others
Batal
link has been copied
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51e7a21a3c118e021a000002/hati-nurani-lion-air-dimana
pada hari Rabu tgl. 17 Juli 2013, istri saya membeli 2 tiket jurusan Lampung-Jakart-Surabaya yg berangkat dari Lampung pada tgl 18 Juli 2013 pukul 06.30 wib dengan kode booking GSNKGI seharga Rp.2.020.000,-, pada tgl 18Juli tsb istri dan anak saya yg berumur 3 tahun sudah berada di bandara Lampung pada pukul 05.50 wib dan berniat melakukan chek-in. namun ditolak oleh petugas chekin dr Lion bernama
Lapor Hansip
18-07-2013 15:06

Hati Nurani Lion Air dimana??? (UPDATE INFO)

pada hari Rabu tgl. 17 Juli 2013, istri saya membeli 2 tiket jurusan Lampung-Jakart-Surabaya yg berangkat dari Lampung pada tgl 18 Juli 2013 pukul 06.30 wib dengan kode booking GSNKGI seharga Rp.2.020.000,-,

pada tgl 18Juli tsb istri dan anak saya yg berumur 3 tahun sudah berada di bandara Lampung pada pukul 05.50 wib dan berniat melakukan chek-in. namun ditolak oleh petugas chekin dr Lion bernama "Leo" krn istri saya tidak dapat menunjukkan kartu identitas. kartu identitas/KTP istri saya memang telah hilang sebelumnya namun tidak ditolerir oleh pihak Lion.

UPDATE:
waktu itu istri saya punya fotocopy ktp nya. krn kami emg slalu mengcopy idcard banyak2, tp tetep aja pihak lain gak terima. alasannya harus asli yg ada foto aslinya.

akhirnya negosiasi cukup lama yang dibantu juga dengan petugas bandara, istri saya menyerah dan bermaksud tiket dapat di pindah pada hari berikutnya setelah mengurus surat keterangan dari kepolisian atau tiket dapat dikembalikan utuh dan beralih ke transportasi lain. Namun pihak Lion tetap menolak, dan tetap menganggap tiket kami telah HANGUS.

Yg jadi pertanyaan, apakah seperti itu pihak Lion tidak memberikan toleransi sedikitpun? kami kan hanya tidak mempunya identitas bukan terlambat dan bukan kesengajaan dari pihak kami, tapi kenapa tiket tidak dapat ditoleransi? sudah susah payah kami menabung untuk mudik apakah seperti ini respon dari pihak Lion?
Diubah oleh adegalunk
0
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 15:35
setau gue semua maskapai tidak bisa "mentolerir" penumpang tanpa identitas resmi.
itu gak bikin surat laporan hilang ke polisi? gak bawa kartu keluarga? paspor? sim? atau kartu identitas lain yang bisa mendukung?
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 15:35
Quote:Original Posted By adegalunk
pada hari Rabu tgl. 17 Juli 2013, istri saya membeli 2 tiket jurusan Lampung-Jakart-Surabaya yg berangkat dari Lampung pada tgl 18 Juli 2013 pukul 06.30 wib dengan kode booking GSNKGI seharga Rp.2.020.000,-,

pada tgl 18Juli tsb istri dan anak yg berumur 3 tahun saya sudah berada di bandara Lampung pada pukul 05.50 wib dan berniat melakukan chek-in. namun ditolak oleh petugas chekin dr Lion bernama "Leo" krn istri saya tidak dapat menunjukkan kartu identitas. kartu identitas/KTP istri saya memang telah hilang sebelumnya namun tidak ditolerir oleh pihak Lion.

akhirnya negosiasi cukup lama yang dibantu juga dengan petugas bandara, istri saya menyerah dan bermaksud tiket dapat di pindah pada hari berikutnya setelah mengurus surat keterangan dari kepolisian atau tiket dapat dikembalikan utuh dan beralih ke transportasi lain. Namun pihak Lion tetap menolak, dan tetap menganggap tiket kami telah HANGUS.

Yg jadi pertanyaan, apakah seperti itu pihak Lion tidak memberikan toleransi sedikitpun? kami kan hanya tidak mempunya identitas bukan terlambat dan bukan kesengajaan dari pihak kami, tapi kenapa tiket tidak dapat ditoleransi? sudah susah payah kami menabung untuk mudik apakah seperti ini respon dari pihak Lion? saya tunggu balasannya. terima kasih.


Itu peraturannya gan. Naik pesawat ketat peraturannya. Tante aku juga nggak bisa beli tiket pesawat karena nggak punya KTP yg udah lama hilang, padahal waktu itu udah dateng langsung ke bandara buat beli tiket dan mau langsung berangkat. Untung belum beli, kalau udah beli ntar bakal ga bisa masuk pesawat juga pas pemeriksaan tiket+ktp.

Sekarang beli tiket kereta dan masuk stasiun kereta pun diperiksa KTP. Sebaiknya segera diurus KTP istrinya. Selama belum ada KTP, minimal ada KTP sementara atau surat keterangan hilang dan sedang diurus KTPnya.

Turut berduka gan.. emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 15:48
Quote:Original Posted By nonaneneng
setau gue semua maskapai tidak bisa "mentolerir" penumpang tanpa identitas resmi.
itu gak bikin surat laporan hilang ke polisi? gak bawa kartu keluarga? paspor? sim? atau kartu identitas lain yang bisa mendukung?


uda gan, tp uda gak berlaku. kalau emg gak bisa berangkat, apa gak sebaiknya pihak lion air mengembalikan tiket sebesar 70% aja, bukan hangus seperti itu.
ane biasanya naek pesawat cuma nunjukin kode booking dr hape, trus dicetak dan chek-in. ane jg waktu itu gak ada ktp krn E-KTP ane belum kelar pembuatannya tp msh tetep brangkat. waktu itu ane naik sriwijaya malah.
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 15:53
Quote:Original Posted By TheLostSoul


Itu peraturannya gan. Naik pesawat ketat peraturannya. Tante aku juga nggak bisa beli tiket pesawat karena nggak punya KTP yg udah lama hilang, padahal waktu itu udah dateng langsung ke bandara buat beli tiket dan mau langsung berangkat. Untung belum beli, kalau udah beli ntar bakal ga bisa masuk pesawat juga pas pemeriksaan tiket+ktp.

Sekarang beli tiket kereta dan masuk stasiun kereta pun diperiksa KTP. Sebaiknya segera diurus KTP istrinya. Selama belum ada KTP, minimal ada KTP sementara atau surat keterangan hilang dan sedang diurus KTPnya.

Turut berduka gan.. emoticon-Berduka (S)


ane berdasarkan pengalaman ane sendiri gan, beberapa bulan lalu, ane naik sriwijaya. waktu itu jg ane gak megang identitas sama sekali. ane nunjukin kode booking di sms, tiket dicetak dan chek-in tp msh tetap bs berangkat..
minimal uang tiket dibalikin sekitar 70% aja ane uda lega gan. bukan hangus seperti ini.. emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 16:20
turut prihatin gan.
mohon lampirkan bukti tiket lionya ya
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 16:26
Quote:Original Posted By adegalunk


uda gan, tp uda gak berlaku. kalau emg gak bisa berangkat, apa gak sebaiknya pihak lion air mengembalikan tiket sebesar 70% aja, bukan hangus seperti itu.
ane biasanya naek pesawat cuma nunjukin kode booking dr hape, trus dicetak dan chek-in. ane jg waktu itu gak ada ktp krn E-KTP ane belum kelar pembuatannya tp msh tetep brangkat. waktu itu ane naik sriwijaya malah.

itu tergantung jenis tiketnya dah. kalo yg promo biasanya emang hangus. ini juga buat mencegah praktik percaloan. jadi KTP itu wajib hukumnya. kalo main ke Jkt gak ada ktp, bisa kena razia dan dikirim ke panti lho.
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 16:30
Quote:Original Posted By mbahpaijo
turut prihatin gan.
mohon lampirkan bukti tiket lionya ya


bukti tiket masih di istri ane mod, istri ane di lampung sedangkan ane lg di palembang..ane cuman bisa lampirin kode bookingnya doang..
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 16:33
Quote:Original Posted By nonaneneng

itu tergantung jenis tiketnya dah. kalo yg promo biasanya emang hangus. ini juga buat mencegah praktik percaloan. jadi KTP itu wajib hukumnya. kalo main ke Jkt gak ada ktp, bisa kena razia dan dikirim ke panti lho.


iya gan, mungkin ini pelajaran buat ane dan keluarga dah. huahuahuaa.. gagal lg mudik tahun ini... makasi banyak gan infonya..

0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 17:04
kartu identitas, tidak ada yang lain, seperti fotocopyan ? atau SIM, atau kartu kredit atau kartu keluarga fotocopy ?
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 18:19
peraturan tetaplah peraturan. ketentuan memperlihatkan kartu identitas adalah kebijakan mutlak.
mau refund ? saya yakin tidak bisa. karena posisi istri sudah kalah dan waktu penerbangan sudah sangat mepet (refund bisa dilakukan jika jam tidak mendekati jam keberangkatan).
harusnya sedari awal ketika hendak berangkat istri anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya.
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 20:40
belom ada bukti tiket nya nih?

jadi waktu ente pesen online, masukkin nomor KTP istri ente giman tuh?
ID card kayanya udah wajib deh.. apa gak ada SIM ??
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 20:44
jaman sekarang kalo gak ada KTP yah susah
kan dari booking online sudah harus memasukan nomor kartu identitas
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 23:46
Quote:Original Posted By adi.hendrawan
kartu identitas, tidak ada yang lain, seperti fotocopyan ? atau SIM, atau kartu kredit atau kartu keluarga fotocopy ?


oya lupa gan, istri ane ada fotocopyan ktpnya. tp tetep gak berlaku gan kata orgnya harus asli.

0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
18-07-2013 23:49
Quote:Original Posted By rebecarez
belom ada bukti tiket nya nih?

jadi waktu ente pesen online, masukkin nomor KTP istri ente giman tuh?
ID card kayanya udah wajib deh.. apa gak ada SIM ??


bukan beli dionline gan, tp beli lewat travel. kan uda dibilang id card ilang semua. waktu itu dompet istri ane ilang gan, makanya id card gak ada semua..
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
19-07-2013 00:24
Menurut saya Lion Air berhak menolak penumpang yang tidak mempunyai kartu identitas asli... Takutnya kalo ditolerir nanti muncul2 lagi kasus serupa... Alasan dompet ilang lah... Padahal beli dari calo. Di stasiun aja sekarang ogah dikasi fotokopian doang, peraturannya udh ketat kayak bandara. Ya bagus sih untuk memberantas percaloan di Indonesia...

Quote:Untuk memasuki bandara dan untuk keperluan check-in, Anda harus menunjukkan Tiket Elektronik ini beserta dengan surat identifikasi yang dilampiri foto yang dikeluarkan oleh Pemerintah, seperti paspor, kartu identitas atau KTP Indonesia.


Pegawai Lion Air bertindak sesuai SOP perusahaannya. itu gue ambil dr PDF dr web lion air emoticon-Malu (S)

BTW itu tiketnya promo apa yang biasa gan? Kalo promo emang ga bisa dicancel, jadi otomatis angus... Kalo yang biasa bisa dicancel dan refund (tapi ada batas waktu cancelnya CMIIW). Apalagi agan 40menit dari jam keberangkatan baru sampe bandara.

Setahu saya jika memang dompet hilang kan agan bisa menunjukkan surat kehilangan dari pihak kepolisian. Biasanya di deket bandara kan ada polsek. Kalo kmrn agan memang bisa checkin pake sriwijaya tanpa checkin ya kasusnya udah beda. Beda maskapai beda ketentuan dong... emoticon-Big Grin

Oia untuk bukti tiketnya agan bisa masukin kode booking dan data via link ini :
https://secure2.lionair.co.id/lionai...pnrstatus.aspx nanti discreenshoot aja detail tiketnya buat barbuk biar ga diclosed momod emoticon-Malu (S)
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
19-07-2013 01:54
kalo make paspor mang ga bisa ya gan...?
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
19-07-2013 08:14
untuk semua jenis tiket Lion air, di hitung dari jam keberangkatan :

Proses refund < 2 jam atau no show PROMO, ECO, EXE CF 90%
2 jam < Proses refund < 48 jam PROMO, ECO, EXE CF 80%
Proses refund > 48 jam PROMO, ECO, EXE CF 50%
0 0
0
Hati Nurani Lion Air dimana???
19-07-2013 11:00
Sepertinya bukan masalah hati nurani, tapi TS memang ga mengikuti peraturan, jadi ya dijadikan pelajaran saja, kalo aturannya harus ada KTP asli ya jangan coba2 nekat, berharap siapa tahu ada dispensasi

Kalo memang belum jelas tanya dahulu ke call centre sebelum beli tiket
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia