratur. Karena sekali lagi, sebagai pemula, kita sendiri belum tahu sejauh mana kemampuan diri kita untuk mendaki dan perjalanan jauh ini. Juga apabila kita masih merasa kuat, kita harus mampu memaklumi rekan seperjalanan yang kecapaian dan butuh istirahat. Sebaiknya jangan takut untuk mengatakan kalau sudah kelelahan, beristirahat 3-5 menit cukup untuk kembali melanjutkan perjalanan. Contoh ritme yang bisa digunakan adalah berjalan 15-20 menit, istirahat 5 menit. Berhenti sementara di check point/pos – pos yang ada bisa juga menjadi pilihan. Berjalan sambil mengobrol untuk beberapa orang pun diyakini dapat menyembunyikan rasa lelah perjalanan, sehingga tidak terasa secapek kalau diam saja.


6. Ketahui Sumber Mata Air Terdekat

Menyambung dari poin satu mengenai informasi, mengetahui sumber mata air yang bisa diminum sangat penting, supaya kita tetap bisa melanjutkan perjalanan. Kebutuhan air yang kita perlukan untuk sekali jalan (1 hari) kurang lebih 1-2 liter.


7. Persiapan Pendakian Muncak


Pendakian ke puncak bukanlah hal mudah yang bisa kita lakukan dari titik terakhir. Secara umum, muncak adalah gabungan dari poin-poin sebelumnya. Siapkan fisik dengan istirahat yang cukup. Yakinkan diri untuk menggapai puncak. Siapkan perbekalan yang cukup untuk mendaki.

Untuk Gunung Semeru, biasanya para pendaki menyimpan banyak barang bawaannya di tenda mereka. Dan melanjutkan perjalanan hanya dengan membawa kamera, botol air minum (isi ulang air minum apabila dirasa perlu!), dan makanan yang mudah diserap tubuh, beberapa orang menggunakan trekking pole/tongkat kayu, supaya perjalanan mereka lebih mudah. Kalau dirasakan barang yang dibawa cukup banyak, kita bisa memasukkan barang-barang tersebut ke dalam tas yang isinya sudah dikeluarkan terlebih dahulu ke tenda.

*menambahkan poin ke-7, perlu diperhatikan sebelumnya seperti apa dan bagaimana status kondisi gunung semeru, apakah situasi dan statusnya memungkinkan untuk didaki sampai puncak atau tidak. Tidak bisa dipungkiri kondisi gunung yang aktif memiliki resiko yang besar untuk para pendaki. Sebut saja fakta di mana Soe Hok Gie, salah seorang tokoh aktivis Indonesia dan mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia, meninggal di Gunung Semeru pada tahun 1969 akibat menghirup asap beracun di Gunung Semeru. Dia meninggal bersama rekannya, Idhan Dhanvantari Lubis.

8. Mematuhi Peraturan Yang Berlaku

Jangan meninggalkan sampah non-organik yang anda buang, bawa turun kembali sampah yang anda bawa. Jangan membawa apapun kecuali hasil foto/video (biasanya orang-orang ada yang membawa pulang bunga edelweiss.

Demikian menurut saya, hal-hal yang perlu kita persiapkan untuk pendakian, sebagai pendaki pemula. Siapkan persiapan dengan matang, supaya kita tidak kesusahan dalam perjalanan. Mohon kritik dan tambahannya apabila dari teman-teman merasa masih ada yang kurang.

Sumber
______________________________________________________________

Berikut komentar dan rekomendasi dari agan-agan:



Kalau dari agan-agan ada yang penasaran dengan perjalanan cerita ane yang pemula ini mendaki Gunung Semeru untuk pertama kalinya, agan bisa cek di tulisan ini :

Diubah oleh aa.bule
profile-picture
profile-picture
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 10
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
25-06-2013 05:10
mantap gan. thank
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
25-06-2013 07:42
Informasi yang sangat sangat berguna emoticon-Smilie

terima kasih gan, kebetulan minggu depan ane mau kesana sendiri dari Batam (Kepri) emoticon-Smilie

oh iya, kalau ada yang mau bareng sama ane, yuk sama-sama kita kesana, ane sampai di Surabaya tanggal 3 Juli jam 11.45 Malam emoticon-Smilie

emoticon-I Love Kaskus

emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
25-06-2013 11:40
info yang bermanfaat buat ane dalam rangka mewujudkan impian ane... Mendaki semeru emoticon-Smilie
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
16-07-2013 16:04
Quote:Original Posted By sukarman
Maaf dari postingan ts masih banyak yg kurang atau perlu penambahan setahu sy untuk hiking perlu namanya manajemen perjalanan ,pengenalan alat dasar,pengetahuan navdar n survival serta p3k tidak lupa lnt (leave no trace) diakhiri dg evaluasi

Maaf hanya seceng dr sy


nice info gan, bener banget. minimal tahu hal2 dasar kayak gini. kalau belum tahu, ya cari tahu lah ya emoticon-Wink

Quote:Original Posted By kayubalok
Informasi yang sangat sangat berguna emoticon-Smilie

terima kasih gan, kebetulan minggu depan ane mau kesana sendiri dari Batam (Kepri) emoticon-Smilie

oh iya, kalau ada yang mau bareng sama ane, yuk sama-sama kita kesana, ane sampai di Surabaya tanggal 3 Juli jam 11.45 Malam emoticon-Smilie

emoticon-I Love Kaskus

emoticon-I Love Indonesia


gimana gan ceritanya kemaren ke sana?

Quote:Original Posted By fidelubaid
info yang bermanfaat buat ane dalam rangka mewujudkan impian ane... Mendaki semeru emoticon-Smilie


sukses gan mimpinya
salam lestari dan jaga sikap dan perbuatan ya emoticon-Shakehand2
Diubah oleh aa.bule
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
17-07-2013 12:58
Quote:Original Posted By aa.bule


gimana gan ceritanya kemaren ke sana?




Alhamdulillah sampai puncak dan cuaca sangat bersahabat sekali dan ane bersyukur kepada sang Khalik. Padahal seminggu yang lalu tidak ada yang kepuncak karena badai angin pasir dan katanya cuaca cerah karena Pak Bambang sedang naik semeru bersama tamunya (katanya sih Kuncen gunung Semeru).

banyak cerita suka ataupun duka misalnya ketemu teman baru di perjalanan dll dan dukanya adalah kacamata ane patah, tripod ane patah, kamera pocket hilang katanya sudah ditemukan tapi sampai sekarang ga ada kabarnya.

oh iya Id Kayubalok dan Id Fabreguh ini satu orang.
maaf kalau reply-nya menggunakan Id yang berbeda emoticon-Smilie

kalau agan2 mau kesana, boleh kok nanya ke ane, siapa tau bisa membantu emoticon-Smilie
Diubah oleh Fabreguh
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
17-07-2013 21:02
Quote:Original Posted By aa.bule
Setelah menonton 5cm, ada sedikit ketakutan yang saya rasakan ketika melihat “persiapan tempur” para pemain, yang diceritakan adalah orang-orang yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, yang akan menuju semeru. Tidak lain adalah terkait dengan persiapan dan perlengkapan yang mereka bawa ke Semeru. Persiapan yang kurang tepat tentunya akan sangat menyulitkan perjalanan. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips mengenai apa dan bagaimana yang sebaiknya (menurut saya) seorang pendaki pemula mempersiapkan dirinya untuk mendaki gunung:

Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan


1. Informasi Tempat Pendakian

Informasi adalah hal yang krusial yang perlu seorang pendaki perlukan. Tanpa informasi, perjalanan tidak akan mudah (walaupun bukan berarti tidak mungkin dilakukan). Seluk beluk informasi terkait tempat pendakian seperti; kondisi lapangan seperti apa, check point peristirahatan, danau atau tempat kita bisa mengisi kembali bekal minuman, dan berapa jarak perjalanan sampai ke titik tujuan adalah hal minimal yang perlu diketahui. Dan tentunya dengan adanya internet saat ini, akses untuk meraih informasi sudah bukan merupakan hal yang sulit dilakukan.


2. Persiapan Fisik

Setelah informasi kita peroleh, kita bisa mengukur jarak dan kemampuan fisik kita, untuk kemudian menyimpulkan fisik seperti apa yang kita perlukan untuk siap menempuh pendakian ke tempat tersebut. Hal paling minimal yang bisa kita lakukan adalah menjaga supaya kondisi fisik kita tetap prima; seperti tidur cukup, makan cukup, dan jogging/lari pagi. Bagaimana kalau saya memaksa tanpa persiapan? Saya jamin, hal paling minimal yang akan terjadi adalah badan kalian kaget, pegal-pegal, dan pendakian akan terasa sulit karena untuk bernafas saja kita sudah tergopoh-gopoh.


3. Persiapan Mental

Perjalanan pendakian itu tidak mudah, dan menguras tenaga. Siapkan mental kita dan ketahui apa tujuan yang ingin kita capai dari pendakian tersebut. Kekuatan mental biasanya diciptakan dari tujuan perjalanan, impian, pengorbanan yang sudah dilakukan, dan kalimat puitis penuh makna (cieeehh~).


4. Bekal Perlengkapan

Sambungan dari poin pertama untuk poin ketiga ini adalah: berapa lama waktu yang kalian butuhkan untuk perjalanan ini? Jumlah hari yang dibutuhkan akan menentukan seperti apa barang yang akan kalian bawa. Untuk lengkapnya mungkin bisa dilihat dari gambar di bawah ini;

Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan

a. Tas: Jumlah hari yang dibutuhkan bisa mempengaruhi jenis carrier yang bisa kita bawa. Untuk trip 2-3 hari, mungkin tas dengan ukuran 30-50 liter bisa menjadi pilihan. Untuk trip 3-5 hari, ukuran tas 50-80 liter. Untuk trip di atas 5 hari, ukuran tasnya bisa lebih dari 80 liter.

b. Perlengkapan naik gunung: Sleeping bag, matras (bila perlu), tenda, senter, kompas/gps, multipurpose knife, dan korek api (untuk bikin api), masker, trekking pole (bila perlu), jaket hujan, sarung tangan gunung, tissue basah, botol minum ukuran besar (rekomendasi: water bladder), trash bag (untuk membawa pulang sampah makanan yang dibawa mendaki)

c. Bekal Logistik : Makanan siap saji lebih diutamakan; sosis bungkus, rendang, dendeng, kornet, abon, nasi, makanan kaleng, dan tentu saja peralatan untuk memasak dan makan di atas gunung

d. Bekal Pribadi : Baju dan Celana. Baju bola cukup direkomendasikan ketika mendaki, karena bahannya tipis, ringan, dan menyerap keringat. Celana jeans tidak direkomendasikan, karena bahannya menyerap air, berat, dan dingin. Untuk celana saya merekomendasikan celana kargo (yang banyak sakunya) atau celana gunung.

Untuk persiapan malam dan udara yang dingin, siapkan jaket outer dan inner (polar/hangat), kaos kaki ekstra, rekomendasi kaos kaki bola yang tebal dan panjang. Bisa gunakan koyo tempel di telapak kaki dan tangan untuk menghangatkan diri ketika tidur.

e. Obat2an pribadi : Misalkan; Obat maag, obat sakit perut, obat pusing dan sakit kepala.

f. Makanan yang Mudah Diserap: Masuk kategori makanan yang mudah diraih, simple, dan kandungan energinya cepat diserap oleh tubuh. Madu, gula merah, pisang adalah rekomendasi dari saya. Kalau mau bawa minuman isotonic pun bisa jadi pilihan.


5. Mengatur Ritme Perjalanan


Apabila berjalan bersama rombongan dan teman-teman, mengatur ritme diperlukan supaya perjalanan lebih dinamis dan teratur. Karena sekali lagi, sebagai pemula, kita sendiri belum tahu sejauh mana kemampuan diri kita untuk mendaki dan perjalanan jauh ini. Juga apabila kita masih merasa kuat, kita harus mampu memaklumi rekan seperjalanan yang kecapaian dan butuh istirahat. Sebaiknya jangan takut untuk mengatakan kalau sudah kelelahan, beristirahat 3-5 menit cukup untuk kembali melanjutkan perjalanan. Contoh ritme yang bisa digunakan adalah berjalan 15-20 menit, istirahat 5 menit. Berhenti sementara di check point/pos – pos yang ada bisa juga menjadi pilihan. Berjalan sambil mengobrol untuk beberapa orang pun diyakini dapat menyembunyikan rasa lelah perjalanan, sehingga tidak terasa secapek kalau diam saja.


6. Ketahui Sumber Mata Air Terdekat

Menyambung dari poin satu mengenai informasi, mengetahui sumber mata air yang bisa diminum sangat penting, supaya kita tetap bisa melanjutkan perjalanan. Kebutuhan air yang kita perlukan untuk sekali jalan (1 hari) kurang lebih 1-2 liter.


7. Persiapan Pendakian Muncak


Pendakian ke puncak bukanlah hal mudah yang bisa kita lakukan dari titik terakhir. Secara umum, muncak adalah gabungan dari poin-poin sebelumnya. Siapkan fisik dengan istirahat yang cukup. Yakinkan diri untuk menggapai puncak. Siapkan perbekalan yang cukup untuk mendaki.

Untuk Gunung Semeru, biasanya para pendaki menyimpan banyak barang bawaannya di tenda mereka. Dan melanjutkan perjalanan hanya dengan membawa kamera, botol air minum (isi ulang air minum apabila dirasa perlu!), dan makanan yang mudah diserap tubuh, beberapa orang menggunakan trekking pole/tongkat kayu, supaya perjalanan mereka lebih mudah. Kalau dirasakan barang yang dibawa cukup banyak, kita bisa memasukkan barang-barang tersebut ke dalam tas yang isinya sudah dikeluarkan terlebih dahulu ke tenda.

*menambahkan poin ke-7, perlu diperhatikan sebelumnya seperti apa dan bagaimana status kondisi gunung semeru, apakah situasi dan statusnya memungkinkan untuk didaki sampai puncak atau tidak. Tidak bisa dipungkiri kondisi gunung yang aktif memiliki resiko yang besar untuk para pendaki. Sebut saja fakta di mana Soe Hok Gie, salah seorang tokoh aktivis Indonesia dan mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia, meninggal di Gunung Semeru pada tahun 1969 akibat menghirup asap beracun di Gunung Semeru. Dia meninggal bersama rekannya, Idhan Dhanvantari Lubis.

8. Mematuhi Peraturan Yang Berlaku

Jangan meninggalkan sampah non-organik yang anda buang, bawa turun kembali sampah yang anda bawa. Jangan membawa apapun kecuali hasil foto/video (biasanya orang-orang ada yang membawa pulang bunga edelweiss.

Demikian menurut saya, hal-hal yang perlu kita persiapkan untuk pendakian, sebagai pendaki pemula. Siapkan persiapan dengan matang, supaya kita tidak kesusahan dalam perjalanan. Mohon kritik dan tambahannya apabila dari teman-teman merasa masih ada yang kurang.

Sumber
______________________________________________________________

Berikut komentar dan rekomendasi dari agan-agan:




0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
17-07-2013 22:03
semoga kesampaian gan ane menikmati keindahan mahameru, sekarang lokal jawa barat aja dulu emoticon-Malu (S)
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
17-07-2013 22:18
nice info gan
ijin nyimak ye
hehehe
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
18-07-2013 21:43
Quote:Original Posted By Fabreguh


Alhamdulillah sampai puncak dan cuaca sangat bersahabat sekali dan ane bersyukur kepada sang Khalik. Padahal seminggu yang lalu tidak ada yang kepuncak karena badai angin pasir dan katanya cuaca cerah karena Pak Bambang sedang naik semeru bersama tamunya (katanya sih Kuncen gunung Semeru).

banyak cerita suka ataupun duka misalnya ketemu teman baru di perjalanan dll dan dukanya adalah kacamata ane patah, tripod ane patah, kamera pocket hilang katanya sudah ditemukan tapi sampai sekarang ga ada kabarnya.

oh iya Id Kayubalok dan Id Fabreguh ini satu orang.
maaf kalau reply-nya menggunakan Id yang berbeda emoticon-Smilie

kalau agan2 mau kesana, boleh kok nanya ke ane, siapa tau bisa membantu emoticon-Smilie


kemaren ke sana keitung rame gak gan?
sempet rame kan kemaren waktu pendakian massal orang2 buang hajat sembarangan. semoga agan gak kedapetan sial kayak agan yang sampe harus bertatap dengan kotoran manusia lain emoticon-Najis (S)

Quote:Original Posted By berhatiinyamann
semoga kesampaian gan ane menikmati keindahan mahameru, sekarang lokal jawa barat aja dulu emoticon-Malu (S)


widih, mau ke mana gan emoticon-Traveller
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
19-07-2013 05:09
Kalo mau muncak mending percaya sama cuaca aja. Lihat keadaan kalo memungkinkan langsung tancap. Kalo gak ya ditunggu. Kecuali perlengkapan tempurnya dah siap banget. Juni kemaren ane ke semeru kena hujan deras banget. Tembus semua ahaha.

Kalo memungkinkan mending camp di arcopodo.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh idos
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
19-07-2013 14:24
Quote:Original Posted By aa.bule


kemaren ke sana keitung rame gak gan?
sempet rame kan kemaren waktu pendakian massal orang2 buang hajat sembarangan. semoga agan gak kedapetan sial kayak agan yang sampe harus bertatap dengan kotoran manusia lain emoticon-Najis (S)




Pas ane sampai di hari pertama di rakum sepi dan besoknya pas di Kalimati sampai puncakpun masih sepi baru lusanya ramai bener di Rakumnya soalnya malam minggu emoticon-Smilie

kalau masalah "harta" masih banyak orang yang buang hajat disembarang tempat, bahkan di tepi danau aja masih ane temukan apalagi di bukit sebelah kanan pas ane mau ngambil sunrise, Ya Tuhan "harta" semua berserak dimana-mana dan tissue emoticon-Sorry

ane sih punya kebiasaan kalau mau naik gunung makan salak dulu biar nahan buang "harta" di gunung nah pas pulangnya baru minum vegeta biar plong... emoticon-Ngakak

kalaupun ane terpaksa ane sih bakalan pakai cara kucing "menggali dulu, isi baru tutup kembali " dan selama ane naik gunung gak pernah buang "harta" tuh emoticon-Smilie
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
22-07-2013 00:10
gan kira2 17 agustus ada acara buat naek bareng gak???
ane pemula tapi ane udh biasa camping,dan ane bosen...
ane mau nyoba naek sampe puncak gan,ane mau tau sensasinya...
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
22-07-2013 01:34
Quote:Original Posted By crusers
gan kira2 17 agustus ada acara buat naek bareng gak???
ane pemula tapi ane udh biasa camping,dan ane bosen...
ane mau nyoba naek sampe puncak gan,ane mau tau sensasinya...


klo mau naik naik aja gan, pasti rame kok 17an di ranukumbolo dan mahameru emoticon-Matabelo
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
22-07-2013 02:32
Quote:Original Posted By aa.bule

3. Persiapan Mental

Perjalanan pendakian itu tidak mudah, dan menguras tenaga. Siapkan mental kita dan ketahui apa tujuan yang ingin kita capai dari pendakian tersebut. Kekuatan mental biasanya diciptakan dari tujuan perjalanan, impian, pengorbanan yang sudah dilakukan, dan kalimat puitis penuh makna (cieeehh~).


nah ini gan penting banget menurut ane, selain motivasi dari individu perlu juga temen2 yang ngasih support emoticon-Wowcantik

ane pas naik ke semeru kemaren ada temen ane lemeees banget emoticon-Hammer (S) ga ada semangat mau ngelanjutin perjalanan, kalo ga dipaksa temen2 udah nyerah dia bikin tenda di Ranukumbolo ga ngelanjutin nanjak emoticon-Ngakak (S)

untuk perbekalan, agan2 pasti tau nih bekal wajib (menurut ane), yaitu madurasa gan emoticon-Ngakak (S)
ane sampe ada kenangan dikasih madurasa sama mba2 (cantik) pas di cemoro kandang emoticon-Malu (S) hehe

btw, nice share gan emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
22-07-2013 09:38

nice thread

wah infonya menarik dan bermanfaat buat pendaki pemula, nice info gan, lanjutkan
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
23-07-2013 11:45
sori om nubie mau nanya, klo normalnya dari ranupani ke arcopodo brp jam? terus dari arcopodo ke puncak brp jam? thks.
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
23-07-2013 16:22
Quote:Original Posted By cokmans
sori om nubie mau nanya, klo normalnya dari ranupani ke arcopodo brp jam? terus dari arcopodo ke puncak brp jam? thks.


Nih gan dari pengalaman ane kemarin :

Ranupane - Ranu Kumbolo : 4,5 jam
Ranu Kumbolo - Kalimati : 2.5 Jam
Kalimati - Arcopodo : 45 menit
Arcopodo - Kalimati : 4 jam

semoga bisa jadi referensi emoticon-Smilie
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
23-07-2013 20:19
Quote:Original Posted By Fabreguh


Nih gan dari pengalaman ane kemarin :

Ranupane - Ranu Kumbolo : 4,5 jam
Ranu Kumbolo - Kalimati : 2.5 Jam
Kalimati - Arcopodo : 45 menit
Arcopodo - Kalimati : 4 jam

semoga bisa jadi referensi emoticon-Smilie


makasih gan
itu yg terakhir mksudnya arcopodo-mahameru yak?
0 0
0
Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan
24-07-2013 08:41
Quote:Original Posted By cokmans


makasih gan
itu yg terakhir mksudnya arcopodo-mahameru yak?



iya gan, maksudnya Arcopodo - Mahameru emoticon-Big Grin

maaf salah ketik emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 5 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia