News
Batal
KATEGORI
link has been copied
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51e7db101ed719e95c000001/penukar-uang-kembalian-dengan-permen-terancam-denda-5-miliar
REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Anda pernah berbelanja di minimarket atau supermarket lalu mendapat permen sebagai pengganti uang 'receh' kembalian? Berdasarkan undang-undang, pedagang yang melakukan praktik tersebut terancam pidana denda lima miliar rupiah. Penegasan itu dikatakan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. "Sesuai Undang-Undang Per
Lapor Hansip
18-07-2013 19:09

Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Anda pernah berbelanja di minimarket atau supermarket lalu mendapat permen sebagai pengganti uang 'receh' kembalian? Berdasarkan undang-undang, pedagang yang melakukan praktik tersebut terancam pidana denda lima miliar rupiah.

Penegasan itu dikatakan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. "Sesuai Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999, pengusaha ataupun pedagang yang mengganti uang kembalian dengan permen bisa dijerat ancaman sanksi maksimal dua tahun penjara dan denda maksimal Rp5 miliar," kata Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Pengawasan Barang Beredar Disperindagsar Kabupaten Kotim, Maulana, di Sampit, Kamis (19/7).

Ia menegaskan, ketentuan tersebut sebagai peringatan bagi para pengusaha swalayan ataupun pelaku usaha lain yang sering menggunakan permen sebagai alat pengganti uang kembalian pecahan kecil. Konsumen berhak menolak, dan apabila konsumen merasa dirugikan tentu bisa mengadukan ke Disperindagsar atau kepolisian.

Selama tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak mengenai penggunaan permen sebagai pengganti uang kembalian, boleh diadukan. Namun, apabila terjadi kesepakatan penggunaan permen sebagai pengganti uang kembalian maka hal itu tidak akan menjadi masalah.

Menurut Maulana, sampai saat ini masih banyak ditemukan swalayan dan toko yang menggunakan permen sebagai pengganti uang kembalian. Umumnya para pedagang beralasan tidak memiliki uang receh untuk memberi uang kembalian kepada konsumen.

Tetapi, sampai sekarang belum ada masyarakat yang mengadukan kasus terkait uang kembalian diganti dengan permen tersebut ke pihaknya. "Kami belum tahu masyarakat memang tidak tahu dengan adanya undang-undang tersebut atau memang enggan melapor. Dalam setiap kesempatan dan di lapangan kami telah sering mensosialisasikan akan hal ini kepada para pengusaha dan pelaku usaha agar tidak mengganti uang kembalian dengan permen," katanya.

Sementara, Riza (27), warga Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, mengaku merasa keberatan dengan pengembalian permen, namun karena ketidaktahuan hanya berdiam, dan tidak berusaha mengadukan hal itu.

"Sebetulnya saya merasa keberatan dengan pengembalian uang diganti dengan permen, sebab jika tidak saya ambil tentunya saya akan rugi," ucapnya.

Riza mengaku sebetulnya sudah beberapa kali berpikir akan membayar belanjaannya dengan beberapa permen seperti yang dilakukan pihak swalayan mengganti uang kembalian dengan permen. Ia berharap kepada pemerintah daerah untuk lebih giat lagi melakukan sosialisasi ke pengusaha swalayan maupun toko agar tidak mengganti uang kembalian dengan permen.

Code:
http://m.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/07/18/mq4oz3-penukar-uang-kembalian-dengan-permen-terancam-denda-rp-5-m


Pasti belum banyak yang tahu nih yuang emoticon-Big Grin
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:13
pertamax g yah
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:14
Wow 5 m emoticon-Matabelo
cuma gara" permen doang emoticon-Big Grin
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:24
ane paling gak suka kembalian pake permen...
lumayan nih, bisa dpt 5m emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:28
kurang 500 dapet permen 3 biji.. besok beli sabun Rp 6000 kita bayar aja pake permen 36 biji.. di terima gak kira2..? emoticon-Hammer
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:32
Quote:Original Posted By gilbrant55
kurang 500 dapet permen 3 biji.. besok beli sabun Rp 6000 kita bayar aja pake permen 36 biji.. di terima gak kira2..? emoticon-Hammer
permen yg kecil2 aja gan kaya pagoda pastiles emoticon-Ngakak
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:33
kembalian 100 rupiah di ganti permen kena denda 5 miliar????
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:35
persetan dengan peraturan bodoh emoticon-Big Grin
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:37
Lain kali kl dikasih permen ane tolak ah, ngga mau, kl ngga ada, ganti pake voucher Burger King! emoticon-Ngakak
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:46
tapi supermarket tetep masih banyak aja yg kasih permen
bakal ada pengawasan di lapangan gak nih??
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:56
Quote:Original Posted By domba.kumal01
ane paling gak suka kembalian pake permen...
lumayan nih, bisa dpt 5m emoticon-Ngakak (S)

wah iya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin jadi kepikiran nyari nyari di supermarket,
lemaian buat THR an emoticon-Ngakak (S)



kudune sih emang gitu,kembalian ya kuduna uang , bukan malah permen.emoticon-Cape d... (S)
tapi dulu pernah baca di kaskus juga, klo pihak BRI ato pihak yg berwenang ngeluarin uang pecahan kecil juga ogah2an dalam hal pemenuhan pihak toko ato supermarket untuk permintaan uang receh.yang bener yang mannaaaaaemoticon-Cape d... (S)??? emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh freesignup
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 19:59
Sebenernya gw males jg dapet kembalian receh 100an gitu

Hmmm coba ada option, kembalian receh bs disumbangkan, jd ga dikembaliin sm kasir, kan lumayan dr ribuan transaksi setiap hari
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 21:30
Banyak nih supermarket, udah ada yg dihukum blum?
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 21:32
ah, isu lama ini

udah ada yg kena lum?
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 22:14
Quote:Original Posted By gilbrant55
kurang 500 dapet permen 3 biji.. besok beli sabun Rp 6000 kita bayar aja pake permen 36 biji.. di terima gak kira2..? emoticon-Hammer


bener juga gan ya , analoginya seperti itu
emoticon-Cape d...

0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 22:17
harusnya kan peraturannya di publikasikan pak. spy masyarakat tau. di TV kek ato koran, bosan pak liat caleg-caleg promosin janjinya, di tv ato dikoran. emoticon-Ngakak (S) sekali-sekali publikasikan peraturan terbaru. jadi masyarakat kita setidaknya tau. emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 22:23
Quote:Original Posted By Angkunyo.iful

Pasti belum banyak yang tahu nih yuang emoticon-Big Grin


tapi kalo sudah membaca trit angku yang ini, pasti jadi tahu dooong emoticon-Big Grin
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 22:26
Ane malah kadang belanja di care4 kembaliannya kurang.
Dengan alasan ga ada recehan, gmn tuh?
wkwkwkwk...
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 22:30
kadang gw berpikir kalo kembalian permen itu suatu bentuk pemaksaan
ibarat kata, kita ga mau beli permen
namun akhirnya harus beli karena ga ada uang receh
(uang kembalian ditukar permen) emoticon-Nohope
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 22:34
dpet brapa krung permen tu duit 5m emoticon-Takut
0 0
0
Penukar Uang Kembalian Dengan Permen Terancam Denda 5 Miliar
18-07-2013 22:38
ane baru tau gan ,
berarti besok ogah permenan
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia